in

Pengertian Komunitas adalah: Arti, Ciri, Jenis, Tujuan Komunitas

Pengertian Komunitas adalah: Arti, Ciri, Jenis, Tujuan Komunitas

Istilah kata komunitas berasal dari bahasa latin, communitas, yang berarti kesamaan, kemudian dapat diturunkan menjadi kata, communis, yang berarti “masyarakat, publik atau banyak orang.” Komunitas adalah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan, minat, tujuan, dan habitat yang sama.

Pada dasarnya, komunitas terbentuk ketika orang-orang memiliki kesamaan satu sama lain dan membentuk suatu perkumpulan untuk saling berbagi dan saling berdiskusi yang berkaitan tentang kesamaan tersebut. Dengan membentuk suatu komunitas maka orang-orang akan saling memahami dan membantu satu sama lain.

Untuk mengetahui apa itu komunitas, berikut pembahasan lengkap mengenai definisi komunitas.

Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

1. KBBI

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, komunitas adalah kelompok organisme (orang, masyarakat dan sebagainya) yang hidup dan saling berinteraksi di dalam daerah tertentu.

2. Muzafer Sherif

Kelompok sosial atau komunitas adalah suatu kesatuan sosial yang terdiri dari dua atau lebih individu yang telah mengadakan interaksi sosial yang cukup intensif dan teraratur, sehingga di antara individu itu sudah terdapat pembagian tugas, struktur, dan norma-norma tertentu.

3. Soekanto

Komunitas yaitu menunjuk pada bagian masyarakat yang bertempat tinggal di suatu wilayah (geografis) dengan batas-batas tertentu dan faktor utama yang menjadi dasar adalah interaksi yang lebih besar di antara anggotanya, dibanding dengan penduduk di luar batas wilayahnya.

4. Kertajaya Hermawan

Komunitas adalah sekelompok orang yang peduli satu sama lain yang lebih dari yang seharusnya, dimana dalam sebuah komunitas terjadi relasi pribadi yang erat antar anggota komunitas tersebut karena adanya kesamaan interest atau values.

5. Loren O. Osbarn dan Martin H. Neumeyer

Komunitas adalah sekelompok orang yang berada di wilayah geografis yang berdekatan, memiliki minat dan aktivitas yang sama, dan beraktivitas bersama dalam perhatian utama kehidupan.

6. Vanina Delobelle

Komunitas adalah group beberapa orang yang berbagi minat yang sama, yang terbentuk oleh empat faktor, yaitu: Komunikasi dan keinginan berbagi dimana para anggota saling menolong satu sama lain, tempat yang disepakati bersama untuk bertemu, kebiasaan, dan melakukan sesuatu hal.

Ciri-Ciri Komunitas

Ciri-ciri komunitas yang membedakannya dengan perkumpulan sosial yang lain adalah sebagai berikut:

1. Memiliki anggota

Persyaratan pertama dalam suatu komunitas adalah terdapat sekelompok orang yang menjadi anggotanya. Tanpa anggota maka komunitas tidak akan ada. Ketika sekelompok orang ini bersatu kemudian melakukan atau berbagi sesuatu, baik itu berbagi cerita pengalaman dan sebagainya, maka pada saat itulah komunitas terbentuk.

2. Lokalitas tertentu

Sekelompok orang akan membentuk komunitas hanya jika mereka berada di wadah atau tempat khusus untuk mereka bisa berbagi atau melakukan sesuatu. Tempat itu bisa seperti tempat wilayah tertentu, platform media sosial, dan lain sebagainya.

3. Memiliki Kesamaan

Anggota komunitas terdiri dari mereka yang memiliki suatu kesamaan, seperti kesamaan dalam bahasa, budaya, adat istiadat, tradisi, minat, hobi, tujuan, dan lain sebagainya. Karena kesamaan itu, mereka akan saling memahami satu sama lain sehingga dapat lebih mudah untuk berbagi pengalaman, berbagi pelajaran kehidupan, dan lain-lain.

4. Memiliki peran yang sama

Setiap anggota biasanya memiliki peran dan hak yang sama dengan anggota lainnya. Mereka dapat bertanya dan juga menjawab, dapat memanfaatkan sumber daya dan fasilitas komunitas, dan dapat memberikan pandangan, solusi, dan ide kepada anggota lainnya.

5. Memiliki pedoman

Setiap komunitas biasanya memiliki pedoman-pedoman dan aturan-aturan komunitas yang harus ditaati oleh setiap anggotanya.

6. Terbentuk dengan alami

Pada dasarnya komunitas itu terbentuk dengan sendirinya, tidak ada paksaan dari pihak manapun. karena komunitas terbentuk karena memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan setiap individu dalam kelompok tersebut.

Jenis-Jenis Komunitas

Jenis-Jenis Komunitas

1. Komunitas Berdasarkan Minat

Jenis komunitas ini adalah komunitas yang terdiri dari orang-orang yang memiliki minat yang sama. Contohnya komunitas olahraga maka anggotanya biasanya adalah mereka yang menyukai olahraga.

2. Komunitas Berdasarkan Tujuan

Jenis komunitas ini adalah komunitas yang terdiri dari orang-orang yang memiliki tujuan yang sama. Contohnya komunitas kemanusiaan maka anggotanya adalah mereka yang ingin membantu sesama.

3. Komunitas Berdasarkan Lokasi

Jenis komunitas ini adalah komunitas yang terdiri dari orang-orang yang dipertemukan oleh batas-batas geografis. Contohnya komunitas orang Indonesia di luar negeri maka anggotanya adalah orang Indonesia yang tinggal di luar negeri.

4. Komunitas Berdasarkan Ilmu Pengetahuan

Jenis komunitas ini adalah komunitas yang terdiri dari orang-orang dengan profesi yang sama atau melakukan kegiatan yang sama.

5. Komunitas Berdasarkan Keadaan

Jenis komunitas ini adalah komunitas yang terdiri dari orang-orang yang memiliki situasi, keadaan, dan kondisi eksternal.

Tujuan Komunitas

Biasanya orang-orang bergabung dengan komunitas memiliki tujuan untuk:

  • Membangun perkenalan: Mereka yang bergabung atau membuat komunitas biasanya ingin menambah kenalan orang-orang yang memiliki kesamaan seperti dirinya.
  • Melakukan diskusi yang menambah wawasan melalui tukar pikiran, mengajukan tanya jawab, memberikan ide satu sama lain, dan terus mendapatkan informasi tentang perkembangan informasi yang terjadi.
  • Berkolaborasi dan bekerja sama dalam memecahkan suatu permasalahan sec