Pengertian Startup Unicorn, Decacorn dan Hectocorn

Pengertian Startup Unicorn
Pengertian Startup Unicorn
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Pernahkah kalian semua mendengar tentang nama unicorn, decacorn,dan hectocorn dalam dunia bisnis startup? Sebenarnya ketiga kata ini tengahbanyak dibicarakan setelah banyaknya startup di Indonesia yang menjadi startupUnicorn dan menempatkan Indonesia sebagai negara dengan unicorn terbanyak diAsia Tenggara.

Tetapi, apasih pengertian startup unicorn, decacorn, dan hectocorndan contohnya? Nah, kita akan membahas semuanya dalam artikel pengertianstartup unicorn dan contohnya berikut ini.

Apa Itu Startup?

Sebelum membahas tentang pengertian unicorn dan lain-lain, kitaperlu tahu dulu apa itu startup. Pastinya anda juga menyadari bahwa belakanganini ada banyak perusahaan startup baru yang berdiri di Indonesia.

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


Tetapi apa sih pengertian startup? Sebenarnya definisi startup adalah sebuah bisnis yang baru saja dibangundan beroperasi, bisnis ini biasanya dikaitkan dengan bisnis online baik lewatwebsite maupun aplikasi. Umumnya, startup yang dibangun di Indonesia bergerakdi bidang teknologi dan menyasar anak muda sebagai target market utamanya.

Startup juga memiliki karakteristik khusus. Beberapa diantaranyaadalah :

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


  • Baru didirikan kurang dari 3 tahun.
  • Pendapatan masih dibawah $100.000 per tahun.
  • Memiliki pekerja, pegawai atau tim kurang dari20 orang.
  • Beroperasi secara online baik lewat websitemaupun aplikasi.
  • Berhubungan dengan teknologi.
  • Produk yang dijual dalam bentuk digital.

Jadi secara umum, startup bisa diartikan sebagai sebuah perusahaanbaru dengan penghasilan kurang dari $100,000 per tahun yang bergerak secaraonline dan masih dalam tahap pengembangan.

Sebuah bisnis startup juga memiliki tingkatannya masing-masing.Yaitu unicorn, decacorn dan juga hectocorn. Ketiga nama ini diambil dari salahsatu hewan mitologi yunani yaitu Unicorn. Dan tingkatannya dibagi berdasarkankelangkaannya.

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


Nah, berikut ini adalah pengertian dan tingkatan startup unicorn,decacorn dan hectocorn.

1. StartupUnicorn

Berdasarkan salah satu ahli bisnis di Amerika Serikat, Aileen Lee,unicorn dapat diartikan sebagai sebuah perusahaan startup yang memiliki nilaikapitalisasi lebih dari $1 miliar atau sekitar 13 triliun rupiah.

Istilah unicorn ini pertama kali dikenalkan oleh Aileen Lee padatahun 2013, dimana pada saat itu baru ada 39 perusahaan yang dimasukan ke dalamtingkat unicorn. Diberi nama unicorn sendiri untuk menggambarkan kelangkaansebuah perusahaan swasta yang bisa memiliki nilai pasar di atas $1 miliar.

2. StartupDecacorn

Berikutnya ada startup decacorn yang tingkat kelangkaannya lebihtinggi daripada unicorn. Decacorn adalah sebuah startup yang memiliki nilaivaluasi lebih dari $10 miliar atau sekitar 130 triliun rupiah.

Memang belum banyak contoh perusahaan decacorn yang ada diIndonesia maupun Asia Tenggara. Sebab nilai valuasinya terbilang sangat tinggi.Salah satu startup Indonesia yang dikabarkan sudah berlabel decacorn adalah Gojek.

3. StartupHectocorn

Dan yang terakhir adalah startup hectocorn yang tentunya lebihlangka lagi dari pada decacorn. Hectocorn adalah perusahaan startup swasta memilikiminimal nilai kapitalisasi sekitar $100 miliar.

Perusahaan startup yang bisa mencapai tingkat hectocorn ini tentunyasangat langka. Salah satu contoh perusahaan hectocorn di dunia paling terkenaladalah Shuttershock, perusahaan yang menjual stock foto dalam skalainternational.

Nah dari ketiga pengertian ini, kita bisa menyimpukan bahwasemakin tinggi tingkatan startup akan diberi nama dari hewan mitologi yangsemakin tinggi tingkat kelangkaannya. Hal ini juga menggambarkan kelangkaandari perusahaan startup yang bisa mencapai tingkatan tersebut.

Contoh Perusahaan Unicorn di Indonesia

Setidaknya hingga artikel ini ditulis, Indonesia sudah memilikibanyak startup unicorn, bahkan yang terbanyak di Asia Tenggara. Dan salahsatunya sudah bertingkatan Decacorn. Nah, berikut ini adalah ke 5 perusahaan startupunicorn di Indonesia.

1. Gojek

Perusahaan unicorn di Indonesia yang pertama adalah Gojek. Meskipun sebenarnya, nilai valuasi Gojek sudah lebih dari $10 miliar dan bisa dimasukan ke dalam kategori perusahaan decacorn.

Tetapi perusahaan yang bergerak di bidang transportasi online ini belum secara resmi menyatakan perusahaannya sebagai decacorn. Startup ini juga sudah melebarkan sayapnya ke beberapa negara Asia Tenggara, salah satunya Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Selain itu, Gojek juga baru saja berganti kepemimpinan dari NadiemMakariem ke Andre Soelistyo dan Kevin Aluwi. Hal ini dikarenakan NadiemMakariem yang diangkat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

2. Tokopedia

Perusahaan startup unicorn di Indonesia yang kedua adalahTokopedia. Perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce ini bisa dibilangsebagai salah satu unicorn terbesar di Indoneisa. Bahkan Tokopedia menjadisalah satu unicorn dengan peringkat tertinggi di Asia.

Tokopedia memiliki nilai valuasi sekitar US$ 7 miliar danmenempatkan perusahaan yang berdiri di bawah PT Tokopedia ini sebagai unicorntertinggi ke 3 se Asia.

Bukan hanya itu, Tokopedia juga menjadi salah satu perusahaanstartup pertama yang berperan sebagai penggerak ekonomi dalam negeri hinggalebih dari 1% dan berkontribusi bukan hanya di Indonesia namun juga di AsiaTenggara.

3. Traveloka

Berikutnya ada Traveloka, sebuah perusahaan startup unicorn diIndonesia yang bergerak di bidang travel. Perusahaan dengan tagline “Solusisemua kebutuhan travel anda” ini didirikan oleh Ferry Unardi pada tahun 2012lalu.

Di kutip dari CNBC, Traveloka kini memiliki nilai valuasi sekitar lebihdari US$2 miliar atau sekitar 36 triliun rupiah. Angka ini menempatkanTraveloka ke dalam salah satu dari 70 perusahaan startup unicorn di seluruhAsia.

4. Bukalapak

Bersaing dengan Tokopedia, Bukalapak juga masuk ke dalam salahsatu unicorn di Indonesia yang bersaing di tingkat Asia. Perusahaan yangberdiri di bawah nama PT Bukalapak.com ini didirikan oleh Achmad Zaky padatahun 2010.

Bisa dibilang, Bukalapak adalah salah satu unicorn baru yang adadi Indonesia. Karena baru dinobatkan sebagai unicorn di pertengahan tahun 2019lalu. Kini nilai valuasi perusahaan ini berada di angka $ 2,5 miliar.

Saat ini Bukalapak telah ditinggal oleh pendirinya Achmad Zakyyang mengundurkan diri. Posisinya sekarang digantikan oleh Rachmat Kaimuddin.

5. OVO

Dan perusahaan unicorn di Indonesia yang berikutnya masih sangatbaru yaitu OVO. Berbeda dengan ketiga startup sebelumnya yang didirikan olehperorangan, OVO ini dibuat di bawah nama LIPPO group yang sudah dikenal berkatbisnis-bisnisnya di seluruh Indonesia.

OVO dinobatkan sebagai startup unicorn pada akhir tahun 2019 laludengan nilai valuasi $1 miliar. Hal ini juga menambah jumlah startup unicornasal Indonesia yang berhasil unjuk gigi di kancah international.

Bagi anda yang belum tahu, OVO merupakan perusahaan yang bergerakdi bidang transaksi elektronik. Aplikasi ini menawarkan kemudahaan transaksiyang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Nah itulah dia pengertian startup unicorn, decacorn, hectocron dancontohnya. Diperkirakan dalam beberapa tahun ke depan, ada 3 lagi perusahaanyang naik tingkat menjadi decacorn dari Indonesia.