Mau Jadi Pengusaha? Ini 7 Nasihat Jack Ma Alibaba untuk Anak Muda

0
Mau Jadi Pengusaha? nasihat jack ma untuk anak muda
Mau Jadi Pengusaha? nasihat jack ma untuk anak muda

Mau jadi pengusaha yang sukses? Menjadi orang yang sukses itu tidak segampang membalikkan telapak tangan. Kesuksesan butuh yang namanya kerja keras, pengorbanan, dan proses yang tidak instan. Hal inilah yang dirasakan oleh pengusaha sukses dunia, Jack Ma, pendiri sekaligus CEO Alibaba. Jack Ma punya pengalaman yang unik dalam perjalanan hidupnya. Tak jarang ia selalu mendapatkan penolakan dan kegagalan. Namun hal itu dijadikannya sebuah pelajaran yang berharga dan menganggap hal itu adalah sesuatu yang normal dan kehidupan ini.

Banyaknya pengalaman dari Jack Ma Alibaba pada akhirnya membuat dirinya menjadi panutan bagi kaum anak muda khususnya yang sedang mau jadi pengusaha atau entrepreneur. Selain kegigihan dalam membangun bisnis Alibaba, ia juga dikenal sebagai orang yang ambisi dan punya tekad yang kuat. Hasilnya, ia berhasil membangun kerajaan e-commerce terbesar di dunia sekaligus menjadi salah satu orang terkaya sejagat raya.

Di banyak kesempatan wawancara, Jack Ma selalu memberikan nasihat untuk anak muda yang mau jadi pengusaha. Nasihat yang ia berikan tak lepas dari pengalamannya selama ini membangun Alibaba dari nol hingga menjadi perusahaan yang besar. Bagi Jack Ma, anak muda adalah aset yang sangat berharga karena mereka adalah generasi yang akan melanjutkan tongkat estafet selanjutnya.

Baca Juga: 10 Pelajaran Bisnis dari Jack Ma Alibaba yang Patut Kita Tiru

Nah bagi kamu yang mau jadi pengusaha atau telah terjun jadi pengusaha. Sebagai penyemangat dan motivasi. Berikut ini adalah 7 nasihat dari Jack Ma Alibaba untuk anak muda yang mau jadi pengusaha.

Sebelum usia 20 tahun

Jadilah murid yang baik. Kalau mau berbisnis, dapatkan ilmunya kemudian pelajari pengalamannya. Anda tidak perlu menjadi murid pintar yang selalu mendapatkan ranking di kelas. Menjadi murid berkemampuan menengah tidak masalah, selama nilai-nilaimu tidak terlalu buruk. Hanya orang-orang di kategori ini (di peringkat menengah) yang memiliki waktu untuk mempelajari bakat lainnya..

Jika kamu berusia 25 tahun

Setiap kesalahan adalah pendapat yang baik buat kita. Saya memberitahu diri saya sendiri dan anak-anak muda. Buatlah cukup kesalahan. jangan khawatir. Kalian jatuh lalu bangkit lagi. Jatuh lagi kemudian bangkit lagi.  Nikmati saja. Kalian masih berusia 25 tahun. Nikmati pertunjukannya.

Sebelum usia 30 tahun

Ikutilah seseorang. Bekerja di perusahaan kecil.. Umumnya di perusahaan besar sangatlah baik belajar proses pengerjaan. Karena kalian bagian dari mesin besar. Namun ketika kamu bekerja di perusahaan kecil, kalian akan belajar tentang semangat dan impian. Kalian belajar banyak cara untuk melakukan banyak hal sekaligus.

Sebelum usia 30 tahun, bukan masalah dimana perusahaanmu, tapi siapa bosmu. Carilah bos yang hebat untuk berguru. Bos yang baik mengajarimu dengan baik. Curilah ilmunya sebagai bekal kamu untuk kedepannya.

Usia 30-40 tahun

Pada usia ini, Kamu sudah harus berpikir untuk bekerja untuk dirimu sendiri. Jika kamu benar-benar ingin jadi pengusaha. Kamu tidak perlu menghabiskan waktu bekerja untuk orang lain selamanya. Karena tujuan utama kamu sudah tercapai yaitu mendapat pengalaman yang banyak. Ambilah sebuah resiko karena jika tidak hidup Kamu mungkin akan begitu-begitu saja.

Saya seringkali melihat banyak sekali anak muda yang punya ide yang fantastis setiap malam, namun pada pagi harinya mereka selalu kembali ke tempat bekerja. Buatlah perubahan!. Pikirkan hal apa yang harus kamu lakukan untuk memulai usaha sendiri, namun kebanyakan peluang usaha untuk kamu selalu ada di tempat orang yang suka mengeluh.

Jika usiamu 40-50 tahun

Kalian harus melakukan sesuatu sesuai kemampuan kalian. Fokuslah pada hal yang sedang kalian kerjakan. Jangan melompat ke bidang lain, karena itu sudah terlambat. Walaupun mungkin kalian akan berhasil, tapi tingkat kegagalan terlalu besar. Jadi pikirkan bagaimana kamu fokus pada sesuatu sesuai kemampuanmu.

Ketika usiamu 50-60 tahun

Pada usia ini putarkan haluan. Bekerjalah untuk anak muda. Karena anak muda bisa melakukan lebih baik dari pada dirimu. Jadi andalkanlah mereka, dorong, investasikan, dan latihlah mereka. Pastikan mereka lebih handal dan lebih hebat dari dirimu bahkan dari orang lain.

Jika usiamu di atas 60 tahun

Pada usia ini gunakanlah waktumu untuk dirimu sendiri. Fase ini adalah waktu untuk kamu menikmati hasil jerih payah yang telah kamu dapatkan selama ini. Pergilah ke pantai untuk berjemur. Karena sudah terlambat untuk berubah. Nikmati saja yang ada!.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here