Biografi Sandiaga Uno – Jadi Pengusaha Berawal Dari Pengangguran

0
Biografi Sandiaga Uno - Profil dan Kisah Sukses
Biografi Sandiaga Uno: Instagram/sandiuno

Profil dan Biografi Sandiaga Uno – Siapa yang tak kenal tokoh yang satu ini. Sandiaga Uno adalah salah satu pengusaha sukses yang ada di Indonesia. Sandi mendirikan usahanya dari nol dan saat ini dinobatkan sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia versi majalah Globe Asia 2018.

Dirinya juga adalah seorang politisi dengan jabatan terakhirnya adalah wakil Gubernur Jakarta. Pria yang bernama lengkap Sandiaga Salahuddin Uno ini resmi mengundurkan diri sebagai wakil Gubernur DKI Jakarta pada 9 Agustus 2018 karena menyalonkan diri sebagai wakil Presiden pada Pilpres 2019.

Menarik menilik bagaimana profil dan biografi Sandiaga Uno? Karena mungkin saja cerita inspiratif dari kisah beliau bisa memberikan kita pelajaran yang berharga. Berikut adalah perjalanan hidup dan kisah sukses dari Sandiaga Uno.

Biografi Sandiaga Uno

Sandiaga Salahuddin Uno lahir di Rumbai, Pekanbaru, Riau, pada tanggal 28 Juni 1969. Dia merupakan anak bungsu dari dua bersaudara dari pasangan Razif Halik Uno dan Mien R. Uno.

Ayahnya bekerja di perusahaan Caltex di Riau sedangkan ibunya terkenal sebagai pakar pendidikan kepribadian. Setelah tidak bekerja lagi, Ayah Sandiaga kemudian memboyong keluarganya ke Jakarta pada tahun 1970an.

Pendidikan

Sandi mengenyam pendidikan di SD PSKD, kemudian di SMP N Jakarta, dan di SMA Katolik. Setelah itu, Sandi Uno melanjutkan studi kuliah dengan mengambil Bachelor of Business Administration, di Wichita State University, Amerika Serikat. Dirinya berhasil meraih predikat Summa Cum Laude.

Setelah lulus, Sandi bekerja selama setahun sebagai karyawan Bank Summa pada 1990. Di sini Sandi bertemu dan mendapat banyak pengalaman dari William Soeryadjaya pemilik Bank Summa.

Keluar dari bank, Sandiaga mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliahnya di George Washington University, Amerika Serikat, mengambil Master of Business Administration. Dua tahun kemudian, dirinya lulus dengan IPK 4,0 yang membanggakan.

Karir pekerjaan

Setelah menyelesaikan pendidikannya, pada tahun 1993 ia bergabung dengan Seapower Asia Investment Limited di Singapura sebagai manajer investasi sekaligus di MP Holding Limited Group (mulai 1994).

Pada 1995 ia pindah ke perusahaan NTI Resources Ltd di Kanada dan menjabat Executive Vice President NTI Resources Ltd. dengan penghasilan 8.000 dollar AS per bulan.

Namun seperti pepatah mengatakan “Roda Kehidupan selalu berputar”, krisis moneter sejak akhir 1997 menyebabkan perusahaan tempatnya bekerja bangkrut. Perusahaan mulai melakukan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) kepada banyak karyawannya termasuk Sandiaga Uno.

Menjadi pengusaha

Sejak itu dia menjadi pengangguran. Sandi mencoba bangkit dengan melamar bekerja di 25 perusahaan, namun semuanya ditolak.

Sandi lalu pulang ke Indonesia dan memutuskan untuk mulai mendirikan usahanya sendiri. Dia pun mendirikan perusahaan perusahaan penasihat keuangan, PT Recapital Advisors bersama sahabat SMA-nya, Rosan Perkasa Roeslani.

Menurut Sandi, awal mula karirnya sebagai konsultan keuangan tidak mulus. Bahkan tidak jarang Sandi dipandang sebelah mata oleh perusahaan-perusahaan yang menggunakan jasanya.

Remehan tersebut karena dianggap yang memberikan saran adalah kumpulan anak-anak kepada perusahaan-perusahaan besar, istilahnya anak kemarin sore.

Hingga akhirnya setelah 6 bulan mengalami kesulitan, ada satu perusahaan yang menggunakan jasa mereka untuk merestrukturisasi perusahaannya.

Kemudian, pada 1998 Sandi dan Edwin Soeryadjaya, putra William, mendirikan perusahaan investasi bernama PT Saratoga Investama Sedaya. Bidang usahanya ini meliputi pertambangan, telekomunikasi, dan produk kehutanan.

Sistem perusahaannya ialah mengumpulkan modal dari beberapa investor kemudian mengakuisisi perusahaan yang memiliki masalah finansial kemudian memperbaiki kinerja perusahaan tersebut.

