in

9 Cara Memulai Bisnis Kedai Kopi Kekinian Bagi Pemula

Bisnis Kedai Kopi

Dari Jaman dulu sampai sekarang, masyarakat kita sudah dikenal sebagai penikmat kopi yang setia. Hanya saja bedanya, jika dulu kopi banyak dinikmati oleh kalangan bapak-bapak, maka sekarang tidak lagi. Penikmat kopi tidak hanya dari kalangan bapak-bapak, tapi juga kalangan anak muda.

Saat ini banyak dari kalangan remaja, mahasiswa maupun kalangan pekerja kantoran yang suka nongkrong di kedai kopi. Dari saking membudayanya minum kopi di masyarakat, sampai ada istilah “kurang ngopi”. Maka tak heran jika saat ini bisnis yang dikenal juga kafe ini mulai menjamur dimana-mana.

Sudah tidak diragukan lagi bahwa peluang bisnis membuka usaha kedai kopi memang cukup menjanjikan. Gimana? Kamu tertarik membuka kedai kopi? Jika kamu tertarik, mulailah merintis rencana, simak tips dan cara memulai bisnis kedai kopi yang kekinian.

1. Tentukan Target Pasar yang Dibidik

Sebelum kamu membuka kedai kopi, langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah menentukan target pasar. Sangat penting menentukan target pasar dengan jelas, karena hal ini nantinya akan berkaitan dengan konsep kedai kopi yang ingin kamu bangun. Dan juga ada banyak hal lain yang bergantung pada target pasar.

Adapun target pasar yang jelas akan mempengaruhi berjalannya bisnis kamu selanjutnya, baik itu terkait dengan produk maupun marketing. Lokasi dan modal yang harus disediakan juga ikut bergantung kepada target pasar. Semuanya harus berjalan selaras dengan pasar yang ditarget di awal.

2. Temukan Ide Konsep Kedai Kopi

Setelah kamu menentukan target pasar dengan jelas, maka kamu harus mulai mencari ide yang fresh untuk merancang konsep kedai kopi kekinian. kamu dapat mencari inspirasi dari berbagai media, seperti di internet dan media sosial. Asalkan kamu tidak menjiplak ide tersebut.

Akan tetapi, sesuai dengan garis besar ide bisnis kamu ini, ada baiknya kamu melibat beberapa anak muda kreatif yang kamu kenal. Pada umumnya, ide yang mereka miliki selalu fresh dan sesuai dengan perkembangan tren masa kini. Itu merupakan langkah yang cerdas untuk dapat menemukan ide konsep bisnis yang inovatif.

Karena bagaimanapun, kedai kopi yang ada saat ini bukanlah hanya untuk sekedar tempat minum kopi, namun juga sering dijadikan tempat nongkrong. Bahkan tak jarang, kedai kopi digunakan sebagai tempat rapat beberapa organisasi dan tempat diskusi para mahasiswa. Jadi, itu sebabnya, kamu harus menemuka konsep yang tepat.

3. Buatlah Konsep Produk yang Unik dan Be