in

Pengertian Regional adalah? Arti, Tujuan, Contoh, dan Jenis Regional

Pengertian Regional adalah? Arti, Tujuan, Contoh, dan Jenis Regional

Istilah regional sudah sering didengar saat mempelajari wilayah. Regional adalah istilah yang menggambarkan suatu daerah atau area tertentu. Pembentukan kata regional merujuk pada sebuah kawasan, namun dengan luas kawasan yang tidak terlalu spesifik. Penggunaan istilah regional sudah sangat umum untuk hal-hal berikut.

Definisi Regional Secara Umum

Definisi Regional Secara Umum

Pengertian regional

Regional adalah sebuah kawasan yang memiliki karakteristik tertentu. Berdasarkan geografisnya, sebuah regional dapat dibedakan dengan kawasan atau wilayah lainnya.

Pada suatu regional terdapat struktur ekonomi dan sosial yang homogen sebagai wujud penggabungan dari faktor demografis dan juga lingkungan. Wilayah dalam regional yang sama memiliki kondisi lingkungan yang hampir sama.

Bisa dikatakan juga bahwa regional adalah sebuah wilayah atau daerah yang dikuasai dan memiliki kedaulatan.

Batas-batas regional biasanya dibuat oleh beberapa negara atau anggota dari regional tersebut. Sedangkan untuk negara sendiri, batasnya biasanya ditandai dengan kondisi fisik alam seperti laut, sungai, atau gunung.

Batas-batas tersebut biasa digunakan untuk batas nasional suatu negara atau bahkan wilayah tertentu.

Penggunaan istilah regional

Region menjadi salah satu istilah yang paling sering digunakan untuk sebuah kerjasama atau organisasi.

Kerjasama regional biasanya dilakukan oleh beberapa negara yang memiliki kesamaan atau berada dalam cakupan wilayah yang berdekatan.

Hal tersebut juga sama dengan organisasi regional yang umumnya dibentuk oleh beberapa negara di dalam sebuah wilayah regional yang sama.

Jenis-Jenis Regional

Jenis-Jenis Regional

Para geograf melihat region sebagai wilayah yang terdiri dari beberapa jenis region yaitu sebagai berikut.

1. Jenis Regional Menurut Stephen L.J Smith:

  • Region Apriori

Pada region apriori ini sebuah wilayah dibuat atau dibentuk karena memiliki pandangan politik yang sama. Wilayah regional apriori tidak dibuat secara metodologis dari regionalisasi melainkan unsur kesamaan yang lebih bersifat individual.

  • Region fungsional

Istilah yang paling umum digunakan lebih mengacu pada regional fungsional. Regional fungsional merupakan wilayah yang dibuat berdasarkan tinggi rendahnya interaksi antar negara atau kawasan di permukaan bumi.

  • Region formal

Istilah region formal adalah untuk wilayah yang dibuat berdasarkan kesamaan kenampakan wilayah secara internal. 

2. Jenis Regional Menurut Wittlesay:

  • Region total

Wilayah yang termasuk dalam region total contohnya adalah negara, propinsi, atau kawasan tertentu. Wilayah ini terdiri dari banyak gabungan antara unsur fisik dan manusia.

  • Multiple feature region

Wilayah regional ini memiliki gambaran yang lebih majemuk seperti dengan menggabungkan antara jenis tumbuhan dengan jenis tanah. Regional ini memiliki ciri khas geografis yang bisa dibedakan dengan wilayah lainnya.

  • Regional berdasarkan iklim

Unit region terdiri dari kenampakan iklim tertentu. Suatu regional adalah wilayah yang memiliki kenampakan areal fisik yang berbeda dari lainnya.

3. Jenis Regional Menurut Bintarto:

  • Uniform region

Wilayah yang memiliki kesamaan atau keseragaman.

  • Nodal region

Wilayah yang dalam berbagai hal diatur oleh berbagai pusat kegiatan yang saling berhubungan dengan garis melingkar.

Beberapa geograf juga mengemukakan jenis-jenis region lain yang tidak berdasarkan pada istilah di atas. Masyarakat sering membagi regional adalah wilayah yang terdiri dari south, Midwest, west, dan cornbelt. Pembagian wilayah regional ini lebih kepada persepsi individual.

Contoh Organisasi Regional

Contoh Organisasi Regional

Organisasi regional merupakan sebuah organisasi yang bersifat regional atau anggotanya hanya terdiri dari wilayah tertentu saja. Anggota dari organisasi regional berasal dari suatu kawasan yang sama.

Contohnya adalah di kawasan ASEAN yang membentuk organisasi bagi negara-negara ASEAN. Beberapa kawasan regional lain juga memiliki organisasi regional seperti berikut ini.

1. Masyarakat Ekonomi Eropa

MEE adalah salah satu contoh organisasi regional yang dibentuk oleh negara-negara di regional Eropa. Anggota dari organisasi regional ini terdiri dari enam negara yaitu Jerman, Prancis, Luxemburg, Belanda, Italia, dan Belgia.

Negara-negara tersebut membuat organisasi ini untuk mengatasi kemiskinan dan perpecahan yang terjadi setelah berakhirnya perang dunia II.

2. Konferensi Asia Afrika

Organisasi regional adalah organisasi yang dibentuk oleh wilayah regional tertentu. Contohnya adalah KAA atau konferensi Asia Afrika yang anggotanya terdiri dari negara-negara Asia dan