in

7 Tahapan Skincare yang Benar Saat Pagi Hari

Photo by Pavel Danilyuk From Pexels

Terlahir dengan wajah yang cantik dan menawan, tentu impian semua orang. Tahu nggak, kalau cantik bukan hanya tentang DNA lho! Melainkan juga pengaruh dari rutinitas harian dalam perawatan kulit wajah.

Memiliki orang tua yang good looking, memang menjadi nilai plus tersendiri. Namun, percuma saja bila kulit wajah tidak dirawat dengan baik. Bayangkan saja, jika terlahir dengan wajah yang indah tapi tidak sehat, percuma saja bukan.

Nah, siapa dari beauties semua yang bercita-cita memiliki wajah cantik namun malas skincare-an? Ingat ya, beauties. Jangan berharap hal berlebihan jika tidak memiliki usaha.

So, tidak perlu pergi ke dokter terus atau melakukan operasi bedah plastik demi tampilan wajah cantik sempurna. Cukup lakukan tahapan skincare secara benar dan konsisten. Wajah cantik rupawan, bisa beauties miliki lho!

Hampir semua wanita pasti menggunakan skincare. Sayangnya, tidak banyak dari wanita, termasuk beauties, yang paham betul akan rangkaian skincare harian secara benar saat pagi hari. Berikut tahapan skincare pagi hari yang benar untuk hasil yang optimal.

1. Pembersih wajah (Cleansing)

Setelah bangun tidur atau sebelum mandi, pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu dengan cleanser. Tahapan ini sangat dasar dalam proses perawatan wajah. Dimana, cleansing saat pagi hari berfungsi untuk mengangkat residu yang tersisa selama tidur.

Beauties wajib tahu! Jika saat tidur, kulit kita akan memproduksi minyak pada wajah. Pori-pori akan tertutupi dan bisa menyebabkan komedo hingga jerawat pada wajah. Sehingga, cleansing saat pagi hari wajib dilakukan untuk menjegal hal tersebut terjadi.

Face cleansing sendiri memiliki tiga jenis, yaitu milk cleanser, water cleanser, dan oil cleanser. Beauties bisa menggunakan semuanya, atau pilih salah satu saja. Sebaiknya, pilih cleanser sesuai dengan fungsi dan kebutuhan kulit saat itu.

Meskipun memiliki fungsi yang sama, namun kegunaannya berbeda lho beauties. Jadi pastikan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan beauties ya!

2. Sabun pembersih wajah (Facial Wash)

Merasa wajah sudah bersih? Tidak. beauties harus tetap melakukan tahapan pembersihan wajah kembali. Sebab, cleansing saja tidak cukup. Ditakutkan, masih ada sisa-sisa residu yang menempel dan belum terangkat secara maksimal di kulit wajah beauties.

Tahapan pembersihan wajah selanjutnya, bisa dengan menggunakan facial wash. Meski memiliki tujuan yang sama, namun cara kerja dari keduanya sangat berbeda lho.

Facial wash berbahan dasar cair yang diformulasi dalam bentuk batangan, gel, ataupun busa. Ketika diaplikasikan akan menjadi sangat berbusa. Disinilah cara kerja facial wash dalam membersihkan wajah.

Produk ini akan benar-benar masuk ke dalam kulit wajah. Sehingga, mampu membersihkan dan menyapu minyak di pori-pori wajah.

Tidak hanya itu, facial wash akan sangat bermanfaat bagi beauties yang memiliki jenis kulit oily. Sebab, sebum berlebih di wajah bisa berkurang. Sayangnya, produk ini tidak bisa digunakan terlalu sering agar kulit tidak terlalu kering. Sebaiknya gunakan pagi dan malam hari saja.

3. Toner

Ketika wajah sudah bersih, maka akan sangat mudah untuk skincare masuk dan menyerap kedalam kulit secara optimal. Urutan skincare berikutnya ialah menggunakan toner wajah.

Hampir kebanyakan wanita yang berpikir bahwa toner tidak memiliki manfaat yang lebih. Sehingga, tidak sedikit wanita yang melupakan tahapan ini dalam rutinitas skincare hariannya. Sayangnya, toner yang terlupakan dan dianggap remeh ini, malah memiliki segudang manfaat.

Meski memiliki tujuan yang sama dengan cleanser dan facial wash. Namun, toner memiliki kemampuan dalam menyeimbangkan pH kulit yang hilang saat tahapan mencuci wajah.

Selain itu, toner juga bermanfaat sebagai detoksifikasi dan mengencangkan pori. Bisa dibilang, toner berfungsi sebagai jalan pembuka bagi skincare selanjutnya yang akan digunakan.

Oh iya, bagi beauties dengan jenis kulit berjerawat. Pilihlah toner dengan kandungan tertentu untuk membantu dalam meredakan, mengempesakan, hingga mencegah munculnya jerawat kembali. Sementara, beauties yang memiliki wajah kering, sebaiknya gunakan toner saat malam hari saja.

4. Essence

Skincare berikutnya yang tidak boleh terlewatkan atau di-skip hampir semua wanita, yaitu essence. Bagi kebanyakan wanita, tahapan ini menjadi sangat wajib dalam perawatan wajah harian.

Essence memiliki bahan dasar air dengan konsentrasi bahan aktif yang tinggi. Meski bentuknya cair, namun produk ini mampu membantu dalam proses melembabkan lho.

Tidak hanya itu, essence juga menjadi pembuka jalan bagi skincare selanjutnya, agar lebih meresap lebih baik ke dalam kulit.

Selain itu, produk ini bisa membantu menutrisi dan menenangkan kulit lho. Kerennya lagi, essence mampu mencegah proses penuan pada kulit wajah beauties.

Essence memiliki segudang manfaat, karena didalamnya ada kandungan gliserin, asam hialuronat, serta kaya akan kandungan vitamin C.

5. Serum

Jika essence sudah meresap dengan baik, urutan skincare selanjutnya ialah serum wajah.

Meski memiki tekstur sedikit cair, namun kandungan pada serum memiliki konsentrasi zat aktif yang lebih tinggi. Tidak heran, jika serum dianggap memiliki keefektifan meresap yang lebih maksimal dibanding cream wajah atau pelembab.

Serum menjadi salah satu produk intens yang mampu mengatasi permasalahan pada kulit wajah secara efektif. Jika digunakan secara teratur, serum juga bisa membantu wajah tampak glowing skin, lho!.

Pengaplikasian serum tidak perlu banyak-banyak, secukupnya atau tiga tetes pipet saja. Sebelum lanjut ke tahap berikutnya, pastikan serum telah terserap secara sempurna pada kulit wajah.

Beauties harus ingat! Serum tidak akan berfungsi maksimal jika wajah tidak benar-benar bersih. So, saat proses pembersihan wajah pastikan lakukan dengan benar.

6. Pelembap (moisturizer) atau Cream wajah

Apabila serum sudah terserap secara maksimal, selanjutnya barulah mengoleskan pelembab ke kulit wajah.

Tujuan utama dari produk ini yaitu menutrisi, menyamarkan warna kulit, serta menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik. Tidak hanya itu, ada beberapa pelembab yang memiliki kandungan mencerahkan dan menghaluskan kulit wajah.

Tidak sedikit pula yang berpikir bahwa pelembab hanya digunakan untuk jenis kulit kering. Nyatanya, semua jenis kulit membutuhkan pelembab untuk rangkaian skincare harian.

Hanya saja, pilihlah pelembab yang sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan kulit beauties. Jangan asal pilih yang nantinya tidak ada manfaatnya, atau malah mendapatkan kandungan yang tidak harus digunakan.

7. Sunscreen

Terakhir, bisa dibilang rangkaian ini paling sering tidak dihiraukan oleh kebanyakan orang. Ya, hampir sama seperti toner. Memiliki dampak manfaat yang besar bagi kulit, namun tidak begitu dihiraukan.

Jika beauties salah satu yang tidak suka menggunakan sunscreen, sebaiknya harus menjadi kewajiban. Kenapa bisa begitu? Sebab, produk ini mampu membantu beauties dalam melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV.

Sudah tahu dong, jika sinar UV sangat berbahaya bagi kesehatan kulit kita. Mulai dari mempercepat proses keriput, timbul bitnik-bintik hitam, dan lebih parahnya mampu memicu kanker kulit lho.

Sunscreen memiliki beberapa macam berdasarkan jumlah SPF-nya. So, pilih jumlah sunscreen dengan SPF sesuai kebutuhan ya!

Itulah tadi tahapan rangkaian skincare yang benar untuk hasil yang maksimal. Kamu cantik kok, cuma butuh perawatan yang rutin saja! Jangan sampai terlewatkan ya, beauties!