7 Cara Panduan Memasarkan Bisnis Kuliner Secara Online yang Wajib Anda Ketahui

7 Cara Panduan Memasarkan Bisnis Kuliner Secara Online yang Wajib Anda Ketahui
7 Cara Panduan Memasarkan Bisnis Kuliner Secara Online yang Wajib Anda Ketahui
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Bisnis kuliner merupakan bisnis yang pasarnya akan selalu ada bahkan terus berkembang dengan pesat. Bagaimana tidak? Karena makanan adalah kebutuhan yang paling pokok bagi manusia.

Kini banyak sekali usaha kuliner yang menawarkan makanan mereka lewat saluran online atau media sosial, hal ini sangat menguntungkan dikarenakan mereka tidak perlu repot-repot lagi membangun warung ataupun restoran.

Jadi intinya anda selaku pemilik bisnis kuliner harus lebih kreatif dan inovatif, khususnya untuk bidang pemasaran bisnis kuliner. Kini anda diwajibkan untuk memakai strategi khusus agar usaha kuliner yang anda jalankan dapat bertahan dan menjadi sukses nantinya.

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


Dikarenakan jika anda menerapkan strategi yang sesuai, anda dapat membangun, memperluas serta meningkatkan penjualan dalam bisnis kuliner yang anda jalani.

Apa Saja Tips Panduan Memasarkan Bisnis Kuliner Secara Online?

Apa Saja Tips Panduan Memasakan Bisnis Kuliner Secara Online Ini?
photo by xendit

Berikut ini adalah tips yang bisa anda gunakan untuk memasarkan bisnis kuliner anda secara online, yuk simak ulasannya sebagai berikut.

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


1. Memanfaatkan media sosial

Mebisnis kuliner manfaatkan media sosial
photo by digiads

Media sosial selalu menjadi tempat yang tepat untuk melakukan promosi dan pemasaran produk apapun termasuk kuliner. Selain karena penggunaannya yang cuma-cuma atau gratis, media sosial juga menjadi tempat interaksi semua orang saat ini.

Manfaatkanlah seluruh media sosial yang ada seperti Instagram, Facebook, Twitter, Whatsapp, Line, Youtube dan lain sebagainya.

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


Perbanyak promosi di media sosial yang paling sering digunakan oleh konsumen anda. Di media sosial, anda bisa menunjukkan daftar pilihan menu, wujud hidangan, informasi terbaru terkait bisnis kuliner anda, event serta penawaran menarik.

Dengan memanfaatkan media sosial ini anda mampu bersaing dengan pesaing lain, dan pastinya bisnis yang sedang anda kerjakan akan semakin tinggi tingkat penjualannya.

2. Berikanlah promo serta diskon

Berikanlah promo serta diskon
photo by infopromodiskon.com

Cara ini dipastikan selalu efektif menarik konsumen karena tidak ada orang yang tidak menyukai promo dan diskon.

Ada banyak variasi promo dan diskon yang bisa diaplikasikan di bisnis kuliner anda. Bisa dengan memberikan gratis produk setelah pembelian jumlah tertentu, pemotongan harga, gratis ongkos kirim, dan lain sebagainya.

Perhitungkan pula pemberian diskon ini secara matang agar tidak menimbulkan kerugian.

Pastinya jika anda memberikan promo atau diskon, pastilah itu bisa menarik banyak pelanggan, tentunya hal ini akan sangat menguntungkan bagi bisnis yang anda kelola.

Selain itu, pelanggan juga akan terus mengingat produk dari anda, sehingga di lain waktu mereka akan terus menjadi pelanggan Anda.

3. Menampilkan foto semenarik mungkin

Menampilkan foto yang semenarik mungkin
photo by save.id

Kekuatan promosi kuliner online baik di media sosial, aplikasi layanan pencarian restoran, dan aplikasi layanan pesan antar makanan, salah satunya adalah dari foto makanan yang menarik.

Oleh karena itu, berikanlah foto makanan anda yang paling menarik dan menggugah selera.

Untuk membuat foto makanan yang menggunggah selera tidak perlu menggunakan kamera yang mahal, cukup dengan kamera ponsel anda. Bisa dibantu dengan pencahayaan yang benar dan background foto agar terlihat lebih profesional.

4. Menampilkan review atau testimoni dari pelanggan

Menampilkan review atau testimony dari pelanggan
photo by google

Tampilkan review atau testimoni konsumen anda baik itu yang berbentuk pujian maupun kritikan.

Jadikan testimoni pujian tersebut sebagai bukti kepada orang-orang bahwa keenakan makanan dan kualitas layanan anda memang yang terbaik.

Sementara itu, jadikan kritik yang dibarengi dengan respon cepat anda untuk menunjukkan keprofesionalan anda dalam melayani keluhan konsumen. Manfaatkan kritik tersebut untuk membangun dan bukan untuk menjatuhkan reputasi anda.

5. Memanfaatkan layanan pesan antar

Memanfaatkan layanan pesan antar
photo by digination.id

Selain aplikasi layanan pencarian restoran, kini aplikasi layanan antar juga menjadi pilihan tepat untuk mempromosikan dan memasarkan usaha kuliner anda.

Terdapat dua aplikasi paling terkenal di Indonesia yakni Gofood dan Grabfood yang bisa anda manfaatkan. Jutaan pengguna kedua aplikasi ini akan membantu bisnis kuliner anda menjangkau banyak orang.

6. Menggaet food influencer

Menggaet food influencer
photo by disemua.com

Food influencer yang mempunyai jumlah followers yang banyak bisa menjadi cara efektif untuk mengajak orang-orang membeli kuliner anda. ditambah lagi dengan kemampuan mereka menampilkan makanan agar terlihat lebih menarik dan menggugah selera.

Bagaimana cara menggaet influencer ini? anda bisa mengirimi makanan gratis kepada influencer yang sesuai dengan target pasar anda dan mintalah mereka mangulasnya di media sosial mereka.

7. Rasa haruslah enak serta menjadi ciri khas dari bisnis kuliner anda

Rasa haruslah enak serta menjadi ciri khas dari bisnis kuliner anda
photo by bisnisukm

Sebagus apapun promosi dan tampilan yang diberikan, jika rasa makanan tidak memuaskan, konsumen tidak akan kembali lagi untuk membeli produk anda.

Maka dari itu, rasa adalah salah satu fokus utama anda agar usaha kuliner anda tetap berkembang. Pakailah bahan-bahan terbaik, uji coba rasanya, dan lakukan inovasi untuk memberikan kejutan rasa kepada konsumen.

Dengan ciri khas dari rasa kuliner anda, itu akan membuat bisnis anda tidak akan kalah bersaing dengan pesaing lain. Oleh karena itu, teruslah berinovasi agar bisnis anda bisa lebih sukses.

Nah itu dia cara untuk memasarkan bisnis kuliner secara online. Semoga saja dengan membaca artikel ini dapat membantu anda dalam memasarkan usaha kuliner anda! Serta dapat menambah wawasan anda tentang dunia bisnis. Sekian dulu dari kami dan terimakasih.