13 Tips Berlibur Hemat yang Menyenangkan dengan Uang Pas-Pasan

liburan-yang-hemat

Memiliki waktu tambahan untuk sekedar digunakan sebagai pelarian dari padatnya pekerjaan sehari-hari merupakan sebuah impian atau keinginan bagi semua orang. Untuk Anda yang saat ini memiliki kesempatan tersebut, ada baiknya jika Anda mengetahui beberapa hal mengenai tips berlibur hemat yang bisa Anda aplikasikan, demi menghemat pengeluaran untuk liburan singkat yang seru.

Untuk Anda yang sering kali melakukan acara berlibur menggunakan sistem backpacker, mungkin cara atau tips dibawah ini sudah biasa untuk Anda lakukan. Namun, untuk Anda yang saat ini belum terbiasa, beberapa cara dibawah ini bisa Anda aplikasikan ketika Anda sedang dalam keadaan ingin berlibur menggunakan jumlah pengeluaran yang masih masuk akal dengan pemasukan Anda. Berikut tips berlibur hemat yang menyenangkan dengan uang pas-pasan.

1. Tidak Perlu Menggunakan Tour Guide

Hampir semua orang tahu jika kegunaan dari tour guide memang penting ketika berlibur, terutama ketika Anda memutuskan untuk berlibur ke sebuah lokasi yang belum pernah Anda kunjungi. Namun, seiring berjalannya waktu, saat ini penggunaan jasa tour guide semakin berkurang, beberapa orang lebih memilih untuk melakukan review di internet dibandingkan menyewa jasa tour guide ketika berlibur.

Saat ini Anda bisa menghilangkan penggunaan dari tour guide karena satu dan lain hal, beberapa diantaranya adalah untuk menghemat biaya. Bisa dibayangkan jika Anda menggunakan jasa travel untuk melakukan sebuah perjalanan ke beberapa negara atau daerah, dengan membayarkan jasanya yang telah mengantar Anda dengan budget yang bisa dibilang cukup besar dan merugikan Anda.

2. Pilihan Tanggal yang Tepat

Berlibur merupakan sebuah kegiatan yang paling seru untuk dilakukan, terutama ketika Anda telah suntuk dengan segala aktifitas yang telah Anda jalani sehari-hari. Melakukan liburan dapat membantu Anda untuk menambahkan energi di dalam tubuh, sehingga dapat beraktifitas dengan lebih baik lagi di kemudian hari. Ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan ketika memilih untuk berlibur dengan hemat.

Untuk Anda yang saat ini memiliki uang yang cukup berlimpah, mungkin tanggal berlibur bukanlah suatu masalah, karena Anda dapat membeli tiket atau akomodasi lainnya dengan harga berapapun. Namun untuk Anda yang saat ini ingin berlibur dengan hemat Anda bisa mencari tanggal tertentu, atau sering dibilang dengan low season, untuk mendapatkan harga atau budget berlibur dengan lebih murah lagi.

3. Jangan Andalkan Hotel

Ada beragam pilihan yang bisa Anda Andalkan ketika sedang berlibur ke beberapa tempat, jika Anda yang biasanya menggunakan hotel ada baiknya Anda beralih ke hostel. Saat ini penggunaan hostel memang lebih banyak digunakan untuk beberapa orang yang ingin berlibur dengan low budget. Selama Anda masih bisa tidur atau beristirahat dengan nyaman tentunya menggunakan pengeluaran yang sedikit untuk biaya penginapan bisa Anda terapkan untuk liburan yang hemat.

4. Penggunaan Transportasi Publik

Memiliki budget pas-pasan untuk melakukan sebuah liburan, bukan berarti hal ini membatasi Anda untuk melakukan beberapa aktifitas atau mengunjungi beberapa tempat. Saat ini Anda bisa mendatangi beberapa lokasi yang memang menjadi spot dari para turis hanya dengan budget yang secukupnya, meskipun memang Anda tidak menggunakan jasa travel untuk melakukan beberapa aktifitasnya.

Saat ini Anda bisa menggunakan sebuah sarana trasnportasi umum di beberapa daerah atau negara tertentu. Anda bisa mempelajari rutenya terlebih dahulu melalui aplikasi pencarian peta di Internet atau aplikasi saat traveling, sehingga tidak membuat Anda takut untuk kehilangan arah. Dengan menggunakan transportasi publik pastinya Anda tidak perlu mengeluarkan uang cukup banyak, hanya pas-pasan untuk ongkos saja.

5. Perbekalan Lengkap dari Rumah

Tips berlibur hemat lainnya adalah dengan membawa perbekalan dari rumah, mungkin saja Anda bisa membawa beberapa makanan instan sehingga memudahkan Anda untuk tetap mendapatkan asupan makanan. Ketika sedang dalam waktu kepepet atau mungkin tidak menemukan tempat makan dan tidak memiliki uang lagi untuk membeli makanan, maka Anda bisa menggunakan perbekalan tersebut.

Beberapa orang biasanya akan membeli atau membawa stok makanan dengan beragam jenis makanan praktis, seperti abon, seperti mie dengan cup, dan lainnya. Dengan menggunakan cara ini, Anda bisa menjamin jika selama Anda berlibur kebutuhan makanan selalu ada, sehingga tidak membuat Anda khawatir lapar selama diperjalanan.

6. Membuat Rincian Biaya

Bagi beberapa orang ketika memiliki uang, akan merasa tenang-tenang saja untuk menghabiskannya dengan mudah dan cepat. Padahal Anda masih bisa berlibur dengan cara yang lebih hemat, bahkan hanya mengeluarkan jumlah uang yang sedikit.                 Caranya adalah dengan membuat sebuah rincian biaya perjalanan yang akan membuat Anda menjadi lebih mudah untuk mengatur pengeluaran dan pembelian barang saat berlibur.

Banyak hal yang bisa Anda dapatkan ketika mampu untuk mengatur rincian biaya. Hal ini dapat membantu Anda ketika memiliki uang yang banyak, akan tetapi tidak ingin jika uang tersebut habis hanya dengan membeli sebuah souvenir atau barang yang tidak dibutuhkan.

7. Menghindari Belanja di Tourist Spot

Ketika Anda berlibur ke suatu daerah, tentunya Anda akan menemukan beberapa tempat yang memang menjadi salah satu lokasi dimana beberapa turis berbelanja. Anda mungkin akan sedikit tergiur dengan suasana yang ada, ketika banyak orang yang menjajakan barang dagangannya dengan banyak atau beberapa barang yang dapat memikat hati Anda, sehingga ingin membelinya langsung.

Perlu diketahui bahwa disana memang ada banyak sekali penjual souvenir yang menjajakan dagangannya, meskipun barang tersebut terlihat bagus, biasanya harga barang di beberapa tourist spot akan dinaikkan, sehingga menjadi lebih mahal dibandingkan dengan membelinya di tempat lain. Oleh karena itu, jika barang tersebut tidak betul-betul Anda butuhkan, maka Anda tidak perlu membelinya di daerah tersebut.

8. Bawalah Teman di Perjalanan

Berlibur tentunya tidak akan terasa nyaman ketika Anda melakukannya sendirian atau solo traveling, mungkin untuk Anda yang telah terbiasa solo traveling akan terasa nyaman untuk berlibur sendirian. Meskipun bagi beberapa orang, melakukan perjalanan liburan sendiri merupakan suatu hal yang membosankan, sehingga membuat Anda menjadi tidak betah untuk berlama-lama pada beberapa lokasi tertentu ketika sedang sendirian.

Untuk Anda yang tidak terbiasa untuk melakukan perjalanan liburan sendirian, saat ini Anda bisa mencoba untuk mencari teman untuk menemani di perjalanan. Anda bisa saja mengajak sanak keluarga untuk berlibur bersama, ataupun untuk Anda yang kurang nyaman berlibur bersama keluarga, Anda bisa mengajak teman dan gebetan yang sekiranya cocok untuk Anda ajak sebagai partner menikmati liburan bersama.

9. Penggunaan Tiket Pesawat

Mungkin untuk Anda yang sering melakukan pelesir ke beberapa lokasi, pesawat merupakan salah satu modal transportasi utama yang paling sering digunakan. Saat ini memang akomodasi transportasi pesawat adalah sarana transportasi yang paling sering digunakan. Selain menghemat waktu, menggunakan pesawat juga tidak membuat penumpangnya menjadi lebih lelah ketika sedang dalam perjalanan.

Untuk Anda yang saat ini memutuskan untuk melakukan traveling menggunakan pesawat, Anda bisa memilih pesawat dengan harga tiket yang murah. Anda bisa menggunakan beberapa cara jitu untuk mendapatkannya, yaitu mencari sebuah promo pada pembelian tiket pesawat yang saat ini memang banyak diberikan oleh beberapa maskapai penerbangan atau aplikasi booking tiket.

10. Pilihan Makanan Lokal

Ketika Anda melakukan traveling ke beberapa lokasi, ada baiknya jika Anda memilih makanan lokal sebagai salah satu tips berlibur hemat paling jitu. Saat ini memang bisa dilihat jika makanan khas dari suatu daerah bisa menjadi salah satu makanan yang paling murah untuk didapatkan, sehingga tidak membuat Anda kebingungan ketika sedang mencari beberapa jenis makanan dengan harga terjangkau.

Selain karena harganya yang terjangkau, ternyata makanan tradisional atau khas dari suatu daerah yang dikunjungi mampu memberikan sebuah makna tersendiri untuk liburan Anda. Maknanya Anda bisa mengenal lebih jauh mengenai sebuah budaya yang sedang dikenalkan menggunakan media makanan yang dijual di beberapa daerah tersebut.

11. Manfaatkan Fasilitas Wi-Fi

Fasilitas pendukung ketika berlibur bisa datang dari mana saja, salah satunya adalah fasilitas jaringan internet. Biasanya jaringan internet ini sangat penting untuk Anda dapatkan, karena memang hal ini merupakan salah satu penunjang untuk kegiatan berkomunikasi antara Anda dengan orang terdekat ketika sedang berada jauh dari kampung halaman atau sedang dalam keadaan berlibur.

Nah Anda bisa menggunakan wifi yang biasanya tersedia gratis di beberapa tempat, mulai dari kamar yang Anda sewa hingga beberapa turis spot yang bisa Anda temui ketika sedang berlibur. Anda bisa memanfaatkan fasilitas ini agar Anda selalu dapat menghemat pengeluaran, terutama ketika Anda mengetahui bahwa harga untuk pembelian sebuah paket internet di beberapa daerah mahal.

12. Budayakan Membawa Botol Air Minum

Air minum merupakan salah satu hal utama yang wajib dimiliki oleh traveler, tentunya bukan hanya air minumnya saja, tapi tempat air minum pun menjadi salah satu hal yang sangat wajib untuk dimiliki. Pasalnya Anda akan membutuhkan banyak sekali pasokan air minum, terutama ketika Anda melakukan perjalanan sendiri tanpa menggunakan tour guide pada beberapa perjalanan jauh.

Selain dari pada itu, ketika Anda membawa botol minum sendiri tentunya Anda akan dengan mudah melakukan isi ulang. Anda bisa melakukan isi ulang air minum dimana saja dan kapan saja, sehingga Anda dapat menghemat pengeluaran selama dalam perjalanan karena tidak perlu membeli air minum kemasan saat berlibur.

13. Rincian List Pembelian Souvenir

Tidak afdol rasanya ketika Anda berangkat ke sebuah daerah untuk melakukan perjalanan liburan, tetapi Anda tidak membeli sebuah souvenir atau barang yang khas dari daerah tersebut untuk dijadikan oleh-oleh. Saat ini mungkin untuk Anda yang merencanakan sebuah liburan, Anda telah membayangkan barang apa saja yang akan Anda beli, sehingga Anda diharuskan untuk membuat sebuah list yang berisi pembelian barang atau souvenir.

Selain beberapa tips berlibur hemat yang telah disediakan, Anda mungkin masih memiliki beberapa tips menarik lainnya yang bisa dilakukan ketika sedang berlibur. Namun, tetap saja beberapa tips tersebut tidak akan berlaku ketika Anda tidak mampu memanage diri sendiri, terutama dalam mengatur pengeluaran dalam melakukan pembelian beberapa barang tertentu ketika berlibur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here