9 Tips Menata Dekorasi Rumah Minimalis Yang Nyaman

menata-rumah-minimalis

Rumah menjadi salah satu hal yang dibutuhkan oleh banyak orang. Tidak hanya berfungsi melindungi dari panas dan hujan tetapi rumah bisa jadi salah satu tempat yang aman dan nyaman untuk berkumpul dengan keluarga. Belakangan ini rumah model minimalis menjadi salah satu pilihan banyak orang. Selain tidak memerlukan lahan yang luas ternyata rumah minimalis juga bisa membuat nyaman asalkan anda bisa mendekorasi semenarik mungkin.

Tidak seperti model rumah yang biasanya, luas rumah minimalis memang tidak bisa sembarangan untuk mendekorasinya. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dan berhati-hati, misalnya saja memilih perabotan rumah, warna perabotan dan warna rumah. Hal-hal tersebut dapat mempengaruhi kenyamanan anda di dalam rumah minimalis. Berikut ini beberapa tips untuk mendekorasi rumah minimalis agar lebih nyaman dan tampak menarik.

1. Perhatikan memilih perabotan

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memilih perabotan yang tepat. Seperti yang kita tahu bahwa rumah minimalis tidak memiliki lahan yang luas, jika anda menggunakan perabotan yang besar ukurannya tentu saja akan membuat rumah anda menjadi sesak dan kurang nyaman. Tidak perlu menggunakan barang atau perabotan rumah yang mewah dan mahal, asalkan ukurannya sesuai dan tahan lama untuk digunakan.

Sebelum membeli perabotan rumah minimalis ada baiknya ukur terlebih dahulu tempat yang akan digunakan untuk perabotan tersebut. Dengan mengukur akan membantu anda lebih mudah untuk menemukan perabotan yang tepat untuk rumah minimalis anda. Tampil sederhana untuk rumah minimalis anda sepertinya akan menjadi ide yang cemerlang.

2. Atur pencahayaan

Sekalipun bentuk rumah anda minimalis dan tidak terlalu luas tetapi anda harus bisa mengatur pencahayaan agar tetap terlihat lebih menarik dan memberikan kesan yang berbeda. Banyak orang berfikir bahwa rumah minimalis tidak membutuhkan pencahayaan yang banyak, padahal rumah minimalis justru akan berkesan lebih gelap jika anda tidak menambahkan pencahayaan yang tepat.

Pengaturan pencahayaan akan sangat membantu untuk membuat rumah anda terlihat lebih luas dan cukup nyaman. Tidak hanya dari lampu saja bahkan anda juga bisa membuat jendela dengan ukuran yang lebih besar agar ketika pagi hari cahaya bisa masuk ke dalam rumah dan membuat anda merasa lebih nyaman.

3. Gunakan cermin

Cara selanjutnya untuk menghias rumah minimalis anda dengan menggunakan cermin. Bagi sebagian orang mungkin menganggap cermin sebagai hiasan rumah yang biasa, namun siapa sangka bahwa pantulan cermin dapat membantu ruangan anda terlihat lebih besar.

Anda dapat menggunakan cermin berukuran sedang yang dipajang di dinding dengan bingkai kecil dipinggirannya agar terkesan lebih menarik lagi.

Jika masih ada budget yang bisa digunakan untuk membeli cermin besar, maka tidak masalah menggunakan cermin besar tersebut untuk digunakan pada sisi dinding agar terkesan lebih luas.

Pastikan di depan cermin tersebut tidak ada perabotan rumah yang menghalangi, misalnya saja seperti kursi, meja atau yang lainnya, agar tidak menghalangi pemandangan bayangan dari cermin tersebut.

4. Gunakan wallpaper

Selain menggunakan cermin anda bisa menambahkan wallpaper untuk membuat rumah minimalis anda terkesan lebih indah. Jika dibandingkan dengan cat dinding ternyata wallpaper akan memberikan kesan yang lebih menarik dan mudah untuk mengaplikasikannya.

Tetapi jika anda menginginkan rumah minimalis terhindar dari kesan mewah maka ada baiknya hindari menggunakan motif yang ramai.

Penggunaan wallpaper ini dapat di bagian sudut saja tidak perlu meletakkannya di seluruh ruangan sebab hal tersebut akan membuat rumah anda terkesan sederhana.

Berbeda lagi untuk anda yang menginginkan tampilan mewah pada rumah minimalis anda, maka dapat menggunakan wallpaper untuk seluruh dinding rumah. Memilih warna wallpaper juga harus hati-hati agar tidak memberikan kesan yang membuat ruangan lebih sempit.

