in

Pengertian Organisasi adalah: Ciri, Struktur, Tujuan, dan Contoh Organisasi

Pengertian Organisasi adalah: Ciri, Struktur, Tujuan, dan Contoh Organisasi

Organisasi adalah entitas yang terdiri dari satu atau lebih orang yang membentuk sebuah kelompok dan memiliki tujuan tertentu. Kata organisasi berasal dari bahasa Yunani yaitu organon yang berarti alat atau instrumen, alat musik, dan organ.

Saat ini organisasi bukanlah sesuatu hal yang baru, ada berbagai entitas yang termasuk ke dalam organisasi, seperti perusahaan, pemerintah, organisasi politik, organisasi internasional, angkatan keamanan, badan amal, lembaga pendidikan, dan lain-lain.

Untuk lebih mengetahui apa itu organisasi, berikut pembahasan lengkan tentang definisi organisasi.

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Photo by Suzy Hazelwood from Pexels

1. Stephen P. Robbins

Organisasi adalah sebuah kesatuan sosial atau entity yang dilakukan dengan sadar dan menetapkan batasan-batasan.

Adapun batasan tersebut bisa ditelaah namun bisa dikoordinasikan dan diajak bekerja sama demi tercapainya tujuan suatu kelompok.

Pada dasarnya setiap kelompok menetapkan batasan tertentu sesuai dengan jenis organisasi yang dimaksud.

2. Kochler

Organisasi adalah hubungan atau sistem terstruktur yang di dalamnya telah diatur, baik itu tujuan, keanggotaan dan misinya.

Adapun setiap sistem yang diatur telah dikoordinasikan dengan tepat demi tercapainya tujuan yang diharapkan. Sedangkan hubungan yang dimaksud yaitu jalinan antara sesama anggota, anggota dengan masyarakat atau organisasi lainnya.

3. KBBI

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, organisasi adalah satu kesatuan baik berupa susunan atau lainnya yang di dalamnya terdiri dari bagian tertentu. Bagian tersebut biasanya berupa perorangan yang bekerja sama dalam suatu kelompok demi mencapai suatu tujuan.

4. Paul Preston dan Thomas Zimmerer

Organisasi adalah sebuah kelompok atau sekumpulan orang-orang yang sengaja dibentuk dan disusun untuk mendapatkan tujuan tertentu.

Adapun cara yang digunakan agar tujuan tersebut tercapai yaitu dengan bekerja sama dan berkomunikasi antar sesama anggota organisasi.

5. Prof. Dr. Sondang P Siagian

Organisasi ialah suatu persekutuan yang terdiri dari dua orang atau lebih. Adapun tujuan dibentuknya persekutuan tersebut yaitu untuk bekerja sama dalam ikatan formal untuk meraih tujuan yang telah ditetapkan.

Tujuan Dibentuknya Organisasi

Tujuan Dibentuknya Organisasi
Photo by Pexels

1. Jangka Panjang

Tujuan jangka panjang adalah tujuan yang ingin dicapai oleh sebuah organisasi. Tujuannya berupa hasil akhir yang sebelumnya telah dilakukan beberapa proses panjang.

Umumnya waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut cukup lama, sekitar tiga hingga lima tahun atau bahkan lebih.

Banyak orang yang menyebut tujuan ini sebagai tujuan strategis karena untuk mewujudkannya memerlukan cukup banyak pertimbangan.

2. Jangka Pendek

Tujuan jangka pendek organisasi adalah tujuan yang setidaknya harus dicapai dalam waktu dekat.

Dengan adanya tujuan tersebut, diharapkan sebagai titik acuan atau titik lompatan untuk meraih cita-cita organisasi lainnya dalam waktu yang akan datang.

Jangka waktu yang diperlukan untuk mewujudkannya paling tidak sekitar setengah hingga satu tahun lamanya, sesuai dengan kondisi keuangan dan tujuan operasional organisasi tersebut.

3. Jangka Menengah

Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan menengah ini biasanya sekitar satu atau tiga tahun. Dalam waktu tersebut, paling tidak suatu kelompok harus mempunyai pencapaian-pencapaian tertentu.

Tujuan jangka menengah bisa juga berupa pencapaian dalam jangka pendek. Oleh karena itu, tujuan menengah ini juga disebut dengan tujuan organisasi taktis.

Ciri-Ciri Organisasi

Ciri-Ciri Organisasi
Photo by bbgupta.com

1. Memiliki Anggota

Ciri paling utama dalam organisasi adalah keanggotaan. Organisasi akan terbentuk apabila mempunyai anggota. Dan paling tidak terdiri dari dua atau lebih orang dalam sebuah organisasi.

Hal tersebut dimaksudkan untuk membagi peran masing-masing anggota serta membuat gambaran apa saja yang diharapkan dengan dibentuknya organisasi tersebut.

2. Terdapat Suatu Peraturan

Ciri organinasi selanjutnya adalah adanya peraturan di dalamnya. Hadirnya peraturan dalam suatu organisasi diharapkan bisa menjadi pembatas yang mengatur, baik itu sumber daya atau anggota, tujuan hingga pencapaian.

Dengan adanya peraturan ini, maka organisasi akan berjalan dengan baik dan tertata. Dan pada umumnya, setiap organisasi memiliki peraturan yang berbeda-beda sesuai dengan kesepakatan.

3, Mempunyai Tujuan Yang Sama

Alasan dibalik terbentuknya organisasi yaitu karena anggotanya memiliki tujuan yang sama, baik itu tujuan jangka pendek, menengah atau bahkan jangka panjang.

Selarasnya tujuan antar sesama anggota akan memudahkan mewujudkan cita-cita yang ingin dicapai karena secara praktis tujuan telah jelas sehingga bisa dilakukan dengan bahu-membahu.

4. Membagi Tugas Secara Merata

Dalam suatu organisasi, membagi tugas dan tanggung jawab secara merata adalah hal yang wajib dilakukan.