8 Kebiasaan ini Bisa Bikin Kamu Sukses Di Usia Muda Lho!

8 Kebiasaan ini Bisa Bikin Kamu Sukses Di Usia Muda Lho!
8 Kebiasaan ini Bisa Bikin Kamu Sukses Di Usia Muda Lho!
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Siapa bilang kamu tidak bisa sukses di usia muda? Walaupundefinisi kesuksesan setiap orang berbeda-beda namun tidak ada salahnya kalokamu berusaha menjadi pribadi yang sukses sejak muda. Kesuksesan itu bukanlahbuah yang jatuh dari langit, namun sebuah proses panjang yang dilakukan dalamwaktu lama. Di dalam kesuksesan, ada air mata, perjuangan, keringat, usahakeras, kebahagiaan, rencana yang matang, bahkan kegagalan.

Proses panjang sebuah kesuksesan tidak bisa dilakukan dalamsatu atau dua hari saja, tapi memerlukan waktu yang cukup panjang. Maka dariitu, waktu yang tepat untuk memulai proses kesuksesanmu adalah di usia muda.Karena di usia tersebut, kaum muda memiliki energi dan potensi yang besar sertausia yang produktif untuk mencoba berbagai macam hal yang baru.

Namun ingat, tidak semua hal harus kamu lakukan untukmemperoleh kesuksesan. Hindari perbuatan negatif yang malah merusak masadepanmu. Lalu lakukan banyak kebiasaan baik yang akan mendukung proseskesuksesanmu sejak muda. Nah berikut ini adalah 7 kebiasaan yang bikin kamusukses di usia muda.

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


1. Bangun Pagi

Hai kaum muda, ayo bangun pagi!  jangan bermalas-malasan di kasur sampaimatahari tinggi. Ingat untuk mengatur alarm agar berbunyi pagi-pagi sekali,namun jangan langsung mengecek gawai ya, biasakan untuk bersyukur terlebihdahulu atas nikmat yang telah diberi Sang Pencipta padamu, setelah itu bergegascuci muka dan hirup oksigen sebanyak-banyaknya.

Ada banyak hal baru dan menarik yang bisa kamu amati saatpagi hari. Dengan bangun pagi kamu memiliki cukup waktu untuk mempersiapkankegiatan yang akan dilakukan sepanjang hari. Kamu tidak perlu terburu-buru,bahkan kamu bisa mempersiapkan sarapan untuk mengisi energi. Sesuatu yang tidakbisa kamu dapatkan jika kamu bangun siang.

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


2. Buat To Do List

Buat To Do List

Kaum muda punya energi yang besar untuk melakukan banyakhal. Kamu pasti ingin mencoba hal baru seperti; berpetualang, mengunjungidaerah baru, menjalin pertemanan baru, membangun komunitas, bahkan membuatusaha

Sebelum kamu melakukan semua hal itu, jangan lupa untukmembuat list atau daftar keinginan yang ingin kamu lakukan. Kebiasaan inimemudahkan kamu untuk mengetahui rencana apa saja yang harus diprioritaskan,harus dikerjakan lebih dahulu, atau bisa ditunda dan dilakukan pada kesempatanyang berbeda.

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


Jangan lupa mengevaluasi proses yang sudah kamu kerjakan,bagian mana yang gagal, jadwal apa yang tertunda atau tidak dilakukan. Hal inipenting agar kamu belajar mengetahui letak kesalahan dan tidak mengulanginyalagi.

3. Cari Tahu Apa Passion-mu

Setiap orang pasti ingin sukses tak terkecuali kaum muda, maka hal yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu pekerjaan, minat, atau bidang apa yang membuatkanmu bahagia saat mengerjakannya.

Caranya dengan menggali potensi dalam dirimu, mencari tahu apa yang kamu sukai dan apa passion-mu. Hal ini akan memudahkan kamu ketika bekerja. Banyak orang  sukses menyarankan untuk bekerja sesuai passion. Artinya, kamu tidak akan merasa jenuh, bosan bahkan tertekan saat bekerja, karena kamu melakukan hal yang kamu cintai.

4. Berani Jadi Pribadi yang Unik

Jangan jadi orang muda yang mengharapkan standar hidup yang sama. Dobrak pandangan bahwa kaum muda tidak bisa apa-apa dan minim pengalaman. Caranya kamu harus jadi pribadi yang unik dan berbeda. Mulai belajar berkomunikasi dengan baik, membangun jaringan sosial yang luas, mengikuti berbagai macam kegiatan seperti seminar atau komunitas. Bila kamu melakukan hal tersebut, dunia akan tahu bahwa kamu mampu melakukan banyak hal walaupun masih muda.

Jangan takut untuk menjadi berbeda dan kerjakan hal-hal yangmembuatmu bahagia serta bermanfaat untuk banyak orang. Bila kebanyakan kaummuda lebih memikirkan diri dan kesenangan sesaat, maka kamu jangan melakukanhal itu. Jadilah pribadi yang menginspirasi banyak orang!

5. Belajar Menabung dan Mengatur Keuangan

Bukan tanpa alasan orang tua mengajarkan kebiasaan menabung sejak kamu kecil. Menabung memang hal penting yang harus dilakukan agar keuanganmu tidak berantakan di masa depan. Apabila kamu sudah bekerja atau memiliki penghasilan sendiri, wajib menyisihkan sebagian dari penghasilan untuk ditabung.

Tabungan bisa berupa tabungan melanjutkan jenjang pendidikan, tabungan persiapan pernikahan, tabungan untuk dana darurat seperti sakit atau kecelakaan, dan tabungan di hari tua.

Kaum muda harus melek literasi finansial, yang berguna ketika kamu sudah lebih dewasa, sudah berumah tangga bahkan ketika tua nanti. Pelajari bagaimana cara mengatur keuangan, mengatur pengeluaran harian hingga bulanan, menghargai value daripada price, bahkan belajar berinvestasi yang cocok bagi kaum muda.

Baca Juga: 10 Kesalahan Anak Muda yang Bakal Disesali Pada Usia Tua Nanti

6. Mendekatkan Diri Pada Tuhan

Tentu kamu tahu bahwa berbagi atau bersedekah tak melulusoal memberi barang atau uang. Sedekahmu bisa lewat pertolongan dan perbuatanbaik. Mumpung masih muda, perkaya juga dirimu dengan hal-hal rohani.

Jangan lupa pada Pencipta dan sesama manusia. Bahwasejatinya kehidupan bisa berputar dan tak menentu di masa depan. Namun denganmenyiapkan rencana yang matang dan atas restu Tuhan, maka kesuksesan pasti bisadidapatkan bahkan di usia muda. Ingat juga untuk terus menjaga hubungan baik dengankeluarga terutama kedua orang tua.

7. Pilih dan Pilah Lingkaranmu

Teman teman yang optimis

Kamu harus berteman dan bersosialisasi dengan siapa saja tanpa melihat latar belakang budaya, agama, usia, kasta bahkan pekerjaannya. Namun, penting untuk tetap menjaga lingkaran pertemanan yang memiliki energi positif.

Pilih dengan siapa kamu berteman. Orang-orang yang bisa membawa diri dan hidupmu pada perubahan yang positif. Lingkaran yang sehat dan saling mendukung dalam merencanakan masa depan dan usaha-usaha yang baik. Rawat dengan baik pertemanan dengan orang-orang sukses, orang yang tidak mudah menyerah dan mereka yang selalu memberi dukungan positif.

Berikutnya, pilah teman-teman yang kemungkinan besar tidakmembuatmu berubah, atau malah membuatmu lebih mudah malas-malasan, hedonis atauegois. Bila kamu merasa hidupmu biasa-biasa saja dan tidak ada perubahan saatberteman dengan mereka, maka menjauhlah dari lingkaran itu. Penting untukdiingat bahwa, usia muda adalah usia produktif untuk melakukan banyak usaha danpekerjaan. Kesuksesanmu dimulai saat masih muda, maka jangan sia-siakan masamudamu!

8. Berpikir Positif dan Tidak Mudah Menyerah

Ada kalanya kaum muda dipandang sebelah mata karena minimnya usia dan pengalaman mereka.  Kamu harus tetap berpikiran positif jika diremehkan. Jangan biarkan pemikiran itu tumbuh dalam dirimu sehingga kamu jadi malas untuk mencoba hal baru.

Selain itu kamu harus memiliki jiwa yang tahan banting dan tidak mudah menyerah. Kegagalan adalah hal yang biasa diterima oleh kaum muda, karena mereka baru belajar untuk melakukan sesuatu yang sesuai dengan ekspektasi dunia.

Masih ada banyak kebiasaan baik yang harus kamu lakukanuntuk mencapai kesuksesan di usia muda, seperti tidak suka berfoya-foya, jangan mudah mengikuti arus tren, jadi dirisendiri dan bersikap sederhana. Jangan sia-siakan masa mudamu denganmelakukan hal-hal yang negatif.  Tentukamu tidak ingin bila tua nanti akan menyesali hal-hal yang sudah kamu lakukanatau tidak sempat kamu lakukan di usia muda. Maka nikmati usia mudamu danlakukan hal positif!