14 Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga, Mudah dan Menguntungkan

usaha-sampingan-ibu-rumah-tangga

Menjadi seorang ibu rumah tangga memang tidak mudah dijalani, apalagi ketika kita hidup di masa modern dimana kamu juga dituntut untuk selalu produktif.  Terkadang para ibu rumah tangga merasakan kebingungan memilih menjadi ibu rumah tangga atau wanita karier. Jika menjadi wanita karier menuntut kamu menghabiskan waktu banyak di luar rumah, sedangkan untuk menjadi ibu rumah tangga tanpa bekerja juga bsa membuat kamu jenuh.

Tetapi hal tersebut dapat ditangani, kamu bisa melakukan beberapa pekerjaan sampingan di rumah sehingga kejenuhan bisa teratasi, menghasilkan uang, dan juga tidak meninggalkan kewajiban sebagai seorang ibu di rumah. Lalu apa saja usaha sampingan untuk Ibu Rumah Tangga yang mudah dan menguntungkan? Berikut ini beberapa pekerjaan sampingan yang cocok untuk dijalankan ibu rumah tangga.

1. Membuka catering atau warung makan

Ibu rumah tangga biasanya memiliki hobi memasak, hal tersebut dapat kamu gunakan untuk membuat usaha sampingan dengan membuka catering atau warung makan. Apalagi jika daerah rumah kamu strategis berada di sekitar kampus, kantor, bahkan juga permukiman dimana penduduknya selalu padat. Membuat beberapa masakan yang enak bisa menarik para pelanggan tentu dengan bantuan promosi terlebih dahulu.

Anda juga bisa meminta tolong suami untuk mempromosikan jasa catering yang sudah kamu buat. Jika memang sukses, maka kamu bisa mendapatkan banyak pelanggan. Tetapi pastikan kualitas makanan  kamu tetap bagus dan harga yang dibandrol tidak terlalu mahal.

2. Les private

Jika kamu kurang pintar dalam memasak maka kamu bisa mencoba membuka usaha les privat di rumah untuk anak-anak yang ada di sekitar rumah. Hal tersebut dapat memberikan keuntungan tanpa harus meninggalkan rumah. Bukan hanya dapat menghasilkan uang tetapi kamu juga bisa mengasah kemampuan dalam mengajar anak-anak sehingga orang tua tidak perlu merasa khawatir untuk menitipkan anaknya pada anda.

Jika sudah terbiasa menangani anak-anak dengan masalah pelajaran di sekolahnya, maka sangat mudah juga bagi kamu untuk membantu anak-anak kamu dan memperhatikan mereka lebih baik apalagi dalam bidang pendidikannya. Membuka les privat di rumah juga tidak membutuhkan modal yang besar dan hal tersebut dapat menguntungkan anda.

3. Bisnis online

Saat ini jaman berkembang dengan cepat, apalagi untuk urusan teknologi yang bisa dimanfaatkan dengan berbagai macam cara. Sebagai ibu rumah tangga kamu bisa mencoba bisnis online yang mudah dilakukan dimana saja dan kapan saja. kamu dapat memulai usaha ini dari berbagai macam produk, misalnya dengan berjualan baju anak, atau produk kecantikan yang sudah aman dan terpercaya, produk rumahan, makanan, dan lain sebagainya.

Barang yang diambil bisa saja dari orang lain sehingga akan menguntungkan kamu, sebab tidak harus memiliki modal. Memang keuntungan yang didapat tidak terlalu besar, tetapi jika kamu dapat menjualkan barang cukup banyak, maka keuntungan yang didapatkan juga akan banyak.

4. Penulis lepas

Ibu rumah tangga muda juga bisa mencoba usaha sampingan menjadi penulis lepas yang saat ini juga banyak diminati. Jika keahlian kamu menulis, maka pekerjaan penulis lepas sudah bukan hal yang sulit untuk dilakukan. kamu bisa melakukannya di sela-sela waktu tanpa harus meninggalkan rumah dan kerepotan seperti mengerjakan pekerjaan kantor. Untuk menjadi penulis lepas, maka bantuan media online sangat dibutuhkan dan hasil yang didapatkan juga terbilang lumayan. kamu bisa memulainya kapan saja tanpa membutuhkan modal yang besar.

5. Penerjemah bahasa asing

Cukup banyak kelebihan dari ibu rumah tangga, kamu bisa memanfaatkannya sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Jika kamu pintar sekali dalam bahasa asing, maka dapat mencoba untuk menjadi penerjemah bahasa asing melalui media online. Berbeda seperti menulis lepas, tugas kamu hanya untuk menerjemahkan dengan tulisan yang sudah tersedia. Pekerjaan tersebut dapat ditemukan melalu internet dan hasilnya juga dapat menguntungkan.

Sekalipun tidak meninggalkan rumah dan kewajiban kamu sebagai seorang ibu, penghasilan tetap  akan mengalir. Jika kamu berhasil menerjemahkan dengan kapasitas yang banyak, maka penghasilan yang kamu dapatkan juga cukup banyak.

6. Menerima jasa menjahit

Menjahit juga jadi salah satu keahlihan yang sering dimiliki oleh para wanita, terutama ibu rumah tangga. Menerima jasa menjahit juga bisa dijadikan sebagai salah satu usaha sampingan di rumah yang tidak merepotkan. Dengan modal mesin jahit dan keahlian menjahit, kamu bisa menghasilkan uang. Dan dengan terus melatih keahlian menjahit kamu maka bisa juga menghasilkan desain baju sendiri dari pemikiran anda.

Para tetangga juga akan semakin mudah membuat baju dengan menggunakan jasa anda. Modal yang diigunakan untuk jasa menjahit ini tidak besar tetapi keuntungannya tetap berjalan. Jadi bagi kamu yang memiliki keahlian untuk menjahit ada baiknya segera membuka jasa menjahit di rumah.

7. Jual pulsa

Di jaman modern seperti saat ini gadget menjadi hal yang sangat penting untuk dimiliki. Hampir semua orang memegang gadgetnya masing-masing. Usaha yang cocok untuk kamu lakukan sebagai ibu rumah tangga adalah menjual pulsa. Para pengguna gadget pasti membutuhkan pulsa agar tetap dapat berkomunikasi, bukan hanya itu tetapi saat ini banyak rumah yang sudah menggunakan sistem pulsa listrik.

Menjual pulsa  dan token listrik menjadi hal yang cocok dilakukan. Apalagi jika di sekitar rumah kamu tidak ada orang yang menjual pulsa, maka bisa jadi usaha sampingan yang kamu jalani semakin berjalan mulus. Modal yang dikeluarkan tidak harus besar, tetapi kamu harus pintar untuk memutar keuntungan agar usaha kamu juga semakin bertambah besar.

8. Bisnis aksesoris

Penampilan menjadi hal yang penting bagi kaum wanita, apalagi akhir-akhir ini semakin banyak orang yang berpenampilan menarik dengan hiasan aksesoris. kamu juga bisa menjadi hal tersebut sebagai peluang untuk membuka usaha di rumah. Tidak harus menjual pernak-pernik, kamu juga bisa menjual hijab yang saat ini sedang banyak diminati sehingga akan meraup keuntungan.

Tidak perlu membuka sebuah toko besar, cukup bagikan kabar ke tetangga bahwa kamu menjual berbagai macam model aksesoris di rumah. Sehingga para tetangga yang akan membelinya dapat langsung datang ke rumah anda. Jika kamu menjual berbagai macam pernak-pernik kebutuhan hijab juga maka bisnis yang satu ini akan menjadi semakin menarik.

9. Buka Laundry

Usaha sampingan yang dapat dikerjakan di rumah lainnya adalah membuka jasa laundry. Sebagai ibu rumah tangga tentu kegiatan mencuci baju menjadi hal yangs sering dilakukan. Hal tersebut juga akan mempermudah kamu untuk menjalankan usaha tersebut. kamu hanya membutuhkan tambahan mesin cuci untuk membantu mempermudah pekerjaan.

Jika sudah mulai berkembang, kamu juga bisa mempekerjakan orang lain untuk membantu usaha tersebut. Usaha laundry ini terbilang menjanjikan jika kamu hidup di kota besar atau tempat kamu dikelilingi oleh kawasan universitas yang memiliki banyak tempat kos di sekitarnya.

Baca Juga: 13 Cara Membuka Usaha Laundry Untuk Pemula Agar Sukses Dan Berkembang Besar

10. Menghasilkan kerajinan tangan

Kelebihan selanjutnya yang dapat dikembangkan sebagai usaha sampingan adalah kursus kerajinan tangan. Jika kamu pintar membuat berbagai macam kerajinan tangan, maka kamu bisa membuka kursus kerajinan tangan. Selain membantu meningkatkan kreatifitas ternyata juga dapat digunakan untuk menghasilkan keuntungan tanpa harus meninggalkan rumah.

Apalagi jika hasil kerajinan tangan tersebut dapat kamu jual, tentu akan lebih menguntungkan lagi. Membuat kerajinan tangan juga termasuk kegiatan yang santai, sehingga kamu juga bisa menikmati pekerjaan tersebut di rumah. Selain memberikan kursus pada orang lain, kamu juga dapat mengajari anak-anak kamu agar mereka menjadi lebih kreatif lagi.

11. Membuat kost

Untuk kamu yang memiliki sebuah properti tempat tinggal yang berdekatan dengan area yang strategis seperti universitas, tempat kerja, atau lain sebagainya, maka kamu dapat membuka tempat kost untuk disewakan. Bisnis ini memang membutuhkan modal yang besar, tetapi penghasilan yang diberikan juga sangat besar.

Kamu juga tidak perlu repot berpergian dari rumah, cukup dengan memantau dan cek kondisi tempat kost anda. Jangan lupa untuk mempromosikan kost kamu agar semakin banyak orang yang tahu. Tidak perlu meninggalkan rumah untuk waktu yang lama, penghasilan kamu tetap mengalir jika memiliki tempat kost sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga.

Baca Juga: 18 Peluang Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga yang Tidak Menyita Waktu Banyak

12. Berjualan kue buatan sendiri

Selain jago memasak dan mengandalkannya menjadi usaha catering, kamu juga bisa menjual kue. Hal tersebut akan menguntungkan apalagi jika kamu juga sangat pandai membuat aneka macam kue. Promosikan kepada tetangga dan buat sebuah pemberitahuan bahwa kamu menerima pesanan kue dan juga menjual kue.

Pada momen-momen tertentu, usaha ini akan sangat menguntungkan seperti saat hari raya lebaran, hari raya natal, atau ketika imlek. Kue-kue yang kamu buat bisa laris manis karena diserbu para pelanggan. Membuat usaha menjual kue yang kamu buat sendiri, selain dapat menyalurkan hobi kamu di rumah, kamu juga akan jauh dari rasa jenuh dan bosan.

13. Jualan jus

Tidak hanya kue yang bisa kamu jual tetapi juga minuman yang menyegarkan di depan rumah seperti jus misalnya. Memang usaha ini membutuhkan modal namun juga memberikan keuntungan tanpa harus meninggalkan tugas menjadi seorang ibu rumah tangga. kamu dapat menjual jus ataupun minuman yang lainnya di depan rumah.

Ketika musim panas, usaha ini akan sangat diminati oleh para pembeli. Belum lagi jika tempat tinggal kamu berada disebuah kawasan yang ramai dengan penduduk, tentu hal tersebut menjadi keuntungan lebih untuk kamu. Jika usaha menjual jus ternyata bisa berkembang dengan baik dan semakin laris, maka kamu bisa juga menyewa pegawai untuk membantu melancarkan usaha tersebut.

14. Membuka salon

Membuka salon juga bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu yang memiliki keahlian dalam menata rambut dan kecantikan kulit. kamu dapat membuka salon di dalam rumah dengan alat yang tentunya mencakup kebutuhan pekerjaan. Jika salon yang kamu buka berkembang dengan baik, maka bisa juga membuka spa yang menggunakan bahan-bahan tradisional agar lebih murah jika dibandingkan dengan tempat spa khusus namun kualitasnya juga tetap dapat dipertanggung jawabkan. Setelah usaha lancar berjalan, rekrut beberapa teman-teman kamu yang terpercaya untuk ikut dengan kamu mengembangkan usaha salon dan spa agar semakin laris.

Usaha-usaha di atas dapat dilakukan oleh para ibu rumah tangga tanpa harus meninggalkan kewajibannya mengurus anak dan suami. Para ibu rumah tangga juga mendapatkan penghasilan dan mengasah kemampuan menjadi lebih baik. Pilihlah usaha yang memang menjadi minat kamu agar nyaman menjalaninya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here