in

5 Makan Wajib di Meja Makan Saat Hari Raya Idul Fitri

Yeah! Setelah menunaikan satu bulan penuh ibadah puasa. Sebentar lagi, semua umat muslim di seluruh dunia akan memasuki Hari Raya Idul Fitri atau lebaran. Tentu, bulan yang selalu ditunggu-tunggu kehadirannya. Bulan yang penuh dengan kehangatan dan kebahagiaan di dalam keluarga.

Selain itu, bulan suci Ramadhan juga identik dengan makanan enak dan takjil. Terlihat dari banyaknya para pedangan yang berderet di sepanjang jalan dengan menawarkan berbagai macam kue-kue khas berbuka puasa.

Euforia lebaran tidak bisa terelakkan lagi, ketika setiap keluarga menyiapkan berbagai makanan kue basah dan kering. Tidak hanya itu, mereka juga akan membuat hidangan makanan enak khas lebaran untuk menyambut keluarga besarnya. Dan, berbagai persiapan seru lainnya.

Berbicara mengenai makanan, tentu setiap keluarga memiliki makanan khas lebaran sendiri-sendiri. Namun, ada beberapa masakan wajib yang bisa kita temui di setiap rumah saat lebaran. Mau tau, apa saja masakan tersebut? Yuk simak.

1. Ketupat

Photo by @yasmeensaeed73 From Instagram

Bukan hari Raya Idul Fitri namanya jika tidak ada hidangan ketupat lebaran di dalam rumah. Makanan khas Asia Tenggara ini menjadi salah satu ikonik terpenting selama bulan Suci Ramadhan, terutama saat lebaran.

Ketupat menjadi magnet tersendiri di hari raya. Tidak heran, makanan satu ini menjadi hidangan wajib di setiap rumah saat lebaran tiba.

Proses pembuatannya pun tegolong mudah. Makanan ketupat terbuat dari bahan dasar beras atau ketan. Dimana, bahan tersebut dimasukkan dalam wadah anyaman dengan bentuk khasnya.

Bagi masyarakat modern saat ini, membuat anyaman pembungkus ketupat bukanlah hal yang mudah untuk dibuat. Perlu teknik dan pengerjaan yang teliti untuk bisa membuatnya.

Tenang, tidak perlu khawatir. Jika kamu tidak bisa membuatnya langsung. Saat ini, banyak sekali pedagang yang menjualkan anyaman pembukus ketupat yang sudah jadi. Jadi, kita hanya cukup memasukkan bahan ketupat saja kedalamnya dan memasaknya.

Sebagai pelengkap, biasanya masyarakat menambahkan bumbu kacang halus sebagai sambalnya. Selain itu, makanan ini juga sering dimakan bersamaan dengan sambel goreng, sayur, rendang, dan kuah santan.

Nah, kalau kamu termasuk team yang makan ketupan pakai apa nih?

2. Opor ayam

Photo by @dellasuzura From Instagram

Hidangan khas lebaran yang wajib ada selanjutnya adalah opor ayam. Tidak lengkap rasanya, jika lebaran tidak ada hidangan satu ini di meja makan.

Biasanya, opor ayam di santap bersama dengan ketupat atau lontong. Tidak heran, apabila ada ketupat pasti ada opor ayam. Meski begitu, ada juga yang menyandingkan opor ayam dengan makanan pendamping lainnya.

Sesuai namanya, makanan ini menggunakan bahan utama daging ayam. Kamu bisa menggunakan jenis ayam apa saja, namun kebanyakan masyarakat yang memilih ayam kampung ataupun ayam negeri.

Olahan opor ayam ini menggunakan santan sebagai kuahnya. Selain itu, makanan ini juga dimasak dengan rempah-rempah lainnya. Tidak heran, jika cita rasa dari makanan ini sangat kaya akan rempah-rempah.

Meski menjadi makanan khas saat lebaran, tapi menu ini juga banyak dihidangkan saat hari-hari biasa. Cita rasa gurih pada opor ayam inilah yang selalu memikat lidah penikmatnya.

3. Rendang

Photo by @asahid_tehyung From Instagram

Makanan khas ini, mungkin tidak semua masyarakat bisa menikmatinya saat lebaran. Namun, bagi masyarakat padang, rendang menjadi hidangan yang wajib ada. Layaknya seperti opor ayam, makanan rendang juga disandingkan dengan ketupat atau lontong. Tapi ada juga yang menyantapnya bersamaan dengan nasi putih panas.

Umumnya, rendang terbuat dari bahan dasar daging sapi. Namun, jika harga sapi lebih mahal, kamu bisa menggantinya dengan daging ayam sebagai bahan dasarnya.

Pembuatan makanan rendang bukanlah hal yang mudah. Butuh waktu yang ekstra untuk membuat masakan ini, hampir 8 jam lamanya. Rempah-rempah yang digunakan pun tidak sedikit. Meski begitu, cita rasa dari makanan rendang tidak terkalahkan.

Tidak heran, jika masakan rendang masuk dalam makanan terenak di dunia. Bagaimana tidak, makanan dengan tekstur daging yang lembut dan cita rasa rempah-rempah yang menggugah lidah penikmatnya.

Wah, menarik bukan! Makanan ini sangat cocok menjadi salah satu hidangan saat menjamu tamu saat lebaran.

4. Semur daging