9 Tips Mudik Saat Puasa yang Bisa Membuat Puasa Kita Tetap Lancar

tips-mudik-saat-puasa

Menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadan membuat sebagian orang menjadi mengubah aktivitas sehari-harinya. Bahkan, banyak orang yang terlihat lemas ketika sedang berpuasa. Banyak orang yang malas untuk bepergian karena alasan puasa.

Itu karena ketika kita bepergian ke suatu tempat, kita akan direpotkan dengan segala persiapan yang sangat menguras energi, terutama ketika kita sedang berpuasa. Kalau terus seperti ini, mungkin kita akan kesusahan saat mudik ke kampung halaman dalam kondisi berpuasa, apalagi saat mudik lebaran.

Nah, jika ingin mudik pada saat puasa, Anda perlu membaca tips mudik saat puasa yang bisa membuat kita tetap semangat dan tidak kehilangan banyak energi. Apa saja tipsnya? Langsung saja kita bahas.

1. Jangan Pernah Lewatkan Sahur

Banyak orang yang sangat malas untuk bangun pagi untuk sahur dikarenakan masih merasa ngantuk. Padahal, makan sahur itu bisa menunda kondisi lapar Anda karena terdapat asupan energi yang tersimpan. Bagi Anda yang ingin mudik saat puasa, sangat diperlukan untuk melakukan sahur ketika akan bepergian.

Selain itu, Anda juga sangat disarankan untuk makan makanan yang memiliki kandungan gizi dan vitamin yang tinggi, sehingga dapat menjaga stamina pada tubuh Anda, contohnya adalah telur, kacang-kacangan, daging, buah, dan lain-lain. Jangan pernah lupakan mengkonsumsi sayur walaupun sedikit.

Pada saat sahur, sebaiknya Anda hindari makan ­junk food supaya pada saat puasa lebih bertenaga. Selain itu, hindari mengkonsumsi teh pada saat sahur, karena dapat membuat Anda cepat haus pada saat berpuasa.

Untuk waktu sahurnya, sebaiknya Anda melakukan sahur sekitar 30 menit sebelum waktu subuh setempat, supaya dapat mengoptimalkan cadangan makanan yang tersimpan pada tubuh. Anda juga bisa mengunduh aplikasi jadwal sahur supaya dapat mengetahui jadwal sahur setempat lebih akurat. Itu karena setiap daerah tidak memiliki waktu sahur maupun buka puasa yang sama.

2. Konsumsi Air Mineral yang Cukup

Pada saat puasa, tubuh kita tidak mendapatkan cairan. Maka dari itu, pada saat sahur maupun berbuka, sangat penting bagi kita untuk mengkonsumsi air mineral yang cukup sebagai pengganti cairan yang telah hilang seharian.

Karena jika tubuh sudah kekurangan cairan, maka kerja seluruh organ mulai tidak optimal sehingga tubuh Anda akan mudah lemas. Maka dari itu, Anda perlu mengkonsumsi air mineral yang cukup pada saat sahur dan berbuka puasa.

Jumlah air mineral yang dikatakan cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh Anda yaitu sekitar 8 gelas atau 2 liter setiap harinya. Anda bisa mengatur kapan akan meminum air mineral, seperti 2 gelas di saat sahur, 2 gelas pada saat buka puasa, serta 4 gelas pada saat malam hari.

3. Sebaiknya Hindari Bepergian Pada Saat Siang Hari

Siang hari merupakan saat yang sangat menguras energi Anda ketika sedang bepergian. Cuacanya yang panas mampu menguras tenaga dan cairan pada tubuh, terutama jika Anda memiliki aktivitas di luar ruangan.

Tubuh akan lebih cepat dehidrasi apabila Anda bepergian pada siang hari. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas pada pagi hari ataupun sore hari sekalian ngabuburit. Bahkan, tidak jarang juga yang bepergian pada saat malam hari.

4. Istirahat yang Cukup

Sebelum menjalani kegiatan mudik yang membutuhkan banyak tenaga, sebaiknya Anda beristirahat yang cukup dan jangan begadang. Istirahat yang cukup itu sangat diperlukan, terutama jika Anda akan bepergian.

Selain itu, jika Anda memiliki kualitas dan kuantitas tidur yang cukup, Anda akan merasa lebih segar dan siap untuk beraktivitas. Anda juga akan lebih bugar dan terhindar dari penyakit apabila memiliki porsi tidur yang cukup.

5. Selalu Bawa Persiapan Makanan Untuk Berbuka

Tips mudik saat puasa yang selanjutnya adalah dengan membawa persiapan makanan untuk berbuka puasa. Walaupun Anda sedang berpuasa, sebaiknya Anda membawa bekal makanan. Takutnya, ketika sudah masuk waktu berbuka puasa, Anda masih sedang dalam perjalanan dan belum mencari makanan untuk berbuka.

Jangan lupa juga untuk membawa bekal air mineral untuk diminum pada saat berbuka. Meskipun terlihat sepele, tetapi air mineral sangatlah penting dan wajib ada pada saat berbuka puasa.

6. Bawa Perlengkapan Seperlunya

Biasanya, banyak orang saat mudik membawa banyak barang yang tidak diperlukan. Anda tidak perlu membawa perlengkapan yang kurang diperlukan. Itu hanya akan memberatkan Anda. Ketika sedang berpuasa, sebaiknya Anda hanya membawa barang yang penting saja.

Anda juga sangat disarankan untuk membawa peralatan ibadah sendiri. Tujuannya supaya Anda tidak perlu mengantre dengan orang lain. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir apabila tidak terdapat alat ibadah pada tempat sekitar Anda.

Untuk pakaian, sebaiknya Anda menggunakan dan membawa pakaian yang bersifat menyerap keringat. Dengan demikian, tubuh Anda akan lebih nyaman untuk melanjutkan perjalanan walaupun Anda sedang berkeringat.

7. Tentukan Rangkaian Aktivitas Pada Saat Malam Hari

Ini merupakan tips mudik saat puasa yang sangat bermanfaat walaupun terlihat remeh. Sebaiknya, Anda menyusun rangkaian aktivitas mudik pada malam hari. Hal itu bertujuan supaya keesokan harinya, Anda tinggal berangkat melakukan kegiatan sesuai dengan yang telah ditentukan.

Hal itu sangat menghemat energi dan waktu Anda sehingga Anda bisa lebih optimal dalam bepergian tanpa perlu khawatir dengan puasa Anda. Selain itu, dengan menyusun rangkaian kegiatan pada malam harinya, maka akan membuat Anda tidak bingung pada saat bepergian.

8. Jangan Lupa Istirahat Ketika Anda Lelah

Ketika sudah merasa lelah, sebaiknya Anda istirahat sejenak untuk memulihkan kondisi tubuh Anda. Jangan sampai memaksakan kondisi badan Anda yang sudah tidak fit demi cepat sampai di kampung halaman. Tentunya, Anda tidak akan menikmati perjalanan Anda jika kondisi tubuh sudah mulai tidak enak.

Maka dari itu, sebaiknya istirahat sejenak kemudian apabila badan Anda sudah merasa enak, Anda bisa melanjutkan perjalanan mudik. Namun, apabila tubuh Anda sudah tidak memungkinkan untuk perjalanan, disarankan untuk istirahat sejenak di rest area atau mencari penginapan untuk sejenak beristirahat total.

9. Jangan Lupa Beribadah

Walaupun Anda sedang berada pada perjalanan mudik, tetapi Anda tetap memiliki kewajiban yaitu beribadah. Ketika sudah masuk waktu beribadah, Anda tetap harus melakukan ibadah. Dengan beribadah, maka Anda akan merasa lebih kuat dalam berpuasa. Selain itu, saat beribadah juga merupakan saat yang tepat untuk beristirahat dari lelahnya perjalanan mudik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here