Setelah kinerja perusahaan yang diakuisisi sudah terlihat membaik, kemudian perusahaan tersebut dijual kembali tentu dengan harga yang lebih tinggi. Salah satu perusahaan yang pernah ia akuisisi adalah Bank BTPN.

Saat ini ia menjabat sebagai CEO atau pimpinan di beberapa perusahaan besar seperti Saratoga Capital, PT Tower Bersama Infrastruktur Group Tbk, PT Adaro Energy Tbk, dan di PT Recapital Advisor.

Menjadi pengusaha karena kecelakaan

Sandiaga Uno berujar bahwa keputusannya menjadi seorang pengusaha ialah karena ketidaksengajaan. Karena keuangannya yang semakin memburuk serta dirinya harus menerima PHK.

Saya ini menjadi seorang pengusaha sebab ‘kecelakaan’. Sebagai seorang pengusaha yang lahir dari kecelakaan, saya tak mendesain jadi seorang pebisnis,” ujar Sandiaga Uno.

Kesuksesan Sandiaga Uno

Dalam biografi Sandiaga Uno, kiprah Sandiaga dalam dunia bisnis tidak main-main. Dirinya adalah pendiri perusahaan PT Saratoga Investama Sedayan yang kini menjadi perusahaan induk yang membawahi sekitar 31 perusahaan.

Perusahaan-perusahaan tersebut dalam sektor Transportasi, Properti, Farmasi, Pertambangan, Perkebunan, Sumber daya alam, dan Infrastruktur

Masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia

Nama Sandiaga Uno masuk ke dalam daftar 150 orang terkaya di Indonesia yang diterbitkan oleh Globe Asia pada 18 Juni 2018.

Sandi menduduki posisi ke 85 sebagai orang Indonesia paling tajir dengan kekayaan mencapai US$ 500 Juta atau sekitar Rp 7 triliun (kurs Rp 14 ribu).

Keluarga Sandiaga Uno

Sandiaga Uno menikahi wanita cantik bernama Nur Asia. Melansir dari Kumparan.com, mereka telah berkenalan sejak di bangku sekolah SMP.

Hubungan mereka tetap berlanjut hingga bangku kuliah di Amerika Serikat. Sandi berkuliah di Wichita State University, sementara Nur Asia di Stillwater Oklahoma. San akhirnya mereka menikah pada 28 Juli 1996 di Singapura.

Dari pernikahannya ini, Sandiaga dan Nur Asia dikaruniai tiga orang anak bernama Sulaiman Saladdin Uno, Anneesha Atheera Uno, dan Amyra Atheefa Uno.

Masuk politik

Dalam biografi Sandiaga Uno yang sukses di dunia usaha, ia kemudian melirik ke dunia politik. Ia didaulat menjadi pengurus Partai Gerindra oleh Prabowo Subianto.

Menjadi Wakil Gubernur Jakarta

Pada Pilgub DKI 2017, ia maju sebagai calon wakil gubernur DKI. Pada 16 Oktober 2017, ia bersama pasangannya Anies Baswedan dilantik sebagai Gubernur-Wakil Gubenur DKI 2017-2020.

Calon Presiden Indonesia 2019

Jabatan wakil Gubernur DKI yang diemban Sandi tak berlangsung lama. Dirinya resmi mengundurkan diri sebagai wakil Gubernur DKI Jakarta pada 9 Agustus 2018 karena menyalonkan diri sebagai wakil Presiden pada Pilpres 2019 mendampingi Prabowo Subianto.

 

Biodata Lengkap dan Biografi Sandiaga Uno

Sandiaga Uno: Instagram/sandiuno

Nama : Sandiaga Salahuddin Uno
Lahir : Rumbai, Riau, 28 Juni 1969
Orang Tua : Razif Halik Uno (Ayah), Mien R. Uno (Ibu)
Istri : Nur Asia
Anak : Sulaiman Saladdin Uno, Anneesha Atheera Uno, Amyra Atheefa Uno
Agama : Islam
Pekerjaan : Pengusaha, Politisi
Kekayaan : 4.3 triliun Rupiah (Majalah Globe Asia, 2018) 

PENDIDIKAN

SD PSKD Bulungan
SMPN 12 Wijaya
SMA Pangudi Luhur
Bachelor of Business Administration, The Wichita State University, Kansas, AS, 1990
Master of Business Administration, The George Washington Univ., Washington, AS, 1992

Riwayat Pekerjaan

Summa Group
Seapower Asia Investment Limited, Singapura
MP Holding Limited Group, Singapura
NTI Resources Limited, Calgary, Canada
PT Recapital
PT Saratoga Investama Sedaya
Wakil Gubernur DKI Jakarta
Capres Indonesia 2019

Riwayat Organisasi

HIPMI Jaya 1999-2001
HIPMI Gorontalo
HIPMI Pusat
KADIN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here