Jangan Lewatkan! 7 Hal ini Perlu Kamu Siapkan Saat Berlibur ke Yunani

Jangan Lewatkan! 7 Hal ini Perlu Kamu Siapkan Saat Berlibur ke Yunani
Jangan Lewatkan! 7 Hal ini Perlu Kamu Siapkan Saat Berlibur ke Yunani
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Saat ini negara-negara Eropa menjadi pilihanfavorit bagi kebanyakan orang, terutama bagi orang-orang Indonesia. Trenliburan saat ini condong mengarah ke Yunani. Untuk mendapatkan liburan yangmenyenangkan dan tanpa penyesalan selama di Yunani, kamu perlu mempersiapkanbeberapa hal berikut ini.

1. Menentukan waktu berlibur

Langkahpertama yang harus dilakukan ialah menentukan waktu berlibur yang tepat. Halini karena Yunani memiliki 4 musim, sehingga semua perlu dipersiapkan denganmatang. Saat berkunjung ke Yunani tentunya juga harus menentukan jenis pakaianyang harus dibawa, harga dan jenis transportasi yang ada serta akomodasi, dantempat destinasi yang baik untuk dikunjungi saat datang disana.

Bagiorang Indonesia, alangkah baiknya berkunjung ke Yunani di bulan April s.d Junidan bulan September s.d Oktober. Hal ini untuk menghindari musim panas danmusim dingin. Saat musim panas tiba, semua aktivitas Yunani akan diliburkansehingga harga akomodasi serta transportasi pastinya akan sangat mahal karena adakenaikan harga.

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


2. Mempersiapkan dokumen perjalanan

Melakukanperjalanan ke Yunani tentunya yang paling utama harus disiapkan adalah paspordan visa. Jika belum membuat paspor, sebaiknya gunakan paspor yang memilikimasa berlaku minimal 6 bulan. Sementara itu, ada 2 jenis visa yang bisa kamupilih yaitu nasional dan Schengen.

Saatmelakukan travelling kamu juga perlu untuk memiliki asuransi perjalanan. Hal iniuntuk mengantisipasi sesuatu hal yang tidak diinginkan saat travelingberlangsung. Salian itu, jangan lupa untuk membawa SIM dan SIM internasionalyang kamu miliki untuk memudahkanmu saat berada di Yunani nanti.

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


3. Memesan tiket transportasi dan akomodasi

Hargatiket pesawat menuju ke Yunani memiliki harga yang beragam tegantung musim dan jarakpemesanan. Saat musim panas contohnya, mungkin akan menjadi tantangantersendiri untuk mencari tiket transportasi dan akomodasi. Hal ini karena hargayang ditawarkan akan lebih mahal, serta bisa jadi tidak ada ketersediaan tiketsama sekali. Alangkah baiknya jika segera melakukan pemesanan tikettransportasi dan akomodasi dari jauh-jauh hari.

Banyaksekali jenis akomodasi yang bisa dipilih saat di Yunani, dari hostel hinggahotel berbintang lima, adapula penyewaan apartemen, serta penginapan backpack. Letak lokasi pun sangatberagam.

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


Saatberada di Athem, kamu bisa memilih akomodasi dekat pusat kota seperti yang beradadi daerah Plaka, Omonia, dan Kolonaki. Jika ingin berlibur ke pantai pilihlahdaerah penginapan disekitar Glyfada dan Varkiza. Jika penuh, altenatif lainnyabisa menginap di daerah yang sedikit jauh tapi memiliki kemudahakan dalam aksestransportasi untuk menuju ke pusat kota, misalnya Marousi, Chalandri, dan AgiaParaskevi.

Transportasibisa menggunakan pesawat, dengan memilih jenis penerbangan yang akan digunakan.Penerbangan ke Yunani dari Jakarta, rata-rata hanya satu kali transit. Biasanyatransit di Singapura, Dubai, atau Istambul dan selanjutnya menuju Yunani.Sesampainya di Yunani ada juga penerbangan dosmetik seperti Olympic Air, AegeanAirlines, dan Ryanair.

Banyakwisatawan asing yang selalu ingin pergi Yunani, hal ini karena daya tarik daripulau-pulau yang dimiliknya begitu cantik. Bagi kamu yang ingin merasakanpantai di Yunani, wajib sekali datang ke pulau Zkynthos, Mykonos, dan Santorini.Untuk menuju ke pulau-pulau tersebut, kamu bisa memilih alat transportasi lautyaitu kapal. Tiketnya bisa didapatkan di berbagai kantor agen perjalanan yangterdapat di pusat kota Athena atau bisa juga memberli secara online.

