11 Cara Mengatasi Rasa Malas Saat Menjalankan Bisnis dengan Mudah

malas-dalam-berbisnis

Hampir setiap orang pernah melakukan kemalasan yang diakibatkan oleh rasa bosan maupun jenuh. Hanya orang yang mampu menepis dan mengabaikan keinginan untuk bermalas-malasan yang akan sukses. Begitu juga dalam berbisnis. Kamu yang memiliki bisnis harus tahu cara menghadapi rasa malas menjalakan bisnis.

Setiap kali Kamu sudah mengetahui cara untuk menjadi lebih bersemangat dan rajin, Kamu hanya perlu menerapkannya pada diri sendiri. Memang tidak mudah, tetapi Kamu akan dapat melaluinya dengan meneguhkan motivasi pada diri sendiri.

Ada banyak tips dan trik yang dapat dilakukan untuk dapat menepis rasa malas ketika berbisnis. Cara menghadapi rasa malas menjalankan bisnis dapat dihindari dengan melakukan berbagai tips dan trik sebagai berikut.

1. Jangan Bekerja Berlebihan

Apabila Kamu merupakan orang yang gila dengan pekerjaan, maka bekerja adalah hal yang sangat menyenangkan. Orang dengan tipe seperti ini tidak akan peduli seberapa lama ia menghabiskan waktu untuk bekerja. Namun, tidak semua orang akan dapat melakukan hal tersebut. Kebanyakan dari orang akan merasa jenuh saat bekerja terus-menerus.

Bekerja dalam waktu yang berlebihan dan jangka waktu panjang akan membuat orang tersebut kehilangan semangat atau menjadi malas bekerja. Hal ini banyak terjadi di lingkungan kerja. Begitu juga dalam berbisnis. Adakalanya Kamu perlu untuk merefresh otak dengan cara beristirahat siang selama 15 menit.

Selain itu, Kamu tidak perlu melakukan lembur secara terus-menerus. Bekerja dengan waktu yang berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan Kamu. Bagaimanpun tubuh perlu untuk beristirahat.

Target dalam berbisnis memang akan selalu ada. Hanya saja, Kamu tidak perlu terlalu terpaku dalam memenuhi target tersebut sampai-sampai membuat Kamu lupa untuk bersenang-senang dan memberikan diri hadiah dari kerja keras Kamu selama ini.

2. Perkuat Motivasi Kamu

Setiap orang pasti punya mimpi. Hal tersebut yang akan dapat membuat seseorang terus berusaha dengan keras. Kamu perlu mengingat kembali motivasi Kamu dalam berbisnis. Bila tidak sering mengulang hal ini, Kamu bisa terjebak ke dalam rasa malas untuk dapat konsisten mendekati mimpi Kamu.

Terus memiliki semangat yang sama dalam setiap waktu bukan hal yang mudah. Setiap orang pasti akan menemukan masalah mereka masing-masing. Begitu juga dengan bisnis yang Kamu jalankan. Adakalanya Kamu dimudahkan dalam berbisnis dan adakalanya Kamu mendapatkan hambatan dalam berbisnis.

Kamu perlu mengingat bahwa masalah yang Kamu hadapi merupakan tantangan yang harus ditaklukkan. Bagi Kamu yang dapat terus menjaga motivasi, maka Kamu akan menjadi pemenang sesungguhnya di masa mendatang.

Suatu saat bila masalah yang sama datang mendera bisnis Kamu, maka Kamu sudah memiliki cara untuk dapat memecahkan masalah tersebut. Jadi Kamu tidak perlu takut dalam menghadapi suatu masalah. Masalah itu datang untuk semakin membuat otak Kamu berpikir kreatif dan juga inovatif.

3. Lihat Kondisi Sekitar Kamu

Cara menghadapi rasa malas menjalankan bisnis yang berikutnya adalah dengan melihat kondisi orang-orang yang berada di sekitar Kamu. Apakah orang-orang yang berada di sekeliling Kamu merupakan orang yang suka mengeluh dan melupakan seluruh mimpi yang mereka punya, atau justru sebaliknya. Kamu perlu mendekati orang-orang yang menyukai segala sesuatu yang mereka lakukan dengan bahagia, sehingga mereka dapat melintasi seluruh kesulitan dengan sangat mudah.

Semakin Kamu mendekati orang-orang dengan punya sikap positif, maka Kamu akan mendapatkan banyak motivasi dan juga inspirasi. Hal itu akan sangat baik untuk dapat memompa semangat Kamu dalam berbisnis.

4. Hargai Setiap Waktu yang Kamu Miliki

Setiap detik yang Kamu miliki tidak akan pernah kembali. Kamu harus dapat menghargai setiap waktu yang saat ini Kamu miliki. Kamu harus memastikan bahwa Kamu sudah menghabiskan waktu yang banyak dalam berbisnis. Semakin sering Kamu melakukannya berarti Kamu sudah menjalankan konsep bahwa waktu adalah uang.

Kamu bisa membuat sebuah daftar dalam komputer maupun smartphone Kamu untuk memprioritaskan bekerja. Semakin banyak deadline yang Kamu miliki, maka hal tersebut akan dapat memaksa Kamu semakin giat dalam bekerja.

Praktikkan hal tersebut secara rutin, sehingga Kamu dapat menjadi orang yang lebih produktif dan juga berdedikasi dalam bisnis yang Kamu jalankan. Ingat setiap detik tidak akan terulang kembali dan Kamu memiliki banyak konsumen maupun calon konsumen yang menanti Kamu untuk mendapatkan pelayanan dari bisnis Kamu.

Kamu juga perlu menyadari bahwa manusia memiliki limitasi berupa usia. Bagaimanapun hari ini, Kamu masih memiliki tenaga yang lebih banyak daripada hari esok, karena hari ini Kamu lebih muda dibandingkan dengan hari esok. Selama Kamu masih dalam masa produktif, Kamu harus semakin berpikir kreatif untuk dapat mengembangkan usaha Kamu.

5. Buat Kebiasaan Baik yang Baru

Tidak dapat dipungkiri bahwa melakukan pekerjaan yang sama setiap harinya akan mendatangkan kebosanan. Maka dari itu, Kamu perlu membuat kebiasaan yang baru untuk bisnis Kamu. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk dapat membuat kebiasaan baru tersebut.

Biasakan untuk bangun pagi setiap hari jika biasanya Kamu selalu kesiangan. Kemudian, Kamu bisa merancang pola kerja dari yang biasanya menyisakan pekerjaan berat diakhir dan mengubahnya menjadi pekerjaan berat yang pertama kali dikerjakan.

Hal ini dapat membuat Kamu tidak jenuh dalam melaksanakan kegiatan berbisnis sehari-hari. Selain itu, Kamu juga harus mengingat bahwa Kamu harus dapat mencapai goal yang diinginkan untuk membuat bisnis Kamu semakin berjaya.

6. Perhitungkan Tingkat Efisiensi Setiap Kali Melakukan Perubahan Langkah

Adakalanya Kamu harus melakukan perubahan terhadap setiap langkah dalam berbisnis. Kamu harus dapat berpikir dan mencari jalan yang dapat dilalui untuk membuat keuntungan bisnis semakin banyak. Sudah pasti akan ada resiko yang akan dihadapi untuk setiap pengambilan keputusan.

Semakin besar keuntungan yang diperoleh, maka Kamu akan menempuh semakin banyak hambatan dan juga resiko. Adakalanya langkah yang Kamu ambil juga tidak akan selalu berhasil. Maka dari itu, Kamu perlu membuat rencana cadangan saat rencana utama tidak berhasil.

Saat cara yang Kamu lakukan berhasil, maka Kamu perlu mencatatnya dan berpikir mengapa cara ini dapat berhasil, dan faktor apa saja yang dapat mendukung keputusan keberhasilan tersebut. Saat Kamu sudah berhasil melakukan suatu langkah, maka Kamu akan dapat dengan mudah mengatur langkah berikutnya.

7. Mencari Alternatif Lain

Ada banyak jalan untuk sampai ke Roma. Maka dari itu, Kamu harus menyadari bahwa ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk dapat menepis rasa malas dalam berbisnis. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mencari alternative lain yang membuat Kamu dapat bekerja dengan lebih efisien.

Kamu juga perlu berpikir apakah pekerjaan tersebut dapat dibuat otomatis atau tidak. Saat beberapa tugas sudah dapat dilakukan secara otomatis, maka hal tersebut dapat membuat pekerjaan Kamu menjadi lebih ringan. Hal ini juga bisa disebut sebagai bekerja dengan cerdas.

8. Tinggalkan Pekerjaan yang Mudah Keesokan Hari

Kebanyakan orang akan menyelesaikan pekerjaan yang mudah terlebih dahulu. Hal ini biasanya berlaku saat Kamu mengerjakan suatu tes sekolah. Namun hal ini tidak akan baik dilakukan dalam dunia pekerjaan. Sebaiknya, Kamu menyelesaikan lebih dahulu pekerjaan yang terasa berat sedini mungkin. Sedangkan sisanya bisa Kamu kerjakan keesokan harinya.

Tentu saja, Kamu perlu membuat skala prioritas terhadap waktu tenggat dalam setiap keperluan bisnis yang ada. Kebiasaan mengerjakan sesuatu yang sulit terlebih dahulu adalah hal yang baik, karena pagi hari adalah waktu yang sangat baik untuk dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat berkat otak yang masih fresh.

Semakin larut Kamu berpikir dan bekerja biasanya otak akan semakin lelah. Maka dari itu, Kamu perlu meninggalkan pekerjaan yang mudah diakhir agar dengan mudah menyelesaikan semua pekerjaan tersebut.

9. Olahraga Rutin

Saat Kamu merasa jenuh dalam berbisnis, maka Kamu perlu melakukan olahraga dengan lebih rutin. Olahraga dapat menstimulasi otak dan organ tubuh untuk merasa lebih bahagia dan meredakan stress. Cara ini sudah dibuktikan melalui banyak penelitian.

Berolahraga dapat membuat peredaran darah mengalir dengan lebih lancar. Bahkan, sudah ada survei yang membuktikan bahwa orang yang rajin berolahraga akan dapat mencegah gejala pusing-pusing dan mudah lelah.

Bisa jadi kemalasan Kamu sebetulnya merupakan pertanda bahwa tubuh Kamu sedang tidak fit atau tidak bugar. Dengan berolahraga dapat membuat ketahanan tubuh Kamu dalam bekerja menjadi lebih tinggi. Hal ini juga dapat membuat tubuh Kamu menjadi awet muda dan tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

10. Cari Partner Bisnis yang Bersemangat

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa malas dalam berbisnis adalah dengan mencari partner bisnis yang bersemangat. Bagi Kamu yang sudah memiliki keluarga, bisa jadi partner tersebut adalah pasangan Kamu.

Maka dari itu, Kamu bersama pasangan dapat saling mempengaruhi kebaikan satu sama lain. Namun, bila pasangan Kamu sudah memiliki kesibukan pekerjaan lain, maka Kamu tidak boleh mengganggunya.

Kamu bisa mencari partner berbisnis lainnya yang juga sama-sama serius dalam dunia profesionalitas bisnis. Kamu bisa saling bertukar pandangan dan solusi saat menemukan masalah. Hal ini akan membuat perusahaan Kamu atau bisnis Kamu menjadi lebih cepat berkembang maju.

11. Mengubah Penampilan

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk dapat menaikkan kinerja Kamu dalam berbisnis adalah mengubah penampilan Kamu. Bisa saja, Kamu mengubah penampilan fashion Kamu maupun potongan rambut Kamu.

Penampilan yang berbeda terkadang akan membuat semangat bekerja Kamu menjadi berbeda. Kamu bisa saja mengkoleksi berbagai macam pakaian yang berbeda, seperti pakaian kemeja kantor maupun pakaian santai. Hal tersebut akan membuat Kamu menjadi semakin termotivasi dan terbawa suasana dari pakaian yang Kamu kenakan.

Walaupun Kamu berbisnis di rumah, Kamu bisa saja menggunakan pakaian yang formal, meskpun Kamu tidak akan pergi kemana-mana. Hal tersebut akan mempengaruhi alam bawah sadar Kamu untuk menjadi tidak bosan, sehingga Kamu dapat bekerja dengan lebih rajin dalam mengembangkan bisnis.

Menjalankan seluruh tips dan cara menghadapi rasa malas saat berbisnis diatas akan membuat Kamu menjadi lebih mudah mencapai target bisnis. Kamu akan segera melihat perubahan pada diri Kamu dan juga bisnis yang Kamu jalankan jika Kamu benar-benar punya kemauan untuk maji dalam berbisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here