in

6 Cara Untuk Mengelola Keuangan dengan Bijak, Agar Tidak Gelisah di Akhir Bulan!

6 Cara Untuk Mengelola Keuangan dengan Bijak, Agar Tidak Gelisah di Akhir Bulan!
photo by rakyatku.com

Banyak yang bilang dalam mengatur keuangan itu susah-susah gampang, apalagi dengan kondisi saat ini yang mengharuskan orang-orang agar lebih hemat dan juga lebih selektif lagi dalam membeli barang-barang yang dibutuhkan.

Mengatur keuangan tentu bukan hanya memperhitungkan setiap pemasukan dan pengeluaran, tapi juga belajar bagaimana keduanya bisa seimbang, maksudnya tidak boleh besar pasak daripada tiang yang akan menimbulkan defisit keuangan.

Oleh karena itu, perlu adanya detail pengeluaran jangka pendek dan jangka panjang, serta melakukan upaya penghematan.

Apa Saja Cara Untuk Mengelola Keuangan dengan Bijak?

Apa Saja Cara Untuk Mengelola Keuangan dengan Bijak?
photo by ruangmom

Masalah keuangan tentu akan membuat kepala pusing dan tidak bisa tidur. Sebelum masalah keuangan ini semakin rumit dan menumpuk, lebih baik dibenahi satu persatu agar semuanya dapat berjalan dengan baik dan semestinya.

Jika masih bingung, ini ada beberapa cara untuk mengatur keuangan yang dijamin ampuh dalam mengelola dan mengaturnya agar lebih stabil untuk membangun finansial yang lebih baik lagi.

1. Menabung

Menabung
photo by balispot.com

Dengan menabung membuat laporan keuangan kita menjadi lebih bak lagi. Jika ada kebutuhan yang mendadak atau ingin membeli sesuatu bisa menggunakan tabungan ketimbang harus memotong pengeluaran yang wajib.

Menabung juga mengajarkan hidup agar lebih hemat dan tidak berlebihan ataupun boros dalam membelanjakan uang. Menabung juga merupakan salah satu cara untuk menjadi pribadi yang mandiri.

Selain itu, jika ada kebutuhan yang mendesak, entah itu sakit atau keperluan lainnya, tinggal menggunakan uang yang ada di tabungan tanpa harus menggunakan uang pokok untuk kebutuhan sehari-hari.

2. Memprioritaskan biaya pengeluaran bulanan

Memprioritaskan biaya pengeluaran bulanan
photo by avrist assurance

Setidaknya anda perlu mencatat beberapa hal yang merupakan biaya yang wajib dikeluarkan setiap bulannya.

Mulai dari sewa kontrakan, listrik, paket data, biaya makan, dan lainnya. Setelah itu, sisihkan untuk keperluan tersebut. Jika sudah, maka jangan pernah gunakan uang tersebut diluar dari keperluan wajib.

Adapun sisa uang yang ada, bisa disimpan ataupun di investasikan. Pintar-pintarlah dalam mengelola pengeluaran bulanan. Agar kondisi finansial anda semakin baik lagi dan tidak adanya kondisi dimana keuangan benar-benar zonk ataupun 0 rupiah.

3. Memisahkan anggaran untuk kebutuhan dan keinginan

Memisahkan anggaran untuk kebutuhan dan keinginan
photo by bareksa

Bukan manusia namanya, jika kebutuhan tak cukup untuk memenuhi keinginannya. Pastilah semua orang memiliki keinginan yang beragam, maka dari itu kelolalah keinginan anda supaya jangan melebihi dari kebutuhan yang pokok.

Dilihat dari semua itu, anda haruslah memisahkan anggaran untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan. Jangan sampai menghabiskan semua uang untuk keinginan sehingga kebutuhan malah tidak terpenuhi.

4. Mengecek tagihan dan tanggungan

photo by semarang inside

Sebelum memberi suatu barang, ingat-ingatlah dulu apakah anda punya tanggungan dan taguhan yang harus dibayar, misalnya cicilan rumah, mobil, biaya asuransi kesehatan, dan lain sebagainya.

Jangan sampai uang yang sudah anda habiskan, malah ada kebutuhan tagihan lain yang harus dibayarkan. Kalau sudah begini, anda harus merogoh kocek dari anggaran kebutuhan lainnya untuk membayar tagihan itu.

5. Merencanakan pengeluaran

Merencanakan pengeluaran
photo by pingpoint

Cara berikutnya agar bijak dalam mengelola keuangan adalah dengan mencatat rencana untuk kedepannya. Anda harus tahu apa saja yang mau dibeli dengan gaji bulan depan.

Dengan membuat anggaran belanja, anda harus tahu apa saja yang menjadi kebutuhan aau keinginan semata. Anda harus keras terhadap diri sendiri dengan menerapkan prinsip dari skala prioritas.

6. Siapkan dana darurat

photo by rukita

Untuk menjaga keuangan agar tetap aman, anda harus menyisihkan dana darurat, agar sewaktu-waktu jika sesuatu terjadi diluar kendali dana darurat ini dapat anda gunakan, tanpa harus mengambil uang dari kebutuhan pokok atau bahkan meminjam uang.

Tidak seorangpun yang tahu apa yang akan terjadi dalam sebulan ini, alangkah baiknya anda menyiapkan dana untuk kebutuhan tak terduga.

Menjaga keuangan agar lebih stabil memanglah tidak mudah. Butuh komitmen kuat untuk menjalankanya. Oleh sebab itu, jangan sampai tergoda dengan berbagai halangan yang dapat merusak rencana keuangan anda. Cerdas dalam mengatur keuangan akan membuat hidup jadi lebih tenang.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *