in

11 Bisnis Sampingan Pekerja Kantoran yang Bisa Menambah Penghasilan Anda

Bisnis Sampingan Pekerja Kantoran

Menjadi seorang pekerja kantoran adalah impian kita semua, apalagi kalau anda bekerja di instasi pemerintahan atau perusahaan besar. Tentunya hal itu akan menjamin masa depan anda. Tapi namanya sifat manusia yang selalu merasa kekurangan, pasti ada aja yang membuat kita untuk mencari penghasilan tambahan. Terkadang anda merasa gaji sebagai pekerja kantoran tidak cukup memenuhi kebutuhan yang selalu meningkat, dan tentunya harus ada sumber pemasukan lain selain dari gaji bulanan.

Salah satunya adalah dengan memulai bisnis sampingan. Menjadi seorang pengusaha terkadang menjadi daya tarik yang luar biasa. Gimana gak, menjadi pengusaha bisa memberikan penghasilan yang tak terhingga. Namun penghasilan tersebut biasanya tidak tetap seperti penghasilan dari gaji bulanan.

Nah kalau anda memang merasa butuh penghasilan tambahan, memulai bisnis sampingan adalah salah satu solusinya. Tentunya membuka bisnis sampingan ini tidak serta merta anda harus meninggalkan pekerjaan utama, karena bisnis sampingan biasanya simpel karena bisa dilakukan dimana saja, atau anda bisa menyuruh orang untuk mengelola bisnis tersebut.

Lalu bisnis sampingan apa yang cocok untuk anda yang pekerja kantoran? Berikut adalah bisnis sampingan untuk pekerja kantoran yang bisa menambah penghasilan.

1. Membuka Warung Kelontong

Bisnis tradisional ini seringkali diremehkan banyak orang. Bahkan banyak yang menganggap bisnis membuka warung kelontong margin keuntungannya sangat sedikit. Padahal jika diseriusin , bisnis warung kelontong adalah salah satu bisnis yang bisa menghasilkan pendapatan yang besar.

Yuk cek minimarket-minimarket yang ada disekitar rumah anda. Minimarket tersebut model bisnisnya sama seperti warung kelontong, yaitu sebagai pengecer atau ritel yang menjual kembali produk secara satuan. Tapi mengapa mereka menjadi besar? Karena mereka tahu sektor ritel cukup besar peluangnya meraup keuntungan, apalagi jika berada di kawasan penduduk.

Nah anda bisa membuka warung kelontong secara kecil-kecilan di rumah anda. Untuk tipsnya, anda perlu membaca cara membuka warung kelontong. Tapi jika anda memiliki modal berlebih, anda bisa membuka bisnis seperti minimarket, agar margin keuntungannya juga makin besar.

Lalu gimana caranya anda mengelola bisnis tersebut? Kan anda bekerja. Anda bisa mencari orang yang bisa menjaga warung anda. Bisa dari keluarga di rumah atau anda mencari seorang pegawai.

2. Membuka Konter HP

Bisnis membuka konter HP adalah salah satu bisnis sampingan yang digemari saat ini. Kebutuhan tentang gadget yang terus meningkat menjadi peluang anda untuk berbisnis. anda bisa membuka konter di rumah atau menyewa stand di tempat-tempat keramaian.

Untuk awal-awal anda bisa menjual paket internet dan pulsa. Kedua layanan ini permintaannya sangat besar karena kebutuhan internet sudah menjadi kebutuhan wajib setiap orang. Tapi kalau anda punya modal yang lebih, anda bisa mengembangkan bisnis konter tersebut untuk menjual berbagai macam aksesoris gadget dan menjual HP murah.

Lalu gimana caranya anda mengelola bisnis tersebut? Kan anda bekerja. Anda bisa mencari orang yang bisa menjaga konter anda. Bisa dari keluarga di rumah kalo anda buka konternya dirumah atau anda mencari seorang pegawai.

3. Membuka Kafe

Bisnis kafe biasanya membutuhkan modal yang agak lumayan karena bisnis ini membutuhkan tempat. Pemilihan tempatnya juga tidak boleh asal-asalan. Harus tempat yang ramai, punya view yang bagus, mudah dijangkau, dan sebagainya.

Meskipun begitu peluang bisnis kafe juga sangat besar. Karena hampir semua orang suka yang namanya nongkrong sambil menikmati kopi. Bahkan kafe juga biasanya menjadi tempat pekerja kantoran untuk meeting atau sekedar bertemu klien. Jadi marketnya cukup besar. Kalau anda tertarik membuka bisnis kafe, anda perlu menyimak cara memulai bisnis kafe.

Lalu gimana caranya anda mengelola bisnis tersebut? Kan anda bekerja. Anda bisa mencari seorang pegawai untuk mengelola bisnis kafe tersebut. Percayakan semuanya pada mereka sehingga anda bisa fokus bekerja di kantor.

4. Membuka Rumah Makan

Bisnis rumah makan adalah bisnis yang membutuhkan modal yang lumayan. Selain tempat rumah makan, anda juga harus memperhatikan kualitas makanan dan juga harus memiliki karyawan yang cukup banyak. Tapi yang paling penting dalam membuka rumah makan adalah tempatnya yang harus strategis. Seperti harus ditempat keramaian, mudah dijangkau, parkir yang luas, dan sebagainya.

Meskipun begitu bisnis rumah makan adalah bisnis yang peluangnya sangat besar. Karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia, semua orang pasti membutuhkan makanan. Jadi jangan ragu kalau anda memang berniat membuka usaha rumah makan. Anda bisa menyimak cara membuka bisnis rumah makan.

Lalu gimana caranya anda mengelola bisnis tersebut? Kan anda bekerja. Anda bisa mencari seorang pegawai untuk mengelola bisnis rumah makan tersebut. Percayakan semuanya pada mereka sehingga anda bisa fokus bekerja di kantor.

5. Menjual Minuman Hits

Saat ini banyak sekali bermunculan minuman-minuman kekinian yang lagi trending. Misalnya Thaitea, milkshake, bubble tea, es kopi susu, dan sebagainya, yang dikemas pake cup yang unik. Jangan remehkan bisnis yang satu ini, karena bisnis minuman ini memiliki potensi yang besar seiring permintaan yang tinggi.

Apalagi cuaca yang panas membuat minuman dingin dan segar terus membayang-bayangi pikiran kita. Untuk anda yang tertarik, anda bisa menyimak cara memulai bisnis minuman kekinian. Tapi sedikit tipsnya ialah anda harus memikirkan konsep yang berbeda daripada yang lain, dan juga harus memperhatikan marketing dan promosi.

Lalu gimana caranya anda mengelola bisnis tersebut? Kan anda bekerja. Anda bisa mencari seorang pegawai untuk mengelola bisnis minuman tersebut. Percayakan semuanya pada mereka sehingga anda bisa fokus bekerja di kantor.

6. Jualan Online

Bisnis sampingan untuk pekerja kantoran yang selanjutnya adalah jualan online. Perkembangan teknologi yang begitu pesat memudahkan anda untuk berjualan dimanapun dan kapanpun. Anda cukup memanfaatkan situs jual beli online untuk menjual dagangan anda, setelah itu anda bisa berjualan tanpa menganggu pekerjaan utama anda.

Untuk berjualan online, biasanya ada beberapa metode yang digunakan. Namun yang paling populer adalah metode dropship. Metode dropship adalah metode jual beli online di mana penjual tidak melakukan stok barang. Dropship hanya bermodalkan foto yang dipajang, dan ketika ada orang yang memesan produk yang di pajang, maka dropship akan melanjutkannya ke penjual yang sebenarnya.

Bisnis yang satu ini bisa dibilang tidak membutuhkan modal sama sekali. Hanya bermodalkan akun media sosial atau akun situs jual beli online. Nah anda yang pekerja kantoran bisa memulai bisnis online shop sebagai kerja sampingan anda.

7. Menjadi Blogger, Youtuber, dan Developer Aplikasi

Fenomena menjadi seorang blogger atau youtuber saat ini sedang hits-hitsnya. Bahkan sudah menjadi salah satu profesi pekerjaan, karena memang bisa menghasilkan pundi-pundi uang yang besar. Mungkin dulu ada yang beranggapan blogger atau youtuber itu bukanlah sebuah pekerjaan tetap, namun jika diseriusin, penghasilan seorang blogger dan youtuber akan jauh lebih besar daripada penghasilan pekerja kantoran.

Meskipun terkadang penghasilannya lebih besar, bukan berarti anda meninggalkan pekerjaan kantoran anda. Karena anda bisa mengambil kedua-duanya. Ya, kalau anda cinta dengan pekerjaan kantoran, anda bisa menjadikan blogger atau youtuber sebagai pekerjaan sampingan anda.

Blogger dan youtuber mendapat penghasilan dari iklan. Semakin banyak orang yang melihat dan mengklik konten anda, maka semakin besar pula penghasilan yang anda dapatkan.

Sebetulnya tidak hanya menjadi blogger dan youtuber saja, jika anda memiliki skill programming komputer, maka anda bisa juga menghasilkan uang dari iklan dengan cara membuat sebuah aplikasi game atau aplikasi lainnya.

Lalu gimana caranya anda mengelola bisnis tersebut? Kan anda bekerja. Anda bisa menekuni bisnis ini pada waktu senggang seperti malam hari atau di hari libur seperti hari sabtu dan minggu.

8. Endorse Instagram

Jika anda kebetulan punya akun media sosial dengan jumlah follower yang banyak, maka anda bisa menawarkan jasa endorse sebagai bisnis sampingan anda. Cara kerja jasa endorsement ini adalah dengan membuat dan menampilkan sebuah produk di laman akun media sosial kita.

Khusus untuk instagram, ada beberapa metode endorsement yang bisa anda lakukan, yaitu story berbayar dan posting berbayar. Anda bisa menawarkan kedua metode tersebut kepada pengiklan dengan ketentuan yang sudah anda tetapkan.

Lalu gimana caranya anda mengelola bisnis tersebut? Kan anda bekerja. Anda tidak perlu khawatir, karena bisnis ini sama seperti anda memainkan media sosial pada umumnya. Tidak membutuhkan waktu yang lama, cukup beberapa klik saja anda sudah bisa menjalankan bisnis ini.

9. Bisnis Indekos

Saat ini kebutuhan tempat tinggal sementara kian tinggi saja. Banyak orang yang belum memiliki rumah memilih untuk menyewa tempat tinggal sementara, salah satunya menyewa kos. Bisnis kos-kosan adalah salah satu bisnis yang memiliki masa depan yang cerah dan selalu dibutuhkan oleh banyak orang. Apalagi bagi mahasiswa yang merantau dan jauh dari orang tua. Pastinya mereka akan mencari kos-kosan.

Jika anda berniat untuk memulai bisnis indekos, maka anda harus menyiapkan modal yang cukup besar. Namun jangan fokus pada berapa nominal yang anda keluarkan, tapi fokuslah pada apa yang nanti bisa anda dapatkan.

Bisnis indekos akan menjadi sumber penghasilan tetap yang lumayan. Apalagi kalau lokasi kos-kosannya dekat dengan pusat keramaian seperti kampus dan perkantoran, tentunya ini menjadi ladang penghasilan untuk anda. Selain itu, kos-kosan juga termasuk bernilai properti. Artinya properti indekos setiap tahunnya akan meningkat. Jadi ini bisa juga menjadi investasi jangka panjang untuk anda.

Lalu gimana caranya anda mengelola bisnis tersebut? Kan anda bekerja. Sebenarnya bisnis indekos tidak butuh yang namanya managemen yang berlebihan. Namun anda masih harus punya partner untuk memantau dan mengelola bisnis indekos anda.  Ada baiknya anda menyimak cara memulai bisnis indekos.

10. Membuka Jasa Penulisan Artikel

Media online saat ini berkembang begitu cepat, dan kebutuhan akan informasi berbentuk artikel juga semakin meningkat. Nah ini adalah peluang anda untuk menambah penghasilan. Jika anda hobi menulis, tidak ada salahnya anda menjadi penulis artikel di beberapa media online. Atau anda bisa mencari seseorang yang membutuhkan artikel, yang biasanya mudah sekali ditemukan di grub blogger Facebook.

Biasanya anda akan dibayar tergantung dari berapa artikel yang anda buat, biasanya dihitung dari berapa jumlah kata di artikel tersebut. Bisnis jasa penulisan artikel ini bisa anda lakukan dimana saja dan kapan saja, tanpa menganggu pekerjaan kantor anda. Namun ada baiknya anda melakukannya di waktu lengang seperti pada malam hari atau hari libur seperti sabtu dan minggu.

11. Membuka Jasa Keahlian

Terakhir adalah bisnis jasa yang trendnya lagi naik saat ini, yaitu menawarkan jasa keahlian. Jika anda memiliki skill dan keahlian, maka anda bisa menawarkan keahlian tersebut untuk orang yang membutuhkan. Misalnya memperbaiki barang-barang elektronik seperti kulkas, mesin cuci, AC, dan lain-lain.

Tapi yang paling wah adalah kalau anda mempunyai skill dalam bidang komputer, seperti instalasi jaringan komputer, programming, dan yang berkaitan dengan sistem komputer lainnya. maka anda bisa menjual skill tersebut kepada perusahaan-perusahaan yang membutuhkan.

Sebenarnya tidak hanya itu saja, apapun keahlian anda. Maka anda bisa menjual keahlian tersebut. Terlebih lagi sistem kerjanya juga tidak akan menggangu pekerjaan kantor anda, karena biasanya bisnis jasa ini per-projek. Jadi anda bisa menjadi seorang freelance yang memiliki banyak sumber pemasukan dari keahlian dan skill yang anda punya.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *