10 Tips Traveling Menggunakan Kendaraan Pribadi agar Aman di Perjalanan

Mengagendakan sebuah acara traveling harus disiapkan tentang segala yang berkaitan dengannya. Apalagi jika kamu berencana traveling dengan banyak orang seperti bersama keluarga maupun teman. Ada banyak hal yang harus kamu persiapkan, seperti merancang itinerary, mempersiapkan barang-barang yang diperlukan, kendaraan, dan lain sebagainya.

Terkait dengan kendaraan, ada dua pilihan jenis kendaraan yang dapat kamu gunakan, yaitu kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Nah, jika kamu pergi liburan bersama dengan banyak orang, ada baiknya kamu menggunakan kendaraan pribadi. Karena dengan menggunakan kendaraan pribadi kamu akan lebih leluasa dalam melakukan perjalanan.

Akan tetapi, jika kamu hendak menggunakan kendaraan pribadi, kamu harus mempersiapkan segala halnya. Mengapa? Karena hal tersebut berkaitan dengan kenyamanan kamu selama di jalan. Nah, apa saja yang harus dipersiapkan sebelum berangkat traveling menggunakan kendaraan pribadi? Berikut ini tipsnya!

1. Periksa Kondisi dan Kelengkapan Kendaraan

Sebelum kamu berangkat traveling, kamu harus memastikan bahwa kendaraan yang akan kamu gunakan dalam kondisi baik. Periksalah secara detail tentang seluruh bagian mobil, terutama bagian yang paling vital. Bagian-bagian yang penting seperti mesin, ban, rem, oli, aki, lampu-lampu dan beberapa bagian lainnya.

Kamu harus memastikan bahwa kondisi kendaraan yanga akan digunakan dalam keadaan baik dan siap untuk perjalanan jarak jauh. Jika tidak demikian, hal tersebut dapat berakibat fatal pada perjalananmu. Akan lebih baik lagi jika membawa kendaraan ke bengkel untuk diservis, hal tersebut akan jauh lebih memastikan kondisi kendaraan tersebut.

2. Jagalah Kesehatan Khususnya yang Mengemudi

Sebelum berangkat, jagalah kondisi kesehatan kamu. Jaga pola makan dengan teratur dan juga berolahragalah beberapa hari sebelum hari keberangkatan. Kondisi kesehatan saat mengemudi juga sangat penting untuk diperhatikan sebelum keberangkatan. Karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap keselamatan di jalan.

Bagaimana kamu bisa fokus mengemudi jika kesehatan kamu dalam keadaan kurang prima? Jadi, jagalah kesehatan jika kamu hendak melakukan traveling dengan kendaraan pribadi. Jika kesehatan tetap kurang baik, maka sebaiknya kamu meminta orang lain untuk mengemudi kendaraan tersebut.

3. Asuransikan Kendaraan Maupun Jiwa

Mengantisipasi hal yang memungkinkan terjadi pada perjalanan merupakan hal yang sangat penting. Memang kamu tidak berharap hal buruk terjadi saat perjalanan berlangsung, akan tetapi ada baiknya kamu mempersiapkan segala hal kemungkinan buruk terjadi. Salah satunyan adalah mengasuransikan jiwa maupun kendaraan.

Ketahuilah bahwa selain asuransi jiwa, juga tak kalah penting mengasuransikan kendaraan, khususnya jika kamu hendak bepergian jauh menggunakan kendaraan pribadi. Dengan begitu, perjalanan kamu akan terasa lebih nyaman dan tenang karena kamu telah mengantisipasi segala hal terburuk yang bisa saja terjadi.

4. Pastikan Kendaraan dalam Keadaan Lengkap dan Bersih

Selain keamanan, kenyamanan dalam perjalanan juga harus kamu perhatikan ketika hendak melakukan traveling. Untuk kelengkapan kendaraan, kamu harus memastikan bahwa kamu telah menyiapkan surat-surat kelengkapan kendaraan yang diperlukan seperti STNK dan Surat Izin Mengendara (SIM).

Selain itu, pertimbangkan juga kenyamanan dengan membersihkan seluruh bagian kendaraan, baik untuk interior maupun eksterior.

5. Bawalah Alat-alat Dasar Perbengkelan

Kamu tentu tidak berharap hal buruk menimpa kendaraan saat di perjalanan. Namun sepertinya kamu tidak bisa terhindar sepenuhnya dari hambatan-hambatan dijalan, sebab di jalan memang banyak terdapat resiko, entah ban kempos atau halangan lainnya. Untuk menyikapi resiko-resiko semacam ini, kamu harus siaga dengan menyiapkan keperluan yang dibutuhkan.

Salah satu cara untuk menyikapinya, kamu harus membawa peralatan seperti ban serep, obeng, dongkrak dan beberapa perlengkapan dasar lainnya. Dengan begitu, jika permasalahan kendaraan tidak terlalu parah, kamu dapat mengatasinya sendiri.

6. Pastikan Membawa Obat-obat Pribadi

Ketika kamu memutuskan untuk liburan dengan jarak yang cukup jauh, kamu harus memastikan membawa obat-obatan umum, seperti obat demam, obat mabuk perjalanan, dan lain-lain. Hal ini untuk mengatasi hal-hal yang mengganggu kesehatan dalam perjalanan.

Baca Juga: 9 Tips Traveling Menggunakan Kendaraan Umum agar Tetap Nyaman di Jalan

7. Jangan Lupa Membawa Bekal yang Cukup

Tidak hanya obat-obat pribadi, hal yang harus kamu siapkan untuk melalui jarak tempuh yang panjang adalah kamu harus menyiapkan bekal secukupnya. Barangkali rute perjalanan yang kamu lalui merupakan rute yang jarang ditemukannya penjual makanan dan minuman, sehingga kamu sulit untuk mendapatkan makanan maupun minuman.

Jadi kamu tidak harus repot untuk mencari makanan maupun minuman selama perjalanan. Akan tetapi perlu kamu ingat bahwa bekal yang kamu bawa harus secukupnya, jangan terlalu berlebihan. Maksimal dua botol air mineral dan beberapa makanan ringan sudah cukup untuk menjadi bekal dalam perjalanan.

8. Sesuaikan Kapasitas Barang Bawaan dengan Muatan

Untuk kapasitas ini lebih cenderung pada penggunaan mobil yang menampung banyak penumpang. Nah, ketika kamu memutuskan traveling ramai-ramai bersama beberapa orang terdekat, kamu harus mempertimbangkan kendaraan yang akan dikendarai. Jumlah orang harus sesuai dengan kapasitas kendaraan.

Yang dimaksud sesuai ialah tidak melebihi dari kapasitas yang dimiliki kendaraan tersebut. Jika tidak demikian, maka laju mobil tidak akan berjalan normal seperti semestinya. Dan hal tersebut bisa mengganggu kemanan dan kenyamanan. Coba bayangkan, bagaimana rasanya duduk berdesa-desakan selama perjalanan yang panjang, tidak nyaman bukan?

9. Gunakan Peta atau Aplikasi Maps

Saat liburan ke tempat yang baru menggunakan kendaraan pribadi maka kamu tidak perlu cemas akan kesasar. kamu cukup memanfaatkan peta dalam perjalanan atau menggunakan aplikasi Maps yang terpasang di smartphone.

Dengan menyiapkan maps atau peta perjalanan, maka perjalanan kamu tidak akan kesasar. Sekalipun kamu pernah mengunjungi tempat tersebut, tetap harus menyiapkannya, untuk berjaga-jaga jika kamu lupa rute.

10. Bergantianlah dalam Mengemudi Kendaraan

Inilah keuntungan kamu traveling bersama banyak orang, kamu dapat bergantian dalam mengemudi kendaraan. Ketika traveling bersama banyak orang, usahakan di antara mereka dapat mengemudi kendaraan yang akan kamu gunakan, setidaknya satu orang sudah cukup di antara mereka.

Nah, jika perjalanan yang ditempuh cukup jauh, kamu dapat bergantian mengemudi dalam beberapa jam sekali. Hal ini untuk mengatisipasi jika kamu merasa capek, mengantuk ataupun pusing. Jadi, keamanan dan keselamatan tetap terjaga selama perjalanan.

Semua tips traveling menggunakan kedaraan pribadi yang telah disebut di atas tak lain untuk menjaga keamanan, keselamatan dan kenyaman dalam perjalanan. Jadi, jika kamu ingin traveling menggunakan kendaraan pribadi, pastikan semua tips di atas telah kamu persiapkan. Sisanya, kamu harus berhati-hati dalam mengemudi, maka perjalanan akan lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here