8 Cara Memilih Jasa Endorsement yang Tepat untuk Bisnis

Memilih Jasa Endorsement

Pada jaman sekarang ini, kita tidak dapat memungkiri bahwa media sosial merupakan media digital yang banyak berkontribusi terhadap perkembangan bisnis. Bagaimana tidak, saat ini rata-rata manusia lebih nyaman menjelajahi dunia maya ketimbang dunia nyata. Yah, termasuk dalam hal berbelanja dan mencari hal-hal yang dibutuhkan.

Jadi tidak heran, jika saat ini banyak pebisnis yang mulai menggerakkan bisnisnya melalui media sosial. Salah satu contoh dari hal tersebut ialah menggunakan jasa endorsement. Jasa endorsement ini merupakan salah satu cara untuk memikat hati calon pelanggan, katakanlah itu semacam promosi yang dikemas dalam sebauh konten.

Yang menjadi pokok pembahasan dalam artikel kali ini, siapakah yang pantas mem-posting konten promosi bisnis kamu? Jawaban yang tepat ialah tentunya endorser. Nah, untuk mendapatkan endorser yang tepat, kamu harus membaca tuntas tentang cara memilih jasa endorsement yang tepat untuk bisnis yang kamu kelola. Simak berikut ini!

1. Pertimbangkan Target Pasar

Langkah utama dan yang paling dasar dalam memilih jasa endorsement adalah memperhatikan target pasar. Artinya kamu harus mempertimbangkan bidikan pasar bisnis kamu sendiri, apakah itu kaum milenial, kaum ibu-ibu, ataupun anak-anak, dan lain sebagainya. Jika kamu memahami target pasar bisnis milik sendiri, maka harusnya kamu tidak akan salah dalam memilih endorser.

Logikanya, ketika kamu menggunakan jasa endorse untuk produk bisnis kamu, maka orang yang dapat melihat review produk kamu adalah sebagian besar followers dari akun Si Endorser tersebut. Jadi, usahakan dalam memilih jasa endorsement, kamu harus memilih akun endorser yang memiliki followers yang berkaitan dengan target pasar bisnis kamu.

2. Pertimbangkan Budget yang Dimiliki

Budget yang dimiliki tentunya ada kaitan erat perihal memilih jasa endorsement. Apa itu? Nah, setiap endorser biasanya menentukan tarif yang berbeda-beda, tergantung manajemen mereka sendiri. Ada endorsement yang hanya mau menerima barang, lalu di posting di akun milik mereka, ada pula yang menentukan tarif, dan lain sebagainya.

Nah, untuk memilih jasa endorsemen, kamu harus bijak dalam memilihnya, sesuaikan saja dengan dana yang ada. Jangan pernah memaksakan untuk menggunakan endorser papan atas, yang pada akhirnya membuat keuangan bisnis kamu terguncang karena menggunakan jasa endorsemen tersebut. Pilihlah yang dimampu saja, yang penting rutin melakukannya.

3. Pilih Basic Endorser yang Relevan dengan Bisnis Anda

Hal ini sebenarnya tidak jauh dari pembahasan di atas mengenai poin target pasar. Pada umumnya, public figure atau akun informan memiliki follower yang notabene punya basic yang sama dengan mereka. Misalnya, akun seorang penulis biasanya diikuti oleh follower yang suka membaca atau suka dengan quotes dan sastra.

Nah, misalkan kamu memiliki bisnis toko buku online, maka setidaknya kamu memilih endoser seorang penulis atau sastrawan. kamu boleh juga menggunakan jasa endorsement pada akun yang berisi quotes yang memang saat ini sedang tren di media sosial. Pada intinya, basic yang dimiliki si calon endorser harus relevan dengan basic yang dimiliki oleh bisnis Anda.

4. Pertimbangkan Image dari Calon Endorser

Mempertimbangkan image atau pamor dari seorang public figure sangat penting. Public figure yang punya follower banyak belum tentu memiliki pamor yang benar-benar baik di mata netizen. Banyak public figure yang sangat terkenal namun dianggap terlalu banyak menuai sensasi yang tak mendidik.

Jadi, memilih jasa endorsement harus benar-benar mempertimbangkan image dari calon endorserment yang hendak dipakai. Mengapa? Karena hal ini sangat berkaitan dengan kredibelitas bisnis kamu. Jika jasa endorsemement yang kamu gunakan memiliki image yang kurang baik, maka bisnis yang kamu mungkin bisa terancam kredibelitasnya di mata masyarakat.

5. Perhatikan Followersnya

Jika membahas tentang followers dari akun Si Endorser, maka hal ini berkaitan dengan jenis produk atau jasa yang ada pada bisnis kamu. Jika produk bisnis kamu merupakan jenis barang atau jasa yang punya target pasar yang meluas, maka kamu harus pilih endorser yang memiliki banyak followers. Bisnis tersebut contohnya seperti fashion, kuliner, kesehatan dan lain sebagainya.

Beda halnya jika bisnis yang kamu kelola itu berupa produk alat perlengkapan pramuka, maka otomatis kamu harus memilih akun endorser yang memilki banyak follower dari kalangan orang pramuka. Dengan begitu, arah promosi yang kamu harapkan terfokus terhadap goal yang kamu buat di awal.

Baca Juga: Kamu Ingin Jadi Influencer Terkenal, Inilah 7 Tips dan Cara Suksesnya

6. Pilih Endorser yang Memiliki Tampilan Feed Menarik di Akunnya

Estetika dari tampilan Si Calon Endorser harus kamu perhatikan dan pertimbangkan baik-baik. Yang dimaksud dengan estetika feed adalah kualitas konten-konten yang di-posting oleh Si Calon Endorser tersebut. Karena dengan adanya tren endorse yang meningkat, banyak akun selebgram atau youtubers maupun artis lainnya yang dipenuhi oleh konten promosi.

Konten-konten promosi yang ada tersebut pada umumnya nampak menjadi spam jika tidak tertata dengan baik. Ketika sebuah akun telah menjadi akun spam, maka biasanya orang-orang akan menjadi malas dan tidak tertarik terhadap akun tersebut. Nah, hal ini akan mempengaruhi hasil promosi kamu di endorsement tersebut.

7. Pertimbangkan Durasi Mereka dalam Keep Barang

Satu hal yang tidak boleh terlewat dari perhatian kamu saat hendak menggunakan jasa endorsement, yaitu durasi dalam meng-keep konten endorse. kamu jangan kaget jika sewaktu-waktu konten endorse milik kamu hilang dari feed mereka, karena biasanya mereka punya ketentuan durasi dalam meng-keep endorse milik kamu tersebut.

Selain durasi waktu, pada umumnya jasa endorse punya ketentuan sendiri dalam memilih barang atau jasa yang akan mereka endorse-kan. Tidak semua produk, baik barang maupun jasa yang mereka terima untuk diendorse-kan. Jadi sebelum kamu manjatuhkan pilihan, sebaiknya ketahui terlebih dahulu tentang aturan yang mereka tetapkan dalam endorsement tersebut.

8. Folllow Akun Endorser yang kamu Pilih

Nah, untuk tips yang terakhir ini, kamu hanya perlu untuk follow akun Si Endorser, baik sebelum maupun pada saat endorsing berlangsung. Akan jauh lebih baik jika kamu follow akun mereka sebelum menggunakan jasa endorsement tersebut. Mengapa? Karena dengan begitu, kamu dapat mengetahui perkembangan dari akun Si Calon Endorser itu.

Terlebih lagi pada saat proses endorsing berlangsung, bahkan kamu wajib follow aku tersebut. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui sekaligus memantau sejauh mana hasil promosi terhadap produk yang di-endorse-kan oleh mereka. Jika ada hal yang kurang sesuai dengan yang diharapkan, maka kamu dapat langsung mengevaluasinya.

Jadi, daripada kamu mengeluarkan banyak biaya untuk promosi produk, lebih baik menggunakan jasa endorsement. Selain mudah, praktis dan juga promosi bisa langsung sampai kepada target pasar, selain itu biaya jasa endorsement juga terbilang lebih murah.

Nah, jika kamu memilih jasa endorsement dengan tepat, hasil promosi akan berkembang denga baik. Beberapa tips memilih jasa endorsement di atas dapat kamu coba sebagai bekal untuk mengoptimalkan marketing bisnis milik sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here