7 Kegiatan Positif Penghilang Rasa Suntuk Saat Memiliki Waktu Luang

7 Kegiatan Positif Penghilang Rasa Suntuk Saat Memiliki Waktu Luang
7 Kegiatan Positif Penghilang Rasa Suntuk Saat Memiliki Waktu Luang
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Memiliki waktu luang terkadang memang menyenangkan, apalagi untuk kamu yang memang memiliki rutinitas pekerjaan yang padat. Waktu luang ini biasanya kita dapatkan pada hari weekend saja. Pada hari itu, kita bisa bebas melakukan apapun dan sejenak keluar dari beban rutinitas yang memberatkan.

Namun tidak semua orang dapat menikmati waktu luangnya secara maksimal. Kadang kita bingung harus beraktivitas apa di waktu luang ini. Pada saat itu, tak jarang membuat rasa kebingungan itu berubah menjadi rasa boring atau bosan.

Kita semua pastinya memiliki caranya sendiri untuk menikmati waktu luang, ada yang ingin istirahat total, nonton tv dan youtube, bermedia sosial, main game, nongkrong sama temen, dan lain-lain. Namun disini kami memiliki 7 kegiatan positif penghilang rasa suntuk di kala waktu luang. Apa saja? Simak dibawah ini:

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


1. Berolahraga itu Menyehatkan

Berolahraga itu Menyehatkan

Ketika lagi sibuk-sibuknya, terkadang kita tak punya waktu untuk berolahraga. Jangankan berolahraga, menyempatkan waktu untuk istirahat juga kadang kita tidak bisa. Padahal olahraga itu memberikan dampak yang baik bagi tubuh kita. Seperti badan kita bisa menjadi lebih bugar, sehat, fit, dan juga kuat.

Nah untuk menghilangkan rasa suntuk seharian di waktu luang, ada baiknya isi dengan aktivitas olahraga. Tidak perlu olahraga yang berat, kamu bisa melakukan olahraga ringan yang menyenangkan. Salah satunya bersepeda. Ada banyak sekali manfaat bersepeda bagi tubuh kita. Selain dapat membakar kalori, bersepeda juga dapat membuat kita tidur lebih nyenyak lho!

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


2. Belajar Hal Baru

Belajar Hal Baru

Salah satu penyebab utama rasa bosan adalah karena kita sering melakukan sesuatu secara berulang-ulang. Apalagi di kala waktu luang, dimana tak banyak aktivitas yang bisa kita lakukan. Daripada membuang-buang waktu dengan kerjaan yang tidak jelas, lebih baik kamu belajar hal-hal baru. Sesuatu yang memang menarik minatmu, namun kamu belum pernah melakukannya.

Misalkan akhir-akhir ini kamu tertarik dengan mengedit video, dan selama ini kamu belum pernah mengedit video. Nah di waktu luang ini kamu bisa melakukan minatmu itu. Pecaya deh, terkadang kita akan lebih bersemangat mengerjakan sesuatu ketika sesuatu itu pertama kali kita lakukan. Bukan hanya rasa suntuk yang hilang, kamu juga akan dapat ilmu baru dan pengalaman baru.

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


3. Mencoba Menambah Penghasilan

Mencoba Menambah Penghasilan

Daripada waktu luang dilewatkan dengan tidur-tiduran, lebih baik kamu manfaatkan waktu ini untuk menambah penghasilan. Anggap saja ini adalah pemasukan pasif dan menambah uang jajanmu. Lalu bagaimana menambah penghasilan?

Ada banyak cara untuk menambah penghasilan disela waktu luang. Kamu bisa menjadi seorang freelancer yang saat ini banyak dicari oleh perusahaan . Misalnya menjadi content writer di website, menawarkan jasa, dan lain-lain. Atau kamu juga bisa membuat usaha kecil dengan menjadi dropshipper, jualan online, dan lain sebagainya. Dengan begitu waktu luangmu bisa jadi lebih produktif.

4. Melakukan Hobi

Melakukan Hobi

Kita semua pasti memiliki hobi, entah itu bermain game, bermain komputer, jalan-jalan, liburan dan hobi-hobi lainnya. Nah dikala sibuk, mungkin kamu tidak bisa menyalurkan hobimu itu. Inilah waktu yang tepat untuk kamu bisa melakukan aktivitas hobi. Kan belum tentu juga besok-besok kamu ada waktu luang seperti saat ini.

Kadang dalam hidup ini kamu juga berhak lho memanjakan diri dengan melakukan hobi. Anggap saja ini adalah refreshing pikiran dan refreshing badan sebelum kamu kembali ke rutinitas yang menyibukkan.

5. Membersihkan Rumah

Membersihkan Rumah

Aktivitas penghilang suntuk selanjutnya adalah membersihkan rumah. Kadang saat sibuk, kamu tidak sempat lagi membersihkan rumah. Nah inilah waktu yang tempat untuk kamu membersihkan rumah. Mulai dari menyapu, membersihkan debu-debu, mencuci pakaian, mencuci piring, merapihkan kamar, dan lain-lain.

Tentunya kamu tidak akan nyaman kan kalo lagi istirahat dan menikmati waktu luang di rumah, tapi rumahnya berantakan. Apalagi kalau misalnya ada tamu, kamu mungkin gak keenakan atau malu karena rumahmu berantakan. Maka dari itu, bersihkanlah rumah agar kamu nyaman dan tidak suntuk lagi.

6. Berkumpul Sama Keluarga

Berkumpul Sama Keluarga

Jika kamu termasuk orang yang jarang menyempatkan waktu bersama keluarga, mungkin karena sibuk atau alasan lainnya, maka waktu luang ini bisa kamu manfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga. Ingatlah, bahwa keluarga adalah orang yang selalu mendukungmu, menyemangatimu, menerimamu, dan selalu ada untukmu.

Luangkanlah waktu untuk mereka, mungkin bisa nonton bersama, makan bersama, cerita bersama, dan aktivitas bersama lainnya. kamu bisa juga menceritakan semua hal tentang beban pekerjaanmu kepada mereka, agar hatimu menjadi lega dan tidak menanggung semua beban sendirian. Keluarga adalah tempat teraman untuk kamu bercerita dan berkasih sayang.

7. Beribadah

Beribadah

Aktivitas di kala waktu luang yang paling utama adalah beribadah. Bukan berarti kita beribadah hanya di waktu luang saja ya! Karena setiap setiap saat, kita berkewajiban beribadah. Maksudnya adalah di waktu luang kita bisa lebih fokus dan nyaman untuk beribadah, waktu ibadah kita bisa lebih panjang, tidak terganggu dengan aktivitas-aktivitas lainnya.

Jika kamu beragama islam, kamu bisa sholat tepat waktu, bisa berzikir, bisa membaca Al-Quran, dan mempelajari islam lebih dalam. Dunia ini hanya sesaat dan hanya tempat persinggahan saja. Perbanyaklah amal kebaikan agar hidup kita selamat dunia akhirat.

Itulah 7 kegiatan positif saat waktu luang yang bisa kamu lakukan. Daripada melakukan hal-hal negatif, ada baiknya kita melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk diri kita sendiri dan juga untuk orang lain.