Pengertian Kosakata adalah: Arti, Jenis, dan Manfaat Kosakata

Pengertian Kosakata adalah: Arti
Pengertian Kosakata adalah: Arti
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kosakata adalah perbendaharaan kata. Kosakata adalah himpunan kata yang diketahui oleh seseorang atau entitas lain, atau merupakan bagian dari suatu bahasa tertentu.

Kosakata menjadi bagian utama yang harus ada dalam penyusunan sebuah kalimat pada setiap bahasa. Keberadaannya menjadi salah satu penentu penilaian atas kualitas yang dimiliki oleh seorang pembicara atau penulis dalam interaksinya.

Namun tahukah Anda apa yang dimaksud dengan kosa kata? Apa saja jenisnya? Dan apa manfaatnya? Simak definisi kosakata berikut ini.

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


Pengertian Kosakata Menurut Para Ahli

Pengertian Kosakata Menurut Para Ahli

1. Keraf (1996)

Kosakata dapat dilihat dari dua segi. Pertama, dari segi bahasa itu sendiri, yang menyatakan bahwa kosakata adalah keseluruhan kata yang dimiliki oleh sebuah bahasa yang merupakan komponen bahasa yang memuat semua informasi tentang makna dan pemakaian kata dalam bahasa. Kedua, dilihat dari segi pemakai bahasa, kosakata adalah kekayaan kata yang dimiliki seseorang pembicara atau penulis

2. Djiwandono (2011)

Kosakata diartikan sebagai perbendaharaan kata-kata dalam berbagai bentuk yang meliputi kata-kata lepas dengan atau tanpa imbuhan dan kata-kata yang merupakan gabungan dari kata-kata yang sama atau berbeda, masing-masing dengan artinya sendiri.

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


3. Bukhari (1995)

Kosakata dapat dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu kosakata aktif dan kosakata pasif. Kosakata aktif adalah kosakata yang sering digunakan dalam berbicara dan menulis, sedangkan kosakata pasif adalah kosakata yang jarang dipakai atau tidak pernah dipakai seseorang dalam berbicara ataupun menulis. Tetapi kata-kata ini tetap merupakan kosakata bahasa dalam sebuah bahasa.

4. Soedjito (1992)

Menurut Soedjito, kosakata adalah:

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


  • Semua kata yang terdapat dalam suatu bahasa.
  • Kekayaan kata yang dimiliki seorang pembicara atau penulis.
  • Kata yang dipakai dalam suatu bidang ilmu pengetahuan.
  • Daftar kata yang disusun seperti kamus yang disertai penjelasan secara singkat dan praktis

5. Hastuti, dkk

Kosakata atau vokabuler yang disebut juga perbendaharaan kata adalah kata-kata yang terdapat dalam suatu bahasa. Kadang-kadang kosakata diartikan sebagai kata yang disusun secara alfabetis yang disebut glosari.

6. Kridalaksana (1983)

Menurut Kridalaksana, kosakata adalah

  • Komponen bahasa yang memuat semua informasi tentang makna pemakaian kata dalam bahasa;
  • Kekayaan kata yang dimiliki seorang pembicara, penulis, atau suatu bahasa;
  • Daftar kata yang disusun seperti kamus, tetapi dengan penjelasan yang singkat dan praktis.

Baca Juga: Pengertian, Jenis dan Cara Membuat Resume

Jenis-Jenis Kosakata

Jenis-Jenis Kosakata

Secara umum, terdapat empat jenis kosakata, dimana terdiri dari dua kosakata lisan dan dua kosakata tertulis. Berikut penjelasannya.

1. Kosakata Mendengarkan (Listening vocabulary)

Kosakata mendengarkan mengacu pada kata-kata yang perlu kita ketahui untuk memahami apa yang kita dengar. Terkadang orang mungkin masih memahami kata-kata yang tidak mereka dengarkan misalnya menggunakan isyarat seperti nada suara, gerak tubuh, topik diskusi, dan konteks sosial percakapan.

2. Kosakata Berbicara (Speaking vocabulary)

Kosakata berbicara terdiri dari kata-kata yang kita gunakan saat kita berbicara. Ini mungkin merupakan bagian dari kosakata mendengarkan. Karena sifat ucapannya yang spontan, kata-kata sering disalahgunakan. Penyalahgunaan ini, meskipun ringan dan tidak disengaja, dapat dikompensasi dengan ekspresi wajah dan nada suara.

3. Kosakata Membaca (Reading vocabulary)

Kosakata membaca mengacu pada kata-kata yang perlu kita ketahui untuk memahami apa yang kita baca. Ini biasanya jenis kosakata terbesar karena pembaca cenderung dihadapkan pada lebih banyak kata saat membaca daripada saat mendengarkan.

4. Kosakata Penulisan (Writing vocabulary)

Kosakata penulisan terdiri dari kata-kata yang kita gunakan dalam menulis. Penulis umumnya menggunakan sekumpulan kata terbatas saat berkomunikasi. Misalnya, jika ada sejumlah sinonim, penulis mungkin memiliki preferensi untuk sinonim mana yang akan digunakan, dan mereka tidak mungkin menggunakan kosakata teknis yang berkaitan dengan subjek yang tidak mereka ketahui atau minati.

Manfaat Kosakata

Kosakata sangatlah perlu dipahami dan dikuasai. Berikut ini adalah beberapa manfaat kosakata antara lain:

  • Membantu dalam menyampaikan maksud hati atau berkomunikasi.
  • Jumlah perbendaharaan kata secara langsung berhubungan dengan kefasihan membaca.
  • Penilaian terhadap intelegensi seseorang dapat dinilai dari jumlah perbendaharaan kata yang dimiliki.
  • Mendukung pengembangan kemampuan verbal dan spasial.

Itulah penjelasan tentang kosakata. Semoga dari pembahasan diatas dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua.