in

Kisah Inspiratif 5 Anak Muda yang Sukses dari Bisnis Startup Versi Forbes

Kisah Inspiratif 5 Anak Muda yang Sukses dari Bisnis Startup Versi Forbes

Seiring dengan semakin majunya perkembangan digital, ternyata di Indonesia banyak bermunculan para entrepreneur muda berbakat. Dengan kemampuannya di bidang teknologi, mereka menciptakan sebuah bisnis startup yang membutuhkan kreativitas dan inovasi tanpa batas. Tentu sebuah prestasi yang sangat membanggakan. Anak muda yang identik dengan generasi milenial kekinian, ternyata mau melakukan perjuangan panjang serta semangat pantang menyerah agar menjadi pebisnis sukses di usia yang masih belia.

Bahkan Forbes, sebuah majalah bisnis dan finansial asal Amerika Serikat mengakui kemampuan para pengusaha muda tersebut dengan merilis 300 wirausahawan muda sukses di wilayah Asia Pasifik bertajuk Forbes 30 Under 30 Asia atau pengusaha sukses di bawah usia 30 tahun. Menariknya, dari sekian banyak wirausahawan yang terpilih, terdapat 17 generasi muda Indonesia yang masuk dalam daftar generasi muda sukses dalam membangun bisnisnya dari segala bidang yang berbeda. Siapa sajakah mereka? simak kisah sukses inspiratifnya ya!

1. Dian Pelangi

Siapa yang tidak kenal dengan Dian Pelangi, seorang designer muda berbakat yang fokus pada busana muslim. Di usianya yang masih belia, yaitu 18 tahun, Dian sudah mengikuti beberapa pameran fashion yang diselenggarakan di Jakarta maupun di beberapa negara di dunia.

Hingga di usia 27 tahun, wanita kelahiran Padang, 14 Januari 1991 ini mampu menjadi motor penggerak bisnis fashion busana muslim, yang  kini sudah menembus pasar internasional. Sebuah pencapaian yang luar biasa terlebih kesuksesan yang diraih oleh Dian ini membutuhkan proses yang sangat panjang dan tidak mudah.

Awal mendirikan usaha fashion tersebut, Dian mengaku bahwa model busana yang dirancangnya terkesan monoton. Tetapi sadar akan peluang yang cukup menggiurkan tentang bisnis fashion, di mana kala itu usaha fashion tidak menjamur seperti saat ini, wanita inspiratif berinovasi serta membangun bisnisnya secara profesional. Mulai dari urusan membuat design, memasarkan, hingga mengelola bisnisnya dilakoni dengan sangat telaten dan serius. Maka, tak heran jika sekarang, Dian Pelangi masuk dalam kategori perempuan inspiratif dan sukses di bisnisnya versi Forbes.

2. Amanda Cole

Amanda Cole, founder sayurbox yang patut dijadikan inspirasi generasi milenial. Wanita berusia 29 tahun ini mendirikan sebuah bisnis startup sayurbox untuk buah dan sayuran segar. Kata Amanda, ide cemerlang ini bermula dari permasalahan pelik rantai distribusi pertanian. Kala itu, para petani kesulitan mendistribusikan hasil panennya kepada pembeli. Dan keresahan para petani tersebut mampu menggerakan hati Amanda sebagai penyelamat.

Meski bisnis startup yang didirikan berawal dari isu sosial, Amanda yang rela mengundurkan diri dari pekerjaannya demi mewujudkan cita-citanya mengembangkan pertanian. Dengan menekan harga penjualan sayur dan buah lebih bersahabat pada petani, Amanda telah memiliki 80 karyawan, 50 ribu pelanggan, dan dalam sehari mampu mencapai 1000 pengiriman sayur dan buah segar. Maka, Forbes memilih Amanda sebagai pengusaha muda sukses yang diharapkan akan memberikan banyak pengaruh signifikan pada masyarakat.

3. Edward Tirtanata

Sebagai pecinta kopi, nama kopi kenangan sangatlah familiar. Bagaimana tidak, kopi kenangan menjadi salah satu kopi kekinian yang tidak boleh dilewatkan milenials untuk dikonsumsi. Bahkan, sekali tegukan kopi kenangan bikin susah move on dari mantan. Selain keunikan nama yang melekat bagi penikmatnya, beberapa menu yang disajikan di gerai kopi kenangan berhasil menarik perhatian anak muda.

Forbes tidak salah memilih Edwart Tirtanata sebagai pengusaha muda kreatif dan sukses dalam mengubah citra nama kopi menjadi sebuah minuman hits di Indonesia. Menariknya, karena ramai diperbincangkan, Edward mampu membuka 16 gerai toko tersebar di wilayah Jabodetabek dalam waktu belum genap dua tahun.Tentunya dengan penjualan kopi kenangan yang cukup fantastis, yakni 175.000 gelas kopi per bulan. Inilah salah satu daya tarik bisnis kopi kenangan yang didirikan sejak tahun 2017 hingga memikat hati investor dari Alpha JWC Ventures.

4. Agung Bezharie, Harya Putra, Sofian Hadiwijaya

Siapa yang tidak mengenal para pengusaha muda tersohor sekelas Agung Bezharie, Harya Putra, dan Sofian Hadiwijaya, yang sukses dengan bisnis startup Warung Pintar. Sebuah ide bisnis didirikan karena prihatin dengan kondisi perekonomian Indonesia yang cukup memprihatinkan. Dengan adanya warung pintar, baik Sofian Hadiwijaya, yang ternyata mantan VP of Master Bussiness intelligence Gojek dan ketiga temannya berinisiatif menyediakan solusi bagi para pengusaha warung melakukan modernisasi bisnis dengan upgrade diri mengikuti perkembangan digital.

Modernisasi bisnis yang dimaksud adalah para pemilik warung-warung kecil melengkapi infrastruktur warung dengan perangkat elektronik seperti fasilitas wifi, akses listrik dan lainnya. Tak hanya itu, warung pintar juga meminta pemanfaatan software untuk menunjang usaha, serta penjualan barang bisa dilakukan secara digital. Menariknya, warung pintar ini sudah berhasil mendirikan 1200 kios di seluruh negeri dengan mendidik para pengusaha mikro melek digital. Keren, ya?

5. Angky William

Angky William Stoqo
Sumber Gambar: linkedin.com

Seorang pemuda yang konon adalah seorang Software Engineer dan sebelumnya bekerja di Amazon telah mendapatkan penghargaan dari Forbes sebagai pengusaha muda inovatif di Stoqo. Adalah sebuah aplikasi toko online yang fokus pada penyediaan kebutuhan bisnis kuliner.

Stoqo Teknologi Indonesia didirikan oleh Angky bersama temannya, yaitu Aswin Andrison yang pernah bekerja sebagai konsultan di McKinsey, juga lulusan ilmu computer UNSW Australia. Keduanya ingin merevolusi bisnis kuliner melalui platform e-commerce. Jadi, semua kebutuhan pokok seperti beras, sayur, daging segar, telur, minyak, tepung dan lainnya yang dibutuhkan oleh pengusaha kuliner bisa diakses secara online dengan harga terbaik.

Nah, berkat keuletan Angky dan tim, bisnis startup yang didirikan sejak tahun 2018 dengan perjuangan yang tidak biasa ini telah memiliki lebih dari 2000 pilihan produk yang bisa diunduh di aplikasi Google Playstore. Yang paling istimewa, Angky sebagai founder Stoqo membuka jalan pada siapapun pebisnis kuliner, baik mereka yang berasal dari bisnis kuliner skala kecil maupun menengah bukanlah jadi masalah.

Di era yang serba online seperti sekarang ini, ide-ide brilian dari kelima pengusaha muda pilihan Forbes yang difokuskan pada bisnis startup memang sangat patut diapresiasi lebih oleh pemerintah. Mengingat kemajuan digital akan semakin maju sehingga kreativitas mereka tersebut bisa dijadikan inspirasi sekaligus motivasi untuk para generasi milenials terkini. Bukankah sangat membanggakan apabila Indonesia memiliki para pemuda bertalenta dan pantang menyerah berbisnis di usia muda?

Dengan melihat kisah sukses mereka, tidak menutup kemungkinan bahwa nantinya banyak bermunculan anak muda yang memiliki semangat tinggi dalam membantu perekonomian masyarakat Indonesia. Namun ada yang perlu diingat, kunci dari suksesnya sebuah bisnis dari pengusaha muda pilihan Forbes tersebut adalah sebuah konsistensi dan konsekuensi dalam menjalankan bisnis tersebut. Dua kata yang sederhana, tetapi memiliki makna mendalam serta usaha keras yang wajib ditanamkan dalam jiwa dan pikiran para generasi muda. Nah, sudah siapkah Anda menjadi the next miliarder di usia muda? 

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *