in

Perbedaan Baking Powder, Baking Soda dan Soda Kue, Inilah Bedanya!

Perbedaan Baking Powder, Baking Soda dan Soda Kue, Inilah Bedanya!

Anda yang gemar membuat kue pasti sudah paham fungsi bahan-bahan yang satu ini, seperti soda kue, baking soda atau baking powder. Ketiganya adalah bahan yang berperan sangat penting dalam pembuatan kue. Sebagian besar orang mungkin sudah tahu perbedaan ketiga bahan ini, namun banyak juga yang belum tahu. Ya, memang meskipun memiliki nama yang mirip, ketiganya adalah bahan yang berbeda dengan fungsi yang berbeda pula. Nah, berikut ini akan dijelaskan perbedaan baking soda, baking powder dan soda kue selengkapnya.

Apa Itu Baking Powder, Baking Soda dan Soda Kue

Baking soda, baking powder dan soda kue sering disalahartikan sebagai bahan yang sama. Padahal diantara ketiganya, hanya baking soda dan soda kue yang sama. Sedangkan baking powder adalah bahan yang berbeda. Sebelum mengetahui lebih jauh tentang perbedaan baking soda, baking powder dan soda kue, ada baiknya Anda tahu lebih dulu definisi ketiganya.

Baking Soda / Soda Kue

Diantara ketiga bahan tersebut, soda kue dan baking soda adalah bahan yang sama. Soda kue adalah nama bahan dalam bahasa Indonesia sedangkan baking soda adalah nama dalam bahasa Inggrisnya. Nah, baking soda atau soda kue  ini merupakan bahan pengembang yang di dalamnya terkandung Natrium Bikarbonat. Hampir semua kue menggunakan bahan ini agar adonannya mengembang. Kandungannya pun 100% hanya berupa Natrium Bikarbonat.

Baking Powder

Baking powder juga merupakan bahan pengembang kue, namun jenis kandungan zat di dalamnya sedikit berbeda. Jika baking soda terdiri dari 100% Natrium Bikarbonat, maka di dalam baking powder, selain Natrium Bikarbonat juga terdapat kandungan lain.

Kandungan lain yang terdapat di dalam baking powder diantaranya adalah cream of tartar yang memiliki sifat asam serta bahan pengering. Karena itu, bahan ini bisa mengembangkan adonan kue, bahkan tanpa harus menambahkan bahan lain yang bersifat asam.

Perbedaan Baking Powder dan Baking Soda

Setelah mengetahui masing-masing bahan tersebut beserta kandungan yang ada di dalamnya, selanjutnya adalah mengetahui apa perbedaan baking soda, baking powder dan soda kue. Ada beberapa aspek yang membedakan ketiga bahan ini, meskipun secara garis besar ketiganya memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai bahan pengembang.

1. Cara Mengaplikasikannya

Aspek pertama yang menjadi perbedaan baking soda, baking powder dan soda kue adalah pada cara mengaplikasikannya. Baking soda adalah bahan pengembang yang di dalamnya terdapat kandungan Natrium Bikarbonat. Zat ini sifatnya basa, sehingga bahan ini lebih cocok dikombinasikan dengan bahan-bahan lainnya yang memiliki sifat asam. Contohnya yoghurt, lemon, cuka atau sour cream. Namun, reaksi asam dan basanya relatif singkat sehingga untuk mendapatkan hasil terbaik, adonan kue harus segera dipanggang agar tidak bantet.

Berbeda dengan baking powder yang pada dasarnya sudah memiliki kandungan yang bersifat asam. Karena itu untuk mengaplikasikannya sudah tidak perlu ditambah dengan bahan lain yang bersifat asam. Cukup ditambah air dan sifat pengembangnya sudah bisa aktif. Karena itu jugalah, untuk mendapatkan kue dengan hasil yang baik memang tidak perlu mencampurkan baking powder dengan bahan lain yang bersifat asam.

2. Lama Proses untuk Mengembangkan Adonan

Aspek berikutnya yang menjadi perbedaan baking soda, baking powder dan soda kue adalah pada kemampuan mengembangkan adonannya. Baking soda atau soda kue dapat bereaksi lebih cepat, karena itu untuk mengembangkan adonannya pun hanya dibutuhkan waktu yang singkat saat bercampur dengan bahan-bahan yang bersifat asam. Karena itu pula, saat adonannya sudah mengembang, harus segera dipanggang agar kuenya tetap empuk.

Sebaliknya, untuk baking powder saat digunakan akan lebih aman jika adonan yang sudah diberi bahan ini didiamkan dulu dalam waktu yang lebih lama. Terutama jika baking powder yang digunakan berjenis double acting. Jenis baking powder ini mengalami 2 kali proses pengembangan, yaitu saat membuat adonan dan saat dimasak.

3. Jenis Kue yang Dibuat

Aspek perbedaan baking soda, baking powder dan soda kue dari segi kandungan dan sifatnya akhirnya menyebabkan perbedaan pada jenis kue yang dihasilkan. Baking soda lebih baik digunakan pada jenis-jenis kue yang cara memasaknya menggunakan panas bersuhu tinggi, seperti dikukus atau dipanggang. Jenis kue yang dihasilkan misalnya bolu, martabak, wafel dan jenis-jenis kue lainnya.

Sementara itu, untuk baking powder, umumnya akan bekerja ketika proses pencampuran bahan kue dilakukan dalam keadaan basah. Selain itu, jenis resep yang menggunakan bahan baking powder umumnya masih membutuhkan bahan tambahan lain, dengan rasa yang relatif lebih netral seperti susu. Jenis kue yang dihasilkan adalah kue-kue kering dan cake.

Baca Juga: 6 Tips Bisnis Kue Kering Bisa Sukses dan Laris Manis

4. Cita Rasa

Perbedaan sifat dan kandungan di dalam ketiga bahan tersebut tidak hanya mengakibatkan perbedaan pada jenis kue yang bisa dihasilkan saja, namun juga rasa kuenya. Inilah yang menjadi perbedaan baking soda, baking powder dan soda kue yang selanjutnya, yaitu cita rasa kue yang dihasilkan.

Adonan kue yang menggunakan bahan soda kue atau baking soda di dalamnya, maka hasil akhirnya nantinya akan terdapat rasa getir pada kuenya. Inilah alasan mengapa penggunaan soda kue atau baking soda memang tidak disarankan dalam jumlah banyak. Karena alasan ini jugalah adonan kue yang menggunakan soda kue akan lebih baik jika dicampurkan dengan bahan lain yang sifatnya asam, karena rasa asam itu akan menutupi rasa getir yang ditimbulkan oleh baking soda.

Sementara itu, untuk kue yang menggunakan baking powder sebagai bahan pengembangnya, hasil akhir kuenya tidak akan menciptakan rasa getir, meskipun penggunaan baking powdernya dalam takaran yang cukup banyak. Ini kembali lagi pada sifat bahan ini yang sudah dijelaskan sebelumnya, yaitu di dalamnya sudah mengandung bahan bersifat asam.

5. Daya Mengembangkan Adonan

Aspek selanjutnya yang membedakan antara baking soda, baking powder dan soda kue adalah kekuatan pengembangan adonannya. Kedua bahan ini memiliki bentuk yang sama, yaitu berbentuk bubuk putih. Namun, kekuatan pengembang keduanya sangat berbeda. Soda kue atau baking soda memiliki kekuatan pengembang 3-4 kali lebih cepat dibandingkan baking powder. Hal ini juga disebabkan oleh kandungan yang terdapat di dalam kedua bahan tersebut.

Antara baking soda, baking powder dan soda kue, ketiganya ini merupakan istilah nama bahan pembuat kue yang pasti sudah tidak asing di telinga masyarakat secara umum. Belum lagi manfaatnya yang tidak hanya bisa dipakai untuk bahan membuat kue saja, namun juga manfaat lain.

Namun sebelum menggunakannya, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa perbedaan baking soda, baking powder dan soda kue sehingga nantinya Anda bisa memanfaatkannya dengan benar.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, keduanya memiliki kandungan berbeda, sifatnya berbeda maka penggunaannya pun berbeda. Jika sudah mengetahui perbedaannya, kini Anda sudah bisa mengaplikasikan kedua bahan tersebut untuk membuat kue.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *