5 Tempat Camping Terbaik di Bandung, Recommended Banget!

5 Tempat Camping Terbaik di Bandung
5 Tempat Camping Terbaik di Bandung
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Bandung merupakan daerah yang berada di dataran tinggi, tak heran pesona alam yang dimilikinya cukup menarik minat. Terkait hal tersebut, tentu ada banyak tempat camping terbaik di Bandung yang patut dikunjungi.

Karena saat ini, tren liburan dengan gaya camping sudah semakin banyak diminati. Jika dulu berkemah hanya dilakukan oleh kepanduan dan beberapa organisasi, kini telah merambah ke berbagai kalangan kelas sosial.

Nah, gaya liburan semacam ini cocok buat wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, kawan maupun pasangan. Berikut ini rekomendasi beberapa tempat camping terbaik di Bandung:

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


1. Ranca Upas

Foto: instagram/kiki.rinaldyyyy

Wisata Ranca Upas merupakan salah satu area camping terbaik dan paling populer di Bandung. Ranca Upas termasuk wisata yang komplit, karena tidak hanya untuk area camping, namun juga berbagai aktifitas.

Di area Wisata Ranca Upas terdapat pula penangkaran rusa yang untuk observasi sekaligus untuk berwisata. Ada banyak pula aktifitas lain yang bisa dilakukan di tempat ini, seperti berendam di pemandian air panas, outbond, dan lainnya.

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


Wisata ini berada di ketinggian sekitar 1.700 mdpl, tak heran udaranya begitu segar dan sejuk. Suhu udara di Ranca Upas berada 17 derajat celcius hingga 20 derajat celcius, sangat sejuk bukan?

Dengan kondisi geografis yang demikian, Wisata Ranca Upas menyuguhkan pemandangan alam berupa hutan pegunungan. Dipadukan dengan genangan air berupa rawa yang begitu luas, semakin menambah pesona tempat tersebut.

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


Tempat ini cocok dijadikan destinasi camping keluarga maupun camping bersama teman. Area seluas 215 hektar ini memang selalu dipadati wisatawan yang ingin camping, baik kelompok keluarga, kawan hingga komunitas.

Nah, kalau kamu tertarik untuk camping di tempat ini, kamu tinggal menuju Jl. Raya Ciwidey – Patengan KM. 11, Bandung Selatan. Lokasi tersebut berada sekitar 50 km arah selatan dari pusat Kota Bandung.

2. Terminal Wisata Grafika Cikole

Foto: instagram/officialgrafika

Ingin camping dengan keluarga atau teman? Terminal Wisata Grafika Cikole bisa jadi pertimbangan destinasi. Di area camping ground yang satu ini kamu bisa camping dengan siapa saja dengan pilihan area.

Terminal Wisata Grafika Cikole merupakan area camping dengan nuansa hutan pinus yang rindang seluas 9 hektar. Lokasinya yang berada di ketinggian 1400 meter di atas permukaan laut menjadikan suasana sejuk dan segar.

Tempat wisata ini berada di kaki Gunung Tangkuban Perahu, tak heran udaranya sejuk dan pemandangannya indah. Lokasinya tepat berada di Jalan Tangkuban Perahu KM.8, Desa Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Buat kamu yang ingin camping di tempat ini, kamu disuguhkan beberapa pilihan, yaitu Urban Camp, camping massal, camping keluarga, dan pondok wisata alam. Tergantung kamu ingin camping dengan siapa.

Urban camp tersedia untuk wisatawan yang ingin merasakan suasana glamping di hutan pinus. Area camping massal tersedia untuk wisatawan yang ingin camping tenda bersama rombongan besar.

Nah, area camping keluarga tentu untuk wisatawan yang ingin camping dengan tenda-tenda keluarga. Kamu bisa ajak keluargamu atau sahabat-sahabat terdekatmu untuk berlibur dengan camping di area wisata ini.

3. The Lodge Maribaya Camp

Foto: instagram/thelodgemaribaya

Wisata The Lodge Maribaya Camp juga termasuk salah satu tempat camping terbaik di Bandung. Tempat ini banyak diminati oleh wisatawan karena pemandangan dan suasananya memang sangat nyaman.

The Lodge Maribaya Camp ini merupakan tempat wisata yang menyediakan fasilitas berkemah. Di tempat ini sudah tersedia tenda-tenda dengan bentuk yang unik, mirip potongan setengah botol bagian atas.

Destinasi ini cocok buat wisatawan yang ingin glamping bersama keluarga maupun para sahabat. Aktifitas glamping di tempat ini dilengkapi dengan tenda permanen, kasur, water heater, dan perlengkapan mandi, serasa nginap di hotel.

Tak hanya untuk glamping, kamu juga bisa melakukan aktifitas lain seperti outbond, balon udara, Ayunan Sky Wing, Zip Bike dan beberapa fasilitas menarik lainnya. Sangat seru bukan?

Jadi, tak bisa camping, kamu dan keluarga juga bisa sekaligus menikmati berbagai aktifitas menarik dan seru. Buat kamu yang suka tantangan, bisa terbang dengan menikmati Hot Air Balloon The Lodge Maribaya.

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi wisata ini, kamu tinggal mendatangi lokasinya yang terletak di Jalan Maribaya No. 149/252, Babakan, Gentong, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

4. Pine Forest Camp

Foto: instagram/pineforestcamplembang

Satu lagi tempat camping terbaik di Bandung dengan nuansa hutan pinus, Pine Forest Camp. Hampir sama dengan Terminal Wisata Grafika Cikole, tempat ini juga menyuguhkan area camping diantara pohon-pohon pinus.

Area hutan pinus yang rimbun dan rindang berkolaborasi dengan hamparan rumput yang hijau membuat suasana sangat nyaman. Udara di tempat ini pun sangat sejuk karena berada di ketinggian 1.200 mdpl.

Area seluas 4 hektar ini memang dirancang khusus untuk area camping keluarga agar terasa lebih nyaman dan menyenangkan. Pemandangan yang indah serta suasana yang menyenangkan akan membuat kamu betah.

Camping di tempat ini kamu akan merasakan sensasi berkemah sesungguhnya. Karena kamu harus menyewa dan mendirikan tenda serta mempersiapkan segala keperluan kemah secara mandiri.

Wisata camping yang satu ini juga disediakan dengan fasilitas yang lengkap, seperti kamar mandi umum, mushollah, area api unggun, jalur trekking, gazebo dan aula terbuka. Tak hanya itu, wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas outbond.

Jika kamu ingin merasakan sensasi berkemah menyenangkan di Pine Forest Camp ini, kamu tinggal menuju Suntenjaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Lokasinya cukup mudah untuk diakses.

5. Eagle Camp Dusun Bambu

Foto: instagram/aandwiswari

Wisata Dusun Bambu yang terletak di Bandung Barat memang merupakan destinasi yang cukup populer di Bandung. Destinasi wisata yang memiliki konsep liburan keluarga ini memang banyak diminati wisatawan.

Nah, di tempat wisata ini terdapat area camping ground eksklusif yang disebut dengan Eagle Camp Dusun Bambu. Area ini dikhususkan untuk wisatawan yang ingin melaksanakan camping keluarga.

Eagle Camp Dusun Bambu ini terletak di bukit, area ini hanya bisa diakses oleh wisatawan yang ingin camping, tidak terbuka untuk umum. Dan masing-masing tenda pun terjaga privasinya.

Masing-masing tenda difasilitasi dengan kursi dan meja untuk bersantai, juga dilengkapi kamar mandi dan WC. Setiap tenda juga memiliki areanya masing-masing yang dibatasi dengan pagar-pagar bambu yang estetik.

Setiap tenda bisa diisi oleh dua orang, dan didalamnya difasilitasi dengan dua kasur, selimut, sleeping bed, dan beberapa peralatan mandi. Camping di tempat ini benar-benar eksklusif dan serasa nginap di hotel.

Lokasi Eagle Camp Dusun Bambu terletak di Jl. Kolonel Masturi No. KM 11, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Jika kamu tertarik camping di tempat ini, lebih baik booking online agar cepat kebagian.

Jadi, lebih tertarik mengunjungi yang mana? Semua rekomendasi di atas sudah pasti memiliki pemandangan yang asri, udara yang segar dan sejuk, serta merupakan tempat berlibur yang sehat dan menyenangkan.