15 Tips Sukses Bisnis di Instagram Tanpa Modal Sekalipun

bisnis-di-instagram

Instagram menjadi salah satu platform media sosial yang tengah populer di kalangan masyarakat. Karena popularitasnya yang semakin menanjak, tidak heran jika banyak pengguna yang menjadikannya sebagai ajang berbisnis lewat media sosial ini. Bagi Anda yang ingin tahu cara sukses berbisnis dengan Instagram, penting untuk mengetahui tips sukses bisnis di Instagram pada pembahasan ini.

Jejaring sosial yang satu ini memang semakin digemari oleh pelaku bisnis karena beberapa alasan. Selain menawarkan fitur untuk mempermudah promosi, Instagram juga memungkinkan Anda untuk terhubung dengan banyak orang di berbagai belahan dunia. Hal ini tentu saja semakin menambah peluang bisnis Anda.

Namun kesempatan emas tersebut akan hilang dengan sia-sia jika Anda tidak bisa memanfaatkannya dengan baik. Oleh karena itu, Anda perlu mempelajari tips dan trik untuk berbisnis di jejaring Instagram. Dengan mengetahui tips tersebut, Anda dapat memanfaatkan jejaring secara maksimal. Alhasil, bisnis Anda semakin berkembang.

Berbisnis di Instagram tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Perlu tips dan trik khusus agar media sosial yang begitu potensial dapat menghasilkan keuntungan maksimal bagi bisnis yang tengah Anda jalankan. Berikut ini beberapa tips menarik untuk sukses berbisnis melalui jejaring Instagram. Pastikan tidak ada satupun yang Anda lewatkan.

1. Pemilihan Nama

Untuk menarik perhatian calon pembeli, hal paling pertama yang harus dilakukan adalah memilih nama, baik untuk toko maupun username Instagram. Nama tersebut harus mudah diingat dan mampu menunjukkan ciri khas dari bisnis yang tengah Anda jalankan. Agar lebih mudah, gunakan nama yang sama untuk toko dan username.

Hindari menggunakan nama yang terlalu lazim karena berpotensi menimbulkan kerancuan. Nama yang unik namun mudah diingat adalah yang paling tepat untuk bisnis Anda. Hindari pula untuk menambahkan angka pada nama username Instagram karena membuat calon pembeli kesulitan untuk menemukan akun Anda.

2. Keterangan Akun

Demi memberikan informasi pada calon pelanggan, Anda bisa menuliskan beberapa keterangan mengenai bisnis yang tengah dijalankan. Misalnya, Anda menjual tanaman hias, produk makeup, dan lain sebagainya. Keterangan tersebut mempermudah pengunjung untuk mengetahui gambaran mengenai akun yang Anda miliki.

Dalam keterangan, penting pula untuk mencantumkan lokasi Anda serta kontak telepon yang bisa dihubungi. Informasi lokasi memudahkan calon pelanggan untuk memperkirakan ongkos kirim produk atau kemungkinan COD. Sedangkan kontak telepon mempermudah pelanggan menghubungi Anda, misalnya untuk mengetahui detail produk lebih lanjut.

3. Tentukan Produk Anda

Anggapan bahwa Anda dapat berjualan berbagai jenis barang dalam satu akun tidaklah tepat. Penting untuk berfokus pada satu atau maksimal dua jenis barang sehingga calon pembeli tidak kebingungan. Hindari untuk menawarkan berbagai produk seperti pakaian, makeup, dan peralatan rumah tangga dalam satu akun yang sama. Selain tidak fokus, hal tersebut juga kurang menarik untuk dilihat.

Apabila Anda memang berniat untuk menjual beberapa jenis barang, ada baiknya untuk membuat akun berbeda. Misalnya, buat akun khusus untuk produk pakaian. akun untuk produk makeup, dan lain sebagainya. Hal ini membuat Anda lebih fokus dalam mempromosikan barang. Selain itu, calon pembeli juga tidak akan kebingungan dengan produk Anda.

4. Foto Profil Harus Menarik

Pemilihan foto profil ternyata memberikan pengaruh besar pada bisnis di Instagram. Pastikan foto profil yang Anda pasang mampu merepresentasikan jualan atau bisnis Anda. Misalnya Anda berjualan anggrek, maka foto anggrek bisa menjadi pilihan tepat untuk digunakan sebagai foto profil. Hindari untuk memajang foto pribadi dalam akun bisnis Anda.

Selain itu, pilihlah foto yang jelas. Instagram tidak memungkinkan pengguna untuk memperbesar foto profil sehingga foto Anda hanya akan terlihat dalam lingkaran kecil. Oleh karena itu, usahakan memilih foto yang tidak terlalu rumit dan jelas meskipun hadir dalam tampilan kecil.

5. Koneksi Instagram

Salah satu prinsip dalam berbisnis adalah membangun jaringan seluas-luasnya. Begitu juga ketika Anda melakukan bisnis melalui jejaring sosial Instagram. Penting untuk terhubung dengan berbagai akun media sosial lain sehingga akun Anda lebih mudah diketahui oleh banyak orang. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan lebih banyak follower sebagai target promosi produk.

Ada baiknya untuk menghubungkan akun Instagram dengan berbagai media sosial lain seperti Twitter, Facebook, dan Tumblr. Ketika memposting produk di Instagram, Anda dapat membagikannya ke media sosial lain. Dengan demikian, jaringan bisnis Anda menjadi semakin luas dan lebih mudah untuk diketahui oleh banyak orang.

6. Kreasi Foto

Instagram merupakan media di mana Anda bisa memajang berbagai macam foto produk untuk menarik pelanggan. Ternyata ada tips khusus dalam memasang foto-foto produk jualan Anda. Desain kreatif menjadi kunci pokok dari ketertarikan calon pelanggan. Foto yang terlihat rapi dan menarik lebih mampu menarik pelanggan untuk mengetahui lebih detail mengenai produk Anda.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memahami setidaknya sedikit prinsip desain grafis sehingga Anda tidak asal posting foto. Jika memungkinkan, edit foto namun tanpa mengubah foto tersebut secara signifikan. Dengan kreativitas tersebut, calon pelanggan akan betah untuk berlama-lama melihat foto produk yang ada di akun Anda.

7. Buat Caption Menarik

Tidak hanya sembarang caption, Anda harus memanfaatkannya sebaik mungkin untuk memberikan informasi yang memadai bagi calon pelanggan. Caption pada setiap foto atau video yang Anda posting harus mampu merepresentasikan postingan tersebut secara jelas, misalnya ukuran, bahan, dan lain sebagainya. Hal ini membuat pelanggan tidak kebingungan menebak spesifikasi dari produk Anda.

Bagi Anda yang mempunyai jiwa humor, tidak ada salahnya untuk menyelipkan sedikit humor pada caption. Namun jangan sampai humor tersebut mengaburkan informasi mengenai produk yang diposting.

8. Posting Secara Teratur

Saat menjalankan bisnis di Instagram, salah satu tips yang harus Anda ketahui adalah mengupload postingan secara teratur. Pastikan Anda membagikan foto maupun video secara teratur, misalnya rutin di pagi, siang, dan malam hari. Postingan yang terjadwal membuat follower Anda tidak melewatkan setiap postingan yang Anda buat.

Hindari untuk memposting terlalu sering atau terlalu jarang. Ketika Anda memposting setiap menit, maka bukan tidak mungkin follower Anda justru bosan dan menganggapnya spam. Namun jika terlalu jarang, besar kemungkinan follower Anda akan pergi karena menganggap akun Anda tidak terlalu aktif di Instagram. Hindari pula untuk memposting terlalu banyak foto atau video, maksimal 10 per hari.

9. Kekuatan Hashtag

Hashtag menjadi hal wajib bagi Anda yang tengah menjalankan bisnis di Instagram. Dapat dikatakan bahwa hashtag merupakan kata kunci sehingga Anda perlu mencantumkannya agar lebih mudah ditemukan oleh pengguna Instagram lainnya. Hashtag biasanya diawali dengan tanda pagar dan apabila diposting tulisannya berwarna biru.

Pemilihan hashtag sangat penting karena akan mengarahkan pengguna Instagram ke akun Anda. Ada baiknya untuk menggunakan lebih dari satu hashtag yang terkait agar postingan Anda lebih tepat sasaran dan lebih mudah ditemukan.

10. Adakan Giveaway dan Diskon

Setiap orang suka diskon. Prinsip inilah yang harus Anda pegang saat menjalankan bisnis, termasuk bisnis di Instagram. Jangan pelit untuk mengadakan diskon karena hal tersebut merupakan salah satu trik marketing yang mampu menarik banyak calon pelanggan. Meskipun potongan harga tidak terlalu signifikan, kata diskon sendiri sudah mampu memberikan sugesti bagi pembeli.

Selain diskon, Anda juga bisa mengadakan giveaway. Caranya adalah dengan mengadakan kuis atau meminta follower untuk spam like atau share setiap postingan Anda. Cara ini cukup efektif untuk mempromosikan akun Instagram Anda ke lebih banyak follower. Yang terpenting, jujurlah dalam mengadakan diskon dan giveaway.

11. Tingkatkan Followers

Followers merupakan aset penting dalam berbisnis melalui Instagram. Followers adalah calon-calon pembeli yang akan setia melihat postingan Anda. Oleh karena itu, memperbanyak followers menjadi salah satu tips sukses berbisnis melalui Instagram. Semakin banyak followers, semakin besar kesempatan untuk meraup keuntungan.

Salah satu cara untuk mendapatkan followers adalah dengan memfollow sebanyak-banyaknya. Cari akun Instagram yang sesuai dengan bisnis Anda kemudian follow para pengikut akun tersebut. Beberapa persen dari followers tersebut pasti akan follow back akun Anda.

12. Bangun Komunikasi Dengan Followers

Membangun komunikasi dengan followers merupakan kunci penting untuk mengembangkan bisnis di Instagram. Komunikasi dua arah menandakan Anda memberikan perhatian khusus pada followers sehingga mereka akan betah untuk mengikuti akun Anda.

Komunikasi dapat dibangun dengan menjawab beberapa komen atau follow back beberapa akun pengikut. Jika ada calon pembeli yang menanyakan tentang detail produk, Anda bisa menjawabnya melalui Direct Message atau langsung pada kolom komentar.

13. Tidak Perlu Mencantumkan Harga

Salah satu strategi marketing pada pengguna Instagram adalah dengan menyembunyikan harga. Pada setiap postingan produk, Anda harus mencantumkan spesifikasi secara detail namun tidak perlu mencantumkan harga. Hal ini akan memancing rasa ingin tahu calon pembeli sehingga mereka akan bertanya di kolom komentar atau DM langsung akun Anda.

Hal ini bisa menjadi salah satu tolak ukur seberapa besar minat pengikut Anda dengan setiap postingan yang di upload. Selain itu, banyaknya komentar pada setiap postingan juga menjadi nilai lebih bagi akun Instagram Anda.

14. Perhatikan Bahasa

Siapa sasaran Anda? Mengetahui target pasar mempengaruhi gaya bahasa yang harus digunakan. Jika target Anda adalah generasi milenial, maka penggunaan bahasa juga harus disesuaikan. Anda perlu mempelajari kosakata yang tengah hits di kalangan milenial sehingga postingan Anda terlihat menarik untuk dibaca.

Meskipun terdengar sederhana, hal ini terbukti cukup efektif untuk memancing ketertarikan calon pembeli. Bahasa yang kaku dan tidak jelas membuat calon pelanggan tidak betah berlama-lama meskipun produk yang Anda posting cukup baik. Oleh karena itu, kuasai bahasa yang sedang populer di antara target pasar Anda.

15. Maksimalkan Kreativitas

Kreativitas tanpa batas menjadi modal penting dalam berbisnis terutama di era milenial seperti sekarang. Anda dituntut untuk selalu mampu berkreasi dan berinovasi agar mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan. Kreativitas dapat berupa gaya postingan, desain foto, layout, dan lain sebagainya. Hal ini merupakan salah satu strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh pelaku bisnis di Instagram.

Membangun bisnis di Instagram tidaklah sulit asal Anda sanggup untuk fokus pada perkembangan bisnis tersebut. Mengetahui tips sukses bisnis dengan Instagram merupakan bekal penting bagi Anda untuk menjalankan bisnis online secara maksimal. Pastikan Anda menerapkan berbagai tips dan cara tersebut dan bersiaplah untuk meraup keuntungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here