in

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online di Indonesia

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online di Indonesia

Kebanyakan masyarakat Indonesia melihat bisnis online sebagai cara mudah mendapatkan uang, padahal tidak sedikit pula kekurangan bisnis online yang akan anda rasakan. Memang setiap bisnis pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Termasuknya pada bisnis online dan bisnis digital lainnya.

Namun kadang masyarakat Indonesia terlalu terlena dengan iming-iming “bisa mendapatkan uang tanpa keluar rumah”. Sehingga banyak orang yang membuka bisnis online, mengeluarkan modal besar, namun hanya sia-sia tanpa hasil signifikan.

Oleh karena itu, sebaiknya anda ketahui keuntungan dan kekurangan bisnis online terlebih dahulu sebelum anda memutuskan ingin membuat bisnis sendiri secara online.

Kekurangan Bisnis Online

Meskipun tidak sepenuhnya buruk, namun tetap ada kekurangan bisnis online yang akan kalian rasakan. Nah, berikut kekuragan bisnis online di Indonesia.

1. Bergantung Pada Koneksi Internet

Sesuai dengan namanya, bisnis online pasti bergantung dengan koneksi internet agar bisa terus melakukan transaksi. Sayangnya, konektivitas internet di Indonesia masih menjadi salah satu yang paling buruk di Asia.

Terkadang ada internet murah, namun memiliki kecepatan koneksi yang sangat lambat. Atau ada koneksi internet yang cepat namun harganya terlalu mahal.

Dan parahnya lagi, masih banyak gangguan koneksi internet di Indonesia yang bisa membuat bisnis kita mengalami kerugian. Jadi, bisnis online anda akan sangat bergantung pada bagaimana kondisi internet anda sehari-hari.

2. Pelanggan Yang Banyak Bertanya dan PHP

Salah satu kekurangan berbisnis online yang lain adalah kita akan sering bertemu pelanggan yang banyak bertanya. Bukan hanya itu, tidak jarang pelanggan-pelanggan tersebut juga PHP alias pemberi harapan palsu dan tidak jadi berbelanja.

Penyebab utama mengapa kita akan sering bertemu pelanggan yang banyak bertanya adalah karena masyarakat Indonesia sangat malas membaca. Sedetail apapun anda menjelaskan produk di deskripsi, akan ada saja calon pelanggan yang bertanya hal-hal yang sudah dijelaskan.

Selain itu, masih banyak masyarakat yang awam mengenai internet. Sehingga anda perlu sabar dalam menjelaskan dan menjawab semua pertanyaannya agar tidak menyinggung hingga membuat pelanggan batal berbelanja.

3. Rawan Terjadi Penipuan

Karena bisnis online melakukan transaksi tanpa bertemu langsung, sangat rawan terjadi penipuan yang bisa kalian alami. Meskipun sudah banyak e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, atau Lazada yang menyediakan transaksi dengan metode rekening bersama.

Penipuan ini bisa terjadi dalam banyak bentuk. Mulai pelanggan yang mengaku barang tidak dikirim dan meminta refund, padahal anda sudah mengirim barangnya dengan benar. Hingga adanya oknum-oknum kurir yang tidak bertanggung jawab dan membawa kabur barang kiriman.

Kebanyakan kasus penipuan seperti ini bisa ditangani dengan meminta bantuan customer service dari perusahaan yang terkait. Misalnya anda berbelanja di Tokopedia, anda bisa meminta bantuan pada customer service untuk menjelaskan dan meminta jalan keluar terbaik.

Oleh karena itu, usahakanlah disetiap transaksi online Anda menggunakan rekening bersama seperti yang ada di e-commerce supaya bisnis online Anda aman dari tindak penipuan.

4. Omzet Yang Tidak Pasti

Kekurangan bisnis online yang terakhir dan yang paling berpengaruh pada kehidupan adalah omzet yang tidak pasti. Pada satu waktu omzet bisnis anda bisa melonjak tinggi, dan pada satu waktu yang berdekatan bisnis anda bisa saja langsung sepi pembeli.

Umumnya hal ini dipengaruhi oleh faktor trend di masyarakat. Produk-produk yang ketinggalan jaman dan tidak relevan akan lebih sulit terjual dibandingkan produk yang sedang trending dan banyak digunakan.

Biasanya omzet bisnis juga dipengaruhi pada inovasi yang anda buat. Bila anda membuat inovasi produk baru yang bisa diterima masyarakat, kemungkinan omzet bisnis anda akan lebih besar.

Kelebihan Bisnis Online

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bisnis online tidak semuanya tentang rugi, mendapatkan customer yang rewel, dan mengalami penipuan. Ada pula beberapa keuntungan bisnis online yang bisa anda nikmati. Di antaranya :

1. Bisa Dilakukan Dimana Saja

Salah satu kegiatan yang harus dilakukan ketika membuka bisnis offline adalah anda harus menunggu pelanggan di toko setiap hari. Apalagi bila anda membuka bisnis UKM yang mana anda sendiri yang harus menjaga toko.

Nah, sedangkan bisnis online ini bisa anda lakukan dimana saja selama ada koneksi internet. Baik itu di rumah, sekolah, kantor, bahkan ketika anda sedang liburan pun anda tetap bisa berbisnis dan melayani customer.

Dan tentunya, jam kerja bisnis online jauh lebih flexible. Sehingga anda tidak perlu keluar dari pekerjaan utama anda ketika ingin merintis bisnis sampingan dari awal.

Baca Juga: 11+ Bisnis Yang Laku Setiap Hari di Pasaran, Online dan Offline

2. Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan

Bila anda perhatikan, bisnis online bisa berkembang jauh lebih cepat dibandingkan bisnis konvensional yang dibuka secara offline. Hal ini dikarenakan salah satu kelebihan bisnis online adalah bisa menjangkau lebih banyak orang dan pelanggan.

Meskipun anda memiliki pusat bisnis di Pulau Jawa, nama bisnis anda bisa tetap dikenal hingga ke luar pulau jawa. Sebab kini hampir semua masyarakat Indonesia sudah menggunakan Internet dan belanja online menjadi salah satu kebiasaan masyarakat bukan hanya di Jakarta, namun hingga ke seluruh Indonesia.

Apalagi dengan mudah dan banyaknya perusahaan kurir saat ini, anda bisa mengirim barang dari Sabang hingga Merauke dengan biaya yang relatif murah. Dan tentunya seiring berjalannya waktu, perusahaan-perusahaan pengiriman ini semakin berpengalaman dan memasang harga yang semakin bersaing.

3. Modal Yang Relatif Lebih Kecil Untuk Omzet Besar

Kelebihan bisnis online yang terakhir adalah anda membutuhkan modal yang relatif lebih kecil untuk bisa mendapatkan omzet yang lumayan besar. Meskipun seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, omzet berbisnis online tidak pasti. Terkadang bisa tinggi, dan bisa pula sepi.

Sebenarnya modal utama yang dibutuhkan untuk berbisnis online hanyalah internet. Hanya dengan internet pun, anda bisa membuat bisnis tanpa perlu mengeluarkan modal uang lagi.

Misalnya dengan cara mengikuti survey online, anda sudah bisa mendapatkan puluhan dolar per minggunya tanpa harus berjualan atau mengajak teman mengikuti aplikasi tertentu.

Untuk berjualan online pun, anda membutuhkan modal yang lebih sedikit. Sebab anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyewa gudang, kios, toko, ruko, atau stan. Anda juga tidak perlu membayar karyawan untuk menjaga toko anda selama jam operasional setiap hari.

Yang anda butuhkan hanyalah modal internet, niat, dan pengetahuan akan bisnis apa yang ingin anda buat.  Dan semuanya, masih bisa anda kerjakan sendirian.

Demikianlah beberapa kekurangan dan kelebihan bisnis online. Mungkin point-point di atas hanya sedikit gambaran saja tentang apa yang bisa jadi anda alami selama berbisnis online. Sebab pastinya setiap bisnis baik online maupun offline memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun selama anda menjalaninya dengan sepenuh hati, kekurangan bisnis online akan anda anggap sebagai tantangan untuk membuat bisnis bisa lebih berkembang.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *