13 Tanda Hubungan Kamu Sudah Tidak Sehat dan Tak Bisa Diteruskan Lagi

tanda-hubungan-sudah-tidak-sehat

Menjalani sebuah hubungan dengan seseorang tentu kita berharap bisa bertahan lama sampai ke jenjang pernikahan dan menua bersama. Tetapi di dalam jalannya hubungan tidak melulu berjalan mulus. Akan ada beberapa masalah yang terkadang menghalangi jalan mulusnya hubungan kamu dan pasangan. Terkadang kita harus merelakan hati bahwa hubungan juga bisa berakhir karena mungkin tidak ada yang bisa dipertahankan lagi.

Pertengkaran dan masalah justru membuat hubungan kamu semakin runyam. Daripada dilanjutkan dan terus menerus menahan sakit hati, mungkin lebih baik memang harus diakhiri saja. Nah berikut ini beberapa tanda bahwa kamu harus menyudahi hubungan dengan pasangan karena merasa hubungan sudah tidak sehat dan tak bisa diteruskan lagi.

1. Tidak pernah menyelesaikan masalah

Pertengkaran yang terjadi di dalam sebuah hubungan pasti selalu ada dan harus diselesaikan secepatnya dengan kepala dingin agar jalannya hubungan tetap harmonis. Berbeda dengan hubungan yang harus diakhiri, salah satu tandanya adalah tidak ingin menyelesaikan masalah yang ada. Rasanya kamu ataupun pasangan enggan meluruskan masalah yang sedang terjadi padahal masing-masing sangat tahu jika masalah ini tidak segera diselesaikan maka akan semakin runyam dan semakin besar.

Keinginan untuk menyelesaikan masalah rasanya sudah tidak ada lagi. Jadi kamu dan pasangan tidak intensif berkomunikasi, tidak selalu bertemu atau bahkan tida saling menyapa ketika bertengkar. Jika hal ini terjadi maka menjadi pertanda bahwa hubungan kamu sudah tak bisa dipertahankan lagi.

2. Mendengarkan pendapat orang lain

Banyak sekali tanda-tanda yang bisa kamu ketahui bahwa hubungan yang terjalin sebenarnya sudah tidak sehat lagi. Misalnya saja ketika kamu atau pasangan sudah sangat percaya dan selalu mendengarkan pendapat orang lain ketimbang pasangannya sendiri.

Jadi ketika ada masalah yang terjadi, sudah ada rasa enggan untuk meluruskan masalah, dan lagi apa yang orang lain bicarakan menjadi hal yang kamu sangat percayai. Tentu saja pendapat yang dimaksud adalah pendapat negatif perihal pasanganmu.

Jika tetap memelihara pendapat orang lain tanpa menanyakan kebenarannya pada pasangan kamu, atau kamu tidak tergugah hati untuk membela pasangan kamu dihadapan orang tersebut, berarti hubungan yang terjalin memang sudah tidak ada artinya bagi kedua belah pihak.

3. Tidak tertarik lagi

Pada awal-awal masa menjalin hubungan, semua yang berkaitan dengan pasangan menjadi sesuatu hal yang sangat menarik perhatian. Segala hobinya, kebiasaannya, dan lain sebagainya. Namun seiring berjalannya waktu dengan banyaknya masalah atau perbedaan yang ada di dalam hubungan kamu, pada akhirnya berubah menjadi kurang menarik lagi.

4. Enggan mengalah

Tanda selanjutnya bahwa hubungan kamu tidak dapat dipertahankan lagi adalah enggan mengalah. Bukan hanya kamu tetapi pasangan kamu juga enggan jika harus mengalah atas masalah yang dihadapi. Tidak melulu menunggu adanya masalah yang besar, tetapi kalian juga terkadang tidak mau mengalah pada beberapa hal sepele sekalipun.

Misalnya ketika kamu dan pasangan mencari tempat untuk makan kemudian memiliki selera yang berbeda. Pasangan enggan mengalah untuk mengikuti ajakan kamu, hingga akhirnya bisa saja berbuntut menjadi sebuah pertengkaran. Nah ketika sepasang kekasih sudah enggan untuk saling mengalah satu sama lain, mungkin hubungan tidak akan berjalan dengan baik.

5. Lebih egois

Selain tidak mampu mengalah satu sama lain, tanda hubungan sebaiknya disudahi juga bisa dirasakan dari banyaknya perubahan yang terjadi pada pasanganmu, salah satunya menjadi lebih egois. Dalam hal ini, kedua belah pihak kemungkinan sudah mulai menjauh satu sama lain dan mulai tak saling memahami.

Hal tersebut jika dilakukan secara terus menerus tentu akan memberikan dampak yang kurang baik pada hubungan. Pasangan kamu bisa saja merasa tidak kuat menghadapi mu,  sebaiknya memang hubungan harus diakhiri jika kedua belah pihak terlalu banyak menuntut.

6. Pembicaraan yang kurang menarik

Jika sepasang kekasih bertemu bukan berarti hubungan tersebut dalam keadaan baik-baik saja. Ketika hubungan sudah tidak mampu dipertahankan dan berjalan sangat tidak sehat, sekalipun keduanya bertemu tetap saja ada rasa canggung yang dirasakan.

Jika biasanya kamu dan pasangan mengobrol dengan asik dan serunya, maka ketika hubungan tidak lagi sehat, maka obrolan tersebut menjadi kurang menarik dan keduanya menjadi enggan menanggapi satu sama lain. Banyak hal yang harusnya bisa kamu ceritakan pada pasangan tentang hari-hari mu, tetapi kamu justru memilih diam dan menceritakannya pada orang lain yang jauh lebih kamu kagumi.

7. Lebih cuek

Hubungan yang harus diakhiri bisa karena apa saja, mulai dari hal-hal yang sepele sampai hal yang besar. Terkadang hal sepele seperti kebiasaan pasangan bisa membuat ilfil dan kurang nyaman. Hal tersebut kamu pendam sendiri sampai akhirnya merasa bahwa dia bukan seseorang yang tepat untuk diajak bersama. Nah, ketika hubungan sudah menjadi tidak sehat maka yang terjadi adalah kamu akan lebih cuek terhadap pasangan.

Biasanya pada awal menjalin hubungan kamu kerap bertanya pada pasangan mengenai bagaimana aktivitas yang dilakukan, atau kamu selalu ada ketika pasangan membutuhkan bantuan untuk menyelesaikan masalah. Namun ketika hubungan sudah tak dapat dipertahankan laggi maka kamu sudah enggan peduli lagi dengan hal-hal yang berkaitan dengan pasangan mu.

Baca Juga: 9 Tanda Perubahan Sikap Jika Pasangan Selingkuh

8. Malas bertemu

Sebenarnya banyak tanda yang bisa dirasakan ketika hubungan sudah tidak lagi berjalan dengan biak. Misalnya saja intensitas komunikasi yang berkurang, entah komunikasi melalui telpon, chat, ataupun bertemu secara langsung. Ketika pasangan kamu mengajak bertemu rasanya malas sekali menemuinya. Semakin jarang bertemu dan jarang berkomunikasi sampai-sampai kamu dan pasangan hilang kabar satu sama lain.

Jika hal ini terjadi berarti hubungan kamu dan pasangan sudah tidak harmonis lagi. Tidak ada keinginan untuk bersama-sama kembali, entah sekedar bercerita atau bercanda bersama. Akan banyak alasan yang bisa kamu berikan ke pasangan ketika diajak bertemu.

9. Banyak menuntut

Perubahan yang terjadi selanjutnya yang bisa dirasakan adalah banyak menuntut. Kamu mulai menuntut pasangan menjadi seperti yang diinginkan. Entah suka atau tidak suka, rasanya pasangan kamu harus mengerti dan menuruti semua keinginan mu.

Hal tersebut sebenarnya tidak baik untuk hubungan asmara. Pasangan bisa saja merasa jenuh dan lelah dengan tuntutan yang kamu buat. Kondisi ini bisa menyebabkan pertengkaran antara kamu dan pasangan.

Sekalipun memiliki hubungan khusus karena dia adalah pasangan mu, rasanya memang tidak tepat jika kamu menjadi seseorang yang sering mengekang pasangan yang membuatnya semakin jenuh dan tidak bebas. Jika memang kamu mulai mengekang pasangan, berbeda ketika masih awal menjalani hubungan, maka bisa jadi hubungan kamu harus diakhiri saja karena tidak akan berjalan dengan baik.

10. Sering mengeluh tentang pasangan

Pada awal menjalani hubungan tentu nuansanya masih sangat indah, bahkan tidak jarang kamu sering memuji pasangan kamu di depan teman-teman atau bahkan keluarga. Bagi kamu tidak ada manusia yang sangat spesial selain dia. Namun seiring berjalannya waktu dengan banyaknya masalah yang dihadapi tentu saja perubahan akan terjadi.

Lambat laun ketika kamu memiliki banyak masalah dan ternyata hubungan sudah tidak dapat dipertahankan, maka kamu sering mengeluh tentang pasangan kamu pada orang terdekat. Jika hal tersebut sudah kamu lakukan beberapa kali, maka bisa jadi itu artinya kamu sudah tak nyaman lagi.

11. Kemesraan berkurang

Rusaknya sebuah hubungan tentu akan memberikan proses yang kurang nyaman dan menyakitkan. Salah satu tanda bahwa hubungan kamu sudah tidak dapat diperbaiki lagi adalah kemesraan yang berkurang atau bahkan sudah tidak ada lagi kemesraan diantara kamu dan pasangan.

Misalnya saja ketika dia mencoba menggandeng tangan mu, maka rasanya sudah enggan untuk melakukannya. Akhirnya banyak juga alasan yang harus diberikan, entah malu karena di depan umum, atau bisa juga kamu mencoba beralasan dengan memenuhi tangan dengan barang bawaan. Jika gandengan tangan saja sudah malas maka kemesraan yang lainnya juga akan terasa janggal.

12. Kurang perhatian

Hubungan yang sedang berjalan pada awalnya memang bisa membuat kamu berbunga-bunga layaknya orang yang sedang merasa kasmaran. Bahkan kamu berjanji akan selalu ada untuknya dalam suka maupun duka. Namun seiring berjalannya waktu kamu mulai mengingkari janji tersebut dengan cara “sering menghilang di telan bumi.”

Ketika hubungan kamu sudah tidak sehat lagi, maka ketika pasangan kamu sedang ada dalam masalah rasanya kamu sudah tidak mau tahu lagi. Bahkan ketika dia sedang mengeluh, rasanya kamu sudah merasa jengkel dan ingin jauh-jauh pergi.

13. Menambah kesibukan

Ketika hubungan kamu sudah berada dalam keadaan yang tidak dapat diteruskan maka tanda berikutnya adalah kamu lebih suka menikmati kesibukan di aktivitas sehari-hari daripada harus menghabiskan waktu bersama dengan dia. Ketika dia mengajak bertemu maka kesibukan kamu menjadi alasan yang bisa memisahkan kamu dengan dia. Hal tersebut selalu kamu lakukan dan cukup untuk dinikmati.

Jika hal yang satu ini sudah sering sekali kamu rasakan, maka bisa diartikan kamu sudah tak nyaman lagi atas kehadirannya. Dapat dikatakan bahwa kamu sedang merasa bosan, namun jika terlalu sering merasa senang ketika tak bersama dengannya, maka bisa dikatakan bahwa sudah tidak ada perasaan di dalam hati kamu untuk dia.

Terkadang beberapa pasangan enggan mengakui bahwa hubungan mereka sudah benar-benar tidak dapat diteruskan lagi. Mereka lebih memilih agar pasangannya lah yang mengakhiri lebih dulu, padahal kamu tidak perlu takut untuk mengakui bahwa perasaan kamu sudah berubah untuknya dan sudah tidak dapat dipaksakan lagi. Jika mampu mengatakan sejujurnya, maka kehidupan kamu akan jauh lebih tenang untuk dijalani. Semoga bermanfaat dan terima kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here