in

Dirumah Aja Tapi Tetap Menghasilkan dengan 7 Bisnis Online Ini

Dirumah Aja Tapi Tetap Menghasilkan dengan 7 Bisnis Online Ini
Photo by Artem Beliaikin from Pexels

Meskipun sama-sama disebut “bisnis online”, namun ada banyak jenis bisnis online yang berbeda-beda dengan cara kerja serta jenis yang berbeda pula. Sebutan bisnis online di Indonesia biasanya diartikan sebagai suatu bisnis yang dilakukan secara online tanpa perlu keluar rumah dan bertatap muka.

Padahal ada puluhan bahkan ratusan jenis bisnis online yang bisa anda jalani. Dan yang pasti, semuanya bisa anda lakukan tanpa perlu keluar rumah. Cukup bermodalkan laptop, PC atau bahkan smartphone saja dengan sambungan internet.

Tetapi jadinya bagaimana sih cara membuat bisnis online yang benar? Dan apa saja jenis bisnis online yang paling menguntungkan dan bisa menghasilkan banyak uang di Indonesia? Kita akan mencari jawabannya dalam artikel berikut ini.

1. Content Creator

Menjadi Content Creator
Photo by Pexels

Ada 2 cara untuk memulai bisnis online sebagai content creator. Yaitu dengan menciptakan konten dan digunakan untuk diri sendiri atau menciptakan konten dan digunakan untuk orang lain.

Sesuai dengan namanya, tentunya pekerjaan utama content creator adalah menciptakan konten yang menarik dan bisa diterima masyarakat.

Dalam membuat konten untuk diri sendiri, anda bisa mengunggah konten-konten yang anda buat ke akun media sosial seperti Facebook, Instagram atau Youtube.

Bila dari Facebook dan Instagram, anda bisa mendapatkan uang dari endorse dan paid promote. Sedangkan bila menggungah konten ke Youtube, anda bisa mendapatkan uang dari Adsense.

Sedangkan untuk content creator yang menjual kontennya untuk orang lain, tentunya anda akan mendapatkan uang dari sang pembeli konten. Umumnya hal ini dilakukan secara international, alias anda akan berhadapan dengan customer dari luar negeri. Dan biasanya, anda akan bertemu customer melalui forum-forum freelancer atau digital marketer international.

2. Content Writer

Photo by Vlada Karpovich from Pexels

Hampir mirip dengan content creator, jenis bisnis online yang satu ini juga berhubungan dengan pembuatan konten. Bila cara bisnis online sebagai content creator adalah menjual atau menciptakan konten berupa video atau script, content writer ini hanya menciptakan tulisan saja.

Cara content writer mendapatkan uang juga hampir sama dengan content creator. Yaitu mereka bisa membuat tulisan baik berupa artikel, karya ilmiah, atau berita dan diunggah ke blog atau websitenya sendiri. Sehingga mereka mendapatkan uang melalui Google Adsense.

Atau mereka juga bisa menjual hasil tulisannya ke orang lain baik dari luar maupun dalam negeri. Berbeda dengan content writer untuk blog sendiri yang biasanya baru mendapatkan uang berbulan-bulan lamanya, para content writer yang menjual tulisannya ini akan langsung mendapatkan uang dari setiap artikel yang dibeli.

3. Graphic Designer

Photo by bongkarn thanyakij from Pexels

Cara memulai bisnis online yang berikutnya adalah dengan menjadi graphic designer. Untuk anda yang belum tahu, graphic design atau desain grafis merupakan salah satu bisnis dengan bayaran yang paling mahal di seluruh dunia.

Hal ini dikarenakan seorang desain grafis masih jarang ditemukan. Dan skillnya sangat dibutuhkan bahkan oleh perusahaan international sekali pun. Oleh karena itu, bila anda memiliki minat dalam dunia desain grafis, menjadi seorang graphic designer adalah salah satu bisnis dengan keuntungan yang sangat menggiurkan.

Umumnya seorang desain grafis juga mendapatkan klien atau customer dari media freelancer atau forum-forum desainer international. Desain yang diberikan juga sangat beragam. Mulai dari banner, logo, spanduk, dan lain-lain.

4. Illustrator

Menjadi Illustrator
Photo by Anthony Shkraba from Pexels

Meskipun hampir mirip dengan graphic design, illustrator memiliki cara mendapatkan uang yang cukup berbeda. Bila seorang desain grafis menjual karyanya yang berupa desain logo atau banner, seorang illustrator ini biasanya menjual hasil karya ilustrasinya baik berupa gambar wajah, pemandangan, dan objek-objek lainnya.

Dan umumnya, seorang illustrator akan dipekerjakan oleh developer atau pembuat game. Jadi untuk anda yang ingin bekerja di bidang game namun belum memiliki kemampuan dalam coding dan programing, maka anda bisa mengambil alternatif dengan menjadi illustrator.

Seorang illustrator biasanya juga dikontrak selama beberapa tahun atau hingga masa produksi game selesai. Dan kebanyakan, pekerjaan ini dilakukan secara remote, alias bisa dikerjakan dimana saja, termasuk di rumah.

5. Software & Game Developer

Software & Game Developer
Photo by Pexels

Jenis bisnis online berikutnya dengan penghasilan paling menggiurkan adalah menjadi software dan Game Developer. Modal utama yang anda butuhkan dalam bisnis ini adalah kemampuan dalam bidang programming.

Sesuai dengan namanya, seorang software dan game developer akan memproduksi aplikasi berupa aplikasi smartphone maupun aplikasi untuk PC. Dan aplikasi yang dibuat bukan hanya berupa game saja, bisa juga software matchmaking, website, atau aplikasi yang dibutuhkan oleh klien lainnya.

Menjadi software dan game developer juga bisa dilakukan sendirian maupun bersama tim. Namun untuk menerima pekerjaan klien skala international, biasanya bisnis ini dilakukan bersama tim kecil.

6. Online Shop

Memulai Online Shop
Photo by PhotoMIX Company from Pexels

Membuat online shop atau toko online mungkin salah satu bisnis online yang paling banyak ditemui di Indonesia. Sebab cara berbisnisnya yang paling mudah dan modal yang perlu dikeluarkan relatif lebih sedikit.

Namun faktanya, omzet dari bisnis online shop ini sangat menggiurkan. Bahkan banyak pemilik online shop yang bisa mendapatkan omzet hingga belasan juta setiap bulannya.

Umumnya ada 3 cara yang bisa anda lakukan untuk membuat online shop. Yaitu dengan menjadi reseller, dropshiper, atau dengan menjual barang yang anda produksi sendiri.

Untuk reseller, biasanya anda menjual produk milik orang lain yang sudah anda stock di rumah. Sehingga anda akan mengirim ke pelanggan atas nama toko anda.

Sedangkan untuk dropshiper, anda tidak perlu melakukan stock barang dan sebagainya. Anda hanya perlu mencarikan pembeli dan barang akan dikirim atas nama sang pemilik toko asli.

7. Affiliate Marketer

Menjadi Affiliate Marketer
Photo by Dominika Roseclay from Pexels

Dan jenis bisnis online dengan penghasilan yang menjanjikan yang terakhir adalah dengan melakukan affiliate marketing. Cara kerja bisnis ini sebenarnya agak mirip dengan MLM atau Multi Level Marketing.

Intinya anda perlu mengajak orang untuk ikut bergabung dengan bisnis yang anda afiliasikan. Tiap orang yang berhasil anda ajak bergabung akan mendapatkan imbalan baik berupa uang maupun produk yang sesuai dengan perjanjian.

Bisa dibilang, bisnis affiliate marketing ini merupakan bisnis online tanpa modal yang bisa dijalani oleh siapapun. Modal utama anda hanyalah networking yang luas serta pandai dalam mengajak orang lain untuk ikut ke bisnis yang anda jalani.

Anda hanya perlu mencari perusahaan di Internet yang menawarkan program afiliasi. Biasanya yang ada di Internet kebanyakan mereka yang menawarkan afiliasi adalah perusahaan yang berbasis teknologi yang ingin mencari pengguna layanannya sebanyak-banyaknya.

Semakin banyak orang yang berhasil anda recruit, maka semakin besar pula keuntungan yang anda dapatkan.

Nah, itulah beberapa jenis bisnis online dengan penghasilan paling menggiurkan. Tentunya, semua bisnis online ini bisa anda kerjakan tanpa harus keluar rumah. Artinya anda cukup berada di rumah saja dan anda tetap bisa merasakan dari hasil bisnis – bisnis ini.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *