8 Cara Mengembangkan Bisnis di Usia Muda

8 Cara Mengembangkan Bisnis di Usia Muda
8 Cara Mengembangkan Bisnis di Usia Muda
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Memiliki bisnis di usia muda saat ini menjadi salah satu halyang sedang banyak dilakukan oleh masyarakat indoneisa. Sebab kini, anak mudayang bercita-cita menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur jumlahnya lebih banyak dibandingkan mereka yangbercita-cita menjadi karyawan kantoran, polisi, tentara, dan lain-lain.

Salah satu faktor penyebabnya adalah karena banyak kaumremaja yang sukses di usia muda berkat membuka usahanya sendiri. Bahkan saatini sudah ada 4 unicorn asal Indonesia yang dibuat oleh anak-anak muda asli Indonesiayang sukses membuka jutaan lapangan pekerjaan dan bersaing se Asia, yaitu Traveloka,Tokopedia, Gojek, dan Bukalapak.

Jadi tidak heran jika banyak anak muda yang mulai tergerakhatinya untuk membangun bisnisnya sendiri sejak usia muda. Memang perjalanannyasangat panjang dan tidak mudah, hal inilah yang menjadi alasan kita menganggapmenjadi pengusaha itu sulit menjamin masa depan kita.

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


Oleh karena itu, kita perlu mulai membuat usaha berkembangsejak usia muda. Agar di hari tua nanti atau saat kita sudah lulus dari kampus,kita bisa langsung menikmati hasil dari bisnis yang kita kembangkan dengansusah payah.

Tetapi hal ini tentu tidak mudah. Apalagi jika kita masihseorang pelajar atau mahasiswa yang harus membagi waktu antara bisnis,kehidupan sosial, dan tugas-tugas sekolah atau kuliah. Oleh karena itu, berikutini tips mengembangkan bisnis di usia muda agar kamu tidak bingung dankewalahan.

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


1. Pilih Usaha Yangkamu Sukai

Cara termudah untuk mengembangkan bisnis di usia muda adalahdengan membuat usaha dari kegiatan atau hal yang kamu sukai. Contohnya kalaukamu suka fotografi, maka kamu bisa membuka bisnis foto studio kecil-kecilan,atau kamu yang suka mendesain interior rumah, maka kamu bisa membuka freelancedesain interior.

Hal ini akan membuat kamu merasa sedang bermain ataumenjalankan hobi bukan sedang mengembangkan usaha. Sehingga kamu tidak merasa tertekanyang akan berujung usaha jadi tidak berjalan mulus karena kamu sudah bosan.

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


2. Temukan MentorSebagai Guru kamu Dalam Berbisnis

Sebagai anak muda yang masih awam terhadap dunia bisnis,kita perlu mencari orang yang lebih berpengalaman untuk dijadikan mentor atauguru. Mentor ini bisa kamu temukan dimana saja, mulai dari buku, dosen, teman,saudara, atau bahkan pedagang yang sering kamu datangi usahanya.

Akan lebih baik bila mentormu itu memiliki usaha yangsejalan dengan usaha yang ingin kamu buat. Contohnya kalau kamu ingin membuatusaha kuliner anak muda, kamu bisa mencari mentor dari pemilik bisnis kulinerlain yang memiliki konsep yang sama.

Dan mentor ini bukan hanya satu orang saja. Semakin banyakorang yang kamu ikuti sebagai mentor, maka semakin banyak pula ilmu yang akankamu dapatkan.

3. Carilah PartnerDalam Mengembangkan Bisnis

Selanjutnya adalah menemukan partner bisnis yang dapat kamu percayai.Beberapa dari kamu mungkin sudah sadar bahwa kamu tidak bisa mengerjakan semuahal sendirian dalam menjalankan bisnis. Apalagi jika bisnis kamu mulaiberkembang dan jumlah memiliki pelanggan yang banyak.

Kamu membutuhkan tenaga tambahan yang bisa diajak bekerjasama dalam mengatur usahamu itu. Bukan karyawan, tapi partner bisnis.