5. Manfaatkan sudut ruangan dengan baik

Anda pasti sudah paham saat memilih rumah dengan model minimalis maka ruangan yang dimiliki tidak cukup luas. Namun hal tersebut dapat disiasati dengan meletakkan perabotan rumah dengan tepat. Salah satu cara yang dapat anda gunakan dengan memanfaatkan tiap sudut ruangan dengan baik. Setiap sudut ruangan yang anda miliki harus memiliki fungsi.

Misalnya saja untuk dapur, saat menata dapur anda dapat menggabungkan area dapur dan ruang makan di dalam satu ruangan yang sama. Gunakan meja makan yang tidak terlalu besar agar tidak mengganggu ruang gerak anda ketika sedang beraktivitas di dapur. Hal ini tentu akan sangat membantu dan memudahkan untuk mengatasi kekurangan ruangan pada rumah minimalis.

6. Gunakan warna cerah

Selain pandai dalam memilih perabotan rumah minimalis ternyata anda juga harus pintar memilih warna untuk rumah tersebut. Warna yang tepat untuk rumah minimalis sebenarnya warna yang cerah sebab warna tersebut dapat memberikan kesan yang luas. Berbeda dari warna yang gelap justru akan membuat ruangan yang anda miliki terasa lebih sempit.

Tidak hanya itu tetapi ruangan yang berwarna cerah bisa membuat seisi rumah menjadi semakin lebih ceria. Bahkan tamu yang datang ketika memandang juga akan terasa lebih nyaman. Warna yang bisa dipilih bisa berwarna putih, kuning, hijau, atau merah cerah agar nuansanya lebih menarik lagi.

7. Berikan hiasan bunga di dalam ruangan

Memastikan rumah yang anda tepati aman dan nyaman tentu menjadi hal yang sangat penting. Bukan hanya memilih perabotan yang tepat dan warna yang bagus, tetapi anda juga harus mendapatkan beberapa hiasan tanaman di dalam ruangan agar terkesan lebih segar dan membuat ruangan anda menjadi lebih hidup.

Tanaman yang ada di dalam ruangan bisa diletakkan pada pot disudut ruangan, di atas meja atau di beberapa rak yang ada di dalamnya.

Tanaman akan membuat orang yang melihatnya lebih tenang dan ruangan terasa lebih asri. Jangan lupa untuk merawat tanaman tersebut dengan baik agar ruangan selalu terlihat asri.

Padukan warna pot tanaman dengan warna tembok agar terkesan serasi, tidak harus berwarna sama namun memilih warna yang cocok akan membuatnya semakin lebih cantik.

8. Tata tempat tidur dengan gaya minimalis

Beberapa orang yang memilih rumah minimalis terkadang merasa kerepotan dengan penataan perabotan karena sering kehabisan tempat. Hal tersebut memang penting untuk diperhatikan.

Tidak hanya ruang tamu, dapur, ataupun ruang makan, bahkan kamar anda juga harus terlihat menarik dan nyaman untuk digunakan istirahat. Penataan tempat tidur menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Untuk ruangan kamar yang minimalis tidak perlu banyak barang di dalamnya. Ada baiknya untuk lemari pakaian, tempat sepatu atau sejenisnya diletakkan di ruangan yang lainnya agar kamar anda terkesan luas dan tidak sesak.

Jangan lupa untuk memberikan sentuhan menarik seperti lukisan di salah satu sisi dinding. Tata tempat tidur anda sesuai dengan arah masuknya matahari, dan pastikan tidak menggunakan tempat tidur yang terlalu besar untuk ruangan minimalis anda.

9. Gunakan jendela ukuran besar

Seperti yang sudah dituliskan bahwa mengatur cahaya yang masuk ke dalam ruangan menjadi hal yang penting untuk dilakukan pada rumah minimalis. Tidak hanya memberikan penerangan lewat lampu tetapi anda juga bisa menggunakan jendela.

Untuk rumah minimalis ada baiknya memberikan jendela dengan ukurang yang lebar. Sirkulasi udara yang masuk dan cahaya alami akan sangat baik untuk kenyamanan rumah anda.

Tata letak jendela yang besar juga harus diperhatikan, anda bisa melatakkannya di ruang tamu dan di kamar. Tentu saja hal ini akan memberikan kesan luas pada rumah minimalis anda sebab  ukuran jendela yang besar akan mengalihkan perhatian pada ruangan yang kecil.

Sebenarnya tidak sulit untuk mengatur dekorasi rumah minimalis asalkan anda tahu mana yang tepat untuk ukuran ruangan anda. Jangan lupa untuk memberikan sentuhan hiasan seni pada ruang tamu atau ruang tidur agar semakin terlihat mewah dan luas. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here