11 Ciri-Ciri Pasangan Kamu Sedang Berbohong dengan Jelas

pasangan-berbohong

Dibohongi oleh seseorang yang sedang anda sayang dan dipercaya rasanya memang sangat menyakitkan, baik itu suami, istri, pacar, atau pasangan. Apalagi ketika kamu sudah menjalani hubungan dengan dia dalam kurun waktu yang lama dan selalu terbuka dalam kondisi apapun. Sekalipun dia juga akan memberikan alasan mengapa dia berbohong, namun tetap saja rasanya kurang tepat sebab apapun alasannya keterbukaan harus ada dalam menjalin sebuah hubungan.

Karena tidak ingin ketahuan bahwa dia sedang berbohong, terkadang dia mencoba menutupi kebohongan itu sebaik mungkin. Jika kamu tidak peka maka kebohongan pasangan kamu tidak akan pernah terkuak. Berikut ini beberapa ciri-ciri pasangan kamu sedang berbohong kepada kamu. Simaklah cara mengetahui pasangan berbohong dibawah ini.

1. Salah tingkah

Ketika pasangan kamu berbohong akan sesuatu, sebenarnya ada penolakan terhadap tubuhnya namun mungkin kamu kurang peka dan tidak tahu akan hal itu. Ciri pertama ketika pasangan kamu berbohong adalah salah tingkah atau ada gestur pada tubuhnya yang terasa aneh dan jarang ditunjukkan. Dia memang cenderung salah tingkah ketika kamu melemparkan sebuah pertanyaan yang mencurigakan.

Banyak sekali gerakkan yang bisa dilakukan misalnya saja dengan mengerucutkan mulut, pandangan mata tidak dapat fokus pada kamu, dan juga memalingkan bagian kepalanya. Gerakkan tersebut bisa dikatakan sebagai penolakan yang dilakukan tubuh sebab dia berbohong atau bisa jadi karena dia juga merasa tidak nyaman terhadap pertanyaan yang sedang kamu berikan. Jika memang ada gerakkan seperti itu maka jangan langsung menyimpulkan dia berbohong terlebih dahulu, sebab masih ada beberapa tanda lain kalau dia memang lagi berbohong.

2. Sebentar-sebentar mengucapkan sumpah

Memberikan pertanyaan kepada pasangan atas dasar curiga atau tanpa kecurigaan bisa dapat membantu kamu mengetahui bahwa pasangan kamu berbohong atau tidak. Kebanyakan orang yang berbohong sebenarnya mencoba untuk membuat lawan bicaranya yakin terhadap dirinya, seperti itu juga pasangan kamu ketika berbohong. Ketika dia benar-benar jujur, maka untuk menjawab pertanyaannya dengan jujur biasanya dengan gaya bicaranya sangat santai.

Berbeda dengan orang yang berbohong dimana dia akan mengucapkan kata sumpah beberapa kali untuk membuat kamu yakin. Padahal jika hal tersebut dilakukan berulang kali maka akan terlihat jelas dia sedang berbohong.

3. Berkeringat

Pertanyaan yang kamu berikan terhadap pasangan terkadang membuatnya merasa kesulitan untuk menjawab karena ada hal yang sedang dia ditutupi. Beberapa orang ketika sedang berbohong, biasanya akan mengeluarkan keringat karena mulai bingung menjawab pertanyaan yang kamu berikan. Untuk menjawabnya rasanya seperti tidak tahu bagaimana caranya, kemudian tubuhnya merasa panas dan mengeluarkan keringat.

Tidak semua orang akan mengalami hal ini ketika sedang berbohong, tetapi kamu bisa melihat apakah pasangan kamu juga berkeringan ketika menjawab pertanyaan yang kamu tanyakan. Tidak hanya berkeringat saja, tetapi ciri-ciri lain pasangan berbohong juga akan mengikuti.

4. Mengedipkan mata berkali-kali

Kamu tentu menjadi seorang yang enggan untuk dibohongi oleh pasangan kamu, entah alasannya masuk akal atau bahkan tidak. Tapi terkadang karena kurang tahu bagaimana ciri orang yang lahi berbohong, membuat kamu dengan mudah percaya begitu saja dengan ucapan yang dilontarkan dia.

Salah satu tanda orang yang berbohong selanjutnya adalah mengedipkan mata berkali-kali dengan kurun waktu yang tidak terlalu lama. Normalnya, seseorang akan berkedip satu kali saja dalam sepuluh detik, tetapi untuk orang yang berbohong akan melakukan kedipan mata berkali-kali dalam watu yang singkat bahkan bisa juga sampai 6 kali dalam 10 detiknya.

Namun ada juga beberapa orang yang memiliki kebiasaan mengedipkan matanya berkali-kali dan hal tersebut tidak bisa dirubah, maka jangan diartikan bahwa seseorang tersebut sedang berbohong, ya!.

5. Kadang-kadang menggaruk hidung

Terkadang ciri-ciri pasangan kita sedang berbohong tidak dapat terbaca langsung karena mungkin dia sudah terbiasa berbohong dan pandai membuat kamu merasa yakin. Tetapi pasti ada saja bagian tubuh yang memberikan isyarat bahwa dirinya sebenarnya sedang berbohong, salah satunya dengan melakukan garukan pada hidung. Garukan yang dilakukan tidak terlalu cepat seperti sedang mengelus hidungnya.

Ketika pasangan kamu sering melakukan hal tersebut ditengah pembicaraan, maka bisa juga diartikan bahwa dirinya sedang berbohong. Menurut Ilmuan asal Chicago, Dr. Alan Hirsch, mengatakan bahwa ketika seseorang berbohong maka akan ada jaringan di dalam hidungnya yang menggelembung. Ketika jaringan tersebut mengelembung maka sel-sel pada jaringan akan melepaskan senyawa histamin.

Nah, lantas mengapa senyawa histamine bisa membuat dia menggaruk hidung? Sebab senyawa tersebut akan membuat hidung anda merasa gatal. Maka tidak heran jika orang yang sedang berbohong akan menggaruk hidungnya. Tetapi tidak semua orang akan menggaruk hidungnya, sekalipun jaringan yang menggelembung pada hidung pasti terjadi ketika sedang berbohong.

6. Lebih sibuk dari biasanya

Tanda-tanda selanjutnya pasangan yang sedang berbohong bisa dilihat juga dari aktivitas yang sering dilakukan menjadi lebih sibuk. Sebagai orang terdekat dia, tentunya kamu juga sangat faham apa saja kesibukan yang biasanya dilakukan dalam waktu sehari. Namun ketika dia sudah menyembunyikan sesuatu dari kamu maka kesibukan tersebut terlihat lebih padat dari biasanya.

Kesibukan yang dilakukan sebenarnya dikarenakan oleh usaha yang dilakukannya untuk menghindari kamu. Sekalipun dia memang benar menyibukkan diri dengan menambah aktivitasnya, namun hal tersebut memang disengaja agar tidak sering bertemu dan berbincang dengan kamu. Dia merasa khawatir jika apa yang sudah disimpan rapat selama ini kemudian kamu tanyakan.

7. Enggan menjawab dan memilih pergi

Waktu berbincang dengan pasangan bisa dikatakan sebagai waktu yang sangat tepat untuk semakin tahu satu sama lain. Berbincang dan bercanda juga bisa membuat hubungan tetap berjalan baik dan tetap hangat. Tetapi bagi dia yang sedang berbohong pada kamu, hal tersebut akan sulit untuk didapatkan. Ketika kamu bertanya tentang kesibukannya, bagaimana harinya, atau bahkan masalah yang sedang terjadi padanya, maka dia tidak akan memberikan jawaban dan justru memilih pergi begitu saja.

Bisa dikatakan bahwa sebenarnya cara ini merupakan cara aman agar tidak perlu menjawab pertanyaan kamu yang mungkin akan membuatnya ketahuan. Cara ini dilakukan biasanya ketika pasangan kamu sudah sering sekali ketahuan sedang berbohong, untuk itu dia lebih memilh pergi daripada harus berdebat dengan kamu.

8. Jawaban menjadi lebih rumit

Rasanya memang wajar sebagai pasangan kamu kerap bertanya-tanya tentang pasangan kamu. Namun terkadang pertanyaan yang ditanyakan justru merupakan kunci untuk mengorek tentang kebohongan yang selama ini tidak kamu ketahui. Nah, salah satu ciri-ciri yang bisa kamu ketahui dari pasangan yang sedang berbohong ketika ditanya selalu saja rumit menjawab pertanyaannya.

Rumitnya jawaban yang diberikan sebenarnya merupakan sebuah alasan agar dia tidak perlu menjawab pertanyaan kamu. Jika kamu tidak peka maka mudah saja bagi kamu untuk teralihkan, tetapi jika kamu sudah tahu bahwa jawabannya pasti akan rumit, maka pastikan untuk mengejar jawaban di waktu yang tepat.

9. Memberikan kalimat penyangkalan berkali-kali

Jika dengan memberikan kata sumpah dapat membantu pasangan kamu menutupi kebohongannya pada kamu, maka kalimat penyangkalan juga cukup ampuh untuk dilakukan. Memang ketika seseorang berbohong akan cenderung menjawab pertanyaan dengan kalimat yang sama berkali-kali. Bukan hanya itu, ada juga kalimat meyakinkan yang diikutkan agar membuat kamu semakin percaya.

Sebenarnya tidak perlu menjawab berkali-kali, ketika dia jujur maka biasanya jawaban dia akan terdengar sangat tegas. Misalnya saja ada kalimat “enggak kok, enggak”, “ aku udah jujur, kamu percaya deh sama aku”, atau kalimat lainnya yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

10. Kurang responsive

Selain jawaban yang diberikan kurang tepat dan tidak sesuai, beberapa orang ketika berbohong juga menjawabnya akan lama sebab dipikir terlebih dahulu. Dapat dikatakan bahwa pasangan kamu sedang tidak responsive. Waktu lama yang diambil sebelum memberikan jawaban ini biasanya karena dia sedang mencari alasan yang tepat.

Berbeda dengan orang yang sudah benar-benar jujur apa adanya, mereka akan menjawab dengan cepat dan juga jawaban yang tepat. Jadi ketika ditanya maka langsung saja dijawab dengan tegas dan tanpa basa-basi. Jika pasangan kamu sering sekali menjawab dengan waktu yang cukup lama maka bisa dicurigai bahwa dia sedang berbohong.

11. Nada suara tidak stabil

Pasangan kamu ketika sedang berbicara biasanya nada suaranya cenderung stabil. Namun ketika pasangan kamu sedang berbohong, maka ciri selanjutnya adalah nada suaranya yang cenderung berbeda dan menjadi tidak stabil. Hal tersebut dikarenakan dia sedang mencoba menutupi sesuatu dari kamu dan cenderung akan berhati-hati ketika berbicara denganmu.

Jika kamu memaksa untuk mengintrogasinya demi mendapatkan jawaban yang tepat, maka bisa jadi dia akan memberikan respon tidak menyenangkan. Banyak respon yang bisa diberikan, bisa berupa ucapan yang menjadi pelan sehingga kamu tidak mendegarnya, terlihat kurang niat menjawabnya, atau bahkan membentak kamu dengan nada tinggi. Jika seperti itu, tidak perlu dilanjutkan, karena kamu sudah tahu bahwa dia sedang berbohong.

Itulah beberapa ciri-ciri pasangan kamu sedang berbohong. Tidak semua orang melakukan hal di atas ketika sedang berbohong, namun kebanyakan pasti akan terjadi entah satu atau dua dari ciri-ciri di atas. Mulailah peka terhadap perubahan yang terjadi pada pasangan kamu agar tidak terlanjur sakit hati. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here