9 Cara Mengembangkan Bisnis Melalui Media Digital

Mengembangkan Bisnis Melalui Media Digital

Harus diakui peran media digital sangat besar untuk kehidupan manusia. Namun diantara itu semua, kita belum sepenuhnya menyadari tentang peran positif yang diberikan oleh media digital. Karena kita masih fokus dengan hal-hal negatif yang juga merupakan dampak masuknya era digital saat ini.

Jika kita cerdas dalam menyikapinya, sebenarnya kita bisa memanfaatkan adanya media digital untuk meraup keuntungan besar, sebut saja dalam keperluan bisnis. Ada banyak cara mengembangkan bisnis yang sudah kita bangun dengan memanfaatkan media digital secara maksimal. Hanya saja, kita perlu mempelajari beberapa tips dan trik dalam mengembangkan bisnis menggunakan media digital.

Nah, bagi kamu yang punya bisnis namun bingung bagaimana cara untuk mengembangkannya, berikut ini adalah cara mengembangkan bisnis melalui media digital.

1. Memanfaatkan Beberapa Media Sosial

Salah satu cara yang paling praktis dalam berbisnis menggunakan media digital ialah memanfaatkan peran media sosial untuk promosi. Salah satu alasan para pebisnis aktif promosi di media sosial ialah karena gratis namun dapat mencapai hasil yang maksimal. Mengapa? Karena hampir seluruh penduduk dunia aktif di media sosial.

Untuk menggunakan cara ini, kamu harus mengetahui fungsi beberapa fitur masing-masing media sosial yang ingin kamu gunakan untuk bisnis yang kamu kelola. Pilihlah media sosial yang relevan dengan bisnis kamu, kemudian carilah followers sebanyak-banyaknya.

2. Membuat Konten Promosi yang Kreatif

Setelah kamu memilih media sosial yang tepat untuk mempromosikan produk atau jasa yang kamu tawarkan, maka selanjutnya kamu harus membuat konten semenarik mungkin. Karena salah satu hal yang sangat berpengaruh dalam mempromosikan bisnis di media sosial adalah kualitas konten yang dibagikan.

Konten yang biasa-biasa saja tidak akan pernah dilirik oleh netizen. Jadi, buatlah konten sekreatif mungkin sehingga banyak menarik perhatian dari para netizen. Untuk membuat konten yang menarik, kamu harus memamerkan gambar yang berkualitas serta kata-kata yang promotif.

Namun jika kamu menggunakan Instagram atau twitter, jangan lupa gunakan hashtag. Karena hashtag dapat mempermudah pengguna sosmed dalam menemukan apa yang mereka cari di media sosial.

Baca Juga: 9 Cara Mengembangkan Bisnis Menggunakan Media Sosial Instagram

3. Menggunakan Aplikasi Berkaitan

Sekarang ini banyak aplikasi yang berkaitan dengan dunia bisnis. Tidak hanya aplikasi untuk e-commerce dan sejenisnya, namun ada juga aplikasi lainnya, seperti aplikasi untuk keuangan dan administrasi. Aplikasi-aplikasi ini dapat kamu gunakan dalam mengelola bisnis yang kamu miliki.

Dengan menggunakan beberapa aplikasi ini, pekerjaan kamu dalam mengelola bisnis akan lebih efektif. Hal ini juga akan lebih menghemat biaya maupun waktu, karena beberapa proses bisnis sudah tidak lagi dilakukan secara manual namun secara sistem.

4. Menggunakan Marketplace

Jika kamu mengelola bisnis di bidang penjualan, maka cara ini sangat dianjurkan untuk kamu lakukan. Menggunakan marketplace adalah cara yang paling tepat untuk mempromosikan produk yang kamu jual. Orang-orang biasanya paling gemar mengunjungi berbagai toko online untuk mencari barang yang mereka inginkan.

Seperti halnya di media sosial, dalam menggunakan marketplace kamu juga harus pandai-pandai mengambil perhatian. Pada umumnya, di marketplace banyak lapak-lapak yang menawarkan harga promo. Nah untuk bisnis yang kamu kelola, sesekali berikan harga promo untuk menarik perhatian para konsumen.

5. Membangun Website dan Channel Bisnis

Dengan adanya website, bisnis kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari calon konsumen. Biasanya orang-orang melihat suatu perusahaan bisnis dari website yang mereka miliki. Dengan website ini, orang-orang dapat memastikan bahwa perusahaan atau bisnis yang kamu bangun bukanlah perusahaan abal-abal.

Website juga merupakan media yang tepat untuk mempromosikan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Melalui beberapa artikel terkait, orang dapat menemukan ulasan terkait dengan bisnis yang kamu miliki. Jadi sebaiknya buatlah website yang dikhususkan untuk bisnis yang kamu kelola.

Selain membuat website, kamu juga dapat membuat channel khusus untuk bisnis yang kamu krlola. Channel yang saat ini paling sering digunakan ialah Youtube. Dalam channel tersebut, kamu boleh mengisi dengan konten apa saja yang berkaitan dengan bisnis kamu, baik aktifitas bisnis, promosi, atau lain sebagainya.

6. Menerapkan Mobile Friendly pada Website Bisnis

Seperti yang kita ketahui bahwa kepopuleran smartphone membawa dampak yang signifikan pada penjelajahan dunia internet. Saat ini, manusia lebih betah dengan gadget dibandingkan dengan laptop ataupun PC untuk berselancar di dunia maya.

Bahkan Google mengatakan hampir semua pengguna menjelajahi dunia maya lewat mobile. Nah untuk menyikapi hal ini untuk website bisnis, maka kamu harus menyesuaikan website bisnis kamu menjadi mobile friendly. Gunakan platform yang sesuai dengan tampilan smartphone. Serta buatlah konten yang selalu menarik, fresh serta ringan untuk dinikmati.

7. Memasangkan Iklan di Beberapa Media Digital

Memasang iklan di media online menjadi cara yang paling banyak diminati oleh para pebisnis. Selain harganya yang lebih ekonomis, hal ini juga lebih simpel dan sangat efektif. Untuk strategi dalam memasang iklan di media digital, sebaiknya kamu memasang iklan di platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Youtube.

8. Terus Melakukan Inovasi

Hal yang sangat menentukan apakah bisnis kamu akan bertahan lama atau tidak ialah bagaimana cara kamu dalam mengelola bisnis dengan ide dan pemikiran yang baru. Lakukan berbagai inovasi baru untuk mengembangkan bisnis kamu. Jangan terpaku terhadap satu konsep yang kamu gunakan sejak awal merintis bisnis.

Sebenarnya mempertahankan konsep lama itu tidak masalah, asalkan kamu bisa mengkolaborasikannya dengan model baru yang sedang tren saat ini. Karena konsep perkembangan bisnis ialah mampu menyesuaikan dengan perkembangan jaman.

Meskipun membuat inovasi baru memanglah tidak mudah, namun dengan memperbanyak mencari informasi akan memudahkan kamu untuk mendapatkan ide yang cemerlang.

9. Membuat Media Komplain

Salah satu penyebab kemerosotan dari sebuah bisnis ialah adanya komplain dari pelanggan yang tidak tertampung. Banyak perusahaan yang terkadang terlalu mengabaikan komplain dari pelanggannya, hingga mereka kesal dan menyebarkan komplain ke orang-orang melalui berbagai media.

Dengan adanya wadah yang disediakan khusus untuk komplain, maka pelanggan akan merasa dihargai dalam memberikan ulasan mengenai produk atau jasa yang mereka dapatkan.

Bukankah komplain merupakan bahan untuk evaluasi untuk meningkatkan pelayanan bisnis. Nah, untuk menampung semua komplain tersebut, kamu dapat menggunakan layanan call center, sms, email dan lain sebagainya.

Pada intinya, kita tidak boleh tertutup dengan perkembangan teknologi yang ada. Kita boleh berhati-hati dan memilah-milah dalam penggunaannya, namun tidak untuk menutup diri.

Karena pada kenyataannya, teknologi banyak berperan dalam membantu aktifitas manusia menjadi lebih mudah dan praktis. Apalagi berkaitan dengan dunia bisnis, Cepat atau lambat, bisnis kita akan hilang jika tidak peduli dengan perkembangan teknologi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here