in

7 Kebiasaan Baik di Pagi Hari yang Bisa Kamu Lakukan

Pagi selalu menjadi permulaan dimulainya hari dan pertanda bahwa kita harus kembali memulai aktivitas seperti biasa. Sebelum beraktivitas, kita bisa melakukan berbagai hal baik yang berdampak positif pada diri kita.

Memiliki rutinitas pagi yang sehat memungkinkan kita mencapai tujuan dan ambisi dengan lebih mudah dan lebih cepat. Sebagian orang percaya bahwa kebiasaan baik di pagi hari dapat meningkatkan energi, mengurangi tingkat stres, hingga mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

Hal tersebut menjadi alasan mengapa kesuksesan harus dikontribusikan pada rutinitas pagi yang produktif. Selain itu, pengaturan suasana yang tepat di awal hari juga sama pentingnya.

Ada beberapa kebiasaan baik di pagi hari yang bisa kamu lakukan. Apa saja sih? simak yuk!

1. Jangan Lupa Merapikan Tempat Tidur

Images by Pexels

Masih membiarkan selimut dan bantal berantakan di tempat tidur? Jika iya, sebaiknya segera hilangkan kebiasaan buruk itu. Merapikan tidur menjadi salah satu cara sederhana untuk membuat kamu merasa nyaman.

Merapikan bahkan membersihkan tempat tidur sangat membantu dalam membuat ruang (dan pikiran) kamu tidak terlalu berantakan. Hal ini juga mendorong tempat tidur yang selalu dalam keadaan rapi dan bersih.

Dalam sebuah kutipan, pensiunan laksamana Angkatan Laut William H. McRaven pernah berkata:

“Jika kamu merapikan tempat tidur setiap pagi, kamu akan menyelesaikan tugas pertama hari itu. Ini akan memberi kamu sedikit rasa bangga, dan itu akan mendorong kamu untuk melakukan tugas lain. Pada akhirnya, satu tugas yang diselesaikan itu akan berubah menjadi banyak tugas yang diselesaikan.”

Merapikan tempat tidur akan memperkuat fakta bahwa hal-hal kecil dalam hidup itu penting. Jika kamu tidak dapat melakukan hal-hal kecil dengan benar, kamu tidak dapat melakukan hal-hal besar dengan benar.

Jika kebetulan kamu mengalami hari yang menyedihkan, kamu akan pulang dan kembali ke tempat tidur yang sudah kamu rapikan. Tempat tidur yang sudah dirapikan memberi kamu dorongan bahwa hari esok akan lebih baik.

2. Minum Air Putih

Images by Pexels

Bagi sebagian besar orang, minum air putih bukanlah hal pertama yang kita pikirkan saat bangun di pagi hari. Namun, sebenarnya minum air putih di pagi hari sangat baik untuk memulai hari.

Air sangat penting untuk kehidupan dan tubuh kita membutuhkannya agar berfungsi dengan baik. Setidaknya kita harus minum air putih setiap hari termasuk saat waktu pagi. Tentunya dengan tujuan agar tubuh tetap terhidrasi dan tidak kekurangan cairan.

Membiasakan minum segelas air di pagi hari bisa menjadi kebiasaan yang bisa kamu lakukan. Minum air putih di pagi hari memungkinkan kamu mengatur sistem distribusi nutrisi yang solid, sehingga membantu tubuh bekerja dengan baik sepanjang hari.

3. Cuci Muka

Images by Pexels

Mencuci muka di pagi hari juga menjadi cara yang tepat untuk merawat kulit wajah. Secara umum, para ahli merekomendasikan kita untuk membersihkan wajah dua kali sehari yakni pagi dan malam. 

Pada dasarnya, mencuci muka di malam hari bertujuan untuk menghilangkan kotoran, debu, riasan, dan minyak berlebih yang menempel di wajah. Perlu diketahui, mencuci muka di pagi hari juga sama pentingnya seperti mencuci muka di malam hari.

Mencuci muka di pagi hari bisa membantu menghapus kontaktan kulit yang tidak diinginkan. Selain itu, mencuci muka di pagi hari juga dapat menjadi rutinitas perawatan kulit sederhana yang diperlukan untuk kulit sehat.

“Sel kulit mati dan alergen dapat terkumpul di sarung bantal Anda dan berpindah ke kulit wajah sepanjang malam” ujar Melanie D. Palm, MD, MBA, dokter kulit bersertifikat dan ahli bedah kosmetik dermatologis

“Udara yang bersirkulasi (dari AC atau udara panas) juga dapat menimbulkan debu, jamur, dan iritasi lingkungan lainnya yang mungkin terkumpul di kulit wajah dalam semalam.” imbuhnya

4. Olahraga Pagi

Images by Pexels

Pagi adalah waktu yang pas untuk berolahraga. Olahraga teratur di pagi hari sangat bagus untuk meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan. Dengan berolahraga lebih awal, kamu mungkin merasa lebih berenergi sepanjang hari.

Saat kamu berolahraga, oksigen dan nutrisi mengalir ke jantung dan paru-paru. Ini akan meningkatkan sistem kardiovaskular, daya tahan, dan stamina kamu secara keseluruhan. Selain itu, olahraga juga bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi.

Sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine menemukan bahwa olahraga pagi meningkatkan perhatian, pembelajaran visual, dan pengambilan keputusan.

Mengawali hari dengan berolahraga atau beraktivitas fisik di pagi hari dikaitkan dengan kognisi yang lebih baik sepanjang hari, terutama bila dipasangkan dengan istirahat teratur. Selain itu, olahraga pagi juga menjadi cara yang bagus untuk memulai hari dengan suasana positif.

5. Ucapkan Afirmasi Pagi

Images by Pexels

Afirmasi adalah pernyataan positif yang dapat kamu gunakan untuk mengubah cara berpikir tentang diri sendiri dan hari yang akan datang. Hal tersebut menjadi cara untuk memvisualisasikan hal-hal baik yang akan datang kepada kamu dan mengatasi self-talk yang negatif.

Tujuan kamu adalah untuk menegaskan dan memvisualisasikan hal-hal yang kamu inginkan terjadi. Ketika kamu berfokus pada hal-hal ini, kamu mulai percaya bahwa kamu dapat dan akan mencapainya. Hal ini akan memungkinkan kamu untuk mengambil tindakan terhadapnya.

Dalam sebuah buku yang berjudul The Miracle Morning: The Not-So-Obvious Secret Guaranteed to Transform Your Life (Before 8AM) karya Yo Pal Hal Elrod, mengatakan:

“Ketika kamu secara aktif merancang dan menuliskan afirmasi kamu agar selaras dengan apa yang ingin kamu capai dan siapa yang kamu butuhkan untuk mencapainya. Berkomitmen untuk mengulanginya setiap hari (idealnya dengan lantang) maka segera membekas di pikiran bawah sadar kamu.”

“Afirmasi bekerja untuk mengubah cara kamu berpikir dan merasa sehingga kamu dapat mengatasi keyakinan dan perilaku yang membatasi dan menggantinya dengan yang kamu butuhkan untuk sukses.”

Memulai hari dengan kalimat dan ucapan-ucapan yang baik bisa memberikan dampak positif dalam hidup. Oleh karena itu, tak ada salahnya kita selalu mengucapkan, berdoa, dan berharap untuk sesuatu yang baik-baik saja.

6. Mandi Air Dingin

Images by Pexels

Mandi air dingin atau air panas? mungkin mandi air dingin adalah pilihan yang baik di pagi hari. Ada berbagai manfaat mandi air dingin di pagi hari, salah satunya untuk menenangkan kulit yang gatal.

Adam Friedman, MD , mengatakan jika kamu memiliki kulit yang gatal atau kondisi kulit yang menyebabkan gatal, mandi air dingin dapat membantu kamu mengatasi sensasi menggaruk.

Mandi air dingin juga dapat meningkatkan sirkulasi kulit. Peningkatan sirkulasi adalah salah satu alasan utama para ahli merekomendasikan mandi air dingin.

Saat air dingin mengenai tubuh, itu menyempitkan sirkulasi di permukaan tubuh. Hal tersebut menyebabkan darah di jaringan tubuh kamu yang lebih dalam bersirkulasi dengan kecepatan lebih cepat untuk menjaga suhu tubuh ideal.

Selain itu, ada beberapa manfaat mandi air dingin lainnya seperti membantu mengurangi nyeri otot setelah latihan intensif, membuat rambut dan kulit bercahaya, hingga berpotensi meningkatkan penurunan berat badan.

7. Sarapan yang Bergizi

Images by Pexels

Makanan yang kamu konsumsi di pagi hari memiliki pengaruh yang signifikan pada kinerja kamu selanjutnya. Karena itu, sebaiknya kamu memilih sarapan yang sehat dan bergizi seimbang.

Ahli diet Lisa De Fazio merekomendasikan untuk menghindari sarapan tinggi gula dan tinggi lemak.

Sebaliknya, dia menyarankan pilihan makanan yang lebih sehat. Kamu bisa memilih makanan dengan karbohidrat dan serat yang baik ditambah sedikit protein. Makanan tersebut akan memberi kamu energi dan memuaskan hasrat makan kamu.

Nah, itulah beberapa kebiasaan baik di pagi hari yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat ya!

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *