8 Cara Memilih Tren Traveling yang Cocok untuk Kamu

tren-traveling

Tren traveling untuk tahun ini semakin banyak, bahkan kian hari kian meningkat. Hampir semua orang mengagendakan masa liburan mereka untuk melakukan traveling. Dengan semakin banyaknya minat masyarakat untuk hal traveling ini, maka lahirlah beberapa tren traveling yang menjadi banyak minat para traveler.

Memilih tren traveling memanglah tergantung dari hal yang kamu suka. Namun tidak ada salahnya kamu mencoba hal baru dengan memilih tren liburan yang belum pernah kamu coba sebelumnya. Ada banyak tren traveling masa kini yang paling banyak dilakukan oleh travelers.

Nah, beberapa tren traveling ini terbagi berdasarkan dua jenis, yaitu berdasarkan gaya traveling maupun destinasi traveling. Untuk berdasarkan gaya traveling, ada beberapa tren yang harus kamu ketahui. Berikut ini tren traveling berdasarkan gaya traveling beserta tips memilihnya:

1. Solo Traveling

Istilah solo traveling ini merupakan sebutan untuk gaya traveling yang menjalankan masa liburan hanya seorang diri. Hal ini mungkin memang terkesan sedikit ekstrem bagi yang belum berpengalaman. Namun solo traveling merupakan gaya traveling yang cukup memberikan pengalaman luar biasa bagi yang menjalaninya.

Bagi kamu yang suka tantangan dan suka melakukan hal-hal yang luar biasa, cobalah gaya traveling ini. Namun, untuk melakukan gaya traveling macam ini, kamu harus mempersiapkan semuanya dengan matang seorang diri, baik untuk perlengkapan traveling maupun mental. Karena untuk gaya traveling macam ini, kamu akan mengurus sendirian tentang segala keperluan ketika berada dalam masa perjalanan.

2. Traveling Mandiri

Yang dimaksud dengan traveling mandiri ialah melakukan traveling tanpa agen travel. Untuk beberapa waktu sebelumnya, agen travel memang menjadi banyak pilihan untuk melakukan traveling. Namun semenjak awal tahun ini, banyak travelers yang lebih memilih melakukan traveling secara mandiri.

Alasan utama mereka memilih gaya traveling mandiri agar lebih leluasa dalam mengeksplor berbagai destinasi wisata yang mereka inginkan. Dengan memilih gaya traveling jenis ini akan memberikan kesempatan lebih luas bagi kamu untuk lebih bebas memilih destinasi maupun acara yang ingin kamu hadiri dalam suasana berlibur.

3. Open Trip

Gaya traveling jenis ini terbilang cukup menarik untuk menjadi pilihan traveling, karena gaya ini sedikit memberi kelonggaran dari segi biaya. Open trip ini biasanya berupa program yang dilakukan oleh beberapa agen travel kecil-kecil. Mereka membuka program untuk traveling ke beberapa tempat wisata.

Gaya traveling macam ini terbilang cukup murah karena jumlah orang yang diberangkatkan cukup banyak. Itu sebabnya biaya yang dibutuhkan lebih murah karena dibagi dengan banyak anggota. Untuk gaya traveling macam ini sudah terurus segala macam keperluan seperti transportasi, penginapan, makanan, tiket masuk wisata, dan lain sebagainya. Contoh sederhana gaya ini ialah traveling tour.

4. Business Pleasure

Ungkapan “sekali mendayung dua pulau terlampaui” merupakan ungkapan yang cocok untuk gaya traveling macam ini. Business pleasure atau lebih dikenal dengan singkatan Bleisure ini merupakan cara memanfaatkan perjalanan bisnis sekaligus melakukan traveling di tempat tujuan bisnis mereka.

Untuk model liburan macam ini pada umumnya dilakukan para pebisnis ketika mereka melakukan perjalanan bisnis ke luar kota atau luar negeri, mereka akan melakukan traveling sekaligus berbisnis. Pada umumnya mereka memilih destinasi yang tidak jauh dari tempat mereka mengurusi bisnis.

Nah, bagi kamu yang menjadi seorang pebisnis dan tidak mempunyai banyak waktu untuk melakukan traveling, kamu bisa mencoba dengan gaya traveling macam ini. Boleh juga kamu membawa keluarga untuk ikut dalam perjalanan kamu ini. Selain menghemat waktu, hal ini juga lebih menghemat biaya.

Seperti yang dikatakan di atas, bahwa selain berdasarkan gaya traveling yang sudah disebutkan satu persatu, tren traveling juga dibagi berdasarkan destinasi wisata yang diinginkan. Dalam memilih tren travel di bawah ini, kamu harus menyesuaikan dengan kebutuhan travel kamu. Simak berikut ini tentang tren wisata berdasarkan destinasinya serta pilihan yang cocok untuk kamu:

1. Destinasi Hotel (Staycation)

Tren traveling yang satu ini disebut dengan staycation. Staycation merupakan acara traveling dengan hanya stay di sebuah hotel dan menikmati semua fasilitas yang ada di hotel tersebut. Traveling dengan cara ini lebih simpel dan minim budget. Dengan adanya fasilitas rekreasi yang lengkap di hotel tersebut, kamu tidak perlu repot-repot menyusun iterary.

Tips yang kamu harus perhatikan, carilah hotel yang tepat. Seperti apa? Tentunya hotel yang memiliki fasilitas rekreasi memadai. Selain itu, suasana hotel yang kamu pilih harus memiliki suasana yang nyaman. Tips tambahan bagi kamu yang ingin memilih hotel untuk staycation, sebaiknya pilihlah hotel yang memiliki spot berfoto instagramable.

Baca Juga: 9 Tips Memilih Hotel Untuk Liburan yang Nyaman dan Terbaik

2. Destinasi yang Sepi dan Damai

Pilihan ini cocok bagi kamu yang terlalu jenuh dengan keramaian kota, atau terlalu sibuk dengan pekerjaan hingga membutuhkan ketenangan untuk refreshing. Memilih destinasi yang sepi serta suasana yang damai sangat manjur untuk me-refresh otak setelah diforsir untuk bekerja dalam sehari-hari.

Kamu dapat menemukan destinasi ini jika kamu mengunjungi wisata seperti gunung, puncak, taman atau wisata sejenis lainnya, biasanya wisata berbasis alam. Dalam memilih tempat wisata ini, sebaiknya pilih tempat wisata yang memang jauh dari keramian kota. Selain udara bersih, juga terjamin kedamaiannya.

3. Destinasi Fotogenik

Tren traveling yang ini hampir selalu menjadi pertimbangan utama bagi travelers. Dengan tren postingan foto instagramable, maka sedang tren pula berdiri tempat wisata yang mengusung estetika. Beberapa tempat wisata berlomba-lomba mendesain interior spot foto semenarik mungkin dan tematik.

Ada banyak tema yang biasanya dipakai oleh beberapa tempat wisata, seperti bertema klasik, berbasis alam, maupun dengan tema menajubkan lainnya. Semua spot itu didesain dengan konsep yang sangat kreatif. Nah, bagi kamu yang suka hunting foto, boleh nih kamu memilih tren traveling jenis ini.

4. Destinasi Bersejarah dan Beredukasi

Traveling sambil belajar juga merupakan salah satu tren traveling yang banyak dipilih oleh travelers. Jika pada umumnya tren semacam ini menjadi pilihan bagi kalangan anak-anak, maka sekarang tidak lagi. Kalangan orang dewasa juga ikut menggandrungi traveling semacam ini.

Ada banyak destinasi wisata yang termasuk ke dalam tren traveling macam ini, seperti kebun binatang, museum, juga beberapa wisata yang mendesain wahana edukasi. Selain itu, beberapa wisata dengan situs sejarah juga merupakan pilihan traveling sekalian belajar. Selain berekreasi dan belajar, situs sejarah juga menyediakan spot foto yang menarik dengan tampilannya yang klasik.

Sebenarnya masih ada banyak cara untuk melakukan traveling sesuai dengan caramu sendiri. Akan tetapi, cara-cara di atas merupakan agenda traveling yang sedang hits dan paling banyak diminati oleh para travelers. Kamu dapat melakukannya sesuai dengan versi kamu sendiri.

Beberapa ulasan di atas hanyalah berupa ulasan serta sedikit tips dalam memilih tren traveling yang ada saat ini. Untuk tips lain dalam memilih destinasi yang tepat, sebaiknya kamu melakukan melakukan browsing mengenai review destinasi yang ingin kamu kunjungi, agar tidak mengecewakan nantinya. Terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here