Memiliki setidaknya satu orang partner bisnis, akan sangatmembantu mengembangkan usaha yang kamu buat. Sebab kamu juga akan membutuhkan opinidari partner untuk memastikan keputusan yang akan kamu ambil adalah pilihanyang terbaik.

4. Belajar MengaturWaktu Dengan Baik

Management waktu akan sangat mempengaruhi perkembanganbisnis usia muda yang sudah kamu buat. Mengingat sebagian besar anak mudaadalah seorang pelajar yang harus pergi ke sekolah atau kuliah setiap hari danmengerjakan tugas setiap malam.

Sehingga rasanya tidak ada waktu sama sekali untuk kamu mengembangkanusaha untuk masa depan. Nah, disinilah kamu butuh management waktu yang baik.

Misalnya kamu bisa menyisakan minimal 1 jam setiap hari untukmemikirkan strategi apa lagi yang harus diambil dalam bisnis. Atau kamu juga bisamenghabiskan akhir pekan khusus untuk mengurus bisnis yang kamu buat. Jadipintar-pintarlah manajemen waktu.

5. Manfaatkan Internet dan Media Online

Di era modern seperti saat ini, internet dan media onlinelainnya adalah sumber informasi yang paling mudah diakses dan wajib kamu manfaatkan.Sebab di sana kamu bisa melihat apa saja yang sedang disukai masyarakat, bagimanatrend di kalangan anak muda, dan inspirasi lain yang bisa kamu manfaatkan untukmengembangkan bisnis.

Melalui internet kamu bisa mencari SDM terbaik dari internet secara online. Cukup dengan memanfaatkan website-website freelancer untuk mencari SDM bagian apa yang kamu butuhkan.

Contohnya kamu bisa mempekerjakan seorang data scientist untuk mengembangkanaplikasi dan website bisnis agar lebih nyaman dan cocok untuk digunakan olehcustomer.

Atau kamu juga bisa menggunakan media sosial sepertiFacebook, Instagram, atau Twitter untuk mempromosikan bisnis kamu lebih luaslagi secara gratis.

6. Tingkatkan Skill secara Bertahap

Demi bisnis yang terus berkembang dan bersaing dengan brand lain, tentunya kamu juga perlu meningkatkan skill utama yang dibutuhkan dalam bisnis tersebut. Misalnya, kamu perlu meningkatkan skill fotografi agar skill menjadi photographer professional semakin berkembang.

Bukan hanya itu, kamu juga perlu mengasah soft skill dan social skill lain untuk mempermudah pengembangan bisnis. Contohnyaseperti skill berkomunikasi, manajemen, hingga keuangan.

7. Keluar dari Zona Nyaman

Masalah utama yang membuat para pebisnis tidak bisaberkembang adalah mereka sulit untuk keluar dari zona nyaman. Jadi, merekatidak ingin mencoba hal baru yang sebenarnya bisa membuat usaha yang merekajalani lebih berkembang.

Oleh karena itu, kamu perlu mencoba hal-hal baru yangberpotensi membuat bisnis kamu berkembang. Salah satunya adalah denganmemperluas networking bisnis danmembuat inovasi baru.

8. Jangan LupaBeristirahat

Tips terakhir adalah beristirahat sejenak untuk menenangkanpikiran. Terkadang, orang yang terlalu sibuk dengan bisnis dan aktivitasnya sehari-haribisa lupa untuk beristirahat.

Apalagi sebagian besar usaha anak muda yang menjanjikan saatini bisa memaksa kamu bekerja tanpa henti selama seminggu penuh. Padahal halini bisa membuat otak menjadi lelah dan justru bisnismu tidak bisa berkembanglagi.

Jadi, sisakan sehari dalam seminggu untuk kamu beristirahatdari semua kegiatan berbisnis. Hal ini akan menyegarkan kembali pikiranmu danmembuat otakmu siap menghasilkan inovasi baru.

Nah, jadi seperti itulah beberapa tips mengembangkan bisnisdi usia muda agar kamu tidak kebingungan dalam menjalankannya. Selain bisamenjamin masa depan lebih cerah, memulai bisnis sejak dini bisa membantu orang-orangdi sekitarmu dengan menciptakan lapangan kerja yang lebih banyak.