Anggaplah Dia Bukan Pasangan yang Tepat Untukmu. Ketahui Penyebab Hubungan Kandas

Beberapa pasangan seringkali merasakan kecemasan dalam hubungan yang mereka jalani. Salah satu penyebabnya adalah munculnya rasa takut jika nanti hubungan tersebut akan gagal dan kandas di tengah jalan. Hal ini lumrah dialami oleh setiap pasangan, bahkan mereka yang berada di dalam hubungan baik-baik saja.

Sebenarnya ada begitu banyak penyebab hubungan kandas, entah itu disadari atau tidak. Sehingga sangat wajar bila kamu merasa khawatir dan was-was akan hal tersebut. Nah, supaya lebih bisa mengantisipasi dan memperbaiki diri, ada baiknya kamu tahu apa saja penyebab kegagalan tersebut.

1. Memiliki rasa benci satu sama lain secara tiba-tiba atau karena sesuatu hal

Memiliki rasa benci satu sama lain secara tiba-tiba atau karena sesuatu hal
Photo by jcomp from Freepik

Tidak bisa dipungkiri, bahwa setiap pasangan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun terkadang, bisa saja pasangan tiba-tiba merasakan kebencian. Bahkan seringkali hal ini terjadi meski tanpa sebab. Tapi kembali lagi, bahwa tidak ada asap kalau tidak ada api.

Sehingga bisa jadi, bahwa persoalan tersebut sebenarnya sudah ada sejak lama. Mungkin saja kamu atau pasangan hanya memendam rapat-rapat persoalan tersebut, karena menganggap hanya masalah sepele. Padahal, masalah kecil pun bila dibiarkan berlarut-larut dan terus-menerus dipendam akan menimbulkan pertikaian nantinya.

Sehingga sangat penting dalam sebuah hubungan untuk menjaga komunikasi dan kejujuran. Jangan memendam sendiri dan membuatmu akhirnya lelah. Hal ini seringkali menjadi penyebab sebuah hubungan menjadi kandas.

2. Adanya pengkhianatan dari salah satu atau kedua pasangan

Adanya pengkhianatan dari salah satu atau kedua pasangan
Photo by Freepik

Di jaman sekarang ini, beberapa orang seringkali mewajarkan yang namanya selingkuh. Padahal seperti yang kita tahu, bahwa tindakan tersebut bisa memicu pertikaian dalam sebuah hubungan.

Apapun alasannya, melakukan perselingkuhan adalah sesuatu yang salah. Apalagi jika kamu belum menyelesaikan hubungan dengan pasangan sebelumnya. Tentu saja pasangan akan merasa kecewa dan sakit hati.

Bahkan ketika kamu atau pasangan sudah meminta maaf sekalipun, menerima perselingkuhan bukanlah hal yang mudah.

Bisa jadi kamu atau pasangan sudah saling memaafkan. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa pasangan akan terus-menerus ingat dan bisa jadi mengungkit kesalahan tersebut di lain waktu.

3. Hilangnya rasa kepercayaan dari salah satu pihak yang menjadikan hubungan terasa hambar

Hilangnya rasa kepercayaan dari salah satu pihak yang menjadikan hubungan terasa hambar
Photo by shurkin_son from Freepik

Rasa kepercayaan adalah hal penting dalam suatu hubungan yang harus dimiliki oleh setiap pasangan. Tanpa adanya kepercayaan dari salah satu atau masing-masing pihak, tentu saja hubungan akan semakin hambar.

Dari luar, mungkin hubungan terlihat biasa dan baik-baik saja. Tapi siapa tahu bahwa di dalam hubungan tersebut tidak akan ada lagi kenyamanan dan kehangatan.

Seringkali hal ini disebabkan karena adanya kecurangan atau kebohongan besar yang dilakukan oleh salah satu pihak. Sehingga kamu tidak bisa lagi memberikan kepercayaan, atau bahkan merasa apa yang dilakukan pasangan hanyalah kebohongan semata.

4. Selalu berusaha untuk mengubah pasangan sesuai yang kamu inginkan

Selalu berusaha untuk mengubah pasangan sesuai yang kamu inginkan
Photo by prostooleh from Freepik

Mengubah pasangan menjadi lebih baik sebenarnya tidaklah salah. Tetapi bukan berarti kamu bisa dengan bebas atau semaunya mengubah pasangan seperti yang kamu mau. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki hidupnya sendiri yang tidak bisa diatur oleh siapapun.

Semisal kamu punya pasangan memiliki kebiasaan buruk, tidak ada salahnya kamu mengingatkannya. Namun jika kebiasaan itu bukanlah sesuatu yang buruk atau hanya tidak cocok dengan dirimu, kamu tidak perlu melarangnya.

5. Memiliki visi misi yang berbeda dalam hubungan dan kehidupan ke depannya

Memiliki visi misi yang berbeda dalam hubungan dan kehidupan ke depannya
Photo by 8photo from Freepik

Penting dalam sebuah hubungan untuk memiliki visi dan misi yang sama. Perbedaan tujuan dalam hubungan maupun kehidupan, seringkali menyebabkan munculnya cekcok dan kesalahpahaman. Ingatlah bahwa menyatukan dua manusia bukanlah hal yang gampang.

Terlebih jika keduanya tidak memiliki persamaan pandangan untuk hidup ke depannya. Bila dipaksakan untuk terus bersama dan tidak ada salah satu pihak yang mengalah, potensi kandasnya hubungan akan lebih besar. Inilah penyebab hubungan kandas yang jarang disadari ketika awal menjalin ikatan.

6. Adanya ikatan saling mengekang dan penuh rasa curiga dalam hubungan

Adanya ikatan saling mengekang dan penuh rasa curiga dalam hubungan
Photo by diana.grytsku from Freepik

Apakah hubungan kamu terasa tidak nyaman karena penuh tekanan? Atau mungkin saja, salah satu diantara kalian sering mengekang dan menaruh rasa curiga amat dalam pada pasangan?

Jarang disadari, tetapi hal ini seringkali terjadi pada sebuah hubungan karena keegoisan. Apalagi jika masing-masing pihak terlalu posesif dan merasa “memiliki” atas pasangannya.

Menjalani hubungan yang cenderung labil juga berpotensi untuk terjadinya perasaan berlebihan. Misalnya saja ketika muncul kekhawatiran, jika pasangan akan berpindah ke lain hati.

Padahal menaruh rasa curiga dan mengekang terlalu berlebihan, tidak akan membuat pasangan setia. Justru sikap seperti ini bisa membuat pasangan tertekan dan ingin lepas dari hubungan yang tidak sehat tersebut.

7. Masalah keuangan bisa menjadi pemicu keretakan dalam sebuah hubungan

Masalah keuangan bisa menjadi pemicu keretakan dalam sebuah hubungan
Photo by jcomp from Freepik

Uang memang tidak bisa menjamin bahwa suatu hubungan akan berjalan lancar dan bahagia. Tapi tanpa uang, seringkali hubungan menjadi semakin rumit dan penuh pertikaian.

Permasalahan keuangan ini bukan saja dari masalah ekonomi atau gaji yang pas-pasan. Tetapi juga berkaitan dengan pengeluaran yang membengkak, ketidaksamaan dalam mengelola keuangan, serta adanya ketidakjujuran.

8. Perbedaan usia yang cukup jauh bisa menimbulkan perbedaan pola pikir dan sudut pandang

Perbedaan usia yang cukup jauh bisa menimbulkan perbedaan pola pikir dan sudut pandang
Photo by jcomp from Freepik

Jarang disadari, bahwa ternyata perbedaan usia dalam suatu hubungan bisa memicu berbagai masalah. Penyebabnya adalah karena perbedaan pola pikir maupun pandangan. Bahkan terkadang hal ini bisa menjadi penyebab hubungan kandas, ketika salah satu pihak merasa bahwa dirinya lebih tahu dalam segala hal.

Alhasil, dia tidak mau mendengarkan solusi dan pendapat dari pasangan yang usianya terpaut cukup jauh di bawahnya. Sebenarnya hal ini karena ego dan gengsi yang tinggi. Padahal seperti yang kita tahu, bahwa usia tidak menjamin kedewasaan seseorang dalam berhubungan.

9. Pasangan mulai berubah dan sudah tidak ada lagi kecocokan

Pasangan mulai berubah dan sudah tidak ada lagi kecocokan
Photo by drobotdean from Freepik

Setiap orang tentu saja mengalami banyak perubahan dalam hidupnya. Termasuk perubahan dalam hubungan, baik itu sikap, pola pikir, kepedulian, dan lain sebagainya. Salah satu perubahan yang sering kita jumpai adalah faktor kesibukan dan banyaknya hal lain yang lebih penting untuk diperhatikan.

Sikap seperti ini biasa dijumpai saat seseorang baru saja menjalani hubungan pernikahan. Ketika pacaran, mungkin saja pasangan terlihat peduli dan begitu baik. Namun setelah sekian lama menjalin pernikahan, sikapnya jadi lebih dingin dan tidak lagi romantis.

Beberapa dari kamu mungkin saja mengalami hal seperti ini ketika menjalin sebuah hubungan. Jika iya, kamu patut waspada agar hal tersebut tidak menjadi penyebab hubungan kandas. Jangan sampai hubunganmu berakhir karena masalah yang sebenarnya bisa diantisipasi sejak awal.

Leave a Comment