in

Never Give Up, Inilah 9 Cara Pantang Menyerah dalam Kondisi Apapun yang Patut Kamu Coba

Never Give Up, Inilah 9 Cara Pantang Menyerah dalam Kondisi Apapun yang Patut Kamu Coba
Photo by Pexels

Terkadang rasa lelah dan ingin menyerah seringkali menghantui kita tatkala yang diinginkan masih belum terwujudkan. Apalagi jika ditambah ada beban masalah yang menyudutkanmu, pastinya ingin menghilang dari bumi akan terlintas di pikiran.

Namun, pernahkah kamu membaca kalimat motivasi bahwa orang yang akan berhasil menyelesaikan tanggung jawab sebagai seorang pemimpi atau keluar dari masalahnya adalah dia yang selalu gigih untuk berjuang?

Jika pernah membacanya mungkin hal itu sedikit membuka jalan pikiranmu, tapi jika belum, pembahasan tentang never give up dan cara pantang menyerah di bawah ini patut dibaca.

Never Give Up, Yuk Coba Cara Simpel Berikut Ini

Never give up tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Harus benar-benar ada niat dan komitmen untuk bisa menjalaninya dengan baik.

Akan tetapi, sikap pantang menyerah itu masih serupa dengan otot di dalam tubuh. Semakin kita semangat untuk melatihnya maka akan memberikan hasil kekuatan yang luar biasa. Untuk memulai latihan itu kita bisa menggunakan sejumlah cara berikut.

1. Cobalah untuk tidak membawa masalah dalam perasaan

Cobalah untuk tidak membawa masalah dalam perasaan
Photo by pexels

Di dunia ini banyak sekali tipe manusia saat terjerat suatu masalah. Ada yang cuek, tidak peduli, larut memikirkannya, bahkan stres berkepanjangan.

Namun untuk membangun sikap pantang menyerah, cobalah untuk menjadi orang yang netral. Intinya jika kita ada permasalahan jangan langsung mencampur adukkan ke dalam perasaan dan pemikiran.

Pahami secara pelan dan analisislah dengan baik masalah tersebut. Jangan biasakan menyelesaikan masalah dengan emosi karena itu tidak akan memberikan jalan keluar yang tepat.

Caranya bagaimana? Yakni dengan membayangkan kita sebagai pengamat bukan yang mengalaminya. Latihan ini pelan-pelan akan membangun jiwa besar dalam diri kita serta kedewasaan pemikiran.

2. Ingatlah hal-hal yang membuat kita memulai berjuang

Ingatlah hal-hal yang membuat kita memulai berjuang
Photo by Dom J from Pexels

Kalimat never give up tidak hanya diperuntukkan bagi orang yang mengalami masalah, namun juga untuk mereka yang sedang memperjuangkan mimpinya. Ingatlah apa alasan dan tujuan awal kita yang membuat kita bisa memulai ini semua.

Misalnya saja, kita dapat mencoba berbicara pada diri sendiri bahwa cita-cita ini harus tercapai demi orangtua, keluarga, masa depan yang cerah, dll.

Setelah itu, mengertilah bahwa kita saat ini sudah setengah jalan. Percayalah, mungkin saja kita akan dikecewakan oleh hasil, namun akan lebih sakit jika kita menyesal karena sudah menyia-nyiakan kesempatan.

3. Menghadapi segala bentuk tantangan dengan semangat yang berkobar

Photo by Visually Us from Pexels

Tidak ada hidup yang selalu mulus seperti jalan tol, pasti ada yang namanya tantangan. Baik yang mudah untuk diselesaikan, ataupun sulit sekalipun.

Rasa takut pada diri kita muncul karena adanya kerikil-kerikil di perjalanan hidup, dan itu adalah hal yang sangat wajar. Akan tetapi, kita jangan berusaha untuk melarikan diri dari tanggung jawab, hadapilah ketakutan itu dengan semangat yang berkobar dan pantang menyerah.

3. Banyak belajar dari kegagalan

Banyak belajar dari kegagalan
Photo by Ekrulila from Pexels

Gagal itu adalah kesuksesan yang tertunda. Untuk bersikap pantang menyerah, kita harus bisa mengendalikan perasaan kecewa karena merasakan kegagalan. Belajarlah banyak dari kejadian itu agar menjadi pecut untuk terus berusaha.

Bukan hanya itu saja, kita juga bisa mempelajari keberhasilan orang lain tanpa terpengaruh dari kegagalan bertubi-tubi yang mereka alami. Sejatinya gagal bukan menjadi ajang meratapi nasib, namun menjadi pembelajaran untuk memperbaiki hal-hal yang kurang saat berjuang kemarin.

4. Selalu melengkapinya dengan doa

Selalu melengkapinya dengan doa
Photo by google

Doa adalah hal yang paling penting untuk proses kehidupan. Melibatkan Tuhan di setiap akitivitas kita akan membuat rasa percaya diri serta kemampuan yang kita miliki akan semakin bertambah jika kita selalu berdoa dengan khusyuk kepada Tuhan. Oleh karena itulah jangan melupakan doa agar usaha kita tidak sia-sia.

5. Selalu optimis terhadap apapun yang akan terjadi

Memiliki sikap optimis dalam keadaan apapun tidak mudah untuk dilakukan ketika kita berada di titik terlemah. Namun selalu optimis akan membuat kita melupakan rasa ingin menyerah dan malah melakukan sebaliknya. Jika sebelumnya ini menjadi kelemahan kita, maka usahakan untuk membuang jauh-jauh pemikiran ini.

Mulailah meyakinkan diri bahwa setiap badai pasti berlalu, dan akan disertai munculnya pelangi baru. Dengan begitu kita akan lebih tenang saat menghadapi situasi apapun, dengan pemikiran yang tetap positif serta menjadi orang yang lebih tangguh untuk ke depannya.

6. Melakukan tindakan yang nyata

Melakukan tindakan yang nyata
Photo by Engin Akyurt from Pexels

Jika kita ingin memiliki sikap pantang menyerah, maka lakukanlah dengan tindakan yang nyata. Jangan sampai menunggu masalah hidup berakhir dengan sendirinya tanpa adanya usaha untuk meredamnya.

Karena itu bukanlah hal yang baik, dan malahan akan membuat kita semakin malas untuk berusaha. Sekecil apapun persoalan yang ada di hidup kita, lakukanlah sebuah tindakan agar rasa percaya diri bisa terbangun.

Meskipun solusi yang kita coba masih sangat sederhana dan mudah, tapi semua ini akan berdampak baik pada sikap yang dimiliki. Tujuan dari tindakan yang kita lakukan adalah agar tidak ada rasa kecewa berlebihan dan menimbulkan kalimat gagal dalam perjuangan.

7. Menerima perubahan dengan lapang dada

Menerima perubahan dengan lapang dada
Photo by Gratisography from Pexels

Apa yang kita inginkan tidak harus berjalan sesuai rencana dan keinginan. Karena manusia memang selalu memiliki banyak keinginan, tapi Tuhanlah yang menjadi penentunya.

Setidaknya jika apapun yang ada di dalam hidup kita tidak searah dengan pemikiran, terimalah perubahan dengan lapang dada dan jangan sampai menyerah di tengah jalan.

Yakinlah bahwa takdir yang lebih baik pasti sudah menunggu kita di masa depan. Usahakan juga untuk mencari hikmah dari kejadian ini, jangan selalu berasumsi negatif agar energi untuk pantang menyerah selalu muncul dalam diri.

8. Selalu memotivasi diri

Selalu-memotivasi-diri
Photo by Min An from Pexels

Banyak kalimat yang bisa kita jadikan motivasi diri untuk memicu semangat hidup. Bahkan di media internet pun juga banyak yang menyediakan platform berisikan tulisan-tulisan bermanfaat untukmu.

Katakan pada diri bahwa sikap pantang menyerah harus tetap tertanam. Jangan dulu memikirkan harus menjadi orang yang selalu bisa dalam hal apapun. Sebab sikap ini sangat diperlukan agar keberhasilan hidup dapat dicapai.

9. Selalu yakin terhadap kemampuan

Selalu yakin terhadap kemampuan
Photo by andrea piacquadio from Pexels

Kemampuan yang dimiliki orang itu berbeda-beda, begitu juga denganmu. Selalu berpikirlah bahwa kita pasti bisa berhasil dan sukses dengan segala kemampuan yang kita miliki.

Keyakinan inilah yang bisa membuat diri kita menjadi orang yang lebih efektif dibandingkan jika selalu berasumsi buruk. Bahkan semua penuturan ini sudah di teliti oleh beberapa pakar hebat.

Mereka mengatakan bahwa presentase kemungkinan kesuksesan orang yang memiliki pikiran optimis jauh lebih besar dibandingkan mereka yang pesimis. Hal itu disebabkan keyakinan baik bisa memberikan pengaruh yang signifikan untuk memperoleh apa yang diyakininya.

Demikianlah penjelasan dari beberapa latihan never give up dan cara pantang menyerah yang bisa kita coba. Memang pada kenyataannya hidup bukanlah sesuatu hal yang mudah, karena pasti ada cobaan yang menghampiri.

Kita sebagai manusia tidak bisa menghindarinya tapi dapat meminimalisirnya dengan adanya sikap pantang menyerah yang ada dalam diri.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *