in

Ingin Bisnis Kekinian! Geluti Bisnis Jualan Online di Zaman Generasi Milenial

Bisnis Jualan Online di Zaman Generasi Milenial

Mempunyai sebuah bisnis mungkin menjadi impian untuk sebagian orang, bahkan jika hal tersebut bisa dilakukan dimanapun dan juga kekinian untuk zaman sekarang. Anda yang saat ini baru akan memulai sebuah bisnis, mungkin akan mencoba beberapa jenis bisnis yang sudah ada. Namun, diantara bisnis yang ada saat ini, mungkin pilihan anda jatuh pada online. Jualan online yang kini sedang booming terutama di kalangan kaum milenial.

Membangun sebuah bisnis kini tidak sesulit seperti yang dibayangkan, dikarenakan sudah banyak bantuan atau sarana yang mempermudahnya. Sehingga pelaku bisnis tidak lagi hanya untuk orang dewasa yang berduit saja, tapi para pelajar, mahasiswa bahkan ibu rumah tangga juga bisa menjadi pengusaha. Semua itu berkat kemajuan teknologi seperti penggunaan media sosial, marketplace, ecommerce, dan sabagainya.

Seiring dengan kemajuan perkembangan teknologi serta banyaknya berbagai fasilitas yang tersedia, maka menjadikan peluang bisnis juga semakin terbuka lebar. Hal ini bisa menjadi alasan kalau bisnis online menjadi pilihan yang tepat di era digital ini.

Kini hampir semua orang telah menggunakan telepon genggam seperti halnya smartphone. Dan mungkin semua orang juga sudah terhubung ke Internet. Nah jika anda jeli dalam memanfaatkan peluang yang ada, maka peluang anda untuk meraih keuntungan dari pengguna internet sangatlah besar.

Dapatkan Berbagai Keuntungan dengan Melakukan Jualan Online

Bisnis atau jualan secara online kini menjadi hal yang banyak dilakukan oleh semua orang, dimana saja. Anda pun dapat melakukannya dan merasakan banyak keuntungan dari berjualan dengan cara ini.

Berawal dari sekedar mengisi waktu luang atau iseng memanfaatkan telepon genggam yang ada. Namun, pada akhirnya banyak yang sukses dan menjadikan bisnis online ini sebagai penghasilan utama. Bisnis online kini menjadi hal biasa dilakukan tanpa perlu adanya pengalaman.

Bisnis atau jualan online banyak dipilih dan dilakukan karena memiliki beberapa keuntungan seperti:

  • Minim akan biaya operasional.
  • Modal bisa disesuaikan.
  • Bisa dilakukan sendirian.
  • Jangkauan sangat luas.
  • Bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.
  • Sangat mudah dalam hal pengoperasian.
  • Sangat cepat dalam hal prosesnya.
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan banyaknya kelebihan yang dimiliki, maka bisnis berjualan online memiliki prospek masa depan yang baik. Apalagi untuk menjalankan bisnis ini tidak punya batasan usia ataupun batasan modal. Bahkan ada yang tidak memakai modal sama sekali, hanya memanfaatkan gadget di tangan dan koneksi internet saja.

Para konsumen pun lebih senang berbelanja secara online, karena tak perlu repot-repot ke luar rumah. Hanya dengan menggunakan gadget di tangan, apapun yang dibutuhkan dapat langsung dibeli. Tak perlu susah-susah pergi jauh-jauh, hanya dalam hitungan menit saja, barang yang diinginkan dapat langsung dikirim ke alamat tujuan.

Ditambah lagi kini banyak layanan pengiriman yang memberikan jaminan waktu extra cepat. Sehingga Anda sebagai pemilik bisnis online semakin diuntungkan, karena konsumen merasa puas dengan kecepatan dalam pengiriman. Bahkan jika dalam kota yang sama, dapat  menggunakan layanan 1 jam atau same day service.

Dengan dukungan yang ada, bisnis online yang Anda miliki akan dapat terus berkembang dan menjadi lebih besar. Bukan tidak mungkin, suatu saat Anda akan memiliki karyawan untuk membantu mengelola bisnis online yang ada. Karena sekarang bisnis atau jualan yang paling mudah dan banyak dilakukan adalah dengan cara online.