Saat di Athena, jenis transportasi yang bisa digunakan yaitu taksi, kereta, atau bus kota.

Baca Juga: Hemat! 10 Trik saat Traveling Keliling Dunia yang Low Budget

4. Menyiapkan cukup dana

Secara tidak langsung menukarkan mata uang rupiahke mata uang negara yang akan dituju itu sangat penting sekali. Hal ini karenauntuk mempermudah kamu dalam bertransaksi. Misalnya di Athena dan Thessaloniki,tidak semua tempat menerima money changer dalam bentuk rupiah. Maka dari itu,sebaiknya siapkan uang Euro untuk kemudahan nantinya. Tukarkan uangmu sesuaikebutuhan selama di Yunani, jangan membawa uang yang berlebih.

Yunani termasuk negara yang biaya hidupnya lebihmurah dibandingkan negara-negara yang ada di Eropa Barat dan Eropa Utara. Meskipunmembawa uang dalam bentuk cash, sebaiknya juga membawa kartu debit ataukartu kredit selama melakukan pernjalanan.

5. Nomor-nomor penting yang wajib di ketahui saat di Yunani

Selamaberlibur ke Yunani ada nomor-nomor penting yang perlu kamu catat dan ingat. Halini untuk mempermudah kamu selama berada di Yunani nantinya. Nomor-nomor pentingyang perlu di catat yaitu hotlineKBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia)yang ada di Athena (+30 694 646 0015),polisi (100), darurat (112), pemadamkebakaran (199), dan nomor-nomor penting lainnya seperti penginapan, biroperjalanan, maupun rental kendaraan di Yunani.

6. Siapkan aplikasi mobile dan jaringan internet

Dizaman modern ini tentunya teknologi akan sangat membantu selama travelling. Liburan akan semakin menyenangkandan mudah. Saat ini pemerintah juga telah membuat aplikasi yang bertujuan untukmempermudah WNI selama melakukan perjalanan. Contohnya aplikasi Safe Travelyang dibuat oleh Kementrian Luar Negeri RI. Banyak sekali informasi yang akankamu dapatkan dari aplikasi ini selama berada diluar negeri dengan berbagaikeperluan.

Selamadi Yunani kamu juga bisa menggunakan aplikasi ATH Airport untuk mengetahuijadwal penerbangan disana. Aplikasi ini dibuat resmi oleh Bandara UdaraEleftherios Venizelos, Athena. Kamu akan mendapatkan informasi terkait bandaratersebut, baik jadwal kedatangan maupun jadwal keberangkatan pesawat secara real time.

Jikaberlibur ke Yunani tanpa menggunakan agen tour, jangan khawatir banyak aplikasitransportasi yang bisa membantu perjalanan kamu disana. Aplikasi OASATelematics (jadwal bus di Athena), ATH.ENA Card (kartu transportasi publik selamadi Athena), Moovit (rute dan jadwal transportasi publik), serta AthensTransporartion (informasi publik di Athena).

Agar aplikasi mobile bisa berjalan dengan baik, pastikan kamu memiliki jaringan internet yang bagus pula. Sangat perlu menggunakan paket internasional roaming bila masih menggunakan operator Indonesia selama perjalanan, untuk tetap terhubung. Adapun operator Yunani yang bisa menjadi pilihan, seperti Cosmote, Vodafone, ataupun Wind. Membeli sim card di Yunani bisa dilakukan di gerai-gerai operator atau toko yang ada di jalan-jalan, saat membeli jangan lupa membawa paspor juga ya!

Baca Juga: 7 Aplikasi yang Berguna saat Traveling ke Luar Negeri

7. Menyesuaikan barang bawaan sesuai dengan musim

Yunanimemiliki empat musim. Jika di Indonesia iklimnya lembab, berbeda dengan Yunani yangmemiliki iklim kering, umumnya.

Saatmusim panas telah tiba bisa mencapai suhu 38 derajat celcius, sedangkan saat musimdingin mencapai suhu 0 derajat celcius. Meskipun suhu mencapai 0 derajat celcius,namun salju sangat jarang turun di Athena. Oleh karena itu, sangat pentingsekali untuk mempersiapkan segala macam perlengkapan yang perlu dibutuhkannantinya. Bawalah pakaian, sepatu, dan barang lainnya sesuai dengan musim dancuaca selama berkunjung disana.

Nah,itu tadi persiapan-persiapan yang wajib kamu lalukan jika akan melakukanperjalanan ke Yunani. Pastikan jangan melewatkan salah satu di atas ya!