Siapkah Anda Untuk Memulai Bisnis Travel? Yuk Ikuti 7 Tips Berikut ini

Jika anda adalah tipe orang yang hobinya traveling, ataupun suka membuat rencana dan senang membantu orang lain, mungkin saja bisnis travel ini bisa anda pertimbangkan di tahun ini.

Karena saat ini, traveling sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. Bahkan banyak juga dari mereka lebih memilih rela mengeluarkan uang untuk piknik daripada belanja.

Maka dari itu sudah seharusnya bagi anda segara mempertimbangkan untuk membuka bisnis travel agar peluang anda meraih cuan juga bisa bertambah.

Apa Saja Tips yang Bisa Anda Gunakan Dalam Memulai Bisnis Travel?

Apa Saja Tips yang Bisa Anda Gunakan Dalam Memulai Bisnis Travel?
photo by bisniswisata.co.id

Hal pertama yang harus anda lakukan jika ingin memulai bisnis travel adalah mengenali tips dan cara untuk memulai bisnis travel. Nah apa aja? Yuk simak ulasannya sebagai berikut.

1. Pilihlah jenis travel yang terbaik

Pilihlah jenis travel yang terbaik
photo by madina tour & travel

Sebelum memulai berbisnis di jasa travel, anda wajib menentukan jenis travel apa yang mau digeluti.

Saat ini, ada banyak jenis jasa travel, seperti tiket pesawat terbang, tiket bus. tiket kereta api, sewa kendaraan atau mobil, pengurusan visa dan paspor, pemesanan kamar hotel homestay vila dan sejenisnya, perjalanan ke destinasi pariwisata, dan lain sebagainya.

Bila sudah menentukan pilihan, maka anda bisa fokus dengan pilihan tersebut. Selain itu, anda juga bisa mempelajari hal-hal yang diperlukan agar bisnis yang ingin anda kerjakan dapat berjalan dengan baik.

2. Memilih lokasi yang jadi target anda

Memilih lokasi yang jadi target anda
photo by deteksi online

Jika anda memilih bisnis di jasa travel wisata, cobalah melakukan pemetaan tujuan wisata yang akan anda tawarkan. Setiap daerah pasti memiliki tujuan wisata, bisa berupa wisata asli dari alam atau wisata buatan seperti taman rekreasi dan taman hiburan. Selain itu, bisa juga berupa wisata sejarah dan wisata kuliner.

Cobalah untuk melakukan pemetaan dengan potensi wisata yang terletak disekitar kota tempat tinggal anda. Usahakan jarak antara tempat wisata tidak lebih dari 200 km. Kenapa? Karena ini sangat berpengaruh dengan biaya dan paket yang akan anda buat nantinya.

Selain itu, anda juga harus mempunyai database dari setiap tempat wisata tersebut, data yang menyangkut contact person dari pengelola tempat wisata, harga tiket, surat menyurat, dan biaya-biaya yang mungkin dikeluarkan dalam sebuah perjalanan wisata.

3. Buatlah nama travel yang kreatif

Buatlah nama travel yang kreatif
photo by tfamanasek.com

Cobalah membuat nama atau merek usaha anda sendiri yang mudah diingat dan mudah dibaca. Ini penting agar brand bisnis travel anda mudah dikenali dan dihafal oleh semua orang.

Jangan membuat nama yang terlalu sulit untuk diingat dan dibaca, karena semakin mudah nama itu diingat, maka semakin gampang pula diterima oleh banyak orang. Hal ini akan sangat membantu anda dalam hal pemasaran.

4. Mendaftarkan bisnis secara hukum

photo by pixstacks

Mendaftarkan bisnis anda secara hukum adalah sesuatu yang sangat penting dilakukan, karena bila anda sudah capek-capek menemukan nama brand dan logo bisnis travel, namun anda tidak mendaftarkannya pada Hak Kekayaan Intelektual (HKI), maka anda tidak memiliki kuasa secara hukum atas nama atau logo dari bisnis tersebut.

Jika sewaktu-waktu ada orang yang menggunakan nama dan logo itu, anda tidak bisa menggugatnya secara hukum meski sebenarnya anda lah yang menciptakan pertama kalinya. Malahan bisa saja anda digugat secara hukum karena menggunakan merek orang lain yang sudah terdaftar HKI.

5. Buatlah paket untuk menarik minat pelanggan

Buatlah paket untuk menarik minat pelanggan
photo by wira rental mobil bali

Buatlah paket yang bisa menjadi pilihan calon konsumen. Bagaimana pun juga, memberikan banyak alternatif pada konsumen akan terlihat lebih menarik bagi mereka. Karena mereka akan memiliki pilihan dan punya pertimbangan sendiri.

Paket tersebut bisa berupa jumlah hari, di mana semakin lama hari yang dipilih, maka harganya menjadi lebih murah. Atau memberikan paket berupa beberapa tujuan sekaligus yang bisa mendapatkan potongan harga.

Memberikan paket travel yang “menguntungkan” bagi pelanggan sangat cocok untuk bisnis travel yang masih baru. Jadi pastikan anda menyusun strategi yang tepat untuk membuat paket travel anda.

Baca Juga: 10 Tips Buka Bisnis Tour Open Trip yang Kekinian

6. Memperkenalkan usaha baru travel anda ke orang terdekat dulu

photo by cermati.com

Cobalah untuk memperkenalkan usaha anda dengan teman dan kerabat Anda. Cobalah minta bantuan mereka bila ada kebutuhan untuk wisata, maka mereka bisa menghubungi anda. Sebab, memperkenalkan usaha kita dari mulut ke mulut terbilang efektif untuk usaha yang masih baru.

Tunjukkan pada mereka bahwa anda sudah mempunyai kesiapan yang baik untuk memulai bisnis ini. Buatlah mereka yakin bahwa bisnis anda sudah siap melayani konsumen dan dikelola secara profesional.

7. Jadikan bisnis travel anda secara online

Jadikan bisnis travel anda secara online
photo by nusa7travel

Di era digital ini, segalanya semakin mudah untuk dilakukan sehingga membuat bisnis menjadi lebih efektif dan efisien. Dengan kehidupan yang sangat dinamis dan padatnya pekerjaan serta aktivitas, membuat banyak orang terkadang kesulitan meluangkan waktu untuk hal-hal lain di luar pekerjaan yang sudah menjadi tuntutan wajibnya.

Oleh karena itu, dengan mengembangkan usaha di platform digital atau bisnis online, maka akan memudahkan konsumen untuk menggunakan layanan yang anda sediakan. Hal-hal yang bisa dilakukan secara online selain pemasaran adalah pemesanan dan pembayaran secara online.

Nah itu dia, beberapa cara yang bisa anda gunakan dalam memulai bisnis travel. Bagaimana apakah anda tertarik untuk memulai bisnis ini? Jika iya, maka gunakaanlah step-step yang sudah kami rangkum diatas. Sekian dulu dari kami dan terimakasih.

Leave a Comment