Kategori atau Jenis Jualan Online Berdasarkan Produknya

Bisnis atau jualan secara online memiliki banyak istilah untuk beberapa kategori berdasarkan jenis barang. Bahkan mulai merambah ke jenis kuliner dan jasa. Dengan banyaknya kelebihan ini, menjadikan bisnis ini tidak terbatas dalam banyak hal. Karena luasnya jangkuan membuat bisnis online ini memiliki produk yang beragam, seperti:

  • Pakaian atau fashion.
  • Sepatu, sandal.
  • Aksesories seperti jam tangan, kacamata, tas dan lain-lain.
  • Aneka tas untuk sekolah, bekerja dan bepergian.
  • Makanan.
  • Pariwisata.
  • Jasa.
  • Dan masih banyak lagi.

Bahkan Anda dapat menjangkau hingga ke luar negeri. Anda tidak perlu bingung lagi mengenai pengiriman, karena sudah banyak pihak yang mendukung pengiriman ke luar negeri.

Melalui gencarnya berbagai macam iklan yang dilakukan oleh pihak pengelola platform serta berbagai perusahaan pengiriman, maka semakin memudahkan Anda untuk terus meningkatkan penjualan produk. Dengan terus meningkatnya penjualan, maka sangat diharapkan untuk kesejahteraan pun ikut pula meningkat.

Selain itu Anda pun dapat melakukan sistem dropship kalau Anda belum memiliki modal. Dimana Anda menjadi perantara antara pembeli dan penjual. Dan saat ada pembeli yang memesan kepada Anda, maka Anda bisa melanjutkan ke penjual aslinya. Selanjutnya barang akan dikirim ke alamat pemesan dengan mencantumkan nama Anda sebagai pengirimnya.

Atau Anda dapat menjadi seorang reseller, jika dana yang dimiliki terbatas dan belum memiliki produk sendiri. Dengan menjadi reseller, Anda akan mendapatkan harga lebih murah dan terdaftar sebagai agen resmi produk tersebut. Dan akan diberi kuasa untuk memasarkan produk di satu wilayah.

Sedangkan bisnis online yang banyak dilakukan sekarang ini adalah Anda menjual produk atau barang dari beberapa jenis dan merk yang berbeda. Ada pula yang memiliki beberapa supplier, sehingga dapat memilih supplier mana yang memberikan harga lebih murah.

Baca Juga: 11 Cara Meraup Cuan dengan Bisnis Online di Instagram

Kekurangan dari Jualan Online

Begitu mudah memiliki bisnis online kan, apapun posisi yang Anda pilih jika dilakukan dengan serius, dapat membuat kesuksesan. Karena bisnis ini menjadi usaha yang paling banyak dipilih, sehingga persaingan pun menjadi sangat ketat. Anda perlu memiliki strategi dan trik untuk memenangkan persaingan.

Namun, dibalik kemudahan dalam berbisnis secara online, ada saja masalah ataupun kekurangan yang dimilikinya. Kekurangan ini seringkali menjadi penghambat dan membuat konsumen enggan memesan kembali. Berikut ini kekurangan dari bisnis atau jualan secara online, diantaranya:

  • Terkadang barang yang diterima berbeda dengan yang ada di gambar.
  • Ada kemungkinan terjadinya penipuan, karena uang ditransfer terlebih dahulu sebelum barang dikirim.
  • Antara pembeli, penjual dan supplier(sistem dropship) tidak saling mengenal, sehingga diperlukan adanya kepercayaan yang tinggi.

Walaupun tak banyak kekurangan yang dimiliki oleh bisnis ini, Anda perlu untuk tetap waspada. Kecuali jika Anda merupakan penjual sekaligus produsen, sehingga dapat mengurangi kekecewaan yang mungkin akan dialami oleh pembeli. Karena bermodalkan kepercayaan, bisnis secara online ini dapat mencapai kesuksesan ataupun kegagalan.

Apapun posisi yang Anda pilih dalam berbisnis atau bisnis online, selalu berpikir positif dan bersemangat. Dengan begitu bisnis atau jualan yang Anda lakukan dapat mencapai kesuksesan dan menjadi penghasilan utama, bukan hanya sekedar iseng atau pengisi waktu luang saja. Jangan ragu lagi, segeralah mencoba berbisnis ataau berjualan secara online.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *