in

Tahun Tanpa Haji! 6 Bisnis Idul Adha Ini Masih Berpeluang Besar

Masih bisakah menjalangkan bisnis idul adha tahun ini? Ini menjadi keraguan yang cukup mengusik para pebisnis. Pasalnya, hari raya idul adha tahun ini memang sangat berbeda dengan tahun-tahun biasanya.

Karena beberapa waktu lalu, Pemerintah Arab Saudi mengumumkan bahwa ibadah haji dilakukan dengan jumlah jama’ah yang terbatas. Dan memang syaratnya jama’ah harus sudah berdomisili di sana.

Artinya, semua jama’ah dari Indonesia belum memiliki kesempatan untuk dapat melaksanakannya tahun ini. Tentu hal ini akan banyak mengubah tradisi yang biasanya tiap tahun rutin dilakukan.

Meskipun begitu, masyarakat kita tetap akan antusias menyambut hari raya idul adha tahun ini. Ada banyak rutinitas lain yang tetap bisa dilangsungkan, misalnya seperti berkumpul bersama keluarga, sate-menyate, atau masak dan makan bersama beraneka olahan daging.

Dengan begitu, masih banyak peluang bisnis lain yang masih bisa dilakukan menjelang hari raya idul adha tahun ini, tentunya dengan profit yang cukup besar. Nah, beberapa bisnis tersebut diantaranya:

1. Jual Perlengkapan Ibadah dan Pakaian Muslim

Sumber Foto: freepik.com/

Di Indonesia, perayaan Hari Raya Idul Adha tidak kalah meriah dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri. Sekalipun tahun ini masyarakat Indonesia tidak bisa melaksanakan ibadah haji, ibadah shalat id tentu tetap terlaksana.

Kita memang belum tau pasti, bagaimana kondisi ke depannya, apakah untuk semua daerah shalat id bisa dilaksanakan di masjid atau masih shalat di rumah. Terlepas dari itu, perlengkapan ibadah tetap dibutuhkan.

Segala perlengkapan ibadah seperti mukenah, sejadah, kopyah, baju koko, sarung, atau asesoris lain seperti sorban akan tetap dicari oleh masyarakat saat mendekati idul adha. Nah, ini peluang besar yang tak boleh dilewatkan.

Sebagaimana layaknya jenis bisnis fashion yang lain, berjualan perlengkapan ibadah dan baju muslim/muslimah harus paham dengan tren yang ada. Pilihlah model-model pakaian yang sedang tren di masa kini.

Hanya saja, untuk masa new normal ini, lebih baik dimaksimalkan dalam marketing onlinenya. Karena untuk masa-masa pandemi covid-19, konsumen akan selalu merasa lebih aman jika berbelanja online.

2. Penjualan Hewan Kurban

Sumber Foto: freepik.com/

Hewan kurban adalah peluang bisnis kedua yang paling banyak dicari saat menjelang perayaan hari raya idul adha. Sebagai ciri utama dan rutinitas yang wajib mewarnai idul adha adalah menyembelih hewan kurban.

Jangan diragukan lagi seberapa besar omset yang bisa didapat dari berjualan hewan kurban, satu kali penjualan bisa menuai untung jutaan rupiah. Yah, memang modal yang diperlukan juga tidak sedikit.

Nah, terkait soal modal, kalau masih belum punya modal besar, anda bisa hanya modal dengkul. Artinya anda bisa menjalankan bisnis bisnis ini tanpa modal. Bagaimana caranya? Menjadi makelar. Yah, makelar cara cepat dan berbisnis tanpa modal.

Anda bisa mencari banyak penjual hewan kurban, kemudian anda yang menawarkan hewan-hewan tersebut kepada calon pembeli. Jika anda pandai dalam memasarkannya, jutaan rupiah juga bisa anda dapatkan dari bisnis ini.

Jadi, tanpa harus menjadi penjual hewan kurbannya langsung, anda bisa mencoba menjadi makelar atau broker yang juga tak kalah besar omsetnya. Syaratnya anda harus pandai melobi, baik kepada penjual maupun pembeli.

3. Jasa Titip Hewan Kurban

Sumber Foto: freepik.com/

Hampir semua orang yang ingin berkurban biasanya telah membeli hewan kurban sejak beberapa hari menjelang perayaan idul adha. Dan biasanya diantara mereka, selalu mencari jasa yang bisa dititipkan hewan kurban tersebut hingga hari raya idul adha tiba.

Nah, ini bisa menjadi ladang bisnis bagi anda yang tidak punya modal cukup untuk berbisnis jual-beli hewan kurban. Tapi pastinya anda harus mempunyai lahan kosong sebagai tempat hewan-hewan tersebut.

Yang perlu anda tahu, bisnis jasa titip hewan kurban ini tidak sekedar menyediakan lahan untuk ternak para hewan titipan, namun juga harus sanggup merawatnya. Pakan dan minum hewan titipan harus anda sediakan.

Anda harus memastikan bahwa hewan-hewan tersebut tetap dalam kondisi sehat sampai hari H. Jaminan kesehatan dan kualitas fisik hewan tersebut harus tetap terjaga, jangan sampai rusak karena itu beresiko terhadap bisnis anda.

Melakukan bisnis yang satu ini memang memiliki tanggung jawab yang cukup besar, karena hewan titipan tidak boleh bertambah kurus dan harus tetap sehat. Tarif yang dipatok untuk bisnis ini biasanya dihitung perhari.

4. Jualan Bumbu Instan Aneka Olahan Daging

Sumber Foto: freepik.com/

Bisnis yang marak dan selalu laris menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha tidak melulu tentang bisnis jual beli hewan kurban. Ada banyak bisnis-bisnis lain yang juga masih berkaitan dengan hewan/daging kurban.

Salah satu bisnis yang paling banyak dicari konsumen menjelang hari raya idul adha ialah produk bumbu instan aneka olahan daging. Ragam masakan daging seperti rendang, gulai, rawon, barbeque dan beberapa olahan daging lainnya biasanya mewarnai idul adha.

Bukan idul adha namanya jika semarak perayaan tak diwarnai dengan ragam olahan daging. Nah, kebanyakan orang tidak bisa membuat bumbu-bumbu tersebut. Jika anda pandai membuat resep, inilah ladang bisnis untuk anda.

Sama halnya dengan masakan yang sudah matang, bumbu juga harus memiliki cita rasa yang berbeda dari biasanya. Artinya, bumbu yang anda buat harus memiliki rasa istimewa agar mengundang banyak customer.

Baca juga: Siapkah Bisnis Anda Menghadapi Era New Normal? Baca 7 Tips Ini!

5. Jual Peralatan Bakar-bakar Daging

Sumber Foto: freepik.com/

Merayakan hari raya idul adha belum lengkap rasanya jika tidak diisi dengan acara bakar-bakar daging bersama keluarga. Ada yang menggerai acara barbeque keluarga, atau lebih tradisional lagi dengan menggerai acara bakar-bakar sate.

Tradisi di setiap keluarga memang berbeda, namun yang namanya idul adha tak akan pernah lepas dari acara bakar-bakar daging. Momen ini bisa dijadikan satu acuan untuk membuka usaha kecil-kecilan.

Salah satu usaha yang tepat untuk momen ini ialah menjual peralatan dan perlengkapan bakar-bakar daging. Beberapa diantaranya seperti alat pemanggang daging, tusuk sate, arang dan sejumlah perlengkapan lainnya.

Sekilas omsetnya memang tak terlalu nampak besar seperti bisnis jual-beli hewan kurban, tapi jika anda bisa tekun, omset juga bisa melejit. Karena bisnis ini tidak hanya dibutuhkan pada saat momen idul adha saja, hari-hari biasa juga akan tetap laris.

6. Usaha Catering Aneka Olahan Daging

Sumber Foto: freepik.com/

Bisnis yang satu ini cocok untuk anda yang mempunyai hobi memasak. Pasalnya, waktu hari raya idul adha biasanya akan ada momen kumpul bersama keluarga seraya menyantap berbagai makanan dengan bahan dasar daging.

Sama halnya dengan berbisnis bumbu siap pakai, bisnis catering juga masih memiliki peluang besar untuk perayaan idul adha tahun ini. Karena tak semua keluarga bisa memasak aneka olahan daging.

Jika memang bisnis yang satu ini cocok untuk anda tekuni menyambut idul adha, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan sesuaikan dengan protokol kesehatan ya. Belum bisa dipastikan saat idul adha tiba pandemi sudah reda atau belum.

Jadi, itulah beberapa rekomendasi bisnis idul adha yang masih terbilang memiliki peluang cukup besar untuk tahun ini. Apapun bisnis yang anda pilih, tetap maksimalkan promosi secara online.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *