9 Efek Kurang Tidur Bagi Kesehatan Tubuh yang Wajib Kamu Ketahui

Setelah menjalani aktivitas penuh seharian maka tubuh membutuhkan istirahat. Umumnya, seseorang membutuhkan waktu sekitar delapan jam untuk beristirahat. Jika kurang dari waktu tersebut, dapat dipastikan tubuh kekurangan tidur. Kualitas tubuh juga dipengaruhi dari waktu kamu untuk beristirahat. Jadi, tidak heran beragam masalah muncul saat tubuh kekurangan tidur. Begitu banyak efek kurang tidur yang sangat berpengaruh pada kesehatan.

Mungkin, banyak dari kamu yang melakukan kegiatan begadang dengan alasan tertentu. Seperti pekerjaan yang belum selesai, persiapan untuk hari selanjutnya maupun lainnya. Tidur menjadi peran yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Setelah beristirahat kemudian bangun, maka tubuh akan menjadi lebih segar dan memiliki energi yang prima. Ada banyak sekali efek kurang tidur yang didapatkan yang menimbulkan pengaruh bahaya pada kesehatan tubuh. Berikut beberapa efek kekurangan tidur yang wajib kamu ketahui.

1. Menurunnya Daya Ingat

Akibat dari kurang tidur dapat menyebabkan turunnya daya ingat. Mengapa demikian? Karena, saat kondisi tidur merupakan waktu untuk menyerap hal yang telah dilakukan sepanjang hari pada ingatan jangka pendek. Saat tidur, ternyata koneksi saraf menjadi lebih kuat. Hal inilah yang menjadikan ingatan bertahan dengan begitu baik.

Sayangnya, kondisi ini tidak berlaku jika tidak tidur. Sistem daya ingat menjadi lebih menurun. Terlebih, kondisi yang mengantuk membuat seseorang menjadi lebih mudah lupa. Konsentrasi juga akan terganggu. Kondisi seperti ini tentu sangat tidak nyaman untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Jadi, lebih baik kamu tidur dengan cukup ya!

2. Menderita Penyakit Jantung

Sangat bahaya, kamu yang sering begadang lebih baik kurangin deh. Salah satu efek kurang tidur ini bisa mengakibatkan terkena penyakit jantung. Kok bisa? Tidur memiliki peran dalam membantu memperbaiki kerusakan pada pembuluh darah dan jantung. Jadi, jika kurang tidur maka kerusakan tersebut tidak bisa diperbaiki.

Jantung memiliki peran untuk memompa darah keseluruh tubuh. Lantas, bagaimana jika pembuluh darah mengalami kerusakan? Sudah pasti, akibatnya bisa sampai ke jantung. Dengan begitu, seseorang yang kurang tidur bisa menderita penyakit jantung. Resiko untuk penyakit yang didapatkan juga lebih tinggi lho!

3. Mudah Sakit

Pengaruh dari kurang tidur bisa menuju ke bagian sistem kekebalan tubuh. Sistem ini yang membuat tubuh lebih tahan terhadap virus ataupun penyakit yang menyerang. Jika kamu kurang tidur, sistem kekebalan tubuh menjadi lebih rendah. Tidak heran, tubuh akan lebih mudah sakit dan berbagai macam masalah lainnya bisa saja datang.

Bahkan, penyakit seperti infeksi dan peradangan juga lebih mudah menyerang tubuh. Kondisi ini sangat menyakitkan jika terjadi pada seseorang. Bahkan, sistem kekebalan dalam tubuh tidak mampu untuk menghasilkan sitokin yang merupakan protein.  Jika hal tersebut terjadi, dapat dipastikan kamu akan lebih sulit dalam penyembuhan penyakitnya.

4. Mempercepat Penuaan Dini

Orang yang kurang tidur akan mempercepat terjadinya penuaan pada tubuh. Efek kurang tidur pada wajah seperti mata menjadi bengkak. Di bagian bawah mata juga terdapat warna hitam yang dikenal sebagai mata panda.  Selain itu, untuk kulit juga menjadi lebih kusam, kasar dan tidak cerah.  Mengapa ini bisa terjadi? Karena produksi hormon kortisol pada tubuh hanya akan menghancurkan kolagen.

Padahal, kolagen memiliki fungsi untuk membuat kulit menjadi halus dan tetap cerah. Selain itu, hormon pertumbuhan juga akan menjadi terhenti karena kurang tidur. Tidak heran, performa dari tubuh menjadi berkurang. Jika kondisi ini terus berlanjut, penuaan dini tidak akan bisa kamu hindari.

Baca Juga: 14 Cara Mengatasi Insomnia Untuk Kualitas dan Kuantitas Tidur Lebih Baik

5. Merusak Mood Kamu

Efek yang satu ini, tentu sangat tidak menyenangkan untuk kamu menjalani aktivitas sehari-hari. Karena, kurang tidur bisa membuat mood kamu menjadi emosional. Masalah seperti ini kerap kali terjadi untuk orang yang sedang mengantuk. Perasaan lelah membuat kamu lebih mudah marah dan selalu sensitif terhadap beberapa hal.

Tentunya, hal ini akan berbahaya kedepannya. Terlebih, jika kamu melakukan sebuah pekerjaan. Maka, mood yang seperti ini harus dihindari. Untuk itu, lebih baik kamu tidur dengan waktu yang cukup. Jangan sampai rasa mengantuk membuat mood kamu menjadi tidak jelas dan merusak semua yang kamu ingin capai.

6. Nyeri Pada Sendi Dan Otot

Untuk kamu yang biasa tidak tidur pada malam hari, maka akan sering merasakan nyeri pada bagian sendi dan otot. Hal ini disebabkan karena kualitas dari pertumbuhan tulang dan otot menjadi berkurang. Kualitas tubuh juga tidak berjalan dengan baik. Justru, membuat tubuh menjadi lebih rentan terhadap penyakit.

Terutama saat kamu bangun tidur dalam kondisi yang masih mengantuk. Maka akan terasa nyeri sendi dan otot terasa kaku. Manfaat tidur sangat membantu untuk menghilangkan nyeri sendi pada otot. Meskipun memang tidak cepat dalam penanganannya. Setidaknya membutuhkan waktu 3 hari istirahat dengan cukup dan pola makan berkualitas untuk bisa mengatasi hal ini.

7. Munculnya Penyakit Diabetes

Ternyata, efek dari kurangnya tidur bisa memunculkan penyakit seperti diabetes. Penyakit yang satu ini begitu berbahaya bagi tubuh karena bisa membuat penderita lebih mudah kehilangan energinya. Kurang tidur menjadi salah satu penyebab utama terjadinya diabetes. Penyakit ini terjadi karena ada masalah pada insulin yang mengarah langsung ke diabetes.

Untuk kamu yang masih sering begadang sampai larut malam, cobalah untuk menghentikan kegiatan tersebut. Terutama jika memang tidak ada manfaatnya. Karena hanya akan membuat penyakit seperti diabetes menyerang pada tubuh. Untuk penanganan diabetes tidak mudah, bahkan membutuhkan waktu berbulan-bulan. Masih mau begadang sampai larut malam?

8. Berkurangnya kemampuan Otak

Berpikir dengan lebih jernih membutuhkan kesehatan yang baik dan kemampuan berpikir dapat berjalan baik jika seseorang fokus. Sayangnya, bagi mereka yang kurang tidur kekuatan untuk fokus tersebut menjadi berkurang. Bahkan daya konsentrasi yang dimiliki begitu rendah. Akibatnya, seseorang akan mengalami penurunan dalam kemampuan otaknya.

Masalah yang satu ini tidak bisa dianggap remeh. Karena jika dilakukan secara terus menerus akan begitu berbahaya. Terutama untuk para pekerja yang membutuhkan tingkat fokus yang tinggi. Salah sedikit, maka bisa pekerjaan yang menjadi taruhannya. Lebih baik cukupkan waktu untuk beristirahat agar bisa fokus dalam menjalani aktivitas.

9. Pola Makan Tidak Beraturan

Jika ingin mendapatkan kesehatan tubuh yang ideal, maka seseorang harus menjaga pola makannya. Hanya saja, hal tersebut tidak berlaku bagi seseorang yang kekurangan tidur. Karena pola makannya akan menjadi berbeda. Penurunan leptin atau rasa kenyang ke otak akan semakin meningkat. Hal ini menyebabkan kamu tidak ingin makan apapun.

Tentunya hal ini sangat mempengaruhi kesehatan dari tubuh. Bahkan bisa berpengaruh ke banyak hal lainnya yang berbahaya untuk tubuh. Sebagai contoh, jika kamu tidur cukup maka membutuhkan makan 3x dalam sehari. Namun, bagi mereka yang kurang tidur mungkin hanya mampu makan 2x dalam sehari. Sudah terlihat bukan perbedaannya?

Efek kekurangan tidur memang sangat mempengaruhi bagi kesehatan tubuh. Terutama untuk kamu yang bekerja di pagi hari maka harus istirahat dengan cukup. Jangan sampai pekerjaan tidak berjalan dengan baik hanya karena kamu kurang tidur malam. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here