in

Apa itu Micro Job dan Rekomendasi Micro Job untuk Anak Muda

Apa itu Micro Job dan Rekomendasi Micro Job untuk Anak Muda

Memiliki mikro job atau kerja sampingan bisa menjadi salah satu cara anak muda dan pelajar agar bisa mendapatkan uang jajan tambahan. Selain itu, mikro job juga sangat efektif dalam melatih pengalaman serta mental pelajar untuk mempersiapkan diri mereka ke dunia pekerjaan yang asli.

Memang salah satu pertanyaan yang akan didapatkan tiap kali melamar pekerjaan adalah pengalaman pernah bekerja di instansi apa sebelumnya. Meskipun tidak seefektif pengalaman kerja professional, namun pengalaman micro job ini lebih baik daripada Anda tidak mengisi apapun di form CV nantinya.

Memang faktanya, micro jobs memang bisa menambah pengalaman Anda dalam bekerja meskipun tanpa terikat oleh instansi atau pekerjaan secara tetap dalam jangka panjang. Jadi sangat cocok untuk Anda yang masih berstatus pelajar.

Apa Itu Micro Job?

Secara umum, micro job bisa diartikan sebagai pekerjaan sampingan yang sifatnya sementara. Jenis pekerjaan ini sebenarnya sudah ada sejak jaman Perang Dunia II. Pada saat itu, pemuda dan orang-orang yang kehilangan pekerjaannya karena perang bisa mengambil micro jobs sebagai pekerjaan sementara.

Namun kini, micro job kebanyakan dilakukan secara online dan virtual. Sebab kebanyakan pekerjaannya ringan-ringan dan tidak mewajibkan Anda datang ke kantor yang mempekerjakan.

Kebanyakan micro job yang tersedia saat ini juga berhubungan dengan dunia digital dan teknologi. Misalnya membuat design, mengubah dokumen dari hard copy menjadi soft copy, dan lain-lain. Jadi tidak heran bila pekerjaan ini lebih cocok dilakukan oleh anak muda dan pelajar yang notabenenya lebih familiar dengan teknologi dan gadget.

Tapi jangan salah, bila Anda sedang dirumahkan karena kondisi pandemi yang terjadi saat ini, mengambil micro job untuk sementara juga bisa menjadi jalan keluar agar kondisi finansial bisa tetap berjalan. Bahkan momen seperti ini menjadi kesempatan Anda untuk mencari pekerjaan baru yang lebih sesuai dengan passion dan hobi.

Jadi bila anda sudah dewasa pun tidak ada salahnya mengambil micro job untuk mengawali karir baru yang berhubungan dengan passion.

Rekomendasi Micro Jobs Online Untuk Pelajar

Saat ini, kebanyakan micro job dilakukan secara online tanpa harus bertatap muka dengan klien atau penyedia pekerjaan. Jadi Anda hanya perlu menggunakan situs-situs freelancer dan penyedia micro jobs untuk mencari lowongan pekerjaan.

Nah, bila Anda sudah punya rencana mencari micro job tapi bingung mau pilih yang mana, berikut ini kami punya rekomendasi jenis micro job online untuk pelajar dan anak muda.

1. Content Writer

Micro Job Content Writer
Photo by bongkarn thanyakij from Pexels

Pekerjaan micro job online yang pertama ini sangat cocok bila Anda punya hobi menulis dalam bentuk apapun. Boleh itu menulis cerita, artikel, karya ilmiah, atau bahkan menulis skripsi milik orang lain. Istilah lain dari micro job ini adalah menjadi content writer.

Sebab faktanya, job para pembuat skripsi online saat ini tengah naik daun di kalangan mahasiswa, bahkan hingga mahasiswa S2. Harga satu skripsi pun bisa mencapai 3 hingga 5 juta dalam jangka waktu pengerjaan 2 minggu hingga 1 bulan. Namun, bisnis pembuat skripsi bukan berarti Anda menerima order skripsi full ya, seperti penelitian hasil dan lain-lain, Anda cukup menawarkan jasa tulisnya saja. Bahan-bahan skripsi tetap dari pelanggan.

Bila Anda suka menulis opini tentang kejadian-kejadian yang berhubungan dengan politik dan sosial, tidak sedikit pula website media yang menerima penulis contributor. Jadi daripada memendam bakat menulis dan isi pikiran, lebih baik menyalurkannya dengan menjadi penulis contributor.

2. Data Entry

Micro Job Data Entry
Photo by Startup Stock Photos from Pexels

Berikutnya ada data entry, salah satu micro job paling mudah yang hanya mewajibkan Anda memiliki skill menggunakan Microsoft Excel saja. Karena sesuai dengan namanya, pekerjaan seorang data entry hanya memasukan data yang umumnya dalam bentuk tabel.

Umumnya data entry dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang melakukan survey dalam jumlah besar. Hasil dari survey inilah yang nantinya perlu Anda masukan datanya ke dalam bentuk yang lebih rapih, salah satunya dalah bentuk tabel excel.

Tetapi ada satu keahlian tambahan yang bisa membantu Anda bila ingin menjadi seorang data entry. Yaitu minimal Anda pandai dalam hitung-hitungan atau familiar dengan angka. Sebab data entry memaksa Anda berhubungan dengan banyak angka sekaligus.

3. Surveyor

Micro Job Surveyor

Siapa bilang modal hp tidak cukup untuk mencari pekerjaan online? Karena faktanya, sekarang sudah banyak peluang mico job online yang bisa dilakukan hanya dengan bermodalkan smartphone saja.

Salah satunya adalah dengan mengisi survey yang ada di internet ataupun dari aplikasi-aplikasi tertentu. Survey ini dibutuhkan oleh banyak perusahaan untuk mengetahui bagaimana trend yang sedang ada di masyarakat.

Selain itu, survey juga dibutuhkan agar perusahaan tahu bagaimana cara pandang masyarakat terhadap produk yang mereka buat.

Sudah banyak pula aplikasi dan website tempat mengisi survey yang poinnya bisa ditukarkan dengan uang. Jadi bila Anda punya banyak waktu luang, tidak ada salahnya mencoba peluang bisnis ini.

4. Translator

Micro Job Translator
Photo from Pexels

Bila Anda punya kemampuan berbahasa asing, boleh itu Bahasa Inggris, Mandarin, Korea, German, Belanda atau bahkan berbahasa daerah khas Indonesia, maka Anda bisa memanfaatkan skill bahasa tersebut dengan menjadi translator.

Banyak orang yang tidak tahu bahwa translator bahasa-bahasa daerah Indonesia itu tidak kalah dicari dengan bahasa asing lainnya. Bahkan kini harga translator bahasa daerah bisa lebih tinggi daripada harga menerjemahkan dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris.

Bentuk dokumen yang diterjemahkan pun beragam. Namun kebanyakan, Anda akan diminta menterjemahkan script dialog dari film pendek maupun film kartun dan animasi luar negeri.

5. Desainer dan Digital Artist

Micro Job Desainer dan Digital Artist
Photo from Pexels

Micro Job yang berikutnya ini bisa dibilang salah satu yang memiliki bayaran paling mahal namun juga harus di ikuti dengan skill yang tinggi. Bahkan kini bayaran untuk satu project graphic design atau digital artist bisa menyamai gaji karyawan UMR di Indonesia.

Namun untuk memilih micro job yang satu ini, umumnya Anda perlu dibekali skill dan hobi dalam bidang seni. Sebab nantinya yang dibutuhkan adalah ide dan kreativitas Anda untuk mewujudkan apa yang di inginkan oleh klien.

Tidak jarang, orang menjadikan digital artist dan graphic designer ini sebagai pekerjaan utama. Bahkan bila Anda serius dan tekun, gaji sampingan ini bisa melebihi gaji Anda sebelumnya.

6. App dan Game Tester

Micro Job App dan Game Tester
Photo from Pexels

Micro job yang terakhir ini sangat cocok bila Anda adalah seorang pemerhati gadget dan teknologi, khususnya di bidang games. Sebab nantinya akan ada developer dan publisher aplikasi, kebanyakan aplikasi game, yang ingin Anda mencoba game mereka.

Nantinya, tugas Anda adalah membuat review dari game tersebut. Sehingga bila ada kekurangan, pihak pengembang aplikasi bisa memperbaikinya sebelum dirilis ke publik.

Itulah beberapa rekomendasi micro job online untuk anak muda yang bisa Anda coba. Dan yang terpenting, pilihkan micro job sesuai dengan keahlian dan hobi yang Anda miliki agar Anda enjoy menjalaninya.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *