in

Bosan dengan Wisata Lokal! 10 Tips Liburan ke Eropa yang Low Budget

Bosan dengan Wisata Lokal! 10 Tips Liburan ke Eropa yang Low Budget

Benua Eropa memiliki total negara lebih dari 50 negara. Kamu bisa menjelajahi Eropa mulai dari negara terkecil seperti Liechtenstein hingga negara besar seperti Rusia. Benua Eropa termasuk benua yang tidak akan bosan untuk dikunjungi. Hal ini karena semua sudut kota di seluruh Benua Eropa memiliki keunikannya masing-masing. Meskipun demikian, untuk bisa travelling ke Eropa, memang membutuhkan budget yang lumayan besar pula, karena semua serba mahal tentunya.

Tapi tenang. bagi kamu yang tidak memiliki budget lebih, kamu juga masih bisa mengelilingi Benua Eropa. Mau tahu bagaimana caranya bisa pergi keliling Eropa dengan biaya yang tidak begitu banyak dan mahal? Yuk simak tips berikut ini.

1. Menggunakan Couchsurfing

Menggunakan Couchsurfing

Couchsurfing adalah situs penginapan gratis yang di tawarkan untuk para traveler. Lebih tepatnya, kumpulan atau komunitas traveler di seluruh dunia yang tergabung dalam sebuah aplikasi. Apabila kamu bergabung menjadi anggota situs ini, maka kamu bisa mendapatkan penginapan secara cuma-cuma atau GRATIS. Menggunakan situs ini selain mengurangi biaya akomodasi, kamu juga bisa mendapatkan tour guide langsung dari warga lokal negara tersebut.

Jika tertarik menggunakan akomodasi dari Couchsurfing ini, alangkah baiknya jika kamu juga membawakan oleh-oleh khas dari tempat asalmu. Sebaiknya, tips ini hanya digunakan para traveler laki-laki saja. Bagi traveler perempuan, mungkin tips ini akan sedikit berisiko terutama yang akan melakukan solo traveler. Maka, khusus perempuan diperlukan opsi lainnya untuk mendapatkan akomodasi gratis.

2. Menyewa Hostel sebagai Tempat Menginap

Hostel saat ini memang sedikit mahal dan tidak semurah dulu. Namun, ini akan menjadi pilihan yang tepat bagi traveler yang ingin menghemat biaya selama liburan. Eropa memiliki banyak sekali hostel dengan menawarkan beragam fasilitas yang bisa dipilih. Hostel tergolong akomodasi murah, karena nantinya kamu diminta untuk berbagi tempat tidur dengan treveler lainnya. Bisa dibilang hostel seperti asrama, dimana satu kamar di isi oleh empat hingga sepuluh orang.

Banyaknya yang menggunakan dalam satu kamar, tidak heran jika harga satu malam hostel bisa sangat rendah hingga 9 EUR atau sebesar 135 ribu saja, itu pun kamu sudah bisa tinggal di kota besar seperti Barcelona. Selain akan menambah teman baru, kamu juga bisa membagi cerita atau bahkan bahkan menjadi teman treveler di negara-negara selanjutnya.

3. Menggunakan Airbnb

Liburan Menggunakan Airbnb

Jika tidak ingin menggunakan couchsurfing, kamu bisa menggunakan alternatif yaitu Airbnb. Situs tempat berkumpulnya pemilik rumah yang menawarkan kamar di rumahnya untuk kamu yang sedang mencari tempat tinggal dalam jangka waktu yang pendek.

Harga yang di tawarkan jauh lebih murah daripada harus menyewa kamar hotel. Karena tinggal di rumah orang, tentunya kamu bisa berinteraksi dengan pemilik rumah ataupun orang lokal yang tinggal di lingkungan sekitar. Namun, harga kamar di Airbnb lebih mahal daripada menyewa hostel.

Jika tidak ingin tinggal di hostel dan masih ingin travelling ke Eropa. Tentu menginap di Airbnb bisa menjadi pilihan untuk menginap.

4. Transportasi Bus

Keliling Eropa Menggunakan Transportasi Bus
Photo from Pexels

Anda bisa berjalan kaki selama berada di Eropa. Jika ingin berpergian ke lokasi yang cukup jauh atau ke kota lain di Eropa, sebaiknya pilih transportasi bus untuk biaya yang lebih murah.

Oleh karena itu, sebelum berangkat ke Eropa cari tahu terlebih dahulu bus pass yang tersedia di kota bahkan di Benua Eropa. Misalnya saja, kamu ingin melakukan perjalanan ke London, maka pilihlah Oyster Card agar biaya perjalanan dalam kota bisa jauh lebih hemat.

5. Menggunakan Penerbangan Maskapai Low Budget

Tidak sedikit orang yang berlibur ke Eropa akan menghabiskan liburannya untuk mengunjungi beberapa negara sekaligus. Nah, jika ingin berlibur ke beberapa negara di Eropa, sebaiknya pilih maskapai penerbangan dengan budget yang bersahabat. Kamu bisa memilih maskapai Ryanair atau Easyjet.

Biasanya, ada maskapai yang menawarkan penerbangan dari London ke German yang hanya di bandrol dengan harga murah 19 EUR atau setara 285 ribu, jika sedang ada diskon. Gimana? Murah bukan?

6. Memilih InterraiI Pass untuk Jalan-jalan

Saat travelling ke Eropa untuk menghemat biaya transportasi selain menggunakan bus pass, kamu juga bisa menggunakan Interrail Pass. Interrail Pass adalah satu tiket kereta yang memungkinkan Anda melakukan perjalanan sebanyak mungkin di jaringan kereta Eropa

Dengan ini, kamu bisa menggunakan layanan publik seperti kereta apapun dan kemana pun, di seluruh kota di Eropa! Jika kamu akan melakukan perjalanan ke beberapa kota, atau negara, Interrail Pass ini bisa menjadi alat yang paling jitu dalam masalah menghemat biaya transportasi.

7. Naik Kerta saat Malam hari

Saat memilih berpergian menggunakan kerta api, baik menggunakan interral pass atau tidak, pastikan memilih perjalanan kereta saat malam hari. Kenapa begitu? Dengan kamu melakukan perjalanan saat malam hari, tentunya tidak perlu lagi menyewa akomodasi untuk menginap. Selain itu juga, kamu bisa menghemat waktu dan bisa melanjutkan menelusuri kota tujuan selanjutnya lebih lama dan puas.

8. Musim Panas? Mending di Rumah

Bagi traveler, berlibur adalah hal yang paling dinantikan setiap harinya. Terkadang memiliki waktu yang cukup untuk berlibur tapi tidak ada dana yang banyak. Solusi yang tepat adalah pergi bukan disaat musim liburan. Karena permintaan perjalanan tidak sepadat saat musim liburan, sehingga lokasi wisata pun akan sepi pengunjung. Selain itu, banyak maskapai yang akan menawarkan harga dengan harga yang lebih murah tentunya.

Salah satu musim yang tidak tepat untuk di nikmati dengan kondisi keuangan yang menipis adalah saat musim panas. Saat musim panas, semua orang akan berbondong-bondong untuk berlibur, terutama bagi warga Eropa.

Pastikan kamu tidak melakukan keberangkatan saat di awal bulan Juni sampai akhir bulan Agustus. Jikapun tidak bisa menghindari musim panas, jangan pernah datang ke Eropa saat akhir bulan Agustus, karena bisa dipastikan semua harga akan jauh lebih mahal. Hal ini karena banyak orang yang akan pergi ke Eropa untuk cuti akhir tahun.

9. Manfaat Kartu Pelajar

Liburan ke Eropa bagi seorang pelajar akan memberikan banyak sekali keuntungannya. Terutama bagi kamu yang membawa kartu pelajar atau mahasiswa. Kartu tersebut akan membuat liburanmu jauh lebih hemat. Kamu bisa menikmati banyak diskon, salah satunya diskon membeli tiket wisata.

10. Tempat wisata dengan tiket masuk gratis

Apakah tujuan liburanmu saat ini ke London? Jika iya, tentunya kamu sangat bisa menikmati spot-spot wisata tanpa harus membeli tiket untuk masuk. Banyak sekali museum yang bisa kamu datangi dan tentunya gratis, tapi hanya saat hari tertentu saja. Untuk informasi lebih lengkapnya, kunjungi situs museum di negara tersebut. Ada beberapa negara yang mematok tiket, namun tidak sedikit pula yang memberikan akses gratis ke museum setiap hari minggu atau sebulan sekali.

Jangan lupa check informasi museum terlebih dahulu ya! Lumayan bisa menghemat biaya dan menambah pemasukan di uang jajan.

Ikuti 10 tips di atas untuk travelling dengan low budget! Semoga Bermanfaat.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *