in

Pengertian Birokrasi adalah: Arti, Jenis, Ciri, dan Karakteristik Birokrasi

Pengertian Birokrasi adalah: Arti, Jenis, Ciri, dan Karakteristik Birokrasi

Secara etimologi kata birokrasi berasal bahasa prancis ‘bureau’ yang berarti ‘kantor atau meja tulis’. dan dari bahasa yunani ‘kratein’ yang berarti ‘mengatur’. Birokrasi mengacu pada organisasi yang kompleks dengan sistem dan proses yang berlapis-lapis atau bertahap-tahap yang mengatur suatu pekerjaan administrasi yang besar.

Dalam beberapa lembaga seperti pemerintahan, militer, sekolah, hingga rumah sakit pasti menggunakan pembagian kerja, struktur tatanan organisasi, hierarki serta bagan. Beberapa hal tersebut merupakan bagian penting dalam menjalankan berbagai tugas supaya lebih teratur dan ini disebut dengan birokrasi.

Peran birokrasi sebagai sistem otoritas pada organisasi pekerjaan yang dilakukan banyak orang dengan beragam peraturan dan penetapannya dilakukan secara rasional. Pelaksanaan birokrasi dapat dilihat dari adanya rantai perintah berupa hierarki kewenangan yang mengalir dari atas ke bawah dengan berbagai prosedur maupun aturan bersifat tetap sehingga kontrol pada organisasi dapat terjaga.

Untuk mengetahui apa itu birokrasi, berikut adalah pembahasan lengkap mengenai definisi birokrasi.

Pengertian Birokrasi Menurut Para Ahli

Pengertian Birokrasi Menurut Para Ahli

1. Menurut KBBI

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, birokrasi adalah sistem pemerintahan yang berpegang pada jenjang jabatan dan hierarki serta pelaksanaannya dijalankan oleh para pegawai pemerintahan. Birokrasi juga bermakna sebagai cara bekerja atau susunan pekerjaan yang yang banyak liku-likunya.

2. Blau & Mayer

Birokrasi adalah suatu sistem kontrol dalam organisasi yang dirancang berdasarkan aturan-aturan yang rasional dan sistematis, dan bertujuan untuk mengkoordinasi dan mengarahkan aktivitas-aktivitas kerja individu dalam rangka penyelesaian tugas-tugas administrasi berskala besar.

3. Rourke

Birokrasi adalah sistem administrasi dan pelaksanaan tugas keseharian yang terstruktur dalam sistem hierarki yang jelas dilakukan dengan aturan tertulis, dilakukan oleh bagian tertentu yang terpisah dengan bagian lainnya oleh orang-orang yang dipilih karena kemampuan dan keahlian di bidangnya.

4. Hague, Harrop & Breslin

Birokrasi adalah organisasi yang terdiri dari aparat yang digaji untuk melaksanakan detail tugas pemerintah, memberikan nasehat dan melaksanakan keputusan dan kebijakan pemerintah.

5. Santosa

Birokrasi adalah organisasi yang disusun sebagai suatu hierarki otoritas yang begitu terperinci. Agar terjadi relasi, diperlukan sistem hubungan yang lebih tinggi agar memberi perintah kepada yang lebih bawah, sedangkan yang lebih bawah harus melaporkan apa yang telah dikerjakan sesuai perintah yang diterima.

6. Max Weber

Birokrasi adalah bentuk organisasi yang penerapannya berkaitan dengan sebuah pencapaian tujuan. Birokrasi merupakan sistem otoritas yang secara rasional ditetapkan oleh beragam peraturan supaya pekerjaan yang dilakukan banyak orang dapat diorganisir dengan baik. Birokrasi tidak hanya berlangsung dikalangan pemerintahan, tetapi juga berlangsung di dunia ekonomi dan sosial.

Ciri-Ciri Birokrasi

Ciri-Ciri Birokrasi

1. Prinsip pembagian kerja

Kegiatan-kegiatan reguler yang diperlukan untuk mencapai tujuan organisasi dibagi dalam cara-cara tertentu sebagai tugas-tugas jabatan. Dengan adanya prinsip pembagian kerja yang jelas, pelaksanaan pekerjaan dilakukan oleh tenaga-tenaga spesialisasi dalam setiap jabatan, sehingga pekerjaan dapat dilaksanakan dengan tanggung jawab penuh dan efektif.

2. Struktur hierarkis

Pengorganisasian jabatan-jabatan mengikuti prinsip hierarkis, yaitu jabatan yang lebih bawah berada di bawah pengawasan atau pimpinan dari jabatan yang lebih atas. Pejabat yang lebih bawah kedudukannya harus mempertanggungjawabkan setiap keputusannya dan pekerjaannya kepada pejabat atasannya.

3. Aturan dan Prosedur

Pelaksanaan kegiatan didasarkan pada sistem peraturan yang konsisten. Sistem standar tersebut dimaksudkan untuk menjamin adanya keragaman pelaksanaan setiap tugas dan kegiatan tanpa melihat jumlah orang yang terlibat di dalamnya.

4. Prinsip netral (tidak memihak)

Dalam prinsip ini, seorang pejabat dalam menjalankan tugas jabatannya terlepas dari pertimbangan yang bersifat pribadi. Dengan menghilangkan pertimbangan yang bersifat pribadi dalam urusan jabatan, berarti suatu prakondisi untuk sikap tidak memihak dan juga untuk efisiensi.

5. Penempatan didasarkan atas karier

Penempatan kerja di dalam organisasi birokrasi didasarkan pada kualifikasi teknis dan dilindungi terhadap pemberhentian yang sewenang-wenang. Dalam organisasi birokrasi, penempatan kerja seorang pegawai didasarkan atas karier. Ada sistem promosi, biasanya atas dasar senioritas atau prestasi, atau keduaduanya.

Kebijaksanaan kepegawaian demikian dimaksudkan untuk meningkatkan loyalitas kepada organisasi dan tumbuhnya esprit de corps atau jiwa korps di antara para anggotanya.

6. Birokrasi murni

Pengalaman menunjukkan bahwa tipe birokrasi yang murni dari organisasi administrasi dilihat dari segi teknis dapat memenuhi efisiensi tingkat tinggi. Mekanisme birokrasi yang berkembang sepenuhnya akan lebih efisien daripada organisasi yang tidak menerapkannya.

Karakteristik yang dimiliki Birokrasi

Karakteristik dari tipe organisasi birokrasi modern adalah sebagai berikut:

  • Para anggota staf hanya melaksanakan tugas-tugasnya secara impersonal sesuai susunan jabatannya.
  • Terdapat hierarki jabatan yang jelas; Setiap organisasi memiliki hierarki wewenang.
  • Fungsi-fungsi jabatan diketahui secara jelas; adanya