Penyebab Istri Lelah dengan Sikap Suami, Ini Alasan yang Sering Terjadi

Penyebab Istri Lelah dengan Sikap Suami
Penyebab Istri Lelah dengan Sikap Suami
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Banyak alasan yang menjadi penyebab mengapa istri lelah dengan sikap suami, karena pada dasarnya hubungan dalam pernikahan tak selalu berjalan mulus. Kadang kala ada saja batu terjal yang menghadang.

Sebagai suami maupun istri, tentu saja kita harus tahu bagaimana cara untuk menyelesaikan permasalahan ini. Baik pernikahan yang baru atau yang sudah lama bertahun-tahun, pasti nggak akan lepas dari yang namanya masalah.

Misalkan saja penyebab istri lelah dengan sikap suami karena sering melakukan kesalahan-kesalahan sama dan yang sulit ditolerir. Kondisi seperti ini bisa saja terjadi karena kesalahan yang dilakukan oleh salah satu pihak atau bahkan bisa juga keduanya.

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


Para laki-laki itu memiliki pemikiran yang logis, sedangkan para wanita cenderung menggunakan perasaannya. Jadi tidak heran, jika akan muncul pertikaian diantara keduanya.

Berbicara mengenai kesalahan yang dilakukan suami, ada banyak permasalahan dalam rumah tangga yang diakibatkan karena kesalahan suami. Hal ini cenderung membuat istri lelah dengan sikap suami, sehingga menjadikan kondisi rumah tangga semakin berantakan.

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


Nah, sebelum semuanya terjadi dan semakin memburuk, ada baiknya para suami tahu apa saja kesalahannya.

1. Sikap kurang menghargai cenderung membuat istri merasa lelah dengan suami

From: Pexels

Saling menghargai adalah salah satu aspek yang begitu penting di dalam sebuah rumah tangga. Tanpa adanya sikap saling menghargai, pastinya akan membuat salah satu pihak merasa tidak dihargai.

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


Permasalahan ini seringkali terjadi dalam sebuah rumah tangga. Misalkan saja terjadi pada rumah tangga dengan suami yang bekerja dan istri yang mengurus rumah.

Karena merasa telah menafkahi keluarga dan menjadi sosok yang dibutuhkan, tak jarang suami merasa paling berharga dan super power. Ia merasa menjadi sosok yang paling dominan sehingga tidak menghargai istri-nya.

Padahal ini bukanlah kesalahan istri yang tidak bekerja untuk menghasilkan uang. Melainkan, ini adalah kesalahan suami karena tidak pernah menganggap pengorbanan istri dalam mengurus rumah tangga sepanjang hari.

2. Tidak terbuka dan cenderung menutup diri dalam hal apapun pada istri

From: Freepik

Ketika sudah berada dalam hubungan rumah tangga, suami istri haruslah terbuka satu sama lain. Jangan biarkan ada hal yang ditutup-tutupi, di mana kondisi ini justru bakal memicu pertikaian. Dalam hal ini, kebanyakan istri cenderung terbuka pada suaminya.

Lain halnya dengan suami yang cenderung tertutup dan memang sengaja menutup diri dari pasangannya. Beberapa suami seringkali melakukan hal ini karena menganggap bahwa sang istri tidak perlu tahu dengan masalah dan kondisinya.

Beberapa contoh yang sering terjadi adalah ketika suami sedang banyak pikiran dan masalah di kantor. Ia menganggap bahwa istri tidak pernah tahu.

Namun yang terjadi, justru sang istri yang kerap menjadi sasaran kemarahan atas permasalahan yang dialaminya. Padahal, sang istri sama sekali tidak tahu menahu atas kesalahannya.

Maka dari itu, jangan beranggapan kalau istri tahu pun tidak akan menyelesaikan masalahnya. Tetapi dengan memberitahunya, justru istri menganggapnya bahwa dirinya sebagai orang yang penting dihidup mu.

Baca Juga: 7 Manfaat Pillow Talk Bagi Pasangan Suami Istri Membuat Pasangan Lebih Terbuka

3. Tidak mau mendengarkan pendapat maupun nasehat dari istri

From: Freepik

Apakah kamu terbiasa bertindak atas keputusan sendiri dan sama sekali tak melibatkan istri? Para suami wajib ingat, bahwa istri bukan hanya sekedar hiasan semata. Ia bukan hanya hadir buat mengisi kekosongan hidup dan menemanimu saja.

Melainkan, suami istri punya peran yang sama dan harus saling melengkapi satu sama lain. Suami memang nahkoda di dalam sebuah rumah tangga. Namun hal ini tak lantas membuatnya bisa bertindak sesuka hati dan semaunya sendiri.

Suami haruslah melibatkan istri dalam setiap keputusan yang diambil dan tindakan yang dilakukannya. Bukan malah sebaliknya yang enggan buat mengabaikan setiap pendapat maupun nasehat dari istri.

4. Tidak terbuka dalam hal keuangan yang justru jadi persoalan paling krusial

From: Pexels

Seperti kita tahu, bahwa penyebab perceraian yang sering dan paling umum terjadi adalah akibat masalah ekonomi atau keuangan. Beberapa suami cenderung tidak terbuka dalam hal keuangan.

Pastinya, sikap ini bakal membuat istri jadi semakin curiga dan memunculkan pikiran buruk pada suami.

Sudah selayaknya suami transparan mengenai penghasilan dan pengeluaran suami selama ini. Menutup-nutupi hal ini dari istri justru akan membuat pikiran buruk di benaknya.

Istri akan beranggapan bahwa kamu menggunakan uang buat hal-hal yang tidak benar. Misalnya saja selingkuh dengan wanita lain yang berujung pertengkaran yang semakin besar.

5. Enggan buat meminta maaf pada istri, entah suami salah atau tidak

From: Freepik

Terjadinya pertengkaran di dalam rumah tangga sejatinya merupakan hal yang biasa terjadi. Semua orang yang sudah berumah tangga pastinya pernah mengalaminya.

Namun yang jadi masalah adalah ketika dua-duanya menjadi egois. Tak ada satu pihak pun yang mau mengalah, serta justru merasa dirinya paling benar.

Sebagai suami, meminta maaf adalah solusi paling tepat yang perlu kamu lakukan. Terlebih bila hal ini disebabkan karena kesalahanmu sendiri. Jangan sampai karena terlanjur basah dan malu, malah kamu semakin egois dan terus mempertahankan argumen.

Pertengkaran seperti ini, sebenarnya tidak perlu terjadi kalau saja suami mau jujur dan mengakui kesalahannya. Yang ada, justru hal ini menjadi penyebab istri lelah dengan sikap suami yang seperti ini.

Baca Juga: 7 Cara Berdamai Setelah Bertengkar Hebat dengan Suami Istri

6. Tidak pernah mau menunjukkan rasa sayangnya pada sang istri

From: Freepik

Banyak kita lihat atau bahkan rasakan sendiri, bahwa pria kebanyakan cenderung romantis pada saat masih berpacaran. Ia tidak gengsi untuk mengungkapkan rasa cintanya, bahkan melakukannya dengan sangat intens.

Baik itu mengungkapkannya lewat kata-kata maupun aksi-aksi romantisnya. Namun sayangnya, hal ini berubah hampir 180 derajat ketika ia telah menjadi seorang suami.

Setelah menikah, kebanyakan pria mengalami perubahan sikap yang sangat drastis dan menjadi penyebab istri lelah dengan sikap suami.

Suami menjadi sosok yang cuek, tidak peduli, bahkan tidak menganggap istri sebagai sosok yang dulu pernah dikejarnya. Padahal seharusnya, setelah menikah perasaan cinta pada istri haruslah selalu ada dan terus dipupuk.

Kesibukan pekerjaan, urusan rumah tangga, hadirnya seorang anak tak lantas memudarkan hubungan antara suami dan istri. Jangan sampai hal ini malah bikin suami jarang mengungkapkan rasa sayangnya pada istri.

7. Menunjukkan dan memperlakukan istri dengan keras dan sikap yang kasar

From: Freepik

Terhadap istri, seorang suami sudah sepantasnya berlaku lemah lembut. Ia harus memperlakukan istri dengan penuh kasih sayang, tanpa pernah menyinggung maupun menyakiti istri.

Meski begitu, ada saja sosok suami yang cenderung berkata dengan keras dan berlaku kasar pada istrinya. Semacam ini justru bisa memicu pertengkaran dan menyakiti fisik maupun mental sang istri.

Hubungan yang tidak sehat seperti ini bisa berakibat pada terjadinya cekcok rumah tangga hingga perceraian. Sebagai sosok pemimpin dalam rumah tangga, sudah seharusnya suami mampu membimbing dan mengayomi keluarga.

Berikan tanggung jawab secara penuh dengan selalu mempedulikan istri dan membahagiakannya. Hindari hal-hal yang menjadi penyebab istri lelah dengan sikap suami hingga merasakan kebosanan dalam rumah tangga.