Bukan Hanya Tak Matang, Ini Penyebab Daging Ayam Ada Bercak Darahnya

0
Bukan Hanya Tak Matang, Ini Penyebab Daging Ayam Ada Bercak Darahnya

Apa yang ada dipikiran Anda ketika melihat daging ayam ada bercak darahnya? Pasti Anda berpikir bahwa daging ayam itu belum matang. Sehingga tak jarang menurunkan nafsu makan kita ketika melihatnya.

Ayam yang tidak matang memang bisa dikenali, salah satunya masih ada darah di dalam dagingnya.  Tanda inilah yang sudah menjadi patokan bagi sebagian orang.

Padahal, selain belum matang, masih ada penyebab kenapa daging ayam masih meninggalkan bercak darah di dalamnya. Nah bagi yang penasaran, ketahuilah faktor penyebab daging ayam berbecak darah dibawah ini.

Ayam dipotong di bagian yang salah

Ayam dipotong di bagian yang salah
Sumber foto

Jika menganggap ayam bisa dipotong dibagian mana saja, itu salah besar. Ternyata memotong ayam ada aturannya dan tidak bisa sembarangan.

Ayam harus dipotong dibagian sendi atau ototnya. Jika ayam sampai terpotong ditulang, sudah pasti daging ayam akan berbecak darah. Alasannya karena sumsum pada tulang akan keluar dan akan mengenai daging.

Jadi walaupun ayam sudah di masak dengan sempurna, namun tetap saja akan menimbulkan bercak darah. Hanya saja, ayam yang sudah matang darahnya akan jadi keabu-abuan. Sedangkan ayam yang belum matang sempurna, darahnya akan bewarna merah segar atau kecoklatan.

Suhu api yang digunakan saat memasak tidak pas

Suhu api yang digunakan saat memasak tidak pas
Sumber foto

Selanjutnya adalah faktor suhu api ketika memasak ayam. Dikutip dari okezone.com, suhu api juga cukup berpengaruh.

Biasanya ini terjadi ketika suhu api terlalu kecil, sehingga bercak darah pada ayam tidak mau lepas.

Maka dari itu, perhatikanlah suhu api ketika memasak ayam. Jangan terlalu kecil ataupun besar.

Potongan daging ayam terlalu besar

Potongan daging ayam terlalu besar
Sumber foto

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan ukuran daging saat dipotong. Salah satu penyebab ayam masih meninggalkan bercak darah ialah karena potongannya terlalu besar. Hal ini dikarenakan saat ayam dimasak, bumbu tidak meresap dengan sempurna.

Jika ayam harus dipotong besar-besar. Sebaiknya diungkep atau direbus dulu dengan bumbu-bumbu agar bakteri dan darah hilang. Bau amis pun akan hilang berkat ketajaman aroma bumbu.

Daging ayam mengalami “freezer burn”

Daging ayam mengalami “freezer burn”
Sumber foto

Freezer burn adalah kondisi ayam yang membeku. Dalam keadaan beku, daging akan jadi lebam dan cenderung kemerah-merahan. Penyebabnya karena banyak udara masuk selama di dalam freezer.

Meskipun demikian, ayam sebenarnya masih aman untuk dikonsumsi. Hanya saja tektur dan warnanya saja yang berubah. Biasanya, bagian ayam yang terkena freezer burn akan terasa kering atau sepah.

Jadi, sekarang kamu sudah tahu, kan, beberapa penyebab mengapa daging ayam ada bercak darahnya. Oleh karena itu, jangan mudah berburuk sangka dengan pemasaknya jika menemukan ayam yang masih ada bercak darahnya, karena bisa jadi kan penyebabnya sama seperti di poin atas. Namun jika masih ragu, sebaiknya hindari dan membeli makanan baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here