9 Tips Traveling Menggunakan Kendaraan Umum agar Tetap Nyaman di Jalan

liburan-pake-kendaraan-umum-002939

Melakukan traveling ala backpacker biasanya cenderung dengan menggunakan ransel. Hal lain yang biasanya menjadi kebiasaan dari backpacker ialah melakukan traveling menggunakan kendaraan umum. Walaupun tidak hanya seorang backpacker yang menggunakan style traveling seperti ini.

Traveling menggunakan kendaraan umum menjadi pilihan para backpacker dan beberapa traveler lainnya, karena hal ini menghabiskan biaya lebih sedikit. Tarif yang dikenakan untuk kendaraan umum relatif lebih murah dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Di sisi untuk kepuasan, bagi para traveler, menggunakan kendaraan umum akan terasa lebih berkesan dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Dengan menggunakan kendaraan umum, kesan turisnya akan terasa lebih kental, dan perjalanan akan terasa lebih menantang.

Akan tetapi, liburan menggunakan kendaraan umum tidak serta merta selalu menyenangkan..! Kamu harus memperhatikan beberapa point penting ketika hendak menggunakan kendaraan umum. Karena seringkali hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti kriminalitas dan kecelakaan lalu lintas.

Nah, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, sebaiknya kamu simak dulu beberapa tips traveling menggunakan kendaraan umum di bawah ini!

1. Lengkapi Kebutuhan Perjalanan

Sebagaimana traveling pada umumnya, kamu harus menyiapkan segala kebutuhan perjalanan kamu sebelum berangkat. Akan tetapi, yang dimaksud kebutuhan disini ialah hal-hal yang mungkin kamu butuhkan ketika berada di dalam kendaraan, contohnya ketika kamu merasa kehausan.

Untuk hal ini, sebaiknya kamu menyiapkan minuman sebelum naik kendaraan umum. Mengapa? Karena dengan menggunakan kendaraan umum, kamu tidak bisa memberhentikan dan menjalankan sesuka hati kendaraan yang kamu tumpangi. Jadi, siapkan dulu kebutuhan sebelum kamu naik kendaraan umum tersebut.

2. Sediakan Uang Pas untuk Membayar Ongkos

Hal pertama yang harus kamu siapkan ketika hendak melakukan traveling dengan kendaraan umum ialah menyediakan uang kecil. Untuk apa? Tentunya untuk membayar tarif kendaraan yang kamu tumpangi. Kamu mungkin akan merasa ribet saat kamu membayar dengan uang dengan nilai besar.

Di sisi lain, ruginya membayar tarif kendaraan umum menggunakan uang besar ialah ketika kamu bertemu dengan sopir atau kernet yang usil. Kadangkala mereka mencurangi penumpang dengan mengurangi uang kembalian yang telah menjadi hak penumpang. Nah, untuk mengurangi resiko ini, sebaiknya sediakan uang pas untuk membayar kendaraan umum.

3. Pahami Trayek untuk Menuju Lokasi Tujuan

Sebelum kamu memutuskan untuk naik kendaraan umum, lebih baik kamu mempelajari trayek kendaraan umum yang akan kamu tumpangi nantinya. Bagi kamu yang belum terlalu mengenal rute destinasi yang akan dikunjungi, lebih baik pelajari terlebih dahulu rutenya, khususnya untuk trayek kendaraan umum yang akan kamu tumpangi.

Jika tidak demikian, bisa jadi kamu akan merasa bingung dengan banyaknya trayek yang ada di kota tersebut. Dan jika kamu masih merasa bingung dengan banyaknya trayek yang ada, kamu bisa mendatangi terminal terdekat. Biasanya masing-masing jurusan memiliki koneksi, kamu bisa menanyakannya kepada orang-orang pengelola terminal tersebut.

Untuk membantu perjalananmu dalam mempelajari trayek kendaraan umum, kamu dapat menggunakan Google Maps. Saat ini teknologi selalu memberikan kemudahan yang dibutuhkan, termasuk untuk memperlancar aktivitas traveling. Di Google Maps sudah terdapat rute lintasan kendaraan umum.

4. Ketauhilah Tarif Harga

Sebelum berangkat melakukan traveling, ada baiknya kamu mengetahui tarif harga untuk setiap kendaraan yang hendak kamu tumpangi. Hal ini untuk berjaga-jaga dari kelakuan para atau sopir yang suka berlaku curang. Biasanya, penumpang yang tidak mengetahui tarif kendaraan umum akan menjadi sasaran empuk untuk dicurangi dengan cara menambahkan tarif.

Baca Juga: 10 Cara Menghemat Biaya Liburan agar Tidak Kehabisan Uang di Jalan

5. Pilih Kendaraan Beridentitas

Memilih kendaraan yang berindentitas merupakan hal yang penting ketika kamu melakukan traveling. Pada umumnya, kendaraan umum memiliki kelengkapan identitas dengan adanya plat nomor serta adanya beberapa stiker yang tertempel. Stiker tersebut biasanya menunjukkan trayek dari kendaraan tersebut.

Dengan memperhatikan adanya identitas, ini akan membantu dalam memastikan bahwa kendaraan umum yang kamu tumpangi bukan kendaraan abal-abal. Artinya perjalanan kamu memungkinkan akan terjaga keamanannya. Walapun tetap akan ada hal-hal lain yang harus kamu perhatikan juga.

6. Pilih Pengemudi yang Memiliki Seragam dan Tanda Pengenal

Pada jaman sekarang ini, kamu akan menjumpai para pengemudi memakai seragam resmi. Hal ini karena Dinas Perhubungan telah menetapkan aturan resmi bahwa pengemudi wajib menggunakan seragam dan tanda pengenal. Biasanya, pengemudi yang telah berseragam dan menggunakan tanda pengenal merupakan pengemudi yang sudah memegang izin.

Nah, tanda pengenal dan seragam ini dapat dijadikan indikator untuk mengenali pengemudi yang telah memiliki izin. Jadi, ketika kamu menggunakan kendaraan umum untuk traveling, pilihlah pengemudi yang memiliki ciri-ciri seperti ini, jika sulit menemukan tanda pengenal, setidaknya kamu melihat pengemudi tersebut menggunakan seragam resmi.

7. Pilih Kendaraan yang Layak dan Nyaman

Tips selanjutnya yang harus kamu perhatikan dalam melakukan traveling menggunakan kendaraan umum adalah jelih memilih kendaraan yang layak. Memang tidak mudah untuk mengetahui bahwa kendaraan tersebut layak atau tidaknya. Tidak mungkin juga sebelum kamu naik kendaraan tersebut kamu harus mengecek mesin, rem dan sebagainya.

Setidaknya, kamu melihat kelayakan kendaraan tersebut dari tampilan luarnya, mulai dari kaca kendaraan, kaca spion, lampu, dan lain sebagainya. Jika untuk hal sepele itu saja kendaraan tersebut tidak memenuhi syarat, maka sangat memungkinkan pula untuk hal yang lebih besar seperti mesin dan lainnya juga tak memenuhi syarat.

Di samping mempertimbangkan kelayakan, kamu juga perlu mempertimbangkan kenyamanan yang akan kamu dapat dari kendaraan tersebut. Adanya AC akan menambah kenyamanan perjalanan kamu. Pada umumnya, kendaraan ber-AC menempelkan stiker tulisan yang menyebutkan bahwa kendaraan tersebut ber-AC.

8. Pilih Kendaraan yang Sedang Lengang Penumpang

Naik kendaraan umum dengan berdesak-desakan bukanlah hal nyaman untuk dilalui. Gerah, sesak, pengap dan berbagai perasaan tidak nyaman lainnya akan timbul di kendaran yang penuh dengan penumpang. Demi kenyamanan perjalanan yang kamu lakukan, sebaiknya pilihlah kendaraan yang sedang lengang penumpang.

Selain demi kenyamanan, hal ini juga akan sedikit menghindari kriminalitas dalam kendaraan umum. Tidak jarang banyak pelaku kriminal yang sering memanfaatkan kesempatan untuk menjalankan aksinya di kendaraan yang penuh dengan penumpang. Keadaan berdesak-desakan sangat memungkinkan untuk mudah menjalankan aksi pencopetan maupun kriminalitas seksual.

9. Jangan Sampai Tertidur di Kendaraan

Na, untuk yang satu ini merupakan tips yang tidak boleh kamu lewatkan. Ini memang hal remeh, tapi dapat berakibat fatal bagi perjalanan kamu. Pada umumnya sopir dan kernet lupa untuk mengingatkan penumpang yang hendak turun di sebuah lokasi. Jadi, jika kamu tertidur di dalam kendaraan umum, bisa jadi lokasi yang jadi tujuan kamu akan terlewatkan.

Selain hal itu, tertidur di dalam kendaraan umum sangat memberi peluang terhadap terjadinya kriminalitas. Terkadang para pelaku kriminal akan beraksi ketika penumpang sedang tertidur. Jadi, jika kamu merasa sangat lelah dan butuh istirahat, hendaknya turun dari kendaraan dan mencari tempat istirahat yang aman.

Hal terpenting ketika kamu melakukan traveling menggunakan kendaraan umum ialah kamu harus memilih kendaraan yang tepat. Karena faktor kelayakan dan kenyamanan yang dimiliki kendaraan tersebut merupakan jaminan kenyamanan dan keselamatan bagi perjalanan kamu. Jika kamu menggunakan kendaraan yang tepat, dijamin deh acara traveling kamu akan terasa mengesankan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here