Kisah Sukses Hiroshi Mikitani, Pendiri dan CEO Rakuten

Hiroshi Mikitani Pendiri Rakuten

Hiroshi Mikitani adalah seorang pengusaha miliarder asal Jepang yang merupakan pendiri, Chairmain dan CEO Rakuten, Inc. perusahaan e-commerce terbesar di Jepang. Pria lulusan Harvard ini juga merupakan presiden Crimson Group, pimpinan klub sepak bola Vissel Kobe, pimpinan Tokyo Philharmonic Orchestra, dan anggota dewan direksi Lyft.

Menurut Forbes, per Juli 2019, kekayaan Hiroshi Mikitani bernilai USD 7,1 miliar. Berikut adalah kisah sukses Hiroshi Mikitani mulai dari biografi, profil, hingga perjalanan hidup yang inspiratif.

Biografi

Hiroshi Mikitani lahir pada 11 Maret 1965 di Kobe, Prefektur Hyogo, Jepang. Hiroshi dibesarkan di keluarga yang terpandang. Ayahnya, Ryoichi Mikitani, adalah seorang ekonom. Ibunya, Setsuko, bekerja di perusahaan perdagangan. Kakaknya, Ikuko, adalah seorang dokter (MD di Universitas Osaka). Saudaranya, Kenichi, adalah seorang profesor biologi di Universitas Tokyo. Dan kakeknya adalah salah seorang pendiri Minolta.

Hiroshi Mikitani kuliah di Universitas Hitotsubashi, lulus pada tahun 1988 dengan gelar sarjana perdagangan. Ia menerima gelar MBA dari Harvard Business School di Cambridge, Massachusetts, pada tahun 1993.

Perjalanan Karir

Hiroshi Mikitani memulai karir dengan bekerja di Industrial Bank of Japan (sekarang bagian dari Mizuho Corporate Bank) pada tahun 1988. Namun pada1991 hingga 1993 dia pindah ke Amerika Serikat untuk fokus mengejar gelar MBA di Harvard. Setelah lulus, dia kembali bekerja di Industrial Bank of Japan sampai tahun 1996.

Meskipun telah mendapatkan pekerjaan yang mapan di Bank terkemuka, Hiroshi masih saja belum puas dan ingin pergi di jalannya sendiri. Dia punya impian besar yang selalu dia miliki, yaitu mendirikan sebuah perusahaan belanja di internet, ide yang pada masa itu disebut-sebut sangat berisiko karena penetrasi e-commerce belum sebesar seperti saat ini.

Namun sebelum itu, dia memulai perusahaan yang menyediakan layanan konsultasi, yang disebut Crimson Group. Setelah gempa bumi Kobe 1995, Hiroshi menyadari bahwa dia ingin membantu merevitalisasi ekonomi Jepang, yang menyebabkan pengunduran dirinya dari perbankan dan keputusan untuk meluncurkan usaha sendiri.

Mendirikan Rakuten

Setelah satu tahun bekerja sebagai konsultan independen, pada tahun 1996, Hiroshi mulai melihat berbagai model bisnis, dan memutuskan untuk meluncurkan sebuah pusat perbelanjaan online. Pada saat itu, layanan Netscape sudah ada, Amazon.com baru saja diluncurkan, dan Google belum ada.

Pada tanggal 7 Februari 1997, Hiroshi Mikitani bersama tiga orang temannya mendirikan perusahaan e-commerce MDM, Inc. dan mengumpulkan uang USD 250 ribu dari uang mereka sendiri untuk modal pertama. Mereka meluncurkan pasar online Rakuten Ichiba di Jepang pada tanggal 1 Mei 1997.

Perusahaan ini kemudian berganti nama menjadi Rakuten, Inc. Rakuten dimulai sebagai situs jual beli retail online yang kecil dengan hanya 13 toko dan 6 karyawan, namun sejak saat itu tumbuh menjadi “raksasa e-commerce”.

Dikarenakan perusahaannya mulai berkembang di luar jepang, pada tahun 2010, Hiroshi mengubah fokus bisnis Rakuten, dengan melakukan berbagai aksi akuisisi, termasuk membeli Buy.com dari AS (sekarang Rakuten.com), PriceMinister dari Prancis, dan e-book service Kobo dari Kanada (sekarang Rakuten Kobo), situs belanja Ebate di AS, dan aplikasi perpesanan yang berbasis di Cyprus, Viber (sekarang Rakuten Viber).

Tidak hanya itu, Rakuten juga melakukan investasi di situs Pinterest dan aplikasi Lyft (di mana Hisroshi Mikitani duduk sebagai anggota dewan direksi). Rakuten juga memiliki unit bisnis termasuk perjalanan, e-book, kartu kredit, belanja online, perbankan dan tim bisbol Rakuten Golden Eagles.

Penghargaan

Hisroshi Mikitani dianugerahi Legion of Honor, sebuah penghargaan yang dianugerahkan oleh pemerintah Prancis kepada orang-orang berprestasi di dunia. Hiroshi juga dianugerahi penghargaan prestasi alumni Harvard business school, penghargaan yang hanya bisa didapatkan orang-orang tertentu saja.

Perusahaan yang ia dirikan, Rakuten, saat ini sudah memiliki lebih dari 14 ribu karyawan, dan telah beroperasi di 29 negara dan wilayah.

Menurut Forbes, per Juli 2019, Hiroshi Mikitani berada pada posisi ke-379 sebagai orang terkaya di dunia, dan posisi ke-5 sebagai orang terkaya di Jepang, dengan kekayaan bernilai USD 7,1 miliar.

Hiroshi Mikitani mengatakan bahwa dia memiliki tiga motto hidup yang juga harus dimiliki oleh anak muda saat ini, yaitu, “Mengejar dan inspirasi”, “Tidak takut memulai dari yang kecil” dan “Terbuka untuk perubahan”. Tiga hal inilah, katanya, yang membawanya menuju kesuksesan.

Profil Hiroshi Mikitani

  • Nama: Hiroshi Mikitani
  • Tempat Lahir: Kobe, Hyogo Prefecture, Japan
  • Tanggal Lahir: 11 Maret 1965
  • Kekayaan bersih: USD 7,1 miliar (2019)
  • Istri: Haruko Mikitani
  • Almamater: Hitotsubashi University dan Harvard University

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here