5 Cara Memulai Usaha Budidaya Sayur Organik yang Sedang Tren Saat ini

Budidaya Sayur Organik

Sayuran adalah komponen paling penting dalam memperoleh gizi yang seimbang pada makanan. Kategori sayur itu ada dua, yaitu organik dan non organik. Sayuran organik adalah sayuran yang ditanam secara alami tanpa pestisida dan bahan kimia yang berbahaya.

Belakangan ini, sejalan dengan berbagai tren yang berkembang, semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya mengkonsumsi makanan sehat. Sehingga mengkonsumsi sayuran organik menjadi salah satu tren yang ada. Nah, pada artikel ini akan dibahas lebih dalam tentang usaha budidaya sayur organik, mari pahami dulu seputar sayur organik.

Kenapa harus sayuran organik? Karena saat ini banyak sayur atau buah yang kita makan setiap hari itu terkontaminasi oleh pestisida yang berlebihan. sehingga mengakibatkan kesehatan kita menjadi tidak baik. Oleh karena itu masyarakat yang sadar akan kesehatan akan lebih memilih untuk menanam sendiri sayuran organik di lingkungan rumah. 

Sayuran organik lebih menyehatkan daripada makanan yang cepat saji, biasanya kebanyakan ibu-ibu super memperhatikan kesehatan sang buah hati dalam urusan makanan yang sehat. Ibu mana sih yang tega ngasih makanan yang tidak sehat tiap hari kepada anaknya. Jika terus menerus seperti itu anak bisa tumbuh tanpa gizi yang cukup.

Keuntungan Bisnis Sayuran Organik

Setiap orang pasti punya cara tersendiri untuk memulai dan mengelola sebuah bisnis. Namun tak ada salahnya jika kita mencoba dari bisnis yang kecil-kecilan dulu, lama kelamaan akan semakin meningkat. Apalagi berbisnis sayuran organik semakin kesini semakin banyak orang orang yang sadar akan pentingnya kesehatan tubuh. Hal ini menyebabkan permintaan sayur organik dipasaran semakin hari semakin meningkat.

Untuk modal tahap awal sebaiknya pilih satu jenis sayur dulu, misalnya wortel. kita bisa panen dalam tiga bulan setelah tanam. Wortel dipanen saat umbi sudah menonjol keluar. Jangan sepelekan bisnis ini, tanaman wortel yang baik sekali panen bisa menghasilkan 200-300 kwintal.

Keuntungannya selain mendapatkan secara finansial, kita juga bisa mendapatkan keuntungan lain, yaitu bisa hidup sehat karena setiap hari kita mengkonsumsi sayuran organik. Apalagi wortel ini, sayuran ini sangat berkhasiat menyehatkan mata karena terdapat kandungan vitamin A.

Dan secara tidak langsung kita juga menyehatkan masyarakat, karena mereka bisa mendapatkan lebih banyak pilihan bahan makanan organik. Selain itu sayur organik juga sangat ramah lingkungan, dapat mengurangi polusi dan perusakan terhadap tanah dan lingkungan.

Tanaman organik akan ternutrisi lebih baik. Selain itu nilai gizi dan kandungan vitaminnya juga lebih banyak serta rasanya pun lebih nikmat dibandingkan sayuran biasa. Sayuran organik ini tidak mengandung pengawet, meskipun lebih cepat busuk, namun lebih aman dan sehat untuk dikonsumsi.

Baca Juga: 8 Tips Bisnis Kuliner Vegetarian yang Mudah dan Praktis

Sayuran organik juga memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan sayuran non organik.

Dapat dilihat jika kamu mengkonsumsi sayuran organik, kamu akan terhindar dari berbagai penyakit yang mengandung lemak berbahaya. Ketika banyak mengkonsumsi sayuran organik ini dapat mengurangi penyakit-penyakit seperti jantung, kanker dan lain sebagainya.

Karena sayur organik juga mengandung antioksidan. Walaupun sayur organik kelihatan lebih segar, namun jangan lupa untuk mencuci sebelum dikonsumsi. Hal itu akan lebih baik bagi kesehatan.

Memang, kelihatannya menjadi seorang pebisnis itu rumit. Tapi jika kita sudah mengusai tips dan trik menjadi pebisnis yang baik dan benar maka tidak akan terasa rumit.

Kalau diseriusin, bukan tidak mungkin uang setiap bulan bahkan setiap minggu selalu cair. Hal inilah yang membuat pebisnis tidak pernah bosan untuk selalu menanam sayuran organik, selain menyehatkan tubuh juga menyehatkan isi dompet.

Banyak keuntungan-keuntungan yang didapat dari sayur organik ini mulai dari bisnis sampai manfaat untuk kesehatan. Berdasarkan penjelasan tersebut apakah kamu masih ragu untuk menanam sayuran organik ini, mulai dari sekarang rubah pola hidup kamu menjadi lebih sehat dengan cara mengkonsumsi sayuran organik setiap hari.

Dalam hal ini ada beberapa hal penting yang harus dipersiapkan untuk memulai bisnis menanam sayuran organik, untuk bisnis sayuran organik ini bisa dipraktikkan dengan mudah. Berikut cara memulai usaha budidaya sayur organik:

1. Perhatikan Media Tanam

Tidak perlu tanah yang sampai berhektar-hektar untuk menanam sayur organik ini, manfaatkan tanah kosong yang ada di samping atau di belakang rumah kamu yang bisa jadi lahan sayuran organik. Apalagi sekarang sudah ada media tanam yang berupa pot hidroponik. Sehingga bisa membuat tempat menjadi sangat strategis.

2. Pilih Tanaman yang Tepat untuk Wilayah Anda

Sebelum mulai menanam, sebaiknya kamu pertimbangkan dulu sayuran apa yang cocok untuk di tanam di kebun kamu, lakukanlah riset untuk mempertimbangkan zona pertumbuhan, serta jumlah sinar matahari dan curah hujan yang akan diterima.

3. Gunakan Pupuk Alami

Karena ini sayuran organik, maka tidak ada sedikitpun pupuk kimia yang boleh digunakan. Dari namanya saja sudah sayur alami, maka pupuk yang boleh digunakan tentunya juga dari bahan yang alami. Sebenarnya, ini akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Mengapa demikian? Karena, kamu tidak perlu membeli pupuk yang dijual di toko-toko tertentu. Jadi itu sedikit lebih menghemat bukan? Untuk mendapatkan akses pupuk yang alami kamu bisa bekerja sama dengan peternak yang berasal dari limbah hewan, seperti ayam dan sapi.

4. Rajin dalam Perawatan

Ilmu perawatan yang baik dan benar tentang sayuran organik harus kamu kuasai. Perawatan yang harus kamu lakukan tidak hanya sekedar memberikan pupuk. Lakukanlah penyiraman setiap pagi dan sore, akan tetapi jangan terlalu banyak agar tanahnya tidak becek. Ingat, ini adalah sayuran organik.

Sayuran memang mudah sekali terkena hama. Dan jika sudah terkena hama kamu tidak boleh menyemprotkannya dengan pestisida. Yang pasti, hama bisa dihilangkan dengan menggunakan obat anti hama yang alami.

Ramuannya berasal dari bahan alami seperti cabe dan jahe yang dihaluskan kemudian disemprotkan. Dengan cara ini kamu bisa menghemat sedikit biaya tanpa harus membeli obat-obatan yang harganya cukup mahal.

5. Maksimalkan Jaringan Pemasaran

Tak kalah dengan bisnis lain, bisnis sayuran organik juga memerlukan jaringan. Sebenarnya ini hal yang paling penting. Jika kamu sudah berhasil menanam sayuran sampai panen, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memiliki jaringan pemasaran.

Agar apa yang sudah kamu lakukan tidak sia-sia, kamu bisa bekerjasama dengan pihak Supermarket, Restoran, atau bahkan rumah-rumah warga sekitar. Cara ini bisa ditempuh dengan memasang iklan yang menarik dan menjelaskan tentang bisnis sayuran organik kita.

Apalagi jaman sekarang sudah canggih, kita tidak perlu capek-capek promosi dari rumah ke rumah, sekarang sudah ada handphone. Jadi kita cukup mempostingnya di internet, misalnya lewat Facebook, Instagram, Twitter dan lain-lain. Memang, sayuran organik lebih mahal daripada sayuran biasa.

Mengapa? Karena bahan-bahan dan perawatan harus dipastikan tanpa campur tangan dari zat kimia. Tanpa dijelaskan kamu pastinya sudah tahu bahwa zat kimia ada efek sampingnya. Ingat ya, hal yang harus kamu catat bahwa sehat itu mahal.

Jadi, itulah beberapa tips dalam membangun usaha budidaya sayur organik yang dapat kamu coba. Selain banyak manfaat bagi umat manusia, kamu juga dapat meraup keuntungan yang besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here