in

Ini Dia 6 Situs Freelancer di Indonesia, Cocok untuk Kerja Online!

Bosan ngantor? Jika iya, mungkin menjadi freelancer bisa menjadi pilihanmu. Saat ini, profesi freelancer begitu diminati terutama oleh generasi milenial. Kerja online dinilai lebih praktis dan efisien.

Selain itu, yang dibutuhkan untuk kerja online hanyalah perangkat dan koneksi internet. Kamu bisa menggunakan laptop, smartphone, atau bahkan tablet untuk mendukung pekerjaan kamu.

Jika kamu sudah memiliki alat dan jaringan internet, kamu bisa mulai mencari pekerjaan online yang sesuai dengan skill yang kamu miliki. Jangan khawatir, kini sudah banyak website freelancer yang lengkap dan menyediakan berbagai jenis pekerjaan mulai dari designer hingga writer.

Nah, berikut ini adalah rekomendasi situs freelancer di Indonesia untuk kamu yang ingin bekerja online:

1.Freelancer.co.id

https://www.freelancer.co.id/

Freelancer.co.id merupakan regional website berbahasa Indonesia dari Freelancer.com. Seperti yang diketahui, freelancer.com merupakan marketplace untuk freelancing dan crowdsourcing terbesar di dunia dilihat dari jumlah pengguna dan proyek yang diposkan.

Freelancer.com berasal dari Australia dan mulai melakukan ekspansi ke Indonesia pada tahun 2012 lalu. Freelancer.com kemudian meluncurkan situs lokal berbahasa Indonesia dan menggunakan mata uang rupiah di Freelancer.co.id. Melalui situs ini, kamu bisa menemukan berbagai pekerjaan yang berbeda-beda.

Di Freelancer.co.id, para pencari tenaga lepas atau employer bisa memposting proyek/pekerjaan lengkap dengan detail profil freelancer apa yang dicari, deadline beserta anggaran biaya untuk membayar freelancer.

Kamu bisa mulai melakukan penawaran kepada para employer dengan memasukkan portofolio dan informasi mengenai apa saja yang bisa kamu kerjakan, berapa harga yang kamu tawarkan dan berapa lama kamu bisa mengerjakannya.

Oh iya, jika kamu ingin mencari pekerjaan dari luar negeri, kamu bisa mengunjungi freelancer.com tetapi jika kamu hanya mencari pekerjaan lokal, kamu bisa mendapatkannya di freelancer.co.id.

2.Fastwork

https://fastwork.id/

Fastwork menjadi salah satu platform freelance profesional terbesar di Asia Tenggara. Fastwork berasal dari Thailand dan kini mengembangkan sayap ke Indonesia. Didukung dengan bahasa Indonesia dan pembayaran menggunakan rupiah, kamu bisa bekerja dengan mudah dan nyaman.

Bagaimana cara bekerja di Fastwork?

Setelah bergabung dengan Fastwork, pilihlah jenis pekerjaan sesuai yang kamu inginkan. Di Fastwork, kamu bisa menemukan berbagai pekerjaan seperti desain grafis, penulisan, pemrograman, digital marketing, dan sebagainya.

Kemudian jelaskan detail pekerjaan kamu dan tambahkan portofolio pekerjaan yang pernah kamu kerjakan. Setelah itu, ikuti langkah-langkahnya sampai kamu berhasil mengunggah penawaran pekerjaan.

Kamu bisa mengatur harga dan paket sesuai keinginan kamu. Setelah itu, tunggu sampai ada klien yang merekrut atau membeli jasa yang kamu tawarkan. 

3.Project.co.id

https://projects.co.id/

Project.co.id adalah situs marketplace tenaga lepas, jasa dan produk digital yang mempertemukan pihak pencari jasa dengan freelancer. Platform ini berdiri sejak tahun 2014 dan menjadi salah satu situs freelancer terpopuler di Indonesia.

Projects.co.id menyediakan tempat untuk para pencari kerja dan pebisnis yang membutuhkan jasa dari setiap kalangan dan berbagai bidang kategori pekerjaan. Selain mendapatkan proyek dan menawarkan jasa, pengguna situs ini juga dapat melakukan transaksi jual-beli produk digital.

Bagaimana sistem kerja di Project.co.id?

Dalam Projects.co.id, pihak pencari jasa atau pemilik proyek dapat menawarkan proyek, menerima penawaran dan menentukan pilihan. Sebagai freelancer, kamu bisa memilih proyek, melakukan penawaran dan mempromosikan diri kamu.

Setelah mendaftar Project.co.id, kamu secara otomatis akan mendapatkan notifikasi melalui email setiap ada project baru yang di publish oleh owner (pencari jasa). Pastinya setiap notifikasi project disesuaikan dengan keahlianmu.

Jika ada notifikasi project baru yang sesuai dengan keahlian kamu dan kamu merasa mampu untuk mengerjakan project tersebut, ada baiknya kamu segera melakukan penawaran pada project tersebut. 

4.Sribulancer

https://www.sribulancer.com/id

Ada juga nih situs freelancer yang cukup populer di Indonesia yaitu Sribulancer. Sribulancer adalah sarana online yang mempertemukan klien dengan 25,800+ freelancer yang terdaftar di komunitas human resources (HR) Sribulancer.

Sebagai salah satu komunitas HR terbesar, Sribulancer menjadi solusi atas permintaan dan suplai jasa khususnya jasa digital seperti jasa desain, website, konten, sosial media marketing, SEO, penerjemah dan lainnya.

Melalui platform Sribulancer, klien yang membutuhkan jasa pekerjaan dalam bentuk dan durasi apapun akan bisa merekrut freelancer tanpa harus boros waktu maupun biaya.

Tentunya situs ini sangat cocok bagi kamu yang mencari pekerjaan freelance khususnya di Indonesia. Mencari job di Sribulancer juga sangat mudah dan aman sehingga kamu bisa memulai kapanpun kamu mau.

Setelah mendaftar dan melengkapi profil di Sribulancer, kamu bisa mencari pekerjaan sesuai kategori skill yang kamu miliki. Jangan khawatir, kamu juga akan menerima notifikasi job via email.

Adanya notifikasi tersebut sangat membantu agar kamu tidak ketinggalan kalau ada job baru yang sesuai bidangmu. Dengan begitu, kamu juga tidak harus bolak-balik mengunjungi situs untuk mencari pekerjaan yang tepat.

Nah, jika kamu sudah mendapat pekerjaan yang tepat, kamu dapat melamar job dengan memberikan proposal dan portofolio kamu melalui Sribulancer. Jika klien tertarik, kamu dan klien bisa mulai chatting dan negosiasi harga job.

5.Sribu

https://www.sribu.com/id

Jago desain? jual saja karya desain kamu di Sribu. Sribu adalah website jasa desain online yang menghubungkan antara klien yang membutuhkan desain dengan komunitas desainer melalui sistem kontes.

Situs ini sudah berdiri sejak tahun 2011 dan bermarkas di Jakarta. Sribu menjadi situs untuk jual desain yang cukup populer di Indonesia.

Sribu menawarkan 20 jasa kategori desain mulai dari desain logo, kartu nama, kop surat, kemasan, label, flyer, brosur, banner website, banner, company profile, baju, maskot, cover buku dan 12 kategori lainnya.

Kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang tepat dan cepat di Sribu. Setelah berhasil terdaftar dan lolos seleksi di Sribu, kamu sudah bisa mulai mencari dan mengikuti kontes yang tersedia di Sribu.

6.Serba50.com 

Serba50.com menyediakan sistem untuk menawarkan tawaran kerja maupun barang untuk harga Rp 50.000. Seperti yang dijelaskan di websitenya, pembayaran bisa dilakukan dengan Paypal secara online atau dengan transfer lewat bank BCA.

Di Serba50.com, ada berbagai macam kategori mulai dari bisnis, desain, penulisan, promosi, dan sebagainya. Dengan situs ini, kamu dapat menawarkan jasa dan nantinya akan dibayar seharga Rp.50.000.

Cara menjual jasa di Serba50.com juga sangat mudah. Kamu hanya perlu membuat penawaran jasa. Kamu akan mendapatkan notifikasi ketika seseorang memesan jasa yang kamu tawarkan.

Nah, itulah beberapa situs freelancer di Indonesia yang bisa kamu coba. Dengan menjadi freelancer, kamu tidak perlu datang ke kantor setiap hari. Hal ini karena pekerjaan freelancer bisa dilakukan dari mana saja. Selain itu, kamu juga bisa bekerja sesuai yang kamu inginkan kapanpun kamu mau.

Eits! Tapi bukan berarti kamu menghabiskan setiap hari dengan bermalas-malasan tanpa melakukan apa-apa, ya!. Maksudnya, kamu harus tahu kapan kamu harus bekerja dan kapan harus bersantai.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *